1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Science Berbahayakah Mengalami Keputihan Berwarna Coklat?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by syarifah96, Mar 8, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. syarifah96 Members

    Offline

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]
    Keputihan merupakan salah satu hal yang normal yang dialami oleh wanita dalam segala jenis usia terutama dewasa. Namun sebagian wanita di rindungi rasa cemas ketika keputihan yang mereka alami tidak seperti biasanya dan berwarna coklat muda dan tua. Pada dasarnya keputihan memiliki manfaat dan peranan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan sistem reproduksi wanita. Karena, keputihan tersebut memawa bakteri serta sel mati di dalam servik dan organ reproduksi wanita. Namun, cairan berwarna putih pekat itu, sering akali menjadi abnormal salah satunya ketika berwarna menjadi coklat, berbahayakah hal tersebut?

    Untuk mengetahui jawaban lengkapnya, selain mengetahui cara mengatasi keputihan berwarna coklat anda pula perlu mengetahui penyebab-penyebab agar anda dapat menanganinya secara tepat.

    Penyebab - penyebab keputihan berwarna coklat

    Pada keadaan normal, keputihan berwarna coklat muda ataupun coklat tua seringkali terjadi pada periode akhir masa menstruasi atau ketika seorang wanita sedang mengalami kehamilan. Pada kondisi normal, kondisi tersebut dapat di sebabkan oleh tanda ovulasi, awal masa kehamilan, mendekati masa monopouse, ataupun sudah memasuki masa monopouse. Selain itu, hal tersebut juga dapat diakibatkan seseorang mengalami pendarahan pada dinding rahim (endometrium), yang biasanya terjadi sebelum menstruasi di mulai ataupun di ujung siklus menstruasi. Pendarahan yang di akibatkan implantasi janin juga dapat menjadi penyebab keputihan berwarna coklat.

    Namun tak terbatas dengan penyebab-penyebab normal yang telah disebutkan diatas, ada beberapa penyebab keputihan menjadi coklat yang dianggap sebagai tanda adanya gangguan kesehatan seperti yang akan di ulas berikut ini.

    Atrovi vaginitis
    Merupakan salah satu kondisi dimana v*gina mengalami peradangan akibat rusaknya jaringan otot dan cairan lubrikasi yang menurun akibat kekurangan hormon esterogen. Pada wanita yang mengalami kondisi ini, biasanya dapat merasakan sakit saat berhubungan intim, v*gina terasa kering dan juga mengeluarkan keputihan berwarna coklat.

    Penyakit Menular Seksual (PMS)
    Keputihan berwarna coklat juga dapat menjadi sebah tanda anda terjangkit penyakit menular seksual seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, dan trikomoniasis. pada kondisi ini, selain keputihan penderita juga mengalami gejala seperti gatal, perih, bau dan juga ruam.

    Polip rahim
    Keputihan berwarna coklat dapat di jadikan sebab seorang wanita mengalami polip rahim, jika di tandai dengan beberapa gejala lain seperti pendarahan setelah berhubungan initim, dan juga darah menstruasi yang keluar secara berlebih juga dapat di alami jika anda mengalami polip rahim.

    Kanker serviks
    Kanker serviks juga dapat menjadi sebaba anda mengalami keputihan berwarna coklat. Namun, perhatikan juga gejala lainnya seperti berat badan yang turun secara drastis, nafsu makan yang berkurang, kelelahan yang berlebihan, dan juga sakit pada bagian tungkai dan juga pinggul.

    Namun tak dapat menutup kemungkinan Namun jika keputihan anda tidak berwarna, akan tetapi di sertai dengan bau tajam dan juga menyebabkan gatal-gata pada daerah sekitar v*gina, itu juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Jika anda merasa keputihan yang anda alami sangat mengganggu alangkah lebih baiknya agar anda segera pergi ke dokter untuk mengetahui pasti kondisi anda. Semoga bermanfaat!
     
    Last edited: Mar 8, 2016
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.