1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

PG Tutorial Berbagai Macam Teknik Fotografi

Discussion in 'Photography & Graphic Design Showcase' started by blacksheep, Mar 26, 2011.

  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,076 / -0
    [​IMG]
    Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “Fos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
    Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).
    Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).
    Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.
    1. Depth of field (ruang tajam)
    Hal-hal yang mempengaruhi ruang tajam:
    -Jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit)
    -Bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit)
    -Jarak fokus lensa /focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur)

    [​IMG]
    Contoh foto dengan teknik depth of field

    2. Panning
    -Panning adalah salah satu cara untuk memberikan kesan gerak pada foto.
    -Ketika melakukan panning, anda harus mengikuti objek selama membidik.
    -Hasil foto menjadikan objek menjadi relatif tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur.
    -Untuk mendapatkan foto panning secara maksimal; dengan speed rendah (8-60), dan pakailah tripod (kaki tiga).
    [​IMG]
    Contoh foto dengan teknik panning
    3. Slow & stop action
    -Slow action : salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan/menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai 1 detik
    -Stop action : kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai 1/4000 atau lebih.
    [​IMG]
    Contoh foto dengan teknik slow action
    Kamera : Canon 30D, speed : 10, diapragma : 5,6 ASA: 1600
    [​IMG]
    Contoh foto dengan teknik stop action
    Data teknis:
    -Kamera : Nikon D100 Digital
    -Lensa : 28 – 105 mm Nikkor D
    -Speed : 125 (with soft box)
    -Diafragma : 16
    -ASA : 200
    4. Zooming
    -Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa.
    -Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom.
    -Untuk mendapatkan kesan gerak, anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 *******
    -Untuk mendapatkan foto zooming secara maksimal, pakailah tripod (kaki tiga)
    Data teknis:
    -Kamera : Nikon D100 Digital
    -Lensa : 28 – 80 Nikkor D
    -Speed : 5 (with flash)
    -Diafragma : 3.5
    -ASA : 400
    -White balance : flash
    [​IMG]
    Contoh foto dengan teknik zooming
    5. Bulb
    -Kecepatan rana dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan.
    -Teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama.
    -Untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, dapat digunakan kabel release dan tripod.
    -Misal, kita mempergunakan kecepatan 30 detik sampai habis waktu perekaman cahaya.
    [​IMG]
    Contoh foto dengan teknik bulb
    Code:
    http://www.beritaunik.net/techno/berbagai-macam-teknik-fotografi.html
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited by a moderator: Jan 11, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ghozi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 6, 2010
    Messages:
    1,011
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,311 / -0
    nice gan , di sekolah baru belajar teknik no 2 , 4 , 5 doang masih harus banyak belajar [​IMG]

    dan harus sabar nunggu di beliin slr [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  4. de4open Members

    Offline

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice bro... untuk pemula kayak ane mantap dah...
    btw ada ebook ttg fotografi yg lain.. ?
     
  5. souzaku Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +58 / -0
    kalo panning tu pake editan kagak?? soalnya kan background susah di passinya
     
  6. AdityoG Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 16, 2010
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +73 / -0
    Keren gan baru nyoba teknik 1 ama 3, 2,4,5 sedang menyusul wish me luck :peace:
     
  7. sukroitem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    Ane paling suka tu stop action ! Manteb bangett...:top:

    Nyobanya ntar ah, cuma ada kamera hape jadul :malu:
     
  8. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,204 / -0
    keren bang,,,
    apalagi yang stop action sama slow action...
    kereeen :top:
     
  9. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    25,904
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,443 / -1
    thread saya buka kembali,
    silahkan dilanjutkan diskusinya.
     
  10. bhaskara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Asyik nih infonya, yg blum coba tehnik zooming.
     
  11. c00l357 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +82 / -0
    panning bukan pake editan gan, emang hasilnya jadi kaya gitu
     
  12. fredpaul Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 2, 2011
    Messages:
    162
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +36 / -1
    info bagus gan buat pemula..
     
  13. nunoobey MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 12, 2011
    Messages:
    4,335
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +165,117 / -1
    Bump Thread for other Purpose...
     
  14. bentrox Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35 / -0
    nica share ilmu photo ini Gan :D
     
  15. jahdready Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +128 / -3
    kereennn, ngebantu banget buat newbie kayak ane.
     
  16. Ghest_Vi_Rasta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    nice tips nih, ane pengen belajar long exposure hihiih. ada tips buat ambil long exposure di hp ngga ya? :bloon:
     
  17. Hydan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 4, 2011
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12 / -0
    itu yang zooming gimana caranya ya?

    kalo pake kamera HP kaga bisa ya? :malu:
     
  18. Godhit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2018
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    mantaab.. masih butuh nimba elmu
     
  19. monmon30 Members

    Offline

    Joined:
    Sep 5, 2018
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    senang dengan teknik no 3 stop action. selama cahaya ok/terang. jpret jpret jpret. yang teknik no 5 kalau pakai model agak susah kalau modelnya gak sabaran.
     
  20. hyugakira Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    nunggu beli SLR, baca ini dulu ah......
     
  21. mic2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    1,003
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,076 / -0
    Izin nyimak ilmu nya gan

    Sent from my ASUS_X01BDA using Tapatalk
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.