1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Bengkel Motor & Mobil IDWS (Konsultasikan Masalah Motor/Mobil mu di sini)

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Feb 8, 2013.

?

kendaraan trouble (1-5) - pemilihan bengkel (6-7) - konsumsi bbm (8-10) :bingung:

  1. betulin sendiri dong :elegan:

    52.6%
  2. panggil mekanik/bengkel langganan :tampan:

    26.3%
  3. minta di derek/di dorong ojek :hihi:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. di bawa ke bengkel terdekat yg ada di jalan :iii:

    10.5%
  5. minta tolong orang :tolong:

    15.8%
  6. bengkel resmi dari manufaktur :fufufu:

    15.8%
  7. bengkel langganan tidak resmi :gotdrink:

    52.6%
  8. di bawah 100 ribu per minggu :gembel:

    36.8%
  9. antara 100 ribu sampe 300 ribu per minggu :kaget:

    31.6%
  10. di atas 300 ribu per minggu per minggu :gaswat:

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,328 / -0
    tanya lagi...


    masih supra x 125 yg kemaren...



    saya beberapa kali mendapati kondisi yang membuat bingung : rem belakang (cakram) mendadak blong (diinjek dalem ga ngerem)..

    padahal biasanya diinjek dikit aja udah ngerem.




    Terus, setelah blong, nantinya kembali ke kondisi semula, ya kira2 10 menit - 30 menit.



    itu kenapa ya? motor saya masih tergolong baru (Feb 2013)
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    boros spasi :swt:
    coba di bawa ke bengkel aja, atau kalo bisa bersihin sendiri, bersihin aja. :hmm:
    biasanya itu karena ada udara saat mengisi minyak rem, atau kepala babi nya kotor dan ada semacam kerak di cakram :rokok:
     
  4. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    bro, mau tnya nih
    kan motor ane MX 2012, pake ban blakang tubeless 100/70
    bsa diganti dngn ukuran brp y, yg gk trallu bkin berat tarikan motor?
    sma harganya kisaran brapa

    sama lampu belakang ane kok cpt banget y putus? udah 2 kali ganti lampu belakang, eh putus mulu, tpi lampu rem masih jalan T_T
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @ HasX3rd: pake yg standaran aja buat motor jupiter, itu kegedean buat ban belakang bebek sampe 100, kecuali mesin udah di brore up, kalo enggak, malah buang2 bensin, dan motor jadi gak lari kencengnya... saran saya cukup ukuran 90/70 untuk yg belakang. harga mah standaran aje, kisaran di bawah 200 ribu buat ban merek lokal.

    lampu rem cepet putus berarti ada yg gak beres sama kelistrikan di motor ente, coba di cek dulu dan di urut dari aki, kiprok, sepul, dll.
     
  6. sunkenship M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96 / -6
    coba cek volt sama watt lampu yang dipakai bro. siapa tau ga cocok.
    pengalaman ane sih gara" ga cocok (ganti yang lebih kecil wattnya) jadi cepet putus.
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @ sunkenship: ganti watt lebih kecil memang lumayan bisa memperterang sinar lampu.
    tapi kalo pake nya yg abal2, gak sampe sebulan juga emang bakalan putus.

    cobain aja pake lampu depan abal2 dari merek cina, sama ori nya, pasti kerasa beda awet dan sinar terangnya.
    ada harga, ada kualitas dan daya tahan bohlam lampu.
     
  8. sunkenship M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96 / -6
    yup.. ane ganti bukan nyari terang bro pas itu.
    kebetulan di toko cuma ada itu.
    ya.. kepepet mau jalan jauh.
    demi sapety..
     
  9. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,328 / -0
    ternyata...


    kampas rem abis :dead:



    ntah kok bisa cepet banget.....
     
  10. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    :kaget: kilometer berapa tuh kok udah abis aja
    kalau 4 bulan biasanya , normal kilometer masih kisaran 2000 - 4000
    jangan - jangan :panda:
    beneran abis kan tuh kampasnya ( mode : masih ngga percaya )
    kampas abis tuh biasanya karena pas di pake bergesekan terus , jadi tiap jalan kegerus , tapi itu cuma terjadi biasanya di tipe tromol
    karena setelan yang terlalu rapat , tapi kalau kampas cakram kan sistimnya fluid , kalo ngga di tekan ngga bakal ngerem
    apalagi kalo kena udara palsu , malah gembos , ngga bisa nge rem :lol:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    ^
    mungkin om adnan ini pas nge gas, selalu sembari megang tuas rem, dan tanpa sadar, rem tertekan sedikit.
    wajar lah pasti cepet abis kampas rem nya.
     
  12. Zablune M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 6, 2011
    Messages:
    2,464
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +411,138 / -7
    hati hati kalo kampas rem cakram abis.. rodanya bisa stak... ngerem terus.
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    kalo stuk gitu sih masih biasa,
    yg paling berdampak, boros bbm, karena rem akan selalu menekan terus.
    jadi konsumsi bbm pasti bertambah.
    dan ciri2nya bakalan ada suara aneh dari cakram.
    yg paling parah, cakram bisa pecah karena gesekan terlalu lama, atau di tekan terlalu dalam.
     
  14. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Saya udah ngasih testi + curcol blom abis konsultasi disini terus bawa bengkel? Kayanya belum.. :ngacir:

    Sebelumnya motor saya sering mogok klo kena ujan, dibawa ke bengkel resmi, bengkel lainnya tetep aja mogok. Pas abis konsultasi disini, saya curahin hasil konsultasi saya ke montir bengkel resmi dan akhirnya enk ink enk motor saya ga mogok lagi klo kena ujan! :top:

    Ternyata bener kata om Bighendz masalah antara karburator sama filter. Udah dicek dan emang ada yang kurang greget! Ada yg bocor katanya, cuma saya ga ngerti. :lol:

    Tapi gara2 saya fokus sama masalah karbu + filter, bagian transmisi lupa dicurhatin ke montir alhasil beberapa minggu kemudian rante putus! Lagi bonceng pacar pula, sampe nyaris ketabrak angkot... untung saya ga ngebut klo pacaran :malu, coba klo saya lagi sendiri... :swt:

    Setelah dibawa ke bengkel katanya karna ada gear yg aus ga mulus. jadi waktu gigi ga masuk, saya paksa masuk malah nyangkut rantenya alhasil gear muter tp rante nyangkut. putus deh lepas rantenya ketarik ke ban belakang. ini bener2 pengalaman paling horror, tp untung ada satpam hotel yg bantuin angkut motor sampe bengkel. soalnya motor udah ga bisa ditenteng jalan, rante kusut nyangkut di gear ban belakang + gear ban belakang lecet2 penyok2 kayanya kena hajar rante yg putus wkt masih muter.... horror bgt! T_T

    Eniwei, belajar dari pengalaman misalnya kita udah tau kerusakan/ada yg ga beres dari motor kita lebih baik langsung cek atau bawa bengkel deh biar aman! :top:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @ Shaban: mengenai masalah motor suka brebet dan mati karena hujan memang sebagian besar permasalahan berada antara karburator yg kotor (settingan gak pas), busi yg sudah perlu di ganti, atau tanki motor yg ada air nya.

    mengenai rantai gear motor yg tiba2 putus, perlu di perhatikan kondisi dan ciri2 rantai/gear yg sudah perlu di ganti:
    1. secara visual rantai sudah menguning karena karat (jika di biarkan terus menerus, maka lama2 daya tahan rantai akan berkurang).
    2. secara pendengaran suara rantai yg mulai kasar saat beradu dengan mata gear, hal ini bisa dapat langsung terdeteksi jika suara gesekan gear tidak seperti biasanya.
    3. perhatikan pada kondisi mata gear nya, jika sudah lancip, maka mata gear sudah perlu di ganti (sebaiknya di ganti sepaket beserta rantai nya).
    4. rantai yg sudah melar (habis) kekencangannya (mulai longgar - biasanya karena memakai mata sambungan) dan rantai mulai tertekuk2 gak beraturan, tanda juga rantai perlu di ganti.
    5. biasakan membeli gear original bawaan pabrik, pengunaan rantai di luar produksi pabrik biasanya pasti memiliki masalah utama di daya tahan (entah mata atau rantainya tidak sinkron habis nya)

    sekian.
     
  16. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Yup, sebelumnya saya ke bengkel malah diganti busi doank, dan ternyata karbu atau filternya gitu yg kena...

    Klo kondisi rante sebelum kecelakaan tuh selalu ada bunyi di daerah bawah "tok tok tok" terus klo nanjak atau butuh tenaga lebih bunyi "tok tok tok"-nya lebih cepet dan lebih keras + kalau turun gigi suka ga masuk giginya. (jadi harus naekin lagi, terus turunin lagi baru masuk). mungkin bisa jadi perhatian buat yg lainnya, kalau kejadian kaya yg saya alamin, mending langsung bawa ke bengkel ganti rante! jangan ditunda kaya saya!

    btw gear itu rantenya ya? saya kira yang bentuknya cakram gitu. maaf salah. :maaf:

    eniwei thanks berat nih sama om Bighenz sama om Carlos! motor saya sekarang jadi enakeun lagi.. :top:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @shaban: iya, gear itu yg saya maksud ya cakram nya itu yg lancip2 di ujung nya bergerigi, yang biasa suka di pake anak sekolahan buat tawuran.
    oke, selalu perhatikan kondisi gear, kalo gak mau ribet, di semprot aja pake chain lube, sesaat sebelum berangkat memulai aktifitas di gear dan rantai motor nya.
     
  18. neolitikum Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    sore mau tanya dong apa bener kalo pendem klep mio pake klep shogun tanpa rubah sitting klep,bikin tenaga motor atasanya jadi boyo???

    walaupun udah pake noken-as diatas 270" ???


    thanks
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @neolitikum: kalo udah pake noken as modif motor rawan loyo tenaganya kalo gak pas rubahan noken nya. setelan klep juga sangat bergantung pada modifan daleman mesin. mending u langsung ke bengkel spesialis race matik aje kalo pengen settingan modifan motor pas.
     
  20. neolitikum Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    nah itu dia om kalo saya ke bengkel spesialis matik asal tembak harganya kalo bukan orang dalem *dulu temen pernah kena* masa bikin head 28/24 1jt ongkos doang,soalnya saya awam banget sama harga bubut bubutan gitu

    jd lebih baik head mio dipendem pake noken as kawahara k2-k3 atau klep dipendem pake noken as standart tp pake klep shogun???

    terus kira kira ongkosnya berapa ya om?

    thanks
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    harga segitu rasanya cukup wajar, asalkan dari bengkel nya ngasi garansi berapa bulan untuk keawetannya...
    saran saya sih, coba cari koneksi bengkel spesialis yg dapat dipercaya, dan sudah kenal baik.
    jadi semisalkan sudah bayar mahal trus hasil kurang memuaskan, masi bisa di tuning ulang tanpa harus merogoh kocek lebih dalam lagi.
    mengenai lebih baik yg mana, saya gak bisa ngasih pilihan, coba langsung tanya ke bengkel tersebut.
    kalo harga, modif2 ekstrim gitu, emang wajar sih kalo harga paketan nya segitu.
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.