1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Bengkel Motor & Mobil IDWS (Konsultasikan Masalah Motor/Mobil mu di sini)

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Feb 8, 2013.

?

kendaraan trouble (1-5) - pemilihan bengkel (6-7) - konsumsi bbm (8-10) :bingung:

  1. betulin sendiri dong :elegan:

    52.6%
  2. panggil mekanik/bengkel langganan :tampan:

    26.3%
  3. minta di derek/di dorong ojek :hihi:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. di bawa ke bengkel terdekat yg ada di jalan :iii:

    10.5%
  5. minta tolong orang :tolong:

    15.8%
  6. bengkel resmi dari manufaktur :fufufu:

    15.8%
  7. bengkel langganan tidak resmi :gotdrink:

    52.6%
  8. di bawah 100 ribu per minggu :gembel:

    36.8%
  9. antara 100 ribu sampe 300 ribu per minggu :kaget:

    31.6%
  10. di atas 300 ribu per minggu per minggu :gaswat:

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,152
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,244 / -19
    Kepeleset dalam arti 'bannya ngonci ketika rem belakang diinjak'?

    Kalo iya sih, berarti terlalu keras aja pas nginjak rem belakang...
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0

    curiga di alur ban nya, coba di cek code expire ban nya, kalo ban yang umur nya udah lama,
    biasanya memang konturnya udah agak kaku, jadi suka gak ngenakin pas dipake..
    pake ban luar nya masi yang standar bawaan honda? irc kan ya? atau yg produksi nya Honda Genuine Parts?
    mending coba ambil ban belakang merk FDR, lebih ajib buat di jalanan indonesia.

    sama kayak yg bro choli bilang, dalam menekan rem bekalang yang jenis cakram jangan kebanyakan (terlalu kuat) nekennya,
    karena mungkin selama ini terbiasa dengan rem belakang jenis teromol.
     
  4. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,328 / -0

    :xiexie:


    hmm, berhubung motornya baru (Februari 2013), berarti emang ga boleh kenceng2 ya....


    padahal dikit aja diinjek udah mentok :sepi:




    enakan tromol ternyata :sigh:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @adnanunique:
    motor baru sebenernya gak boleh di bawa ngebut itu gak terlalu bener juga.
    yg di maksud motor baru saat pertama kali di pakai masi dalam masa inreyen.
    masa inreyen ini kalo di terangin dengan bahasa mudahnya ya komponen-komponen di dalam mesin motor yang masih baru,
    masih mengalami pergesekan yang sangat tinggi, karena belum terlalu mengalami perlumasan dan semacamnya.

    yang gak boleh dilakukan di masa inreyen, misalkan berboncengan di tanjakan terjal.
    intinya sih jangan terlalu dipaksakan perfomance mesin saat masih baru, di pakai sedang2 saja.


    rem belakang disc memang lebih banyak perawatan dan mungkin bagi yang belum terbiasa dengan rem disc belakang karena selama ini menggunakan rem belakang tromol ya masih harus melaukan adaptasi.
     
  6. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    :malu: ketemu ama co-admin adnan disini :hehe:
    kebanyakan Supra X 125 khususnya yang CW Rear Brake nya udah pake Disc , perbandingan rasional aja , yang pakai rem tromol aja buat rear juga udah selip
    apalagi kalau yang belakang di kasih Cakram , jelas lebih pakem :top:
    tinggal kemampuan pengendara yang diuji ,

    Salah satu yang saya ngga suka sama Supra X 125 itu adalah bunyi menggelitik , kasar di bagian bak kopling , penyebabnya kemungkinan besar pergerakan gigi primer pada kopling ganda yang bergesekan dengan gigi sekunder di kopling manual ngga begitu mulus , kalau reyen (red: pemakaian motor saat baru ) kurang sabar alias suka buat kenceng dan akselerasi , suara kasarnya makin kenceng :facepalm:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    ^
    selip apa enggak nya sebenernya tergantung karakter ban yang di pakai, dan bobot pengendara, serta kondisi track jalan yang basah.
    jelas perubahan dari sistem tromol ke disc di bagian pengereman belakang akan sangat berpengaruh terhadap kebiasaan rider, yang pasti di butuhkan penyesuaian.

    sebenernya hal tersebut bisa di atasi jika gear rutin dilumasi per berapa hari, dan pengendara melihat karakter motor nya, kalo mau ngebut pakai motor sport, kalo motor bebek ya memang bukan untuk digeber.
     
  8. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    Kalau gigi kopling primer dan sekunder pasti udah terlumasi oli , karena bagian dari mesin dan olinya ikut mesin yang rutin tiap 2000 km , kebanyakan gigi koppling yang di aplikasikan pada motor ngga begitu halus ( kurang presisi ) pas di kenai tarikan tinggi , gigi nya bakal semakin renggang dan kasar kalau gesekan , satu - satunya jalan buat halusin ya ganti gigi primer dan sekundernya dengan Gigi racing
     
  9. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,328 / -0
    ada om hend :hi:


    mau tanya lagi, supra x 125 punya saya kok buat nanjak kurang prima ya ? :madesu:

    apa emg supra sekarang gitu? rasanya motor lama saya lebih kuat buat nanjak :dead:
     
  10. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    minta setel kerenggangan klep nya agak di kasarin , bikin In = 0,20 mm sama Ex = 0,25 mm , terus minta setel karbunya bikin aga boros , 1.5 putaran aja , ntar coba performa motornya bikin nanjak lebih tangguh , terus kalo boros , mesin ngga begitu panas :unyil:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    hmm, harus sampe segitu nya kah dengan mengganti gigi gear di daleman mesin :kaget:
    jadi bakalan berubah dong ratio gear nya :keringat:
    tahu sendiri, parts racing bukan standar, cuman awal sebentar doang enaknya, tapi kalo di pake jarak jauh suka rewel :dead:





    alternative style, bisa pake kampas kopling racing :hehe:
    tapi dengan resiko post saya yang sebelumnya :hihi:
     
  12. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    gear ratio nya tetep sama kok , cuma desain racing , gigi racing ini juga sebenernya bisa di pesen ke pabrikan Honda sendiri :nikmat:
    minta yang racing , cuma harganya beda dengan yang normal , gesekan lebih halus bahkan ngga kedengeran ,
    sama aja kalo beli New Blade CW dengan New Blade Repsol , sama - sama blade , tapi beda kehalusan dan part mesinnya , tau ndiri kan bedanya blade repsol dan blade biasa berkisar 1 jt-an :keringat:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    buset harganya :gembel:
    kalo mau main kenceng tarikan motor dan gak loyo, tinggal di sesuaikan aja di mata gigi rantai + kampas kopling nya. :rokok:

    tapi itu semua balik lagi sih ke riding style nya, :motor:
    dan juga bengkel yang bisa ngertiin kemauan konsumen dengan tunggangannya. :top:
     
  14. akijenggot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +22 / -0
    gan ane ada vespa new px 2004 punya om, udah ga pernah dipake selama 5-6 bulan. 2 minggu kemaren ane kuras tangki, servis karbu dan semuanya, ganti oli, plat kopling, rem. dan udah ane pake harian sih. kemaren ane baru nyadar, kalo stater elctricnya kaga jalan. ane isi lagi air aki + strum, tetep aja kaga jalan staternya. kira2 masalahnya dimananya ya gan? dan kalo misalnya masalahnya ada dijumper stater, berapaan spare parts buat new px ini?
    thanks before gan
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    kalo motor gak di pake sampe beberapa bulan lebih, tanpa ada perawatan pemanasan mesin minimal setiap 2 hari sekali di panasin sekitar 3 menit, ya sudah pasti aki nya yang sudah soak.
    ganti aja, banyak kok aki buat untuk jenis vespa tersebut, salah satunya GS. selain di aki, cek juga dinamo staternya, sapa tahu areng nya udah abis.

    kalo lokasi agan di jakarta, main2 aja ke bonjer atau otista. di sana biasanya ada toko spare part khusus vespa klasik.
     
  16. hnech M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    828
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +171 / -0
    Numpang tanya master...
    Gw dapet pinjeman dari emak f1zr dari 99 gw pake ampe sekarang... beli second karena gw ngambek minta beliin... hihihi...
    1 1/2 tahun lalu gw ganti velg sama pasang cakram belakang di daerah ciledug...
    Bengkelnya sih bengkel aksesoris...
    Nah yang bikin kecewa itu ternyata waktu pasang cakram belakang... masa cuma nambah pake plat doang buat dudukan pala babinya...? Mana klo kita pegang tu pala babi goyangin kanan kiri = rada oblak...
    Lha... inikan cakram... klo nggigit pasti goyangkan... terus kampas juga sering abis mungkin karena masangnya kurang pas...
    Alhasil ga tahan setahun dah tu cakram...
    Dah gw diemin aja... jd tanpa rem belakang deh... edan bener...
    Nah gw ada rencana mo pasang lagi tp ga disono... kecewa berat... Soalnya klo gw liat motor2 lain dudukan pala babinya kokoh bener...

    Master-master punya rekomendasi pasang cakram belakang buat f1zr gw? Berapa total biayanya?

    Terima kasih.
     
  17. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,005
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +557,394 / -0
    kl mau yg lgsng pasang mungkin gak ada.
    atau lgsng ganti arm +dudukan supra X 125 hehe. atau yamaha bebek yg ada cakram belakangnya
    tetep harus modif deh
    cm kl bisa model dudukan kalipernya (kepala ba*i) mungkin bisa nyontoh sm bebek yg sudah ada cakram belakangnya deh
    kan sekarang dah banyak tuh bawaan pabrik dah ada cakram belakangnya.

    [​IMG]

    dari gambar itu tar di arm nya cuman di kasih tonjolan dikit buat nyangkutin dudukannya.

    soal goyang kalau ga salah emang sengaja bawaan pabrik bisa goyang yg bener. cm ada toleransinya. buat ngikutin piringannya.

    mungkin yg sudah pernah modif cakram belakang bs kasih saran lain :malu:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @hnech: balikin lagi aja ke standarnya pake teromol. sepengalaman saya motor yg standarnya rem belakangnya jenis tromol, trus di ganti pake jenis cakram tapi pake modifikasi malah jadi bikin rewel di jalan. terutama kalo lagi kondisi hujan, dimana rem cakram modifikasi sering banget bermasalah karena kalo kena kotoran sedikit, pasti kerja dari rem tersebut jadi gak optimal.
    beda hal nya kalau memang standarnya motor tersebut udah cakram dari pabrikan, pasti dari pabrikan udah mikiran kewatean dan presisi parts tersebut.

    mau rekomendasi bengkel ane di ciledug juga? pm aje.
     
  19. cemec Members

    Offline

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Mau numpang tanya dan minta rekomendasi

    Head cup motor saya berisik sekali,karena memang sudah ada yg patah pegangannya, pengalaman pernah ganti 2x ganti pakai yg ori dr motor,tp sekarang patah lagi :( riskan sekali,cepat patah kalau kena lobang yg agak dalam (y memang saya termasuk orang yg ceroboh si :) )

    Saran master2 apa musti ganti ori lg, atau mengganti dengan head lain, misalnya head satria fu,dll?
    Btw,motor saya supra x 125 2007 ^^

    Terimakasih
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    @cemec: saran saya ya tetep pakai yg ori nya aja kalo memang barang nya ada. biasanya kalo orang cari kanibal, itu karena spare part nya gak ada, atau harganya kemahalan.
    plus style riding nya di perbaiki, jangan asal ada lubang main hajar aja. intinya kalo belum ngerti track, sebaiknya pelan2 aja.
     
  21. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    Supra X 125 ya :hoho:
    biasa lah , motor itu kalau udah 1 - 2 tahun , pasti di Cover Head Light pasti getar dan berisik sekali :yareyare:
    solusi yang paling tokcer ya cuma di kasi peredam getar (kalau masi mau pakai yang ori) , di bagian tab yang berhubungan dengan Cover belakangnnya di kasi peredam karet , biasanya sih di potongin dari selang pembuangan karburator , itu kan slang tahan panas - dingin dan lentur teksturnya , cocok sih buat peredam getar , cuma yang aga ribet ntu pas bongkar pasang , jadi gampang patah :sigh: , kecuali sekali pasang untuk seumur hidup , tapi mana ada lampu yang tahan seumur hidup , sekarang kan wajib nyalakan lampu di siang hari :lol:
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.