1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Bengkel Motor & Mobil IDWS (Konsultasikan Masalah Motor/Mobil mu di sini)

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Feb 8, 2013.

?

kendaraan trouble (1-5) - pemilihan bengkel (6-7) - konsumsi bbm (8-10) :bingung:

  1. betulin sendiri dong :elegan:

    52.6%
  2. panggil mekanik/bengkel langganan :tampan:

    26.3%
  3. minta di derek/di dorong ojek :hihi:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. di bawa ke bengkel terdekat yg ada di jalan :iii:

    10.5%
  5. minta tolong orang :tolong:

    15.8%
  6. bengkel resmi dari manufaktur :fufufu:

    15.8%
  7. bengkel langganan tidak resmi :gotdrink:

    52.6%
  8. di bawah 100 ribu per minggu :gembel:

    36.8%
  9. antara 100 ribu sampe 300 ribu per minggu :kaget:

    31.6%
  10. di atas 300 ribu per minggu per minggu :gaswat:

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,153
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,244 / -19
    Noda hitamnya di knalpot bagian luar kan?
    :bloon:

    Itu sih biasanya noda aspal yang belom kering yang menemapel di knalpot akibat putaran roda belakang.
    Atau bisa juga noda aspal yang melunak akibat sinar matahari ketika sedang panas2nya.

    Cara yang paling gampang, tinggal congkel aja pake obeng atau apa aja.
    Pelan2 aja, kalo kekerasan takutnya menggores knalpotnya...

    CMIIW
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0

    ikut menambahkan jawaban,
    kalo pakai cara di congkel dengan benda tajam, takutnya lecet bang choli,
    apalagi kalau knalpotnya branded punya, kan sayang,

    kalo pake bensin bisa aja kayak yg di kira2 kk semar,
    cuman misalkan pake bensin noda pada knalpot or blok mesin masih aja membandel,
    bisa menggunakan langsol (batu ijo, soda api, potongan celana jeans, dan kuas)
    itu lebih mantep dan di jamin langsung kinclong clong clong clong, sampe keliatan kayak knalpot baru beli.
    selain knalpot, penggunaan lungsol dan kawan2nya ini juga bisa untuk membersihhkan blok mesin yang mulai keliatan kusam.
    cara pengerjaannya lebih spesifik bisa di lihat di artikel ini: http://motorplus.otomotifnet.com/re...long-Mesin-Bermodal-Celana-Jeans-Dan-Batu-Ijo
     
  4. s3mar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    1,012
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +287 / -0
    belum pernah coba pake obeng dkk. pernah juga pake kuku, tp capek banget :hot:
    bolehlah kl ada waktu saya coba saran ini di samping saran yang di bawah :top:

    hmm.. langsol ya, baru denger saya :bloon: :hehe:
    btw, batu ijo biasanya beli di toko apaan om carlos??
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    untuk langsol, bisa kk beli di toko toko matrial bahan bangunan yang ada di sekitar tempat kk tinggal.
    atau bisa juga pesan di toko obat kimia.
    bilang saja langsol yang biasa di gunakan untuk mempoles stainles steel / chrome supaya lebih kinclong.
    biasanya banyak di pake oleh jasa repair body motor dan mobil, atau tukang stainles stell.
     
  6. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Mau tanya donk, mesin tempat pasang busi di motor namanya mesin apa ya? Mesin pembakaran kah?
    Soalnya setiap motor saya diparkir dan kehujanan, pasti ga bisa nyala sama sekali! Sampe disela (kick starter) ga nyala juga! Malah ngeloss bgt, ga ada trigger sama sekali.
    Jadi kudu dibongkar dulu mesin tempat pasang businya, trus keluarin air dalem situ baru bisa nyala lagi. (Untuk busi sendiri ga ada masalah, malah rajin ganti klo udah ga layak pakai.)

    Tapi klo kehujanan wkt dalam keadaan nyala, jalan motornya. Ga akan mogok! (<=== ngebuktiin klo bukan dari busi masalahnya)

    Kembali ke pertanyaan, nama mesin pasang busi itu apa ya?
    Trus kenapa ya motor saya gitu mulu? Air masuk lewat mana ya? Saya udah bawa ke bengkel biasa, katanya kudu dibawa ke bengkel resmi. Saya bawa ke bengkel resmi, diservice tapi tetep aja kambuh mulu.

    Mohon bantuannya ya! :maaf:
     
  7. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,153
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,244 / -19
    ^
    - btw, ganti olinya ngga kalo udah kemasukan air di mesinnya?
    - Motornya merek apa ama tahun berapa? Masih karbu atau injeksi?
     
  8. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Ganti oli kok setiap kemasukan air, masih karbu taun 2010 merknya Kawasaki Athlete.
    Klo karbu wkt dibuka ga ada aer, aman sejahtera. Yang banjir cuma mesin tempat pasang busi aja.
    Padahal udah coba ke bengkel resmi pusat yg di Bandung tapi tetep aja kambuh melulu.
    :swt:
     
  9. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,153
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,244 / -19
    Aneh juga yah...
    :keringat:
    Ada kemungkinan drat untuk dudukan busi-nya yang kemakan.
    Ngga tau tuh, kalo bengkel resmi kawasaki bisa ngebenerin drat ngga?
    :iii:
     
    • Like Like x 1
  10. muyrrrrrr M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    4,554
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,214 / -2
    nimbrung dimari juga ah:malu:
    bukan mesin pembakaran ko, tapi mesin listriknya disitu. kemasukan air biasa atw oli gitu:???:
    klo udah kehujanan terus dimatiin si motor nyala ga??? emang kamu yakin mesin si tempat busi yg bermasalah??? syh sih kawatirnya dari mesin
     
  11. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    di summon di mari :lol:
    itu motor nya apaan ya :???:

    begini nih , dari lubang busi ngga bakal bisa kemasukan air , soalnya itu lubang musti rapet , kalo ada lubang pasti kompresinya hilang.
    nah kemungkinan kalo ke ujanan masuk air itu cuma dari dua port :

    intake port dan outtake port , alias lubang knalpot atau lubang karburator , nah air bisa aja ngga masuk ke karbu , karena kalo masuk ke karburator berarti tanki bahan bakar pasti kemasukan air , nah itu cuma masuk ke mesin pas posisi klep in ngebuka , dan walhasil pasti air ngumpul di ruang bakar.

    PERTANYAANNYA , motor agan pakai Filter apa engga ???
     
    • Like Like x 1
  12. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    ebuset jadi rame! :kaget:

    hmmm, saya juga kurang tau bengkel resminya bisa benerin drat apa ngga.
    beberapa minggu kmarin sempet service besar di bengkel resminya, ngeluhnya suka mogok klo ujan, mesin tempat busi suka banjir, setiap tanjakan bunyi "tok tok", trus setiap turunin gear suka ga masuk. digantilah busi dkk, gear dkk. kata montirnya sih businya udah jelek, trus yg bikin bunyi "tok tok" wkt nanjak tuh rante yg udah kendor, ama turunin gear ga masuk karna pernah jatoh motornya dan gearnya rusak (si montir mendadak jadi cenayang dan emang bener sebelum2nya saya jatoh).
    keluar bengkel, bunyi "tok tok" ilang, turunin gear selalu masuk tapi beberapa hari kemudian hujan badai, saya lupa tutupin motor (mikirnya abis dari bengkel jadi ga masalah kena hujan) tapi akhirnya saya pulang kantor nenteng motor dari MTC sampe sebrang Pabrik Badjoe. *curcol dikit*

    kemasukan air biasa, wkt mogok saya bawa ke bengkel non-resmi.
    saya liat sendiri, montirnya bongkar karbu ga ada masalah cuma disemprot pake kompresor.
    tapi waktu buka mesin yg ada busi, isinya aer kurang lebih 1 cangkir. akhirnya dikeringin pake kompresor. terus dioles pake bensin gitu.

    klo misalkan udah nyala motornya dan HUJAN DERAS, motornya ga mogok. cuma setiap saya kecilin gas, kaya mau mati motornya. dan klo udah parah bgt, gasnya jadi dut dutan (mati idup). klo ujan biasa sih ga ada masalah, mesin normal ga mati.

    motornya Kawasaki Athlete Full ORI! kecuali monoshock, frontshock, ban + velg yg diganti.

    filter itu yang gimana ya? sebelah mana? maklum saya ga gitu ngerti soal mesin motor. makanya nanya2 disini biar nanti klo ngeluh ke bengkel minta periksain mesin2 yg om om pada kasih tau disini.

    btw thanks ya bantuan sama masukkannya. :peluk:
    soalnya motor kesayangan nih, ga sudi diganti. si belalang tempur. :terharu:
     
  13. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    Sesuai dengan gambar berikut ini
    [​IMG]
    busi terletak di samping kanan dari Kepala Mesin , kemungkinan kemasukan air itu sangat sedikit , kecuali keadaan banjir
    sedang apabila tutup busi yang sudah mulai mengendur kemudian air membasahi tutup busi sehingga terjadi korsleting listrik atau terjadi karat pada sentuhan antara konduktor busi ke busi. Kalau terjadi kasus yang seperti ini , biasanya ngga bisa di nyalain kecuali tutup businya di ganti , karena sudah berkarat.

    dari kasus yang dipaparkan

    1. Terjadi perubahan akselerasi saat terkena hujan
    Perkiraan
    [​IMG]
    Air bukan membasahi sisi luar busi dan tutup busi , melainkan masuk ke ruang bakar secara kontinuitas melalui intake port , dengan kata lain air masuk melalui filter , bercampur dengan udara (H2O + O2) , kemudian masuk ke karburator bercampur dengan BBM ( H2O + O2 + BBM ) , nah karena campuran air ini mengakibatkan pembakaran tidak sempurna , sehingga terjadi loss power.


    sesuai pertanyaan kemarin , part diatas ada apa engga ?


    ============================================================================

    Kasus Lain

    2. Sulit memasukkan Transmisi

    Perkiraan 1
    [​IMG]

    kalau pernah mengalami kecelakaan seharusnya part berikut ini ngga mengalami perubahan , cuma kemungkinan besar , Shift Fork nya sudah aus , Alur Shift Drum tidak rata , tapi kecil kemungkinan part ini mengalami kerusakan , soalnya mesinnya standard


    Perkiraan 2
    [​IMG]

    part ini kalau pernah mengalami kecelakaan kemungkinan besar bisa mengalami perubahan , khususnya di as nya , kemungkinan juga terjadi perubahan pada part penggerak gigi bintang yang ada di gambar Shift Drum , sehingga tidak dapat menggerakkan secara maksimal , akhirnya Shift Drum tidak bisa menggerakkan Shift Fork , dan Shift Fork yang tidak sempurna menggerakkan gigi transmisi mengakibatkan Gear tidak masuk


    nb : perlu diingat bahwa sulitnya memasukkan Transmisi tidak ada hubungannya dengan kopling , karena kopling hanya memperhalus saja.
     
  14. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    Btw Athlete ga pake kopling kok. Klo waktu kemarin jadi waktu turunin gigi dari 3 ke 2, ga langsung ke 2, ada kaya netral (ga masuk gigi) antara 3-2. Jadi urutannya 3-netral-2. Tapi sesudah service besar ganti gear + rante, ga ada masalah lagi buat yg ini sama yang bunyi "tok tok tok".

    Nah itu Air Filter juga dibongkar, jadi yg dibongkar itu Air Filter, Karbu, Kepala Mesin. Air Filter & Karbu ga ada airnya, jadi cuma dibersihin pake kompresor trus oles bensin. Yang isinya air cuma Kepala Mesin aja, airnya secangkir. Jadi dikeluarin airnya, dibersihin pake kompresor trus oles bensin. Soal busi + cop kabel busi, kata montirnya ga ada masalah. Soalnya kan baru ganti juga.

    Kira2 klo mau ngeluh lagi karena kepala mesin banjir, yang minta dicek apa ya? intake port? filter? btw makasih bgt bantuannya. :xiexie:

    Oh iya motor saya juga klo di cuci besar, misal cuci ke tempat cuci motor pake busa gtu pasti mogok juga. Ini motor emang luar biasa manjanya, dicuci kudu sama yang punya, klo ujan kudu diselimutin.
     
  15. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    motor apa aja pasti pakai kopling , nah , karena athlete itu pakai kopling otomatis , berkopling ganda (sentrifugal) , dan kopling manual yang bekerja ketika tuas presneling di injak , bukan manual pakai tangan . kalau ceritanya begitu berarti ada dog hole di gear transmisi yang udah oblak atau melonjong. ya paling minim kerusakan di gigi bintang itu , yang ngga memutar maksimal.

    kalau air filter kaga di lepas , harusnya air juga ngga masuk ke ruang bakar , kalo ada di kepala mesinnya berarti ngga masuk kedalam klep , templar dan noken as nya (alias di luar). bukan dari situ deh masuk airnya , kemungkinan nya jadi satu aja ,
    karena mesinnya dingin dan sistim fuel nya masih pakai karburator jadi bisa erjadi kemungkinan karburator yang kurang bisa mengabutkan di saat suhu rendah (dingin) di tambah kompresi yang kemungkinan juga perlu di check masih sempurna apa engga , plus pengapian businya


    sepertinya itu aja yang perlu di check dulu , tiga komponen utama pada motor agar bisa menyala
     
  16. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,808 / -0
    ^OK! Thanks bgt ya om bighendz! Nanti saya coba bawa ke bengkel resmi lagi. Sekali lagi terima kasih banyak!:peluk:
     
  17. AblehFamu Members

    Offline

    Joined:
    Aug 14, 2012
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Mu NANYA dong Gan..
    Motor Ane Jupiter Brung Hantu 2008, sudah manual kopling ( pake Block Mesin SND ), Plat Kopling sudah di gnti ama lokal ( Choho ), Noken As sudah di papas ( Lupa lagi brapa mm :ogsmall: ), Seher + Ring di ganti ma Ori kharisma..

    PERTANYAAN ane, knapa kalo sudah panas ane manteng gas pas di gigi 2 trus di oper gigi 3 suka ada suara gesekan??:ogohno:

    kejadiannya di tanjakan puncak gan. Mohon Pencerahaannya Gan :ogmatabelo:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    kalo sudah modif ekstrim memang begitu, pasti gak semua modifan selalu tepat racikannya malah bikin efek motor jadi boros/bunyi nya kasar.
    saya sih curiga di noken as nya, kalo gak pas ya malah bikin motor kayak ngak bertenaga.
    tapi ya bisa jg karena kopling nya pake yg custom punya.
    coba minta di cek lagi sama bengkel yang nanganin motor u pas turun mesin kemarin.
     
  19. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    bro, tnya lagi dongg
    untuk masalah knalpot n masaalh oli udah klar :D

    ini MX 2012 bisa pasang HID gak y
    soalnya tman ane pnya MX sama, pasang HID yg 300k pny, malah pius putus trus, kata orng bengkel sih MX gak bsa pasang HID
    tpi mnurut agan" skalian, apa ada jenis HID yg bisa?
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    kalau masalah lampu HID, harus di lihat dulu dari spek kelistrikan motor nya agan.
    Jupiter MX sendiri masih menganut kelistrikan tipe AC, sedangkan untuk jenis AC sendiri tau sendiri bagaimana kualitas penerangannya...
    keliatan kok di motor bebek, kalo pas di gas kenceng, lampu makin terang, tapi begitu gas di turunkan, lampu jadi redup.

    untuk merubah ke DC tinggal main di Kiprok, Sepul dan Aki, juga penambahan power bank supaya kelistrikan motor tidak cepat abis.
    lampu HID yang ada di pasaran sekarang (Made In China) masih kualitasnya gak terlalu bagus, dan menggunakan daya kelistrikan yang besar,
    jadi semakin riskan umur dari Aki, Sepul dan Kiprok pada motor yg sudah di modif kelistrikannya sekalipun.


    Saran saya, kalo ndak perlu2 banget, cuman buat gaya2an or iseng mendingan jangan pake HID,
    malah bikin tekor dompet karena biaya yang mengancam ke depannya,
    hal ini dibuktikan oleh pengalaman teman saya satu klub motor, karena terlalu banyak cost nya, dia balik lagi ke lampu standaran.
     
  21. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    ^^
    ooh, pantesan, untung aja blom smpat ganti sih
    soalnya lampu MX kan gak trlalu terang juga kalo orisinil nya, jadi ane thu rncana mau ganti lmpu depan yg agak terang

    Angle Eye buat motor bahaya gak ya, riskan pecah atau etc gan?
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.