1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Bengkel Motor & Mobil IDWS (Konsultasikan Masalah Motor/Mobil mu di sini)

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Feb 8, 2013.

?

kendaraan trouble (1-5) - pemilihan bengkel (6-7) - konsumsi bbm (8-10) :bingung:

  1. betulin sendiri dong :elegan:

    52.6%
  2. panggil mekanik/bengkel langganan :tampan:

    26.3%
  3. minta di derek/di dorong ojek :hihi:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. di bawa ke bengkel terdekat yg ada di jalan :iii:

    10.5%
  5. minta tolong orang :tolong:

    15.8%
  6. bengkel resmi dari manufaktur :fufufu:

    15.8%
  7. bengkel langganan tidak resmi :gotdrink:

    52.6%
  8. di bawah 100 ribu per minggu :gembel:

    36.8%
  9. antara 100 ribu sampe 300 ribu per minggu :kaget:

    31.6%
  10. di atas 300 ribu per minggu per minggu :gaswat:

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    maksud nya berat di tarikannya apa gimana?
    kalo berat di tarikannya, terakhir service (tune up) dan ganti oli terakhir kapan tuh?
    biasanya motor yang udah lama gak service, pasti setelan nya lama2 berubah, dan ngebikin motor jadi kurang maksimal tarikannya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jmx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 22, 2013
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    berat di tarikan.terakhir service sih 2 bulan lalu.
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    pemakaian motor nya rutin?
    kalo iya rutin, liat jarak tempuh per hari nya dan macet nya juga.
    karena rekomendasi pabrik biasanya service dan ganti oli untuk sepeda motor kurang lebih 2000 KM.
    tapi saran saya sih per 1000 KM kalo sudah merasa motor gak enak, ya mending di service dan ganti oli.

    anyway, jangan one liner (satu baris) bro.
     
  5. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    numpang tnya kk
    klo mesin motor cpat panas n knalpot sering nembak knapa ya?
    ane pake MX 2012 kopling
    sma oli bagusnya pake yg apa?
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    mesin motor cepat panas banyak penyebabnya...
    apa motor kk masi standar atau udah modif?
    kalo udah modif (apalagi ekstrim - main jeroan daleman mesin), so pasti mesin lebih panas dari yg masi standar.
    kalo motor masi standar, coba minta di service tune up aja biar keliat masalahnya di mana.

    knalpot serinig nembak berarti ada pembakaran yg gak sempurna dalam motor.
    coba di cek busi dan setelan karbu, biasanya di antara 2 itu yg bikin knalpot nembak.

    oli sih kalo menurut standar pabrikan saya bilang ambil yg 20-40 aja, lebih kentel dan lebih tahan panas dan penguapan,
    kalo yg standar pabrikan oli itu ada di YAMALUBE 4T Spesial Edition atau YAMALUBE 4T SILVER.

    kalo mau ambil merek di luar itu, macem2, ada yg bilang Motul bagus, ya cuman ada kualitas ada harga.
     
  7. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    motor masih standar gan
    blom pernah di modif sma skali sih motor
    ya paling ganti lampu senja etc aja (biasa) :3

    kalo Shell AX7 cocok ndak yah buat motor ane? :3
     
  8. tygacg M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2010
    Messages:
    3,693
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +491 / -0

    WOWW... om tengkorak tq.. merasa tersanjung da di jadiin narasumber haha.. :malu:


    Shell AX7 itu termasuk oli yang lumayan bagus koq.. maap kalo boleh tau motornya apa ya..
    pengalaman ane si oli ngaruh banget ke keawetan mesin ^^
     
  9. gantengmaut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    honda grand pengen pake rem cakram, yg cocok kanibalan dari motor apa ya suhu?
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    kalo emang mau di pakein rem cakram, mau gak mau ya harus ganti beserta velg nya.
    bisa ganti velg nya honda supra x beserta satu paket rem cakram depannya, baik yang belakang maupun yang depan.
    tapi rada aneh juga, soalnya dengan mesin gak sampe 100cc pas, gak perlu tuh motor pakai rem cakram, tromol aja udah cukup.
    kecuali buat modifikasi kontest sebagainya.
     
  11. teloer_dadar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 13, 2010
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +64 / -0
    nyoba nanya ah
    motor fit x tahun 2008

    kalo habis di tarik kenceng gigi4 kecepatan 80-100
    habis itu slow down pasti habis itu terdengar suara duarr(kayak ledakan kecil) kayaknya dari knalpot

    kira2 apaan ya, soal kemaren ke bengkel lapor ke mekanik katanya cuma perlu di servis, tapi suara tetep muncul
    apa jgn2 harus turun mesin?
     
  12. sunkenship M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96 / -6
    misi mas bro semua, newbie mau ikut nimbrung. bantu kakak ini kebetulan pernah ngalamin juga.
    kenalpot nembak ada beberapa sebabnya. kalau udah diservis tapi tetep keluar ada beberapa kemungkinan.
    bisa
    - setelan karburator yang kurang pas
    - busi yang udah mau habis pakai
    - tumpukan kerak diruang bakar udah mulai mengganggu.

    kalau udah diservis, coba cek aja businya. masih bagus apa ga. kalau masih bagus, ada kemungkinan ruang bakar. buat bersih" ruang bakar, dibengkel" agak besar ada kok yang bersih ruang bakar ga pake bongkar mesin.
    CMIIW
     
  13. HasX3rd M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    379
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    motor ane MX 2012 pnya gan :D
    ane mau cba ke AX7 soalnya kayaknya dri yamalube pnya bkin mesin cepat panas
    baru pakai brapa menit, udah panas kayak udah dipakai brapa jam mesinnya
     
  14. tygacg M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 7, 2010
    Messages:
    3,693
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +491 / -0
    ^
    ohh iya.. yamalube kurang bagus lah di banding AX7.. selaen AX7 jg banyak koq pilihannya.. kalo dr motul bisa milih H100 or 5100 yg 10-40, castrol power 1 racing jg bagus tu banyak banget si kalo mw pilihan oli ^^

    cari aja yg adanya apa terus tanya2 de xixixi...
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    dalam pengalaman saya, dulu saat baru pertma beli motor, masih menggunakan oli standar pabrikan..
    punya pengalaman buruk sama oli standar pabrikan, selain cepat menguap, membuat volume oli cepat berkurang.
    pernah sampai lupa ganti oli selama 2 bulan, akhirnya harus turun mesin.

    semenjak itu saya di rekomendasikan oleh bengkel langganan saya (non ahass), menggunakan oli dengan SAE 20-50, karena lebih awet dan tahan panas.
    sedangkan kalau ambil spek oli yg standar pabrikan terlalu encer, gak cocok untuk mesin motor yg sudah makin tua pemakaiannya (di atas 5 tahun).

    perlu di perhatikan juga, dalam pemakaian oli, jangan terlalu sering gonta ganti merk oli, apalagi yg viskositasnya berbeda,
    karena membuat motor ibarat nya jadi gak bertenaga karena keseringan ganti merk.
    lihat dulu pengalaman orang2 yg memakai motor tipe dan merk sejenis dengan kita, lihat review dia dalam menggunakan sebuah merk oli.
    dan yg paling penting, gunakan oli sesuai standar kekentalan yg di cantumkan di buku manual sepeda motor.

    so far dari pengalaman saya mengganti oli, yg tadinya memakai oli standar pabrikan beralih ke oli merk "tertentu",
    tarikan lebih mantap, gak suka selip kopling lagi, dan mesin lebih adem.
     
  16. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,132
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,133 / -19
    Kalo nembajk2 dari knalpot, umumnya sih (kata montir ahass) setelan karbunya ngga pas.
    Lebih banyak udara daripada bensinnya.

    Yang agak murah tapi kualitas cukup tinggi sih, shell AX7...

    Mudah2an sih cocok.
    Kalo di ane sih cocok tuh make AX7...
    Soalnya ane pelanggan tetap AX7 (dulu sih namanya shell VSX4T sebelom jadi AX7)

    Kalo nembajk2 dari knalpot, umumnya sih (kata montir ahass) setelan karbunya ngga pas.
    Lebih banyak udara daripada bensinnya.
     
  17. HeroGoo Members

    Offline

    Joined:
    May 26, 2012
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Gan, ane pux jupi 2007 burung hantu. ane punya rncana buat turun mesin dan ini lagi tahap nabung.
    untuk turun mesi nnti ane rncna mw kasih bbrapa part racing (wlpun bwat harian) biar enak gitu. list:
    1. Kampas kopling racing (biar distribusi tenag ke roda lbh maksimal)
    2. Camshaft racing (lebih ringan dn koef gesek lbih rndah)
    3. Koil (pembakaran maksimal)
    4. Klep racing (biar lbh ringan gan)
    5. Piston racing (rendah koef gesek)
    itu rncana ane gan, ane mnta tlong ni bntuannya, sarannya, gan. Trima Kasih buanyak
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,570 / -0
    mangnya motornya mau buat harian apa buat racing, kalo buat harian, di hindari deh kk racing parts, malah enakan standar.
    soalnya bukannya apa2, biasanya kejadiannya kalo pake part racing itu mahal suka rewel di jalan, apalagi kalo lagi turing.
    tapi kalo emang di pake untuk jarak deket (dalam kota) dan sengaja biar perfomance naik sebenernya cukup di poin 3 dan 5 (yg jenong) dengan setelan klep yg pas, selebihnya ya tinggal bersih2in ruang mesin dan parts lain di cek kalo perlu penggantian.
     
  19. rizaldyxxx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2012
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +3 / -0
    kk, batre motor yamaha v-ixion saya 8 bulan dah abis(batre kering)

    kira2 daya tahan batre kering emang cuma segitu kk? atau v-ixion kuat mnggunakan arus batre, or tiap batre ketahanannya berbeda?

    kira2 batre merk apa yg recomended agas bagusan yg tahan lama kk buat motor saya??

    trims sebelumnya...
     
  20. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,005
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +557,391 / -0
    harusnya kalo batrai ori awet awet aja.
    selama gak ada konsleting dan motor sering di gunakan bisa sampe 2 tahunan
    karena selama motor di pakai (mesin menyala) batrai/accu/aki bakalan di setrum.

    kecuali ada masalah di kelistrikan. proses charging gak normal.

    atau bisa juga karena. v-ixion setau dan seingat saya.

    lampu depan kan nyala langsung ketika kontak di (ON) meskipun mesin blm di nyalain.

    trs di tambah memakai elektrik starter. itu bisa juga bikin aki gak awet. atau bs juga

    kontak posisi (on) lampu depan dah nyala. tp mesin gak segera di nyalakan.

    jd lampu depan lgsng ambil listrik dr aki tp aki gak segera dapat setrum tambahan dari putaran mesin.


    kalo soal merk saya ga tau. soalnya masih pakai ori bawaan pabrik. :malu

    sebenarnya awet atau gak sih dr cara penggunaannya aja sih.

    misal pakai elektrik starter terus terusan padahal mesin gak bisa nyala di ulang2 terus itu bisa bikin aki tekor juga :malu

    kalo di manual nya motor. jeda penggunaan elektrik starter sebelum di gunakan lg itu sekitar 5 detik ketika motor ga segera nyala

    tujuannya supaya aki awet. kalo dah 3 kali ga nyala juga pakai kick starter (engkol/tendang)

    itu dr pengalaman pribadi saya ya :malu
     
  21. s3mar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    1,012
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +287 / -0
    wooooo begitu toh
    sip sip, makasih sarannya kk carlos :top:
    mencerahkan saya tentang per-pelampung-an :hehe:

    sekalian lanjut nanya deh
    knalpot saya kok ada noda-noda hitam kecil, mirip kayak karat tp bukan karat. dibersihinnya susah, kudu digosok berkali2 baru deh ilang. noda itu muncul gara-gara motor pernah lama gak dicuci :malu:
    pertanyaannya, cara mudah ngilanginnya pake apa ya? ktnya pake bensin, betulkah? :ogtanya:
     
    Last edited: Mar 27, 2013

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.