1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Benarkah Masker Duckbill Lebih Efektif Cegah Covid?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by serenamilka, Jun 1, 2021.

  1. serenamilka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 10, 2020
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    Memakai masker merupakan salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 yang diterapkan di seluruh dunia. Ada berbagai macam jenis masker, contohnya yang sedang digandrungi saat ini adalah masker berbentuk duckbill.

    Bentuk duckbill ini bisa digunakan pada jenis masker apapun, mulai masker N95 hingga masker kain. Lantas, apakah masker ini juga sama efektifnya dalam mencegah Covid-19?

    Apa Itu Masker Duckbill?

    Duckbill merupakan sebutan untuk bentuk masker yang menyerupai paruh bebek dan tidak langsung menyentuh area mulut dan hidung, sehingga membuat Anda bernapas lebih baik dan tidak merasa sesak.

    Meskipun memberikan sedikit ruang di depan hidung dan mulut, masker duckbill tidak menutup bagian dagu. Hal ini sedikit kontra dengan anjuran pemerintah untuk menggunakan masker terbaik yang menempel dengan baik di hidung atau terdapat penekuk hidung untuk menghindari kacamata berembun.

    Masker duckbill didesain untuk menempel dengan baik di wajah, sehingga membentuk perlindungan yang menyeluruh dan konsisten. Beberapa orang juga menyebutkan desain duckbill lebih nyaman digunakan di wajah ketimbang jenis masker lainnya.

    Masker Duckbill vs Masker Medis
    Fungsi utama masker di masa pandemi adalah mencegah risiko penularan Covid-19. Semua orang, baik yang sehat, sedang dalam keadaan sakit, dan para tenaga kesehatan hukumnya wajib menggunakan masker terutama di tempat umum dan rumah sakit.
    Banyak orang menyebut masker medis dan masker N95 adalah masker terbaik dan paling efektif mencegah penularan Covid-19. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengamini hal tersebut.
    WHO merekomendasikan penggunaan masker medis untuk orang yang:

    • bekerja sebagai tenaga kesehatan
    • merasa sakit atau tidak enak badan
    • sedang menunggu hasil tes Covid-19
    • menjaga pasien terduga atau positif Covid-19 di luar fasilitas kesehatan
    • berusia 60 tahun ke atas
    • memiliki penyakit komorbid, seperti kanker, obesitas, masalah imun, diabetes, jantung, dan paru-paru
    Masker medis umumnya terdiri dari tiga lapisan bahan non-woven sintetis dengan lapisan filter di tengah. Bagi masyarakat umum yang tidak memiliki penyakit komorbid dan berusia di bawah 60 tahun diperbolehkan menggunakan masker kain non-medis.
    Lalu, bagaimana dengan masker duckbill? Masker dengan bentuk duckbill memiliki filter yang sama dengan masker jenis lainnya, yang mampu menghambat minimal 95 persen partikel dan kontaminan airborne yang berpotensi berbahaya.
    Masker duckbill umumnya dibuat dari bahan yang lebih ringan, bisa terdiri dari tiga atau empat lapisan, tergantung dari jenisnya. Pada dasarnya, masker duckbill memiliki efektivitas yang sama dengan masker medis maupun N95.
    Rekomendasi Masker yang Tepat dari WHO
    Apapun jenis dan bentuk masker yang Anda gunakan, sebaiknya pilih yang tepat untuk memberikan perlindungan yang optimal. Menurut WHO, memilih masker yang tepat perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
    • Periksa filtrasi, sirkulasi udara, dan kesesuaian saat memilih masker

    • Pastikan masker menempel dengan nyaman saat digunakan

    • Ketika tepi masker tidak dekat dengan wajah dan bergeser, misalnya saat berbicara, udara yang masuk melalui tepi masker tetap dapat disaring melalui kain atau bahan masker
    Tidak disarankan menggunakan masker dengan ventilasi atau katup pernapasan karena memungkinkan napas tanpa penyaring keluar dari masker.

    Panduan Membuang Masker Duckbill Sekali Pakai

    Masker duckbill umumnya juga merupakan jenis masker sekali pakai, berarti Anda tidak bisa menggunakannya lebih dari sekali dan harus segera dibuang setelah dipakai. Berikut panduan membuang masker sekali pakai yang tepat:

    • Sebelum menyentuh masker, bersihkan tangan Anda menggunakan antiseptik berbahan dasar alkohol atau dengan sabun dan air

    • Lepaskan tali pengikat dari belakang kepala atau telinga tanpa menyentuh bagian depan masker

    • Ketika melepas masker, condongkan tubuh ke depan dan tarik masker dari wajah Anda

    • Segera buang masker, sebaiknya ke tempat sampah yang tertutup

    • Bersihkan tangan Anda setelah membuang masker

    • Ganti masker jika kotor atau lembap.

    Menggunakan masker berbentuk duckbill jenis apapun tidak masalah selama sesuai dengan rekomendasi yang ditetapkan. Hindari memilih masker yang tidak tepat dan mengurangi perlindungan Anda dari penularan Covid-19, seperti masker yang tidak menempel dengan baik dan nyaman di wajah.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.