1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Beli Mobil Baru, Harga Berapa yang Saya Sanggup?

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, Apr 25, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Mau beli mobil baru? Kira-kira berapa harga mobil baru yang dapat saya sanggup? Kali ini Finansialku.com akan membahas lebih lengkap berapa biaya yang mampu Anda bayarkan untuk membeli mobil baru.

    [​IMG]

    Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

    Apakah Anda berniat beli mobil baru? Sebelum membahas berapa harga mobil yang mampu Anda beli, mari kita bahas panduan dalam membeli mobil baru. Berikut ini 5 panduan ringkas hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum beli mobil baru:

    #1 Kenali Kebutuhan Anda

    Sebelum Anda beli mobil baru, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas.
    • Apakah Anda membutuhkan mobil tipe city car?
    • Apakah Anda membutuhkan mobil tipe family car (dengan jumlah kursi kurang lebih 5-7 orang)? Terutama jika Anda pasangan muda yang ingin segera memiliki anak.
    • Apakah Anda membutuhkan mobil dengan jenis four wheel drive (4WD)?
    [​IMG]

    Jangan pernah membeli barang hanya karena alasan gengsi. Suatu kebodohan jika Anda membeli barang, untuk menyenangkan orang lain (padahal Anda tidak suka dengan orang tersebut). Jika Anda kesulitan mencari informasi mengenai mobil, Anda dapt bertanya pada teman atau kunjungi beberapa website seperti: www.oto.com, www.otomaniac.com.

    Dalam bahasa Inggris dikenal istilah: first thing first atau dahulukan yang paling utama (alias miliki prioritas).
    • Apakah mobil menjadi prioritas Anda dalam jangka pendek?
    • Apa yang terjadi (kerugian finansial atau kerugian non finansial) jika Anda tidak membeli mobil dalam jangka pendek?
    • Jika Anda memiliki beberapa tujuan keuangan, misal Anda masih bingung membayar uang muka rumah atau membeli mobil. Buatlah tabel perbandingan bayar uang muka rumah atau beli mobil baru.
    Kesalahan dalam menentukan prioritas akan berakibat buruk pada keuangan Anda. Jadi hati-hati dalam menentukan pilihan.

    Apakah mobil baru yang mau dibeli adalah sebuah aset?

    Sebelum membahas mengenai aset atau bukan, penulis ingin menjelaskan 2 sudut pandang, mengenai definisi aset.
    • Menurut kebanyakan orang aset adalah segala sesuatu yang kita beli sekarang dan nilainya bisa naik di masa yang akan datang, contoh tanah (beli sekarang 1 meter Rp8 juta, ada peluang 5 tahun lagi harganya mencapai Rp9 juta). Seperti yang Anda ketahui, harga mobil bekas biasanya lebih rendah daripada harga mobil baru.
    • Menurut seorang pakar keuangan Amerika bernama Robert T. Kiyosaki, aset adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan pemasukan untuk Anda. Jadi sudut pandangnya bukan pada obyeknya “mobil”, tetapi pada fungsinya. Jika dilihat dengan menggunakan sudut pandang ini, maka: mobil dapat berlaku sebagai kewajiban (mobil keluarga dan mobil pribadi) serta berlaku sebagai aset (mobil yang disewakan, dijadikan taxi online, kendaraan pariwisata, mobil niaga dan lain sebagainya).
    [​IMG]

    Jadi kesimpulan Anda: Apakah mobil baru yang akan dibeli, termasuk aset atau kewajiban? Silakan tulis jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini ya. Kami tunggu komentarnya, terima kasih.

    #2 Tentukan Kemampuan Anda (Jangan Maksa Ya)

    Anda harus kenali kemampuan finansial Anda, sebelum beli mobil baru. Jangan sampai Anda memaksakan keuangan (“termehek-mehek”) saat membayar cicilan.

    Ingat dalam perencanaan keuangan, cicilan maksimal seseorang adalah 30% dari penghasilan bersih (penghasilan dipotong pajak dan potongan kesehatan dan lainnya).

    Contoh: Pak Andi memiliki penghasilan Rp10.000.000 per bulan. Setelah dipotong pajak dan potongan kesehatan, maka gaji Pak Andi menjadi Rp9.000.000. Berapa jumlah cicilan maksimal Pak Andi?

    Jawab: maksimal 30% x Rp9.000.000 = Rp2.700.000 per bulan.

    [​IMG]

    Apa yang terjadi jika cicilan melebihi 30%?

    Cicilan bulanan yang melebihi 30% penghasilan bersih, sangat berisiko menjadi utang macet. Coba Anda bayangkan, sekarang penghasilan Anda dipotong 30% untuk bayar cicilan. Kira-kira pengeluaran apa saja yang dapat Anda irit? Coba Anda rasakan, jika kondisi tersebut harus Anda alami, selama lebih dari 1 tahun? Bagaimana rasanya?

    #3 Cari Harga Terbaik di Berbagai Website

    Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga dan promo. Bukannya pelit, tetapi jadilah pembeli yang pandai. Coba Anda bayangkan misal harga mobil Rp100.000.000 dan Anda mendapat diskon mencapai 10%, itu artinya Anda sudah untung di depan sebesar Rp10.000.000. Ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi mengenai harga dan promo:
    • Cek berbagai website yang menjual mobil, seperti: www.RajaMobil.com, www.Carmudi.co.id, www.AutoCarPrices.com dan website
    • Datangi pameran mobil, seperti: Indonesia International Motor Show-IIMS (terdekat: 27 April – 7 Mei 2017) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show-GIIAS (terdekat: 10-20 Agustus 2017).
    #4 Pertimbangkan: Cash Keras (Kontan), Utang Bank atau Leasing (Financial Lease)

    Kenali pilihan-pilihan pembayaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda serta benefit tambahan. Setidaknya ada tiga jenis pembiayaan untuk Anda yang berniat beli mobil baru:
    • Cash keras (uang tunai/kontan): Anda membayar lunas seluruh biaya kendaraan.
    • Utang bank: Anda mengajukan kredit kendaraan bermotor (KKB) ke bank.
    • Leasing Anda menggunakan jasa perusahaan pembiayaan, contoh:
    [​IMG]

    Catatan: Jika Anda mengetahui informasi terbaru mengenai perusahaan multi finance, silakan berikan komentar di bawah. Kami akan meng-update data di atas. Terima kasih.

    [​IMG]

    #5 Pertimbangkan Asuransi Kendaraan

    Satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah membeli asuransi kendaraan (car insurance). Secara umum ada dua buah produk asuransi kendaraan, yaitu:
    • Total Lost Only: asuransi kendaraan dengan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan berat (beberapa perusahaan asuransi mendefinisikan kerusakan berat adalah di atas 85% kerusakan).
    • All Risk: asuransi kendaraan dengan perlindungan terhadap beberapa risiko, seperti kerusakan akibat tabrakan, kehilangan dan lain sebagainya. Istilah all risk jika diterjemahkan berarti semua risiko, namun jangan berasumsi semua risiko terhadap mobil dapat ditanggung. Anda perlu baca definisi dan ketentuan yang terdapat di dalam polis.
    [​IMG]

    Berapa yang Dapat Saya Bayarkan untuk Membeli Mobil Baru?

    Menurut David Weliver (dalam tulisannya di MoneyUnder30.com): Anda dapat membeli mobil setara dengan 10% penghasilan, 20% penghasilan atau 50% penghasilan tahunan. Lihat infografik di bawah ini:

    [​IMG]

    Sumber Gambar: Diterjemahkan dari MoneyUnder30.com​

    Jika Anda cek beberapa sumber website dan buku keuangan dari Amerika, banyak yang menggunakan perbandingan (benchmark) seperti gambar di atas. Menurut penulis, jika perbandingan tersebut digunakan di Indonesia, angkanya sangat konservatif.

    Penulis melihat angka tersebut jika diaplikasikan di Indonesia, lebih tepat untuk menghitung jumlah uang muka maksimum. Misal seseorang dengan penghasilan Rp10 juta per bulan (Rp120 juta per tahun), maka:
    • Dengan menggunakan model 1, uang mukanya sebesar 10% x Rp120 juta = Rp12 juta.
    • Dengan menggunakan model 2, uang mukanya sebesar 20% x Rp120 juta = Rp24 juta. (Anda sudah dapat membawa pulang mobil-mobil jenis LCGC).
    • Dengan menggunakan model 3, uang mukanya sebesar 50% x Rp120 juta = Rp60 juta.
    Apakah Anda memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan kemampuan membeli mobil baru?

    [​IMG]

    Berapa Kemampuan Saya untuk Membeli Mobil Baru? Ingat Rumusan 30:4:10

    Berikut ini penjelasan yang sangat penting saat Anda ingin beli mobil baru:

    #1 Uang Muka Minimum 30% Harga Mobil

    Sebenarnya berapa aturan uang muka mobil di Indonesia? Dahulu besarnya uang muka mobil adalah minimal 30% dari harga mobil. Sekarang ini uang muka mobil menjadi 20% harga mobil.

    Aturan:
    • SE OJK No 19/SEOJK.05/2015 mengenai besaran uang muka (down payment/DP) kendaraan bermotor untuk perusahaan pembiayaan non syariah.
    • SE OJK No 20/SEOJK.05/2015 mengenai uang muka kendaraan bermotor untuk perusahaan pembiayaan syariah.
    Sebenarnya mengapa uang muka penting? Anda perlu memperhatikan besaran uang muka dengan faktor lamanya masa cicilan, depresiasi nilai mobil dan besarnya cicilan bulanan.

    #2 Lamanya Cicilan, Maksimum 4 tahun

    Sebaiknya jangan terlalu lama menyicil mobil, karena depresiasi nilai mobil yang sangat besar. Ada beberapa metode depresiasi yang sering digunakan oleh orang-orang akuntansi, seperti:

    Depresiasi: Penurunan nilai (dalam rupiah) sebuah benda.​
    Misal harga mobil setelah dipakai 1 tahun, nilainya turun 15% dari harga belinya. Jika terlalu lama mencicil, Anda dapat mengalami kerugian. Coba Anda bayangkan: jika mobil dijual pada tahun ke-5 harga yang laku dipasaran Rp40 juta, sedangkan utang Anda di bank masih sisa Rp50 juta.

    Apakah Anda pernah menemukan kasus serupa?

    [​IMG]

    Jadi masih berpikiran untuk nyicil mobil lebih dari 4 tahun?

    #3 Besarnya Cicilan, Maksimum 10% dari Gaji Bulanan

    Terakhir besarnya cicilan bulanan adalah maksimum 10% dari gaji bulanan. Boleh kurang dari 10%, tetapi tidak boleh lebih dari 10%.

    Lho katanya cicilan maksimum yang sehat adalah maksimal 30% penghasilan bulanan, jadi boleh donk kalau saya nyicil mobil sampai dengan 30% penghasilan bulanan? Jawabannya boleh, jika Anda sudah tidak memiliki cicilan yang lain. Jika Anda masih memiliki cicilan rumah dan cicilan lainnya, maka usahakan cicilan mobil maksimal 10% penghasilan.

    Kesimpulan

    Jadi, perhatikan lima hal utama sebelum beli mobil baru:
    1. Kenali kebutuhan Anda
    2. Tentukan kemampuan finansial Anda
    3. Cari harga terbaik, jangan lupa bandingkan harga dan promonya.
    4. Pertimbangkan beberapa pilihan pembayaran: cash, utang bank (kredit kendaraan bermotor) atau leasing.
    5. Pertimbangkan untuk membeli asuransi kendaraan.
    Berapa harga mobil yang dapat Anda beli?
    1. Bayar uang muka (down payment – DP) minimal 25%.
    2. Usahakan lama pinjaman maksimal 4 tahun.
    3. Cicilan mobil bulanan (termasuk pokok pinjaman, bunga dan asuransi) maksimal 10% penghasilan bersih.
    Semoga penjelasan ini dapat membantu mempersiapkan Anda dari segi keuangan, sebelum beli mobil baru.


    Mobil apa yang ingin Anda beli? Sudah siapkah Anda dengan aturan 30/4/10? Jangan lupa untuk membagikan informasi ini ya, terima kasih.


    Sumber:
    Beli Mobil Baru, Harga Berapa yang Saya Sanggup?

    Baca Juga:
    Caranya Setiap Orang, Termasuk Anda, Bisa Beli Mobil Baru
    Apakah Rumah Anda adalah Aset?
    Cara Melunasi Utang Kredit dan Cicilan
    Pilih Mana Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing
    Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku Untuk Semua Risiko
    Cara Melindungi Diri Dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil Bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi
    Kelamaan Nyicil, Mau Untung Malah Buntung


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.