1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Belanda Kembangkan Bis Berkecepatan 250 km/jam

Discussion in 'Lifestyle' started by deepdarsea, Jun 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. deepdarsea Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2010
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,946 / -0
    [​IMG]

    Sepintas kendaraan ini lebih mirip sedan limousine futuristik dibanding sebuah bis. Superbus ini memiliki panjang 15 meter berkapasitas 23 penumpang yang dapat keluar masuk lewat 16 pintu bergaya sayap camar/gull wing doors.

    Bis canggih ini digerakkan oleh motor elektrik E2M dengan dukungan 4 baterai isi ulang. Untuk menjaga efisiensinya, konstruksi kendaraan terbuat dari bahan ringan sehingga ia mampu meluncur hingga kecepatan 250 km/jam!

    Bobotnya diirit lewat penggunaan material carbon fiber epoxy composite pada bagian sasis dan kokpit, sementara bagian luarnya menggunakan bahan IXIS yaitu material campuran yang terdiri dari inti busa yang diapit oleh lapisan thermoplastic fiberglass. Material ini dapat didaur ulang dan yang lebih penting, ia mampu menyerap benturan saat terjadi tabrakan.

    Bagian tembus pandang menggunakan bahan Lexan polycarbonate yang kuat dan ringan, sementara untuk mengurangi rolling resistance, bagian roda menggunakan ban khusus rancangan Vredestein berukuran ban truk namun memiliki spesifikasi setara dengan ban mobil sport.

    Superbus yang dirancang oleh tim di Universitas Teknologi Delft Belanda (TU Delft) ini memiliki ground clearance yang dapat diubah ketinggiannya sesuai kondisi jalan dengan meninggikan sub-frame aluminium di bagian depan dan belakangnya.

    Pada kondisi normal, ground clearance diseting pada ketinggian 40 cm agar tidak tersangkut saat melewati gundukan, sementara saat melaju cepat di jalur khusus yang diberi nama Supertrack, ketinggiannya dapat diturunkan hingga 7 cm sehingga tetap stabil pada kecepatan 250 km/jam.

    Jalur khususnya sendiri akan dibangun dekat dengan jalan raya yang ada dan memungkinkan bis dijalankan dengan mode 'auto pilot'. Untuk mencegah terbentuknya es pada permukaan jalan, Supertrack ini dilengkapi teknologi yang mampu menyimpan panas matahari dan melepaskannya saat musim dingin.

    Bis ini dilengkapi sistem pemandu elektronik dengan kemampuan proses yang sangat cepat. Selain itu masih ada tambahan berupa sistem pendeteksi rintangan menggunakan radar yang mampu mengenali obyek beberapa ratus meter di depan, sementara untuk meningkatkan kemampuan manuvernya, roda bagian belakang dapat pula dibelokkan.

    Terdapat 750 unit sensor onboard untuk mendeteksi berbagai hal seperti apakah seluruh penumpang sudah mengenakan sabuk keselamatan atau belum, hingga memperingatkan jika ada seseorang berdiri dekat pintu saat pintu dibuka atau ditutup.

    Bagian interiornya dirancang untuk menyajikan kenyamanan, kemewahan dan ruang perjalanan pribadi bagi penumpang. Terbagi menjadi dua bagian antara kabin peumpang dan kokpit. Kabin penumpangnya sendiri terbagi tiga bagian menggunakan dua panel transparan.

    Kabin pertama terdiri dari tempat duduk satu baris menghadap ke depan dan setiap penumpang memiliki meja, headphone dan layar multimedia pribadi. Dua kabin di belakangnya terdiri dari dua baris tempat duduk saling berhadapan dengan meja lipat besar untuk konferensi yang di bagian tengahnya yang juga memiliki layar multimedia.

    Dengan kemampuannya yang fleksibel, Superbus ini dapat menjemput penumpang di dekat rumah mereka jika diperlukan. Untuk kebutuhan penjemputan dan kelancaran perjalanan, sistem pemesanannya nanti dapat melalui internet maupun SMS kemudian dikelompokkan lokasi penjemputan serta tujuannya sedapat mungkin agar nantinya tidak terlalu banyak berhenti dan efisien seperti tarif bis reguler.

    Untuk mengevaluasi konsep Superbus ini, dilakukan serangkaian tes sebelum kendaraan mulai dirakit. Test drive pertama dilakukan di RDW test center di Lelystad 19 Oktober 2008, dan tiga sesi test drive berikutnya selesai pada 31 Januari 2009 lalu.

    Saat ini kendaraan tengah dibuat prototipe secara utuh, sasis sudah lengkap dan kaca dan panel bodi telah dipasang. Setelah itu merambah bagian dalam untuk melapis interior dan rampung pada 21 Januari 2010. Jika sukses, proyek akan mulai beralih untuk memproduksi Superbus dalam skala besar dan tim Universitas Teknologi Delft berharap bisa memasarkannya secara global.

    Siapakah orang-orang di balik pembuatan Superbus ini? Kendaraan ini didesain oleh Dr Antonia Terzi mantan kepala aerodinamika tim Formula 1 BMW-William, sementara Profesor Wubbo Ockels adalah orang Belanda pertama yang terbang ke luar angkasa, berperan sebagai manajer umum proyek.

    Proyek ini berhasil mengumpulkan sponsor dari berbagai sumber termasuk di antaranya pemerintah Belanda sendiri yang menganggarkan dana sebesar 77 juta Euro di luar sponsor industri lain yang lebih dari 45 pamasok. Di antaranya Bose, Logitech, Hella, E2M Technologies dan Bosch.

    [​IMG]

    1. Mesin: Motor elektrik bertenaga baterai lithium polymer dan regenerasi pengereman
    2. Tenaga maksimum: 300 kW, puncak pada 600 kW untuk 1 menit
    3. Jarak jelajah: 210 km
    4. Akselerasi: 0-100 km/jam 0,1g dalam mode nyaman
    5. Pengereman: 250-0 km/jam kurang dari 200m
    6. Kecepatan jelajah: 250 km/h
    7. Panjang: 15.000 mm
    8. Lebar: 2.550 mm
    9. Tinggi: 1.650 mm
    10. Bobot: 9.500 kg maksimum
    11. Distribusi bobot: 34/66
    12. Kekuatan torsional: 30000 Nm/deg
    13. Suspensi: Per udara dan sistem damper frekuensi dengan lifting subframe aluminum
    14. Ketinggian ketika berjalan: 330 mm (70mm hingga 400mm)
    15. Rangka chassis: Serat karbon
    16. Bodi: IXIS Thermoplastic reinforced fiberglass
    17. Glazing: Lexan Polycarbonate
    18. Model pengendaraan: Kontrol pengemudi di jalan biasa, autopilot pada lintasan Supertrack
    19. Kelengkapan: Sabuk keselamatan, airbags, TV, internet, air-conditioning, pemanas, dsb
    20. Fitur: Sistem navigasi, pendeteksi hambatan, sistem komunikasi, sistem pemantau kesalahan, sistem pengontrol.
    :piss::piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. uch3nk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 17, 2009
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo dipake di mari lg asik2 ngebut di kecepatan 250 km/jam trus nabrak mbok jamu yg nyebrang bs langsung wasalam tu si mbok...:hahai:
     
  4. greenstar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 31, 2010
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,340 / -0
    harus ada jalur khusus tuh..
     
  5. g4kuto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2008
    Messages:
    875
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +120 / -0
    asik buat balapan liar tuh bus kalo udah jadi..:lol:
     
  6. kyoshiro_mibu M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,950
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    ini beneran?
    keren bgt....
    kl di indonesia ga bakal bisa diterapin yg kaya beginian mah :yareyare:
     
  7. Flitch Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    enaknya... kalau keluar kota cepet banget tuh.
    nggak makan waktu.
     
  8. xbot Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +38 / -0
    Loh bukannya sudah ada di Indonesia? ....ituloh Metro Mini
     
  9. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,518
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154,664 / -3
    Waduh dr model Bis nya aja udh keren banged... :hahai:
    Kecepatan nya smpe 250KM/jam pula... :top:
     
  10. rakun M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,096
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +885 / -0
    gila....keren gan emang Dr Antonia Terzi mantan kepala aerodinamika tim Formula 1 BMW-William, sementara Profesor Wubbo Ockels adalah orang Belanda pertama yang terbang ke luar angkasa, berperan sebagai manajer umum proyek. ada2 aja deh idenya ^^
     
  11. lostrand Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    waw
    250km/jam
    kalo ada di indo :onion-100:
    bisa terpenuhi hasrat supir angkot di sini
    wah
    ga kebayang deh :aghh:
     
  12. dhe_dhel M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +7,638 / -0
    Hancur klo di pake di indonesia, karena jalanannya banyak polisi tidur dan lubang2 yg sangat dalam,

    :hahai:
     
  13. Nuketify M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 15, 2010
    Messages:
    2,235
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +801 / -0
    Belum ada belokan tajam bisa nyelip tuh bis....
     
  14. kazeaki M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 8, 2009
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,799 / -0
    ya yg ini udah pasti...
    di indonesia ja sering macet...:piss:
     
  15. yantanjunk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    901
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,740 / -0
    kcepatan sgtu.. mw nglju dmn tuh... blon nympe dah mti duluan tuh smua pnumpng ny...tp desain bis ny kren abis...
     
  16. kovac M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +35 / -0
    tu uda jalan kenceng2...
    taunya jalanan macet...
    ato tiba2 ada sapi nyebrang kayanya bakal gawat deh...
    tu yang nyupir kudu pembalap F1 kayanya...
     
  17. Mohawkholic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,245 / -0
    waaa...
    terlalu keren desainnya untuk menjadi sebuah bus...
    knceng amat ya 250 km/h, beloknya kaga susah gt...
    :piss:
     
  18. kenkuda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    bused, sampe ada fitur autopilot nya, enak tuh klo di pake di sini, cari setoran kga pegel :haha:

    chassisnya aj sampe serat karbon, gk maen2
     
  19. MeTim_Holey M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,082 / -0
    kalo dipake di indo, supirnya bisa tambah ugal-ugalan gak keruan:hehe:
     
  20. artanist Members

    Offline

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    asyeeekk tuh...
     
  21. forcefox M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,185 / -0
    Keren nih... Tapi gak tepat lah disebut "bis"..
    Tapi warnanya terlalu kaku nih, kayak mobil presiden-presiden aja..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.