1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

News Beginilah 2 Cara Operasi Ransomeware Jahat

Discussion in 'Free Talk Zone' started by sundarifebriani, Jul 7, 2017.

  1. sundarifebriani Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2015
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +13 / -0
    Seluruh dunia ramai membicarakan keganasan ransomware, termasuk Indonesia yang ikut gelagapan dan kaget menjadi sasaran malware matre para penjahat siber. Ransomware identik dengan tindak kejahatan ekonomi dunia maya. Penjahat siber berhasil memperoleh jarahan hingga mencapai miliaran dolar berdasarkan uang yang masuk ke dompet Bitcoin yang berhubungan dengan ransomware.

    Dalam perjalanannya, selain teknologi enkripsi yang notabene merupakan kuncian bagi ransomware, metode serangan ikut menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah ransomware, semakin variatif dan masif kemampuan menyerang yang dilakukan, semakin besar kemungkinan memperoleh korban sebanyak-banyaknya.

    Lantas, ransomware macam apakah yang akan menjadi ancaman bagi dunia digital di masa depan? ESET Indonesia melihat ada dua model ransomware yang kemungkinan akan menjadi tren di kalangan penjahat siber dalam mendistribusikan serangan di masa depan, yaitu:

    1. Locker Ransomware (Enkripsi Sistem)
    Jenis ini akan mengenkrip pada level sistem operasi yang ada sehingga pengguna tidak dapat menggunakan komputer. Model ini tidak terlalu marak beredar, sempat booming pada tahun 2015.

    2. Crypto Ransomware (Enkripsi Data)
    Tipe ini hanya akan mengenkripsi tipe file tertentu. Dalam perkembangannya, semakin banyak tipe file yang menjadi target, selain itu jenis ransomware ini juga mengalami perkembangan, dapat dilihat dari extension file yang dihasilkan.

    [​IMG]

    Bagaimana cara beroperasi dan penyebaran Ransomeware Jahat ini?
    1.Botnet Ransomware

    Botnet terdiri dari perangkat yang terkoneksi dengan internet seperti komputer, laptop, ponsel, perangkat IoT yang diambil alih kendalinya oleh peretas digunakan untuk melakukan serangan DDoS. Selain itu, botnet juga dapat mengirimkan spam, menyebarkan berbagai scam dan yang terbaru adalah ransomware. Berdasar hasil riset Google, dari semua lalu lintas email di tahun 2017, 50%-70% spam berasal dari botnet dan sebagian digunakan untuk ransomware.

    Botnet digunakan karena dapat menutupi jejak dalam penyebaran, dan menjadi massive karena menggunakan ribuan bahkan jutaan komputer yang sudah menjadi robot. Setelah sebuah komputer terinfeksi maka secara otomatis akan mencari file yang menjadi target pada komputer tersebut atau pada file sharing. Pada beberapa jenis ransomware, mampu menggandakan diri ke komputer lain dengan cara menginfeksi.
    2.Ransomware as a Service (RaaS)
    Raas atau Ransomware as a Service, adalah metode penyerangan ransomware paling modern diantara yang lainnya. Pengembang malware menjadikan ransomware sebagai waralaba yang bisa digunakan oleh siapa saja,

    dirancang untuk mudah digunakan bahkan oleh newbie sekalipun, dengan sistem bagi hasil sangat menguntungkan bagi mereka yang mau mengoperasikan. Ada tiga kepentingan yang saling terkait dalam metode ini: Pengembang, Pemodal dan Operator/Pendistribusi.

    Sejak tahun 2016 sampai sekarang, semakin banyak ransomware yang dijajakan sebagai RaaS, seperti varian baru Cerber, Satan, Unlock26, PetrWrap, Karmen, Frozrlock, Fatboy dan masih banyak lagi.

    Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia Yudhi Kukuh saat berbicara mengenai ransomware masa depan mengatakan : “Sebenarnya apa pun jenis ransomware, mereka semua sangat berbahaya dan berpotensi merugikan bisnis secara keseluruhan. Namun, ransomware yang mampu menginvasi dalam waktu cepat, menyebar dengan luas dan minim deteksi akan menjadi ancaman terbesar bagi praktisi keamanan di setiap perusahaan di seluruh dunia.”

    SUMBER
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. putranaga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 4, 2017
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    KOMPAS.com - Penyebaran ransomware WannaCry menimbulkan kekhawatiran besar. Bagaimana tidak, program jahat ini bisa masuk diam-diam ke komputer tanpa diketahui, lantas mengenkripsi data di dalamnya sehingga komputer terkunci dan tidak bisa dipakai.

    WannaCry pun tak pandang bulu dalam menyerang korban. Sejumlah rumah sakit di Indonesia dibuat kesulitan memberikan layanan medis karena komputernya dikunci oleh sang ransomware.

    Kejadian serupa terjadi pula di Inggris, di mana setidaknya 16 rumah sakit menjadi korban WannaCry. Hanya dalam waktu kurang dari dua hari sejak Jumat kemarin, sang ransomware sudah menyebar ke 99 negara dan menginfeksi puluhan ribu, kalau bukan ratusan ribu, sistem komputer.

    sumber
     
  4. faii Members

    Offline

    Joined:
    Jan 19, 2013
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    Informasi menarik gan.. :D
     
  5. harrier16 Members

    Offline

    Joined:
    Mar 10, 2012
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    serem juga yah. ini masih makan korban ga yah
     
  6. kyoshiro-mibu M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2008
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +22 / -3
    Penanganannya gimana gan? kok berita aja:ogbloon:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.