1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, May 22, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Bagaimana agar Uang THR bisa termanfaatkan dengan baik? Menjelang hari raya, perusahaan biasanya memberikan uang THR kepada karyawannya. Bagaimana menggunakan uang THR agar dapat termanfaatkan dengan baik.

    [​IMG]

    Tunjangan Hari Raya

    Menjelang libur hari raya Idul Fitri, bukan hanya mudik ke kampung halaman dan bisa bertemu keluarga yang biasanya ditunggu-tunggu. Turunnya tunjangan hari raya atau uang THR juga menjadi hal yang tidak kalah ditunggu-tunggu. Pada umumnya, uang THR adalah sebesar satu kali upah bulanan yang mencakup gaji pokok dan tunjangan tetap.

    Jumlah ini tentu saja merupakan nominal yang cukup besar untuk dapat memenuhi kebutuhan hari raya Anda dan keluarga. Namun, jika Anda salah mengalokasikan uang THR, hal tersebut justru akan menyebabkan uang Anda menjadi defisit dan Anda justru akan merasa kesulitan menjalani hari setelah hari raya usai.

    Melalui artikel ini, simak bagaimana finansialku membahas alokasi uang THR agar sejahtera dan dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi Anda dan keluarga.

    [​IMG]

    Alokasi Uang THR

    Sebelum Anda menggunakan uang THR, sebaiknya Anda melakukan alokasi dana sehingga uang tersebut tidak menyebabkan pengeluaran Anda justru menjadi defisit. Hal pertama yang harus Anda sadari adalah untuk tidak mencampur gaji bulanan Anda dengan uang THR yang Anda dapatkan. Tetap gunakan gaji bulanan Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup harian Anda dan keluarga, dan sebaiknya Anda tidak menggunakan uang THR untuk memenuhi hal-hal yang bersifat konsumtif semata.

    #1 Alokasikan untuk Tabungan

    Pisahkan sekitar 10-20% uang THR Anda untuk dana tabungan. Sebaiknya Anda melakukan pemisahan tepat sebelum Anda menggunakan uang THR Anda. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari godaan menggunakan uang tersebut, termasuk untuk menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Anda dapat memisahkannya dalam amplop tersendiri atau dalam rekening lain yang bukan merupakan rekening utama Anda.

    [​IMG]

    #2 Alokasikan untuk Hari Raya

    Kebutuhan hari raya juga membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika tidak dialokasikan dengan baik, kebutuhan hari raya dapat menghabiskan seluruh uang THR, bahkan mungkin melebihi uang THR yang Anda miliki. Hal ini tentu saja akan membuat Anda kesulitan setelah hari raya nanti.

    Kebutuhan hari raya ini mencakup kebutuhan untuk membeli pakaian baru, perlengkapan ibadah, serta membayarkan zakat. Sebaiknya Anda memisahkan terlebih dahulu uang THR yang akan Anda gunakan untuk membayar zakat. Sebab besaran uang untuk membayar zakat sudah dapat ditentukan dan sesuai dengan kewajiban Anda.

    Selain itu, sebaiknya Anda membeli pakaian baru dan perlengkapan ibadah jauh sebelum lebaran. Semakin mendekati hari raya, biasanya harga pakaian akan semakin meningkat. Membeli pakaian dan perlengkapan ibadah jauh-jauh hari sebelum hari raya akan mengurangi biaya yang mesti Anda keluarkan untuk membeli kebutuhan tersebut. Dan ingatlah untuk tidak menggunakan seluruh uang THR untuk membeli baju baru.

    Selain hal tersebut, kebutuhan untuk membeli tiket mudik dan THR untuk saudara-saudara di kampung juga dapat menggunakan uang THR yang Anda dapatkan. Ada baiknya, jika Anda memisahkan uang THR yang akan Anda bagikan kepada saudara-saudara Anda di dalam amplop yang terpisah agar Anda tidak mengeluarkan uang melebihi alokasi awal yang telah Anda tetapkan.

    [​IMG]

    #3 Alokasikan untuk Membayar Utang

    Hal yang tidak kalah penting adalah mengalokasikan uang THR Anda untuk melunasi utang yang Anda miliki. Utang yang dibiarkan berlarut-larut akan memberikan beban yang lebih besar terhadap kondisi finansial Anda. Di samping itu, melunasi utang lebih cepat juga memberikan Anda ruang untuk dapat menjalani hari raya dengan tenang tanpa diikuti oleh bayang-bayang utang yang belum dibayarkan.

    Jika Anda tidak memiliki utang yang harus dibayarkan, Anda dapat menyimpan sebagian uang THR Anda sebagai dana cadangan atau dana darurat. Sehingga apabila suatu hari kebutuhan harian Anda tidak dapat tercukupi hanya dengan gaji Anda, Anda telah memiliki sumber dana lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebaiknya Anda mengalokasikan sekitar 15% untuk melunasi utang yang Anda miliki atau menyimpannya sebagai dana darurat.

    #4 Alokasikan untuk Investasi

    Uang THR juga dapat dikatakan sebagai gaji ketiga belas. Sebaiknya Anda tidak menggunakan seluruh dana ini untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Alokasikan sekitar 10% uang THR yang Anda dapatkan untuk diputar kembali sebagai dana investasi. Hal ini selain dapat meningkatkan manfaat uang THR yang Anda miliki, juga dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi Anda dan juga keluarga Anda. Di samping itu, Anda dapat menganggap bahwa dana investasi dari uang THR adalah modal yang Anda dapatkan secara cuma-cuma.

    [​IMG]

    Kelola Uang THR dengan Bijak

    Sudah saatnya Anda mengelola uang THR yang Anda dapatkan dari perusahaan tempat Anda bekerja dengan sebaik-baiknya. Ketahui dan prioritaskan hal-hal yang perlu Anda bayar segera dan mulailah untuk belajar investasi atau menabung demi masa depan yang lebih cerah.


    Bagaimana cara Anda mengatur alokasi uang THR Anda? Jawablah dan bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka dapat mengalokasikan uang THR dengan baik dan memberikan manfaat lebih, terima kasih.


    Sumber:
    Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera

    Baca Juga:
    Bagaimana Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Saya dan Merencanakan Keuangan, Jika Gaji Pas UMR?
    Mengenal Persamaan dan Perbedaan Antara Rekening Tabungan, Rekening Giro, dan Rekening Koran
    Yuk Kenali Cara Perhitungan Pajak THR dan Pajak Bonus
    Pentingnya menjadikan Investasi yang Menguntungkan sebagai Sebuah Kebiasaan


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.