1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Begini 10 Cara Hidup Sederhana Mempersiapkan Dana Darurat

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, Apr 3, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Bagaimana cara hidup sederhana dalam mempersiapkan dana darurat? Apa yang dapat Anda lakukan? Berikut ini Finansialku.com akan memberikan informasi bermanfaat pada artikel ini.

    [​IMG]

    Hidup Sederhana Mempersiapkan Dana Darurat

    Kehidupan itu ibarat roda yang berputar. Kita tidak tahu kapan saatnya berada di atas atau kapan kita akan mengalami masa-masa sulit di bawah. Begitu pula dengan soal keuangan, kadang kita memiliki cukup uang tapi ada satu waktu kita hanya memiliki dana yang terbatas dan pas-pasan. Agar yang semacam ini tidak selalu kita alami, sebagai seorang manusia yang berakal kita harus memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan.

    Salah satu hal terpenting ketika mengatur keuangan adalah memikirkan kebutuhan untuk masa depan. Kenapa masa depan? Karena di masa yang akan datang kita tidak pernah tahu apa dan bagaimana masalah yang akan dihadapi.

    Masalah ini biasanya berkaitan dengan soal kesehatan, pendidikan, dan jaminan hari tua. Jika kita tidak memiliki dana lain yang kita simpan untuk masa depan dan hanya memikirkan masa sekarang, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kita bisa terlilit masalah keuangan yang pelik dan rumit.

    Nah, jika Anda termasuk orang yang peduli dengan kondisi keuangan di masa yang akan datang, pastikan Anda memiliki dana darurat yang bisa digunakan saat kita benar-benar membutuhkan uang.

    [​IMG]

    Lalu bagaimana cara mempersiapkan dana darurat di masa sekarang untuk masa depan? Berikut adalah 10 cara sederhana untuk mempersiapkan dana darurat, di antaranya:

    #1 Jangan Menunda

    Semuda apapun umur, menyiapkan dana darurat adalah hal yang harus dilakukan kapanpun saat kita siap dan mampu. Di masa yang akan datang kita tidak bisa memprediksi bagaimana kondisi keuangan, meskipun saat ini kondisi keuangan terlihat sehat dan lapang, kemudian hari belum tentu kita memiliki kondisi yang serupa. Bersiaplah untuk hal yang terburuk dalam hidup kita, persiapkan dana darurat sejak dini begitu kita mampu dan mau sebelum terlambat.

    #2 Catat Setiap Pendapatan dan Pengeluaran dengan Baik

    Agar dapat menentukan anggaran untuk menyimpan dana darurat, Anda harus tahu terlebih dahulu berapa kisaran pendapatan dan pengeluaran dalam 1 bulan.

    Jika sudah mengetahui berapa pastinya pendapatan dan pengeluaran per bulan, Anda akan dapat menentukan berapa persen uang masuk yang harus disisihkan untuk dana darurat. Idealnya, paling tidak setiap bulan Anda harus mengalokasikan sekitar 10-20% dari penghasilan untuk disimpan sebagai dana darurat.

    #3 Anggap Dana Darurat Sebagai Utang

    Jika suatu kondisi membuat kita menggunakan dana darurat, anggap uang yang kita gunakan itu sebagai utang. Dengan menganggap dana darurat sebagai utang yang harus dikembalikan, secara otomatis kita akan berusaha untuk tidak bersikap seenaknya dalam menggunakan dana tersebut.

    Agar dana darurat tidak terpakai, simpan dana darurat di rekening lain selain rekening yang biasanya digunakan. Pisahkan uang dari rekening utama Anda setiap bulannya untuk mengisi rekening dana darurat yang disiapkan untuk masa depan.

    [​IMG]

    #4 Kurangi Pengeluaran Konsumtif

    Agar anggaran dana darurat yang disiapkan tidak berkurang dan semakin banyak, kurangi pengeluaran konsumtif yang tidak diperlukan. Berusahalah untuk hidup lebih sederhana dengan membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

    #5 Sisihkan Mulai dari Uang Receh

    Menyisihkan uang untuk disimpan sebagai dana darurat tidak harus dari penghasilan saja. Anda juga dapat menyisihkan uang dari bonus, tunjangan, insentif, atau bahkan dari kembalian belanja dan parkir yang biasanya berbentuk receh.

    #6 Disiplin Dalam Penggunaan Kartu ATM

    Tanamkan dalam pikiran kita bahwa ATM bukanlah dompet. Gunakan ATM hanya saat kita benar-benar ingin melakukan transaksi keuangan lewat mesin seperti transfer atau membayar tagihan bulanan. Pakai ATM hanya ketika kita membutuhkan dana dalam waktu yang cepat.

    [​IMG]

    #7 Evaluasi Keuangan Pribadi Setiap Tahun

    Evaluasi diperlukan agar kita tahu berapa dana yang bisa disisihkan untuk keperluan darurat. Apakah nilainya bertambah atau berkurang? Hal ini memang harus dilakukan karena setiap tahun kondisi keuangan kita pasti memiliki perubahan.

    Jika pendapatan meningkat, maka evaluasi akan membuat kita merevisi dana yang disisihkan untuk keperluan darurat dan menambah nominalnya sehingga dana darurat bisa terkumpul lebih banyak.

    #8 Menyimpan Dana Darurat Dalam Bentuk Perhiasan

    Salah satu cara mudah untuk memiliki dana darurat adalah dengan membeli perhiasan emas atau berlian. Nilai perhiasan emas atau berlian yang cenderung stabil tentu dapat memberikan keuntungan tersendiri.

    Jika suatu saat kita dihadapkan pada kondisi darurat yang membutuhkan dana besar, perhiasan tersebut dapat dijual dan menghasilkan uang yang mampu membiayai kebutuhan kita. Selain praktis, perhiasan juga bisa kita gunakan sehari-sehari sebagai pelengkap penampilan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

    #9 Membuka Tabungan Rencana atau Deposito

    Menyisihkan sebagian uang dari penghasilan dan tabungan bukanlah hal yang mudah. Kebutuhan hidup dan keinginan untuk berfoya-foya terkadang membuat dana yang seharusnya disimpan malah terpakai. Agar lebih mudah untuk mengalokasikan sebagian uang, bukalah tabungan rencana atau deposito.

    Tabungan atau deposito ini bisa diatur agar secara otomatis mendebet dana di rekening untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu. Serunya, tabungan rencana ini tidak dapat kita ambil semaunya sampai jangka waktu tertentu.

    Dengan menggunakan tabungan semacam ini, mau tidak mau suka tidak suka kita jadi mampu menyimpan dana darurat sebelum sempat menggunakannya untuk hal-hal yang tidak berguna.

    [​IMG]

    #10 Menggunakan Asuransi

    Jika kita termasuk orang yang malas untuk menyisihkan uang, cobalah untuk mendaftarkan diri pada asuransi. Asuransi di sini bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari asuransi kesehatan sampai jaminan hari tua. Jika ikut asuransi, setiap bulan secara otomatis penghasilan kita akan didebet untuk membayar premi.

    Sayangnya, asuransi tidak dapat cair sewaktu-waktu, sehingga jika kita terdesak kita tidak bisa mengandalkan asuransi.

    Persiapkanlah Dana Darurat

    Persiapkanlah dana darurat yang manfaatnya akan Anda rasakan ketika Anda mengalami suatu kondisi yang tak terduga yang biasanya diluar kebiasaan Anda. Ketika kejadian ini terjadi, maka Anda tidak perlu untuk khawatir akan keuangan Anda. Anda akan terlindung dan terbebas dari utang untuk membayar suatu kondisi dan kejadian yang tak terduga ini.


    Cara efektif mana yang Anda dapat lakukan untuk mempersiapkan kebutuhan dana darurat? Berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, jangan lupa juga untuk share kepada rekan Anda di grup WA, agar mereka mengetahui informasi yang bermanfaat ini, terima kasih.


    Sumber:
    Begini 10 Cara Hidup Sederhana Mempersiapkan Dana Darurat

    Baca Juga:
    Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat
    Apakah Mahasiswa Perlu Dana Darurat ? Kalau Perlu, Berapa Jumlahnya?
    Dengan Cara Ini, Dana Darurat dan Investasi Bisa Dipersiapkan Secara Bersamaan
    Para Karyawan, Yuk Rencanakan dan Hitung Dana Darurat Anda


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.