1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info BBM Oktan Tinggi menambah power (DK) kendaraan???

Discussion in 'Otomotif' started by bHell, Apr 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. useraaabbb Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    kata siapa juga yang bilang nambah kenceng gan?
    yang ada mah nambah irit sama nambah awet daleman mesin dll nya
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. yniko M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    10,099
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +47,668 / -0
    Tapi ada loh yang kena sugesti kalo BBM nyak Oktan nya tinggi jadi nambah power :???:
    Kalo udah kena sugesti ya susah :yareyare:
     
    • Like Like x 1
  4. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    cz biasanya kendaraan yg pake oktan tinggi itu kendaraan dengan performance di atas rata2 jadi muncul deh sugesti "kalo gw pake oktan tinggi, motor gw tambah kenceng, kayak motor itu tu..."
    padahal setelah dilakukan test, tidak nambah power... cuman lebih irit ke bahan bakar...

    CMIIW
     
    • Like Like x 1
  5. cybrid Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2009
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    Asal jangan pake kendaraan kompresi tinggi (+ timing yg dimajuin) n pake premium aj, apalagi kalo dah pake turbo....
     
  6. stefalinus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +26 / -0
    untuk mobil, hampir rata2 harus memakai pertamax, bahkan pertamax plus..
    klo motor, skr rata2 harus pertamax deh..kecuali mio..(karena kompresinya rendah)

    perbandingannya klo gk salah untuk kompresi :
    premium = 8:1:1
    pertamax = 9:1:1 (shell super)
    pertamax plus = 10:1:1 (shell super extra)
    cek aja di spesifikasi mesin (perbandingan sistem kompresi nya)
    CMIIW..
    :piss:
     
  7. stefalinus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +26 / -0
    sori dopost..
    tapi semisal mesin kompresi rendah dipakai bensin pertamax yg oktannya lebih tinggi tidak ada beda nya melainkan hanya pemborosan uang saja..
    bahkan menimbulkan kerak berlebih pada mesin..

    tetapi kalau mesin dengan kompresi tinggi memakai bensin premium, itu akan terjadi pembakaran berlebih dan berbahaya untuk piston..bisa bolong2 gan,..
    :piss:
    cmiiw
     
  8. im_jealousy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 28, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    klo mnrt saya si BBM beroktan tinggi itu membantu menaikkan effisiensi di ruang bakar.otomatis krn lebih effisien mkanya ada perasaan "lebih enteng tarikannya". kalo dibilang ruang bakar lebih bersih jelas iya,krn karbon sisa pembakarannya lebih dikit (terbakar sempurna). CMIIW
     
  9. zenkih Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    mantap boss infonya..
    ane tetap pake pertamax buat vixy ane
     
  10. MaximuzZ Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 3, 2010
    Messages:
    279
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +924 / -0
    Ane sih pernah dengar juga katanya bisa nambah kenceng motor..
    :semangat:
    pas ane coba memang ada sedikit perubahan..
    agak enak aja tarikannya...
    :cihuy:
     
  11. fahamzah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    778
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +175 / -0
    yang jelas jangan pernah nyampurin pertamax dengan premium dengan perbandingan premium diatas 1/3, pengalaman langsung kerasa aneh motroq :kecewa: ketukannya loncat2.... jadi klo agan2 semua pengen pergian jauh dana kagak ada pom yang berPERTAMAX lebih baik kosongin dulu tangki bahan bakarnya trus isi dengan premium....:cerutu:
    semoga membantu :maaf:
     
  12. nearlawliet M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 7, 2010
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +60,646 / -0
    wah.. mending pke bbm ramah gas buang dri pda accelaration cpet tpi meusak lingkungan
     
  13. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    mksdnya bbm ramah gas buang apa ya :???:
     
  14. k6666rz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    makin tinggi oktan pasti makin ramah gas buangnya dong gan,khan pembakarannya jauh lebih efisien
     
  15. taufikadi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    1,655
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,142 / -0
    menurut pglaman sya sih premium itu masih menyisakan timbal & kadar oktannya masih rendah. jd lbh prefer ke pertamax ataw pertamax plus aja deh :maaf: CMIIW
     
  16. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    ^
    yupz premium emang oktannya rendah,,, tp skarang udah bebas timbal kok bro...
    tp tetep aja, kalo ngga salah pertamax itu udah ditambah aditif dari pertaminanya, sehingga meningkatkan kualitas...
    kalo pertamax+ kualitasnya sudah mendapatkan sertifikasi internasional (dengan kata lain, ini sekelas internasional)...

    dan menurut yg gw pelajari di termodinamika, efisiensi untuk mesin otto (bensin), diesel tergantung dari bahan bakar yg digunakan...
    so, makin bagus tuh kualitas bensin jadi makin irit....

    CMIIW
     
  17. kz_rider_0274 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 7, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +475 / -0
    bro,ini cuma share pengalaman ane ngoprak2 masalah karburasi di motor ane...
    1.anggep aja setiap ledakan bisa menghasilkan kompresi sebesar X...
    2.untuk bisa mebghasilkan kompresi sebesar X, bbm dengan oktan 80 butuh sekian cc...
    3.tapi karena bbm yang nilai oktan nya lebih gede (contoh aja 95) lebih mudah kebakar, maka untuk menghasilkan kompresi sebesar X konsumsinya tidak sebanyak yang bernilai 80..
    4.maka nilai oktan yang lebih tinggi bisa mengurangi konsumsi bbm, serta meringankan kerja engine...
    5.tapi resiko nya harus ngerubah timming ledakan dari busi...

    betul ga bro??? :piss:
     
  18. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    ^
    kok ada yg janggal ya :???:
    • bukannya kompressi itu terjadi sebelum ledakan
    • bahan bakar dengan nilai oktan besar justru semakin sulit untuk terbakar
    • bahan bakar dengan nilai oktan besar diaplikasikan pada mesin dengan kompresi tinggi
    • jika bahan bakar terbakar habis sebelum waktunya akan berakibat buruk pada mesin, bukan menambah ringan kerja mesin
     
  19. kz_rider_0274 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 7, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +475 / -0
    wah ada koreksi ni ...(namanya juga belajar)
    -kalo ga salah kompresi itu kan terjadi karena adanya gaya setrifugal yang disebabkan ledakan sebelumnya...logika saya sih semakin besar ledakan akan menimbulkan gaya sentrifugal yang lebih besar pula...dan semakin besar pula kompresinya....
    -wah,begitukah oktan lebih besar malah semakin sulit terbakar???(ane juga masih belajar bro.... :piss: )
     
  20. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    yg pertama, yah itu kan siklus.... :swt:
    kompressi selanjutnya emang hasil dari ledakan sebelumnya.. tp untuk membuat ledakan harus ada kompressi dulu....

    yg kedua, baca2 aja ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Oktan dan http://en.wikipedia.org/wiki/Octane
    kalo masih ngga ngerti googling sndiri yaaa...
     
  21. kanamari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    noob pngen ikutan nimbrung nih....

    dari beberapa laman yang saya baca, memang oktan lebih tinggi itu lebih susah dibakar, makanya kalo misalnya pabrikan merekomendasikan kita pake premium tapi kita pake pertamax banyak sisa pembakaran (kerak karbon) di ruang mesin. Tapi kalo harusnya oktan tinggi kita pake oktan rendah, mesinnya ngelitik karena bahan bakar dah kebakar dluan kena kompresi.
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.