1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info BBM Oktan Tinggi menambah power (DK) kendaraan???

Discussion in 'Otomotif' started by bHell, Apr 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,242 / -0
    thanx 2 click!

    ===

    Kayaknya kita sering denger anggapan orang, ataupun klaim Produsen dari produk tertentu yang menginformasikan bahwa "Kenaikan nilai oktan dari BBM yang kita gunakan akan menambah daya mesin kendaraan kita".

    Sejauh mana kebenarannya???:confused:


    Berikut ini informasi yg saya dapat dari Majalah "Bike" - Inggris; edisi Maret 2010.

    Pengetahuan mengenai bahan bakar

    What is Knock? Campuran udara-bahan bakar didalam ruang pembakaran seharusnya terbakar dengan sempurna setiap kali, pembakaran dimulai dengan sebuah api yang bersumber dari busi dan bergerak meluas sampai kepada ujung ruang. Kenyataannya, reaksi ini berlangsung dengan adanya gas yang tidak terbakar pada ujung ruang bakar dan dapat memicu terjadinya pembakaran spontan. Pembakaran spontan ini akan menyebabkan tekanan diruang bakar mendadak tinggi dan menyebabkan terjadinya kerugian daya, overheating, dan suara ketukan (knocking sound).

    Bagaimana cara untuk mencegahnya? 1) Dengan memundurkan waktu pengapian. Hal ini akan mempersingkat waktu pembakaran bahan bakar yang berlangsung ketika tekanan meninggi akibat pergerakan piston ke titik mati atas (TMA) silinder. Bagaimanapun, memundurkan waktu pengapian akan mengurangi daya. 2) Cara lain untuk mencegah knocking tanpa mengorbankan performa adalah dengan menggunakan bahan bakar dengan rating oktan yang lebih tinggi.

    Apa itu rating oktan? Rating oktan tidak ada hubungannya dengan kandungan energy didalam bahan bakar, ataupun jumlah daya yang dibangkitkannya. Rating oktan adalah ukuran ketahanan bahan bakar terhadap knock selama pembakaran. Rating ini ditentukan oleh skala relative terhadap 2 jenis hidrokarbon tertentu; n-heptana (yang mudah terbakar) dan iso-oktan (yang memiliki sifat anti-knock yang baik). Bahan bakar dengan rating oktan 95 berarti memiliki sifat ketahanan terhadap knock yang sama dengan yang ditunjukan oleh campuran yang terdiri atas 95% iso-oktan dan 5% n-heptana. Rating dapat bernilai lebih dari 100 dengan menggunakan bahan seperti timbal tetraetil, yang lebih tahan knocking bila dibandingkan dengan iso-oktan.

    Nilai apa yang kita biasa lihat di SPBU? Kalau di Inggris, rating oktan yang biasa digunakan adalah research octane number (RON). Bahan bakar bebas timbal yang umum (disini Premium) memiliki RON-95 dan bahan bakar bebas timbal “Super” dengan rentang RON 97-102. Nilai lain yang kurang umum digunakan adalah motor octane number (MON). MON membutuhkan pengujian pada rpm engine yang lebih tinggi dan waktu pengapian yang semakin maju, sehingga nilainya akan lebih rendah dari nilai RON. Bahan bakar RON-95 diatas memiliki nilai MON-85. BBM jenis gasoline (di Indonesia = bensin utk mobil/motor) memiliki nilai panas yg sama yaitu sekitar 32.000 kJ/liter = 7.643 kkal/liter [cek di: http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline#Chemical_analysis_and_production]

    Bagaimana menentukan nilai rating oktan? Rating oktan untuk sebuah bahan bakar ditentukan dengan menggunakannya pada sebuah Cooperative Fuels Research engine. Engine 1 silinder 611cc berkarburator memiliki rasio kompresi yang bervariasi dari 4:1 hingga 18:1.

    1. Untuk menentukan nilai RON.

    Engine dijalankan pada 600 rpm; rasio kompresi diatur sedemikian sehingga terjadi sejumlah tertentu knock. Nilai rasio yang diperoleh kemudian digunakan untuk membakar campuran n-heptana dengan iso-oktan. Perbandingan campuran n-heptana dengan iso-oktan yang menunjukkan kondisi knock yang sama dengan bahan bakar yang diuji adalah yang menjadi nilai oktan bahan bakar.

    2. Untuk menentukan nilai MON

    Engine dijalankan pada 900 rpm dengan temperatur udara 38 oC dan temperatur campuran bahan bakar 149 oC dan waktu pengapian yang semakin maju seiring dengan naiknya rasio kompresi. Kondisi ini menyebabkan bahan bakar mengalami tekanan yang lebih tinggi dan membuatnya lebih mudah untuk mengalami knock.

    Proses Pengujian

    Pengujian menggunakan BMW S1000RR dan Suzuki GSX-R1000, keduanya berspesifikasi 4 silinder segaris, 1000cc, dan disyaratkan pabrikan menggunakan BBM dgn oktan minimal 95.

    [​IMG]
    BMW S1000RR
    [​IMG]
    GSX-R1000​


    TES PERTAMA [Premium Standar bebas timbal]
    Rating oktan RON-95; MON-85, harga 110,9 pence/liter.
    Dimulai dengan mengosongkan tangki bahan bakar dan mengisinya dengan bahan bakar bebas timbal standar. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan garis dasar (baseline) daya engine standar untuk pengujian, juga untuk mengecek bahwa kedua motor sudah bekerja dengan seharusnya.
    HASIL : BMW berdaya 190,6 bhp dan 83,4 lb.ft
    Suzuki berdaya 162,4 bhp dan 80,0 lb.ft


    [​IMG]
    ketiga BBM yang digunakan​

    TES KEDUA [Shell V-Power]
    Rating oktan RON-99; MON-86, harga 118,9 pence/liter.
    Bahan bakar Super bebas timbal disyaratkan memiliki nilai RON-97 minimal, jadi V-Power termasuk kedalam bahan bakar beroktan tinggi. Dimulai dengan mengosongkan tangki bahan bakar, mengisinya dengan V-Power dan melanjutkannya dengan pengujian diatas Dyno dengan bukaan gas penuh.
    HASIL : BMW berdaya 190,5 bhp dan 83,6 lb.ft
    Suzuki berdaya 162,7 bhp dan 79,8 lb.ft


    TES KETIGA [BP Ultimate 102]
    Rating oktan RON-102; MON-90, harga 246 pence/liter.
    BP mengklaim akan diperoleh peningkatan daya sekitar 4 sampai 7,5% untuk mobil yang menggunakan Ultimate 102 ini (walaupun terdapat catatan kecil: hal ini diperoleh setelah memodifikasi peta pengapian terlebih dahulu). Kondisi motor yang diuji tetap standar, meskipun kemungkinan teknologi manajemen engine milik BMW [kontrol anti-knock] akan beradaptasi dengan nilai oktan yang semakin tinggi.
    HASIL : BMW berdaya 190,6 bhp dan 83,1 lb.ft
    Suzuki berdaya 163,2bhp dan 79,6 lb.ft


    Grafik Daya dan Torsi motor VS rpm
    [​IMG]


    KESIMPULANNYA...
    Bahan bakar yang lebih mahal [dengan nilai oktan lebih tinggi] TIDAK memberikan kita daya yang lebih besar. Tidak, pada pengujian kali ini dan pada kedua motor ini. Peningkatan yang terjadi hanya ada pada Suzuki dan kurang dari 0,5% peningkatan. Bahan bakar apapun yang digunakan, kedua motor memberikan gambaran kurva daya dan torsi yang identik/serupa. Pada dasarnya, hal ini terjadi karena kedua motor itu didisain dan dipetakan untuk menggunakan bahan bakar dengan bahan bakar bebas timbal dengan RON-95. Nilai oktan lebih tinggi yang dibeli tidak memberikan daya yang lebih besar. Nilai oktan yang lebih tinggi itu hanya memungkinkan engine bekerja pada rasio kompresi yang lebih tinggi atau pada waktu pengapian yang lebih maju >> dimana kedua hal inilah yang akan memberikan daya ekstra.

    Motor sportsbike buatan Jepan, seperti GSX-R1000 tidak dilengkapi teknologi yang memungkinkan untuk memodifikasi baik itu kompresi atau waktu pengapian yang menyesuaikan rasio kompresi, sehingga nilai oktan yang lebih tinggi tidak akan memberikan perubahan apapun. BMW S1000RR yang memiliki teknologi untuk mendeteksi knocking didalam ruang pembakaran dan mampu memundurkan waktu pengapian untuk mencegah knocking secara otomatis, pada kondisi pengujian kali ini, menunjukkan bahwa bahan bakar standar tidak memberikan daya yang lebih rendah bila dibandingkan dengan daya yang dihasilkan oleh bahan bakar yang dijual dengan harga 2X lipatnya.

    Begitu informasi yang saya dapatkan, semoga bermanfaat buat Agan semuanya.

    Hasil scan majalahnya...
    [​IMG] dan [​IMG]


    repost from :flowers:


    ane ja baru tau :swt:
     
    • Like Like x 25
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dimwah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 7, 2009
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +19 / -0
    bener gan aku juga engak ngarasain bedanya pakai pertamax sama pertamax +

    pertamax + engak memberi power tambahan ke motorku

    aku pertamax ya hehehe
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Apr 15, 2010
  4. NuRaider M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,864
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,566 / -0
    ane pake premium aja dah.. :hehe:

    pertamax oktan lebih gede , ternyata...
     
    • Like Like x 1
  5. souji Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 20, 2008
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    pantesan aja waktu pake pertamax gw ga berasa dapet power lebih, tp kl ktnya pake pertamax bisa lebih irit bener gak tuh ya?
     
  6. olesigoblog Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    :niceinfo:
    saya biasa pake bensin oplos :yahoo:
     
  7. i04045 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    1,121
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,753 / -1
    lho, kalo emang mesinnya minum premium ngap dikasi pertamax / shell, kalo mesinnya dah injeksi wajib seharusnya minum pertamax, soalnya bensin premium di indonesia masih kotor,
    kalo ga percaya, bandingin 2 mobil, mobil A pakai premium 1 bulan, dan mobil B 1 bulan, buka saringan bensingnya setelah 1 bulan, dan bandingkan,
    trus kalo mo liat kualitan pertamax plus dan shell, bdandingin juga 2 mobil, 1 pertamax plus 1 bulan, dan 1 nya lagi shell selama 1 bulan, lalu bedah tuh saringan bensin,
    baru bisa liat mana bensin yg bagus dan mana yg tidak, karena sy dah pernah coba membedah saringan bensin saya jadi sy tau.^^

    kalo mesin injeksi diliat dulu pembakarannya 1: berapa ? kalo ga salah dibawah 10 itu masih boleh premium, tapi tetep aja ga dianjurkan,
    ada kasus teman saya, beli city, waktu beli ditanya bisa premium ? oo tentu saja bisa kata penjualnya.
    setelah setengah taun tu mobil jebol kalalytic nya gara2 timbal di premium (ini kejadian 2 taun lalu, negara indo sudah bebas timbal katanya)

    penggunaan oktan tinggi emang ga akan ngaruh power secara signifikan, tapi menjaga umur mesin, kalo premium 3 taun dah rusak, kalo pake oktan tinggi bisa 7 taun baru rusak
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. ShiR0 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +145 / -0
    ternyata pertamax g bener2 bsa ningkatin power y :top:
    btw pusing jg gw bacanya td :pusing:
     
  9. LabiL_Tu_NikmaT Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    @^, Indonesia bebas timbal tuh mule taon juli 06, juragan! tuh juga dah diundur yang seharusnya taon 2000an karena salah satu pimp. pertamina dapet suap dr pengusaha inggris/distributor TTL! pernah masuk Tv! CMMIW! :hot:
    Klo menurut ane make bilangan oktan berapapun sama ja, sama2 membuang karbon ke udara! pake seperlu na ja, lebih ramah lingkungan lebih baik! :piss:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. passat M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +227 / -0
    gw setuju ama keterangan TS... tampaknya bukan efek ke tenaga / power mesinnya sih , tapi mungkin ke hal pengiritan bahan bakar dan perawatan komponen dalam mesin...... :top:
     
  11. chenhanz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    695
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,937 / -0
    sekarang di indo uda ada shell,dripada make pertamax, enak make shell yang super extra :haha:
    jadi kendaraan" bisa disesuaikan deh kebutuhannya
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  12. gituajakokrepot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    1,114
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,401 / -0
    wuih canggih neh reportnya..

    gila di sana "Premium" aja RONnya 95???? itu mah setara Pertamax Plus
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  13. danki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    796
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +601 / -0
    pertama pake pertamax
    karna mesin jadi cpt panas
    iseng" campur premium :haha:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. passat M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +227 / -0
    harganya mahal banget bro... kemaren pernah mo coba isi punya shell gag jadi coz harganya lebih mahal daripada pertamax plus.... :swt:
     
    • Like Like x 1
  15. tawieshame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    eemh gitu ya, cuman motor ane... minerva, masak dari bengkel resminya malah ga ngebolehin pake pertamax, boleh pun suruh nyampur sama premium
     
    • Like Like x 1
  16. fullhouse5 Members

    Offline

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    rasanya kalo pake pertamax lebih halus deh mesin nya dan lajunya beda
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  17. bakakurosu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 15, 2008
    Messages:
    1,856
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +11,533 / -0
    makanya gunakan pertamax, kareana mengandung oktan tinggi, sehingga pembakaran lebih sempurna, dan
    lebih rendah emisi dibanding yang beroktan rendah..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,005 / -0
    kalau gw pakai pertamax 92 ada beberapa alasan:

    1. Premium itu subsidi - dan subsidi itu sebenernya ditujukan untuk masyarakat miskin yg mampu, jadi gw sadar diri aja.
    setiap kali gw ngeliat ada mobil mewah pakainya premium, gw rasa tu orang gak punya hati.
    gw kecewa aja ma pemerintah sekarang, kenapa gak tegas aja kalo bensin bersubsidi hanya untuk orang kecil. cuman akal bulus pemerintah supaya citranya gak merosot di kalangan publik.
    harus ada mekanisme khusus yg membuat masyarakat dari kalangan bawah saja yg bisa menikmati bbm bersubsidi.

    2. bukan mengarah ke peningkatan tenaga, cuman gw mikir gimana lingkungan kalo terus2an di tutup asap kendaraan bermotor, pertamax lebih sempurna dalam pembakarannya, jadi lebih ramah lingkungan, perubahan itu di mulai dari sendiri bro.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  19. andreef Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +101 / -0
    wkwkkw berarti mesinnya itu gan..
     
  20. dimsum1987 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    Gw setuju bro.... gw juga gtu.... gw paling pake pertamax.. kalo ada duit lebih sekali" pake pertamx plus buat mobil gw.. perawatan untuk mobil gw berkurang bro dan bersih tentunya....
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  21. dokterdewe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    hm... klo dari pengalaman selama ini... alias butt dyno !!

    pemakaian oktan lebih tinggi meningkatkan feeling penggunaan pedal gas.... lebih ok... lebih pasti :hahai

    dan lagi.... sebenarnya itu didasarkan pada setting dasar daripada system engine dari si mobil/motor itu sendiri.... tidak serta merta semua itu sama saja... karena dilihat dari metodenya itu kurang bisa mengeliminir efek efek / faktor pengganggu ....
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.