1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bawang Bombai Dapat Cegah Hipertensi

Discussion in 'Lifestyle' started by moe1108, Oct 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. moe1108 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2010
    Messages:
    97
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +181 / -0
    Hipertensi

    Di dalam Bawang Bombai terdapat kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak asiri, quercitin, dan curcumin. Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Bawang Bombai memiliki manfaat untuk menekan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan jumlah HDL (Kolesterol baik) hingga 30 persen, memperbaiki penyempitan pembuluh darah dan hipertensi, meredakan pilek, meredakan sakit perut, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, mencegah pemecahan Insulin di hati, merangsang produksi Insulin oleh pankreas dan menekan serangan osteoporosis.

    Zat utama dalam bawang Bombai, alicin, memberikan manfaat untuk menstabilkan tekanan darah. “Kandungannya banyak. Paling penting adalah allicin yang sangat berguna untuk ngontrol gula darah, sebagai anti kolesterol dan anti peradangan. Yang dimaksud peradangan ini adalah suatu reaksi dari tubuh yang berlebihan karena rangsangan dari luar, “jelas dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari Semanggi Specialist Clinic, The Plaza Semanggi Lt.7, Jakarta, ini.

    Bawang Bombai dapat dianggap sebagai tanaman antibiotik karena kemampuannya membunuh kuman dan mencegah peradangan pada mulut dan sistem pencernaan. Beberapa sumber bahkan menganggap bawang memiliki kemampuan menyembuhkan, dalam kasus ini seperti penyakit jantung ringan, pembekuan darah dan pencegahan kanker.

    Pada umumnya, bawang dapat menahan naiknya gula darah, bekerja menurunkan kolesterol dan memiliki sifat antioksidan. “Rangsangan ini bisa bakteri bisa juga virus, bisa juga yang berbahaya bagi tubuh atau radikal bebas. Ini yang menyebabkan inflamasi/peradangan bukan infeksi. Ini yang merusak pembuluh darah pelan-pelan sehingga pembuluh dinding darah rusak yang kalau kadar kolesterol tinggi dia akan melekat di dinding pembuluh darah dan menumpuk pelan-pelan yang mengakibatkan penyumbatan. Jadilah serangan jantung,“ bebernya.

    Bawang Bombay, lanjut dr Samuel, sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Selain itu, bawang Bombai juga mengandung sulfur. Sulfur inilah yang mengontrol kadar gula darah. “Dia juga mengandung gugus sulfur, gugus inilah yang berguna mengontrol kadar gula darah, disamping bawang Bombai ini yang mengandung lagi zat yang namanya kromium. Nah, kromium ini menurut beberapa penelitian terbukti dapat mengendalika kadar gula darah. Tapi hasil penelitiannya belum terlalu kuat. Tapi karena kromiumnya berasal dari bahan alamiah, ya aman-aman saja. Tetap ada nilai plusnya,” ungkapnya.

    Kromium berperan mencegah diabetes melitus karena komponen sulfur yang merupakan komponen yang berperan penting dalam menurunkan glukosa darah. Komponen sulfur dalam bawang bombai akan bersinergi dengan kromium dan vitamin B6 untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah.

    Komponen isothiocyanates, yang juga terdapat pada brokoli, dapat menghambat sel kanker. Komponen tersebut berasal dari senyawa glukosinolates yang mengalami perubahan setelah bawang Bombay digigit, dikunyah, dan dicerna. Bawang Bombai juga mengandung komponen flavonoid yang sangat baik untuk mencegah kanker usus. “Karena dia mengendalikan radikal bebas. Mengapa dia berefek antioksidan, karena dia mengandung gugus kimia yang namanya isothiocyanates. Nah efek inilah yang mengandung antioksidan,” paparnya seraya mengulas senyum.

    Selain itu, bawang Bombai sangat baik bagi wanita sebagai antioksidan. “Untuk kecantikan? Jelas dong. Kalau dia proses antioksidannya ditingkatkan dapat menangkal radikal bebas, kulit berflek dan kulit tidah cerah. Untuk kulit, paling tidak dikonsumsi setengah siung per-hari,” lanjutnya.

    Bawang Bombai sangat baik bila dikonsumsi secara rutin. Lantas, bagaimana cara mengonsumsi bawang Bombai dengan baik? “Sebaiknya dimakan secara rutin seminggu 4 kali. Buat pengobatan tentu tidak bisa. Hanya untuk pencegahan saja. Untuk Menjaga kesehatan tubuh yang bagus yang mentah. Semua bahan makanan begitu dipanaskan antioksidannya terbuang,” katanya.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ryanyanuarsyah M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    448
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    nice info.. :D

    yang punya hipertensi mesti banyak makan bawang ini nih. :hehe:
     
  4. Luminescence M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +17 / -0
    ni info bagus ky gini koq ga laku ya? :???:
    but, keep posting bro :top:
     
  5. yuyuni386 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    525
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +19 / -0
    Oh ternyata bawang bombay bagus juga buat kesehatan :niceinfo:
     
  6. uinz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2009
    Messages:
    844
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,635 / -3
    haha... ga sia-sia gw demen bagnet ama bawang bombai :niceinfo:
    jadi tambah rajin makan sayur yang ada bawang bombay'a nih :XD:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.