1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Banjir Melanda Yogyakarta dan Jateng, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Mar 18, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    747
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +28 / -0
    Ribuan orang terpaksa mengungsi akibat banjir yang menerjang sebagian wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah (Jateng) sejak akhir pekan lalu. Keberadaan siklon (cyclone) tropis di Samudera Hindia disebut memengaruhi intensitas hujan di dua provinsi tersebut.

    Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Sutopo Purwo Nugroho menuturkan banjir melanda 5 kabupaten, 33 kecamatan dan 43 desa di Yogyakarta dan Jateng. Mengutip CNN Indonesia, jumlah penduduk yang mengungsi akibat musibah ini mencapai lebih dari 6 ribu orang dengan 2 korban jiwa.

    [​IMG]
    Sampai saat ini proses evakuasi masih berlangsung, dan 6.908 orang mengungsi di 32 titik. — Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (18/3)


    Bantul jadi daerah dengan jumlah pengungsi terbanyak, disusul oleh Purworejo dengan 1.099 pengungsi kemudian Kulon Progo dengan 580 pengungsi. Sutopo menjelaskan siklon tropis yang mengakibatkan bencana ini berada di Samudera Hindia, tepatnya barat daya Lampung dan terus menjauh.


    [​IMG]
    Tim SAR gabungan melakukan evakuasi warga korban banjir di Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 17 Maret 2019. (Foto: ANTARA FOTO / Hendra Nurdiyansah)

    Siklon tropis ini menyebabkan pelambatan angin di atas tanah Jawa, sementara di saat yang sama suhu permukaan laut terus menghangat. Sehingga massa uap air yang ada di atmosfer melimpah dan menyebabkan hujan deras berkepanjangan berujung banjir yang lumayan merata di Yogyakarta maupun Jateng.

    Sutopo menyatakan BNPB mengingatkan potensi banjir di berbagai wilayah di Indonesia masih terbuka, pasalnya hujan lebat disertai angin kencang diperkirakan masih akan terus terjadi di sepanjang Maret ini. Khusus untuk Selasa (19/3), data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan sebagian besar Pulau Sumatera, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir.


    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.