1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bangun Desa Digital, XL Axiata Hadirkan Program Xmart Village

Discussion in 'Free Talk Zone' started by therealgood10, Nov 4, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. therealgood10 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 4, 2015
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Inisiatif pembangunan desa digital yang sedang digalakkan Pemerintah disambut hangat oleh para pelaku industri. Salah satunya XL Axiata yang ikut berpartisipasi dalam program tersebut dengan pemberdayaan potensi lingkungan dan ekonomi pedesaan melalui program Xmart Village 2.0. Program tersebut diklaim mampu dijadikan sebagai solusi digital di pedesaan.

    Program Xmart Village 2.0 yang telah dilakukan sejak Januari 2015 lalu di Desa Lamajang, Kabupaten Bandung dan Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang, XL hadir untuk mendorong masyarakat pedesaan dalam memberdayakan potensi desanya secara lebih maksimal dengan kedalam sistem digital.

    “Xmart Village merupakan bentuk nyata sumbangsih XL untuk memajukan Indonesia yang diwujudkan dalam program-program tepat guna berbasis teknologi digital bagi masyarakat pedesaan. Saat ini, teknologi digital telah membawa seluruh bangsa Indonesia menuju peradaban baru. Teknologi digital juga telah mengubah bagaimana cara kita hidup, berpikir, dan beraktivitas,” jelas Ongki Kurniawan, Direktur& Chief Digital Service Officer XL, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta.

    Menurutnya, teknologi digital memungkinkan apa yang sebelumnya tidak mungkin dan mampu mengubah masalah menjadi peluang. Dengan terbukanya akses teknologi dan pengetahuan, maka tak ada lagi penghambat bagi masyarakat setempat untuk bergerak lebih cepat dalam membangun dan memanfaatkan potensi desanya untuk berkembang maju.

    Pada Xmart Village 2.0, operator mengungkapkan secara lebih spesifik mengimplementasikan setidaknya 12 inisiatif untuk desa digital, yang memadukan apa yang sudah diterapkan pada Xmart Village 1.0 dengan inisiatif baru. Salah satu hal tersebut adalah, pembuatan website sebagai alat promosi wisata Lamajang dan Cipacing.

    Kemudian, XL memfasilitas sesarana promosi dan penyediaan informasi yang didukung dengan layanan “SMS Blast” yang disebar kewilayah sekitar. SMS Blast ini berisi konten-konten yang menjadi daya tarik utama desa Lamajang dan Cipacing. Untuk mendukung promosi pariwisata, juga disediakan layanan semacam call center sebagai pusat informasi dan berbagai info lainnya. Kehadiran call center ini melengkapi fungsi website dan SMS Blast sebagai alat promosi.

    Selanjutnya, XL juga menerapkan sistem pembayaran listrik pintar melalui layanan SIMPLY. Operator juga telah menghadirkan layanan Musik kamu, yang tidak hanya sebagai sarana hiburan, tapi juga untuk mengenalkan masyarakat setempat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi. Semua solusi tersebut di atas di bangun di atas platform “XL XCloud” yang merupakan solusi komputasi awan dari XL.

    Beberapa kontribusi nyata yang dihasilkan desa digital di antaranya adalah peningkatan hingga dua kali lipat jumlah pengunjung lokasi wisata di kedua desa berkat promosi yang terintegrasi melalui SMS Blast, call center, website ,dan aplikasi digital. Hal ini juga tidak lepas dari kontribusi 20 warga yang mengikuti pelatihan digital tour guide.

    Sementara itu, pada website xmartvillage.com, tersedia aplikasi Augmented Reality yang mempercantik tampilan halaman situs, yang terbukti mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Apalagi XL bekerja sama dengan ITB juga telah membangun 2 signboard yang dilengkapi dengan Quick Respond Code (QRC) di lokasi desa tersebut. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir akan arah lokasi wisata.

    Pelatihan mengenai bisnis Online juga menarik minat warga untuk memiliki toko online-nya sendiri. Dibantu tim pendamping, sebagian penduduk kini sudah memiliki toko online yang menjual berbagai hasil karya dari desanya melalui situs online. Saat ini, sedikitnya sudah ada 10 wanita warga setempat yang menguasai cara berjualan secara online.

    Sumber
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.