1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bahaya Kombinasi Obat Pada Lanjut Usia

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by raza_anguy, Mar 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. raza_anguy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    Para lanjut usia yang menggunakan obat, resep maupun OTC serta suplemen diet dalam suatu kombinasi harus wsapada dengan risiko kematian. Para peneliti mengatakan lebih dari separuh masyarakat Amerika yang berusia 57 sampai 85 tahun menggunakan lima atau lebih obat beresep atau obat tanpa resep, dan satu dari 25 menggunakannya dalam kombinasi yang bisa menyebabkan interaksi obat yang berbahaya.

    Stacy Tessler Lindau dari University of Chicago Medical Center di Illinois mengatakan walaupun obat memberikan manfaat, tetapi tidak selalu aman. Dalam sebuah laporan terbaru dia mendapatkan orang dewasa di Amerika yang berusia di atas 65 tahun masuk bagian gawat darurat akibat reaksi obat yang tidak diinginkan. Jumlahnya lebih dari 175.000 pasien dalam setahun.

    Lindau bersama Dima Qato, seorang peneliti dan apoteker di Universitas yang sama melakukan penelitian dengan menggunakan data dari survei nasional yang dilakukan terhadap orang berusia 57 sampai 85 tahun, dan melakukan wawancara dengan hampir 3.000 orang untuk mengetahui pengobatan apa yang digunakan secara reguler.

    Mereka menganalisa potensi interaksi di antara 20 resep obat teratas, obat-obat OTC dan 20 suplemen diet. Ditemukan 68 persen mengkonsumsi obat beresep sekaligus obat-obat OTC atau suplemen diet. Padahal, usia 75 sampai 85 tahun merupakan kelompok umur yang berisiko paling tinggi. "Sedikitnya satu dari 10 orang dalam usia antara 75 sampai 85 berisiko terhadap interaksi obat dengan obat," tambah Qato.

    Hampir separuh dampak interaksi menyebabkan pendarahan. Penggunaan pengencer darah warfarin dan aspirin misalnya. Sekitar 2 juta orang Amerika menggunakan warfarin setelah serangan jantung, stroke atau perawatan utama. Tim peneliti menemukan warfarin biasanya disertakan dengan aspirin, yang juga suatu antiplatelet. Warfarin dan obat-obat statin penurun kolesterol terutama simvastatin, merupakan kombinasi lain yang berpotensi menyebabkan pendarahan. Diantara obat-obat tanpa resep, mereka menemukan banyak orang mengkonsumsi supplement gizi, misalnya Ginkgo biloba yang populer dikombinasikan dengan aspirin. Kombinasi ini juga berpotensi menyebabkan pendarahan.

    Tim peneliti tidak menemukan kejadian penggunaan kombinasi obat yang benar-benar dilarang, tetapi mereka menemukan penggunaan obat yang dapat menyebabkan reaksi obat yang mengkhawatirkan. Peneliti merekomendasikan pasien perlu membawa daftar obat-obat dan supplemen yang tengah mereka gunakan. Dan para dokter, apoteker dan para profesional kesehatan lain perlu menanyakan semua pengobatan tengah dijalani pasien.

    Seperti tercetak di Majalah Farmacia Edisi Februari 2009 , Halaman: 12
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. gerry1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    iyalah, minum satu obat aja bisa dibayangkan pasti ada efek sampingnya,apalagi obat kombinasi,emang tujuan kombinasi untuk sinergi,tapi pasti ada efek sampingnya juga yang berbahaya. .
     
  4. sosmall Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,267
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +74,152 / -0
    Orang yg uda lansia emang harus lebih berhati"..

    Terutama dalam hal kesehatan :jimat:
     
  5. gildaditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    oleh karena itu,,,
    ikutilah petunjuk dokter.

    :listen:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.