1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other "Bahasa Indonesia" Bahasa Tersulit ke 3 di Asia, dan 15 di Dunia!!!

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by pandakadabra, Oct 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pandakadabra M V U

    Offline

    The Mechanix

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    1,654
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,791 / -1
    [​IMG]


    Tanpa kita sadari ternyata Bahasa Indonesia adalah Bahasa tersulit ke 3 di Asia. Seharusnya kita sangat bangga akan hal ini.

    Lebih lagi, ternyata bahasa Indonesia dipelajari di 45 negara lho!!. Walaupun dari segi yang lain Indonesia masih belum bisa berkata banyak, ternyata bahasa kita sudah lebih diakui dunia.

    Banyaknya kebudayaan di Indonesia kerap kali membuat negeri-negeri lain iri dan ingin menelitinya, bahkan ada yang mengaku/mengklaim budaya itu miliknya (ga nyebut merek). Sebenarnya Indonesia bisa dibilang negara paling sempurna dari segi alam dan kebudayaannya. Semua ada di Indonesia, mulai dari ragam bahasa, budaya, kuliner, sumber daya alam, wisata, iklim, letak strategis, dll.


    Berikut ada beberapa fakta bahwa kita harus bangga menggunakan bahasa Indonesia:

    -Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia,

    "Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya," katanya. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia".


    -Lebih dari itu menurut KOMPAS, bahasa Indonesia merupakan bahasa kedua di Vietnam. Berikut kutipannya.


    -"JAKARTA, KOMPAS.com--Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.


    -"Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan," kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta pada Jumat.

    Perguruan tinggi disitu juga mengadakan lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, lomba esei tentang Indonesia dan pameran kebudayaan. Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka studi Bahasa Indonesia.


    -"Jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai Nopember 2008 sebanyak 63 orang dan menurut universitas-universitas itu, minat untuk mempelajari Bahasa Indonesia cenderung meningkat," kata Irdamis.


    -Bahkan menurut Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia. dan tersulit ke 3 di Asia.

    "Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin," ujar Ivan Lanin, penggiat jumlah bertambahnya jumlah, di Jakarta, Selasa.


    -Menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan kompleksitivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah:

    1. bahasa ibrani (bahasa kaum Yahudi)
    2. bahasa yunani
    3. bahasa latin
    4. bahasa jepang
    5. bahasa korea

    Sedangkan bahasa Indonesia sendiri berada diperingkat 15 didunia.

    [​IMG]

    Ada kemungkinan bahasa Indonesia akan menjadi lebih dikenal dan digunakan di Asia, bahkan dunia. Semoga saja hal itu dapat terjadi, bayangkan saja jika Indonesia menjadi bahasa Asia, bahkan bahasa internasional, pasti banyak dampak positif yang bisa diraih dari situ.

    Maju terus Indonesia!!!:hero:
    http://rensenpelawi.blogspot.com/2009/09/bahasa-indonesia-bahasa-tersulit-ke-3.html



    Mav kalo :fd_7: hapus aja mod.
    Semoga info'y bermanfaat...:hmm:
     
    • Like Like x 27
    • Thanks Thanks x 26
    Last edited: Nov 1, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    tersulit? :???:

    Perasaan bukannya masih lebih sulit tagalog?

    Soal'e tulisannya ga latin kayak kita, tapi cacing2 doang :haha:

    NO PERTAMAX! :awas: ini bukan tempat jang forum sebelah!
     
  4. hyde666 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    3,906
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +231,452 / -0
    baru nonton acara di tv (indo*iar) tadi mlm katanya miss indonesia bahasa paling sulit di dunia :
    1. bahasa Arab
    2. bahasa mandarin
    3. kalo g salah prancis..


    lah loh mana yg bener dong urutannya ???
     
  5. irwanrahman96 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    344
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,004 / -0
    menurut kita bahasa indonesia ga sulit itu karena kita lahir dan tumbuh di indonesia. Sedangkan orang luar negeri sulit berbahasa indonesia karena mereka tinggal dan tumbuh bukan di indonesia... Klo misalnya kita nganggep bahasa perancis susah, menurut mereka yang tinggal di perancis ga susah karena udah terbiasa... beda dengan kita...

    CMIIW :piss:
     
  6. Dfree M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    950
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +167 / -0
    yaiyalah, bhs indo mudah... orang sendirinya brojol n gedhe negeri ini.
    bangga juga bisa jd bhs yg termasuk setingkat jepang n mandarin.... padahal bahasa kita ga punya huruf sendiri kyk jepang n mandarin

    maju terus indonesiaku!!!
     
  7. gyula M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 13, 2008
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,583 / -0
    Setuju deh kalo bahasa indonesia itu bahasa yang sulit, soalnya bayangin aja deh, kalo di suruh nulis cerpen ato laporan aja, pasti ada aja salah tulisnya. Mulai dari penggunaan huruf kapital, ampe susunan kalimat yang harus sesuai dengan EYD :panik:.

    Kalo cuma buat ngomong sih ya gampang, kan ga musti kaya EYD. Tapi tetep bangga deh, bahasa indonesia uda dikenal di berbagai negara meskipun sebagai bahasa tersulit. Kalo uda hampir seluruh dunia tau dan belajar, kan bisa aja jadi bahasa internasional! Ga perlu lagi deh belajar inggris ama mandarain :lol: cari kerja juga lebih gampang, karena semua orang indonesia bisa bahasa indonesia!! :lol:
     
    • Like Like x 1
  8. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,108
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,076 / -0
    betul sekali,..
    aku sendiri sebagai anak indo kadang merasa kesulitan untuk bahasa indo..
    hikz..
    jd malu..
     
    • Like Like x 2
  9. zero_youkai M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    1,166
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,156 / -0
    wew....
    jangan2 entar d aku2 sm malaysia jg nih bahasa indonesia....wkwkwkwk

    munkin ada benar ny jg klo dibilang sulit, wktu SMA klo lg ujian, buktinya nilai bahasa inggrish gw lbh gede dibanding nilai bahasa indonesia :lol:

    pkk ny otree jg nih bhasa indonesia, gag sia2 leluhur pemuda dulu bikin sumpah pemuda :rokok:
     
    • Like Like x 3
  10. rendy1287 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2007
    Messages:
    1,888
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +64,191 / -1
    huahuha... kita sendiri aja,, msh pada blm bener kalo belajar bahasa Indonesia di sekolah :haha:
     
    • Like Like x 3
  11. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,883
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,434 / -0
    Kalo menurut ane seh, bahasa indonesia bukanlah bahasa yang sulit, malah menurut ane bahasa ini :
    3. bahasa latin
    adalah yang tersulit, walau sering denger via tenelovela (dulu)
    ato bahasanya orang rusia (skandinavia), tulisannya aja dah aneh banget.

    Bangga gue jadi Bangsa Indonesia :XD:
     
    • Like Like x 2
  12. Ibnu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,591 / -0
    :niceinfo:,Owh ternyata yg paling sulit bhasa ibrani yah?,jdi pnasaran kek apa bhasanya :hahai:
     
  13. tr4yzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +34,082 / -0
    gile bro...

    baru kali ini gw merasa

    bangga jadi orang indonesia :top:
     
  14. pandakadabra M V U

    Offline

    The Mechanix

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    1,654
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,791 / -1
    Wah saia ga tau itu. Yang saia paparkan di sini menurut penelitian lembaga bahasa di dunia
    Kalo yg dari indo*iar itu urutan'y menurut faktor apa bro, cb dicek...


    Yup, kita bilang bahasa yg kita pake mudah karena "kebiasaan" (yg dipengaruhi lingkungan).
     
    Last edited: Feb 13, 2010
  15. mohax_2000 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Kelebihan org indonesia dlm penguasaan bahasa: org2 kita udah biasa ngomong bilingual ato trilingual, pake bhsa daerah. ^^

    Jdnya switch untuk ganti2 mode udah loncer.

    Yg jd perhatian, kudunya kita lbh mempermudah tata bhs indonesia baku, klo makin mudah dterima, makin banyak yg mahir dan dipake.
     
  16. jaacoozee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,472
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,677 / -0
    WOW
    sumpah gw baru tau ini ..
    gila yaa.. berbangga lah kita !! maju terus Indonesia !!!
     
    • Like Like x 1
  17. cybearn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 2, 2009
    Messages:
    276
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    ho'oh dah, susah banget bhs indo, padahal itu masih pake alphabet coba kalo indo punya hurup sendiri kayak arab pasti tambah susah lagi :onion-100:
     
  18. Winoko21 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 11, 2008
    Messages:
    2,822
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +211,236 / -0
    gw bangga jadi orang indonesia,:top:
    ternyata bahasa persatuan kita diajarkan di negara-negara lain :terharu:
    sekaligus jadi bahasa yg sulit... :belajar:

    menurut saya bahasa indonesia emang sulit,
    nilai english saya lebih bagus dari b ind :lol:
     
    • Like Like x 1
  19. TeranG__ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    1,193
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +12,625 / -0
    hahaha.. sma sma, biasanya gw b inggris 9, b indo mlah 7 ato 8, bahkan pernah di bawah 7.
    tapi klo mnurut gw susahan b inggris, klo bahasa inggris kn waktu lampau pake di rubah bentuknya trus ganti ke kerja ke dua. nah ini indonesia malah enak aja, mau masa depan ato masa lampau tinggal ditambahin "besok", ato "kemaren", ga pake di ganti bentuk kata kerjanya segala.
     
  20. r4ndyx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    548
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +78 / -0
    waw kagum ane gan tapi masak bahasa tersulit sih persaan gampang deh gak kayak inggris yang ada grammar nya:hahai:
     
  21. Azz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    408
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +337 / -0
    wah ni ngejek y ? :hahai::hahai::hahai: , klo gk slah di asia mnrt gw bahasa china y ??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.