1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Edu-Flash Bagi Yang Punya Anak ! Nilai Jeblok Jangan Dicap “Bodoh”, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Discussion in 'School and Campus Zone' started by Hhmm, Apr 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,054 / -0
    Gangguan kesulitan belajar adalah suatu gangguan yang mempengaruhi kemampuan otak untuk menerima, memproses, menganalisa atau menyimpan suatu informasi. Adanya masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan seorang anak menjadi kesulitan untuk menyerap pelajaran secepat teman-temannya yang lain. Gangguan kesulitan belajar banyak jenisnya, ada yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus pada sesuatu, atau ada juga jenis gangguan kesulitan belajar yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk membaca, menulis, mengeja atau mengerjakan soal matematika.

    [​IMG]

    Ketika seorang anak didiagnosa mengalami gangguan kesulitan belajar, bukan berarti ia adalah anak yang bodoh. Karena gangguan kesulitan belajar tidak berhubungan dengan intelegensia seseorang, dan lagi banyak orang-orang sukses yang juga dikenal memiliki gangguan kesulitan belajar seperti : Walt Disney, Alexander Graham Bell dan Winston Churchill.

    Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar seringkali membuat orangtua stres dan mendapat cap buruk di sekolah. Tapi orangtua perlu menyadari bahwa anak yang sulit belajar bukanlah suatu penyakit dan hal ini bisa ditangani.

    “Kesulitan belajar bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda dari perkembangan otak yang masih kurang optimal,” ujar Ike R Sugianto, Psi, seorang psikolog anak dalam rilis seminar Identifikasi Gangguan Perkembangan, Jumat (1/4/2011).

    “Tapi orangtua tidak perlu khawatir karena kesulitan belajar bisa ditangani,” ujar Ike yang telah mendapatkan International Licensed Brain Gym International dan telah menjadi International RMT Consultant.

    Sementara itu guru juga bisa berperan dengan memberikan suasana belajar yang menyenangkan seperti menggunakan visual, auditori atau praktek, menggunakan minat anak dalam memberikan contoh, memberikan target yang jelas, memberikan pernyataan positif serta menjadi inspirasi.

    Dyslexia

    Kali ini medicastore mencoba membahas mengenai salah satu gangguan kesulitan belajar yaitu dyslexia. Menurut U.S. National Institutes of Health, dyslexia adalah ketidakmampuan belajar yang dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, mengeja suatu kata bahkan berbicara. Tingkat dyslexia yang bisa dialami seseorang dapat bervariasi, mulai dari yang ringan sampai berat. Akan tetapi semakin cepat dyslexia dapat terdiagnosa & diatasi, hasil yang diharapkan juga akan semakin terlihat. Dyslexia sendiri tidak disebabkan karena adanya gangguan pada telinga atau penglihatan, tetapi disebabkan karena otak mengalami gangguan untuk mengartikan gambar/image yang diterima oleh mata & telinga menjadi bahasa yang dimengerti.

    Pada orang yang mengalami dyslexia, maka kata-kata yang sederhana pun akan menjadi susah untuk dibaca, bahkan bila dilihat beberapa kali. Kata-kata yang terlihat juga dapat bercampur dengan kata-kata lain atau menjadi keliru dibaca, misalnya saja kata “nakal” menjadi “kanal” atau “dia” menjadi “adi”, dan huruf-huruf menjadi satu seperti tidak ada spasi. Berikut contoh kalimat yang mungkin dilihat oleh penderita dyslexia :

    Bagi yang mengalami dyslexia, kadang susah untuk mengingat sesuatu yang mereka baca, kadang akan menjadi lebih mudah bagi mereka untuk mengingat apabila informasi tersebut dibacakan & didengar oleh mereka.

    Jika ada seseorang yang mengalami masalah-masalah tersebut di atas, bukan berarti ia menderita dyslexia. Tetapi sebaiknya dilakukan tes untuk mengetahui kondisinya. Suatu pemeriksaan fisik sebaiknya dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah medis, termasuk tes pendengaran & penglihatan. Kemudian psikolog sekolah atau orang yang ahli mengenai pembelajaran dapat memberikan tes terstandar untuk mengukur kemampuan berbicara, membaca, mengeja & menulis.


    SUMBER
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kuroneko23 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 18, 2009
    Messages:
    3,938
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +14,025 / -12
    bukti nyata gw juga waktu sd nilai ga bisa lebih tinggi dari rangkin 1,2,3 terbawah di kelas..
    mulai masuk smp nilai mulai membaik wkakaka
    pas masuk sma uda bisa masuk rangking 9 besar hahahaha
     
  4. pdg_501 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    173
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +168 / -0
    panjang juga artikelnya :iii:

    90% kebanyakan ortu emang menerapkan sistem yg di atas.. mungkin menurut para ortu, hal2 tsb dapat meningkatnya prestasi si anak.. tp di sisi lain, si anak bs menjadi stress karena hal2 itu saja yg selalu di temuinya..

    nah, utk point ketiga, ada tetangga saya yg ngalami hal seperti itu, sampe2 ga ada waktu utk bermain.. pulang sekolah langsung pulang, kalau ada les ya pergi les langsung trus pulang... hari libur pun tetap di rumah, ga ada keluar2.. lama kelamaan bs kuper akibat kurang bersosialisasi dengan masyarakat.. efeknya kerasa nanti jika sudah dewasa..
     
  5. kenjiz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    1,513
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,090 / -0
    dulu pas smp ane pernah tuh dapet nilai jeblog bgt,eh ortu ane langsung suruh ane les
    coba ane tau hal ini dari lama",bisa jadi bahan pembelaan kalo nilai ane jeblog
    :hehe::hehe:
     
  6. kntphathoy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    3,196
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,953 / -0
    memang rata2 kalo orang tua melakukan hal2 seperti diatas...

    trus saya mau ngasih contoh dari point #2 gan..misalnya :

    "jangan pernah menyebut anak kita itu bodoh walaupun hanya sekedar main2 ( pada saat bermain ) karena itu akan menyebabkan kata2 itu masuk ke alam bawah sadarnya si anak tanpa disadari oleh siapapun..
    si anak akan merasa bahwa dirinya benar2 bodoh seperti yang sering disebutkan oleh orang tuanya itu.."
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.