1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bagaimana mengetahui nomor suatu kartu kredit itu valid atau tidak?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by zz11, Oct 11, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    Eits… ini bukan ilmu buat mengajari bro/sis cara membobol kartu kredit... Karena di sini hanya akan dibahas tentang arti deretan nomor yang tertera di sebuah kartu kredit.


    Enam digit pertama dari suatu kartu kredit adalah suatu nomor identifikasi. Nomor ini dikenal juga dengan nama Issuer/Bank Identification Number. Cukup dengan melihat digit pertamanya, Anda bisa tahu jenis perusahaan apa yang mengeluarkan kartu kredit ini.

    • 0: bidang industri lainnya
    • 1: penerbangan
    • 2: sebagian penerbangan, sebagian lagi bidang industri lainnya
    • 3: agen wisata dan hiburan. Contohnya American Express dan Diner’s Club.
    • 4 dan 5: perusahaan bank dan finansial. Contohnya VISA dan MasterCard. VISA biasanya menggunakan seluruh nomor yang berawalan 4.
    • 6: perdagangan dan finansial
    • 7: minyak dan gas bumi (petroleum manufacturer)
    • 8: telekomunikasi dan industri
    • 9: penugasan negara
    Tapi dengan melihat beberapa digit di depannya, Anda bisa mengenali perusahaan kartu kredit terkenal. Oh ya, x artinya variabel.

    • 300, 305, 36x, dan 38x adalah tiga digit pertama kartu Diner’s Club.
    • 34 dan 37 adalah dua digit pertama kartu American Express.
    • 51 dan 55 adalah dua digit pertama kartu MasterCard.
    • 6011 adalah empat digit pertama kartu Discover; dan sebagainya.
    Sisa angka yang berderet di belakangnya adalah nomor individual. Sedangkan digit terakhir adalah angka yang berperan untuk validasi nomor kartu. Di antara sejumlah nomor yang menandai kartu secara individual; nomor inilah yang paling penting.

    Algoritma Luhn adalah salah satu metode untuk memeriksa validasi nomor kartu kredit. Bagaimana caranya?


    Coba contoh berikut ini:
    6004612412397603


    Kalikan dua semua angka di nilai tempat genap dihitung dari belakang, secara berselang seling. Angka yang berada di nilai tempat tidak penting langsung diturunkan ke bawah. Perhatikan angka yg dicetak tebal, itulah angka-angka yang penting.


    6 0 0 4 6 1 2 4 1 2 3 9 7 6 0 3
    12 0 0 4 12 1 4 4 2 2 6 9 14 6 0 3

    Kalau Anda menemukan angka dengan nilai 10 atau lebih, jumlahkan semua digitnya. Misalnya 10 menjadi 1 + 0 = 1. Dalam kasus ini ada angka 12; artinya angka ini dijadikan 3. 14 menjadi 1 + 4 = 5, dan seterusnya. Hasil penjumlahan demikian akan menjadi seperti ini.



    6 0 0 4 6 1 2 4 1 2 3 9 7 6 0 3
    3 0 0 4 3 1 4 4 2 2 6 9 5 6 0 3

    Jumlahkan semua angka yang ada di barisan bawah sekarang.
    3 + 4 + 3 + 1 + 4 + 4 + 2 + 2 + 6 + 9 + 5 + 6 + 3 = 52


    Syarat untuk kartu kredit yang valid adalah jumlah seluruh digit di barisan terbawah habis dibagi 10. Nah, 52 kan tidak habis dibagi 10. Berarti nomor kartu yang diberikan itu tidak valid! (ya iyalah, ini kan cuma contoh)


    Semoga ilmunya bermanfaat bagi bro/sis sekalian...


    Oh ya, ilmu ini sumbernya dari blog saia sendiri.
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Oct 11, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +58 / -0
    hehe gag pnya credit card jd gag bs nyoba2 itung, tp tertarik dgn penghitungan algoritmanya:glek: ap ini cara yg paling mudah dan praktis mengetahui valid ato tdknya kartu kredit sis?mmg ad berapa metode sis?:piss:
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    @bul

    metode validasi kartu kredit yg paling terkenal adalah metode Luhn ini.
    metode lain sich memang ada, tapi di mbah wiki aja gak jelas metode apa itu namanya. kartu kredit di cina aja misalnya, ngga pake metode ini.

    coba lihat di mari.
     
  5. Arnez M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +87 / -0
    gw tertarik untuk mempelajari argoritmanya aja nih baru tahu loo kalau ternyata kartu kredit pake algoritma ini :blink:,
    moga moga aja ga digunakan yang ga bener:piss:
     
  6. otsuka M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    390
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +4,692 / -0
    tapi tetap ga bisa bro pasti ada validasi lainya/tahap validasi selanjutnya.apa segampang itu klo validasi hanya sekali,wah bisa banyak yg kebobolan tuh
     
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    TS is coming...

    tentu saja... cuma yg dipublikasikan secara luas adalah yg pake digit terakhir ini.
    ga mungkin dong, provider kartu kredit membeberkan "rahasia terdalam" mereka seluruhnya...
     
  8. red_ha_87 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +47 / -0
    ada sopwer generator nya gag sis???:piss:
     
  9. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    waduh...
    kalo sopwer ginian ga ngerti saia bro...
    maafkan saia :sembah:
     
  10. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,139 / -10
    ada kok.
    tapi udah lama banget tuh gw nyoba.
    udah lupa apa namanya..
     
  11. gonglee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    wahh perlu dipelajari nih..lumayan tambahan ilmu...
     
  12. bblalus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +0 / -0
    manteb nih coba saya cek kartu kredit emak.
     
  13. opscine_cluo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +41 / -0
    wah boleh juganih..
    hehe, klo sopwer generatornya mah emang ada, waktu itu gw nemu di google..:D
    tapi pas besokannya tuh credit cardnya dah ga valid lagi, alias di bloock..:hulk:

    klo ga pake fake generator aja...
    semua data lo di fake.....:hahai:
     
  14. ngilerman M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,914 / -2
    kalo udh tau triknya mending dibikin generatornya aja hehe
    biar yang susah ngitung lebih gampang wkwkwkwk

    masa setiap dapet nomor mesti di itung dulu satu satu wkwkak
     
  15. p3v4x M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    281
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +97 / -1
    thx bro...besok g coba...kali aja bs implementasi untuk program POS g :)
     
  16. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    ga ngerti bikin generator kk :nangis:
    abis bukan anak IT...
    ada yg mau bantu? :piso:
     
  17. faverruncus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 24, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +228 / -0
    ga nyangka,
    ternyata ada algoritmanya. . . :hahai::hahai:

    kapan2 nyoba juga ah pake punya momy. . . :piss:
     
  18. opscine_cluo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +41 / -0
    hehe, susah tuh bikin generatornya...:hot:
    di rapidshare aja search, ada kok.. :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.