1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Atlantis - Lemuria

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by fafatoys, Nov 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. fafatoys Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +41 / -0
    "Atlantis" misteri yang sulit diungkap, terlebih sumber asli tentang eksistensi tempat tersebut pada dasarnya hanya menyinggung dua nama, yakni Solon dan Plato.

    Fenomena Atlantis menjadi lebih menarik bagi saya setelah membaca novel ‘Negara Kelima’ karya ES Ito. Saya mencatat ada beberapa hipotesis menarik dari novel tersebut, yakni:

    1. Atlantis bukan merupakan peradaban Imajiner, namun peradaban yang benar-benar ada. Ini dibuktikan melalui beberapa penemuan arkeologi.

    2. Atlantis bukan sebuah pulau, namun merupakan sebuah kota yang terletak di atas benua Lemuria yang tenggelam akibat sebuah efek yang terjadi pada lempeng benua.

    3. Benua Lemuria yang disebut-sebut sebagai lokasi kota Atlantis tersebut berada di kawasan yang sekarang ini mencakup Indonesia dan kepulauan Pasifik. Dengan kata lain: Atlantis yang selama ini dicari, lokasinya berada di Indonesia.

    4. Sebagian penghuni Atlantis atau Lemuria yang selamat bermigrasi ke kawasan Asia Minor, hingga akhirnya tiba di Mesir dan Yunani. Perjalanan Alexander The Great ke timur disebut-sebut sebagai perjalanan untuk melakukan napak tilas atas perjalanan nenek moyangnya.

    Selain empat hal tersebut, ada masih ada beberapa hipotesis menarik lainnya yang menggugah dialektika. Namun sekurangnya, empat hipotesis itulah yang menjadi kekuatan cerita pada Novel tersebut.

    Upaya ES Ito untuk memperkenalkan hipotesis Lemuria dalam novelnya merupakan hal yang sangat luar biasa menurut saya, dan pantas diacungi jempol. Bukan perkara mudah memindahkan sebuah konsep pengetahuan, khususnya sejarah, ke dalam sebuah fiksi macam itu. Bagi saya, Hipotesis tentang lokasi Atlantis di Nusantara merupakan pemikiran yang dapat mengangkat harga diri dan martabat bangsa Nusantara yang sedang terpuruk.

    Nama ‘Atlantis’ pertama kali disebut-sebut di dalam epik dialog Timaeus & Critias yang ditulis Plato pada 360 SM. Secara literal, Atlantis (Yunani: ???????? ?????,) berarti Pulau Atlas. Menurut Plato, Atlantis merupakan sebuah negeri maritim yang memiliki armada laut besar. Atlantis ialah sebuah polis yang disegani dan berhasil menaklukan kawasan Eropa Barat dan Afrika pada masa 9000 tahun sebelum Solon. Karena Solon hidup pada sekira 600 SM, berarti bisa kita simpulkan bahwa Atlantis eksis pada 9.600 SM.

    Dalam beberapa dialog dari Critias, disebut-sebut bahwa kabar tentang Atlantis diterima oleh Solon dari seorang pendeta di Sais, Mesir. Sang pendeta inilah yang disebut-sebut telah menerjemahkan salinan tentang catatan Atlantis pada beberapa lembar papirus bertuliskan Hieroglyph ke dalam bahasa Yunani. Ciri-ciri yang disebut dalam kabar tentang Atlantis menyebut bahwa lokasinya berada di sebuah tempat yang memiliki banyak gunung berapi di seberang lautan wilayah Mesir. Atas dasar ini, dalam novelnya, ES Ito menyimpulkan bahwa Atlantis berada di Indonesia.

    Kata ‘Lemuria’ berasal dari kata ‘lemur’. Lemur ini merupakan sebuah jenis vegetasi yang dewasa ini hanya ditemukan di Madagaskar, Afrika Tenggara. Benua Lemuria muncul sebagai konsep hipotetis para ahli arkeologi botani yang muncul setelah menemukan fakta bahwa ada banyak fosil lemur yang ditemukan di Indonesia, hingga pasifik. Atas dasar itu, muncul hipotesis bahwa dulu kala, di samudera Hindia hingga pasifik, pernah ada sebuah benua besar yang karena peristiwa tektonis tertentu tenggelam, kecuali puncak-puncak tertingginya yang kini membentuk kepulauan-kepulauan di Pasifik, Indonesia, hingga ke Maladewa dan Madagaskar.

    Kembali ke masalah benua yang hilang tadi. Hipotesis Lemuria dari para ahli arkeologi botani dan kisah tentang Atlantis, ternyata diperkuat oleh sebuah legenda Tamil yang juga mengisahkan hal yang sama. Para penduduk Tamil meyakini bahwa dahulu kala, di Samudera Hindia, pernah ada sebuah daratan besar yang kemudian tenggelam, mereka menyebutnya Kumari Kandam.

    Selain itu, ada pula kabar-kabar lain dari tradisi Jepang dan Pasifik yang memiliki kemiripan dengan legenda Atlantis dan Kamari Kundam. Dalam tradisi or*l bangsa Jepang dan bangsa-bangsa di kepulauan Pasifik, ada legenda tentang daratan tenggelam yang disebut Mu. Legendatentang Mu ini juga tercatat dalam kronik bangsa Inca di Amerika.

    Nah, apakah legenda Kamari Kundam, hipotesis Lemuria, kisah Atlantis, dan legenda Mu merujuk kepada sebuah tempat yang sama di masa lalu? Sepertinya menarik bila dilakukan kajian mendalam akan hal ini. Atau mungkin ini perlu dipicu lebih dulu oleh novel historis seperti Negara Kelima

    [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    sory klo :repost::repost: maklum nubi....


    ga nolak klo dikasih thanks :piss: :thx:
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 2
    Last edited by a moderator: Dec 20, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. heavencomp M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    Saya suka tentang Atlantis
    Kalo sudah di temukan puing puing nya, kasih foto nya yach
    Itu sudah saya kasih cendol Bos
    Nice Post

    :niceinfo:
     
  4. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    wew?! :apa:
    udah sering denger dan baca jg kalo ad hipotesis yang nyebutin indoenesia dulu tempat bercokolnya para penduduk atlantis
    tapi kenapa jauh dari samudra alantis yah tapi malah di indonesia di samudra pasifik-hindia, :???: harusnya kan sesuai namanya atlantis yah adanya di samudra atlantis letaknya :haha:
     
  5. nurend M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,969
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,701 / -1
    beuh....ngena banget pernyataan ini. asli aku baru kepikiran sekarang
    bener juga...kenapa ga di samudra atlantik?

    BTW itu novel ada source2 otentik nya ga ya?
    terutama soal kumari kandam, Mu dan cerita/mitos lain mengenai pulau/benua yg hilang itu

    dan aku kira, lemur itu sejenis hewan. tapi ternyata vegetasi (tumbuhan) tho?
     
  6. ian_xander M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    622
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +380 / -0
    Atlantis...slalu bikin aq bertanya2 dan berimajinasi...topik yang sangat menarik untuk dibahas tentang ada atau tidaknya benua yang hilang ini...

    klo emang peradabannya tinggi dan masih ada sampai sekarang,mungkin bakalan mirip Fisherman's Horizon-nya final fantasy 8 kali ya...:fufufu:

    btw nice post...mw ngasih thanx tapi tombolnya ilang entah kmana...:???:
     
  7. K4mu1 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,445 / -0
    Hmmmm... hipotesa Atlantis yang ini lom pernah baca gwe. Tentang Lemuria. Tapi, emang bisa aja kalo Indonesia adalah lokasi Atlantis @@... Mungkin aja, selama ini Atlantis bisa besar karena sumber daya mereka maud.

    Sayang, negeri kita saat ini kurang memanfaatkan.
     
  8. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,041 / -7
    eh, itu koq zaman taun 9600SM dah ada gedung2 futuristik gitu sih??...meragukan nih sumber TS nya...:rokok:
     
  9. kulodalijo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Tempat yang banyak gunung berapinya memang cuma di indonesia ya.
    Sehingga dijadikan kesimpulan kalo atlantis dekat di indonesia.
     
  10. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    ts nya jg g salah, kan g ad yg tau atlantis kayak gimana bos, dan seperti katanya katanya katanya atlantis itu teknologinya jauh di depan dari sekarang, maka berdasarkan informasi katanya katanya katanya jadilah rekaan seperti ini. gw kayak pernah liat nih gambar d game :piss:

    btw, om, tante, kakak setelah gw googling kok yang gw dapetin lemuria itu bukan atlantis tapi emang lemuria itu ada dan emang letaknya katanya sih di pasifik. lemuria yah lemuria dan atlantis yah atlantis, atlantis g ad di lemuria. jadi peradaban lemuria dan atlantis itu jalan berdampingan begitu, mungkin kalo di zaman "dulu yang sekarang" kayak peradaban mesir sama romawi atw yunani gitu. atw gw yang salah nangkep :???:
    sumber: googling....
     
    Last edited: Jan 13, 2010
  11. diti M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    tuh maksud dari gambar nya apa ya??? :???:

    gambar yang terakhir, yang cewek megang kristal sama ada UFO nya... misterius... :fufufu:
     
  12. yo5h1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    137
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +4,413 / -0
    Itu gambar yg no.5 peta ap y? kog atlantisnya malah antara amerika n' afrika?
    Yg bener lokasiny yg bwh kn?
     
  13. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    nah lho bingungkan?! :???:
    menurutku sih kalo dilihat dari namanya dan berdasarkan informasi yg didapatkan dari google jg keyakinanku, yah gambar yg no. 5 yg seharusnya bisa jadi tempat bercokolnya atlantis,
    atau bisa jadi dua"nya benar, jadi atlantis berhasil menaklukkan lemuria dan menjadikan lemuria berada di bawah kekuasaannya. Makanya jadi muncul dua peta begini, just IMHO :ngantuk:
     
  14. jaacoozee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,472
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,677 / -0
    wew atlantis emg bner2 misteri dunia, sm kaya segitiga bermuda

    :nangis:

    apa jangan2 ada hubungan nya yaa sm segitiga bermuda :aaaa:
     
  15. dibu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +101 / -0
    wah...wah berita entang atlantis emang bikin penasaran...
    apa dulu dari indonesia sampe maladewa sama jepang masih 1 kepulauan?
    trus tuh apa emang dulu samudra atlantis tuh berupa daratan yang berdekatan dengan lemuria?
    di peta tuh jaraknya jauh lho antara samudra atlantis sama lemuria...
    kalopun emang atlantis dulu berada di sepanjang antara indonesia sampe maladewa+jepang jaman dulu...koq samudra atlantis letaknya jauh getu?
    masih banyak pertanyaan tentang atlantis...:???:

    semoga ada penemuan lagi tentang atlantis
     
  16. kuro_hito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    waahhh,,,i lop legend,,,,
    niy cerita keren bgt,,,
    tp da gambar tentang puing" yg d temukan tak??
    td da gambar'a tp cuman satu dan agak burem,,,
    klo da boleh donk d share,,,
    hehehehe,,,,,,:piss:
     
  17. drake7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,968 / -0
    Atlantis memang selalu menarik untuk di dengar.
    dalam bayangan hampir semua orang, atlantis adalah seperti surga yang ada di bumi dengan teknologi maju yang berbeda dengan yang dipunyai manusia modern sekarang.
     
  18. silentlone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    betul, katanya teknologi yg dibuat lebih ramah lingkungan drpd yg skarang ...

    gk heran masalah atlantis menarik bnget untuk d'bahas :hmm::hmm:
     
  19. Garisperak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    he

    link dl novelny ada bung ?:panda:
     
  20. Garisperak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
  21. Master_T M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,571
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +436 / -0
    saya peling suka baca artikel tentang atlantis...
    mudah-mudahan misteri terbesar ini cepat terpecahkan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.