1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Asal Usul Nama PALEMBANG

Discussion in 'Palembang' started by dedenkot, Jul 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dedenkot M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    287
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +6,915 / -0
    diambil dari sejarah Sunan Gunung Jati
    1.Putra dan Putri Prabu SILIWANGI
    adalah putra Prabu Siliwangi yg bernama Pangeran Walangsungsang & Rorosantang tiga malam bertutrut-turut sama2 mimpi bertemu dgn Nabi Muhammad S.A.W. Telah mengajarkan agama Islam kepadanya. Keduanya jadi merasa ingin bermimpi seperti itu lagi, ma,un itu hanya terjadi tiga malam saja.

    Pada masa itu di daerah Cirebon ada seorang ulama dari Baghdad namanya Syaikh Idlofo Mahdi atau lebih dikenal dgn sebutan Syaikh Dzatul Kahfi telah mendirikan perguruan Ilam disana.

    akan keberadaan Syaikh Dzatul Kahfi atau org disana menyebut Datuk Kahfi itu didengar oleh Pangeran Walangsungsang & Rorosantang. Maka keduanya jd ingin berguru kpd Datuk Kahfi. Keinginannya itu disampaikan kpd ayahandanya,tetapi Prabu Siliwangi tdk mengizinkannya.

    karena keinginannya untuk belajar Agama Islam itu sudah tdk dapat dibendung lagi,akhirnya kedua kakak beradik itu melarikan diri dari istanapergi kegunung Jati.Disana keduanya bersungguh-sungguh mempelajari ajaran-ajaran Islam yang diajarkan oleh Datuk Kahfi.

    setelah cukup lama Datuk Kahfi mendidiknya, Pamgeran Walangsungsang diperintahkan untuk membuka hutan di bagian selatan Gunung Jati. Hanya dalam beberapa hari saja hutan sudah terbuka. kemudian dijadikan pedukuhan Tambah lama makin banyak saja orang yg menetap disitu. Akhirnya Pangeran Walangsungsang diangkat sebagai pimpinannya yang diberi gelar Pangeran Cakrabuana dan tempat itu dinamakan Tegal Alang-alang.

    Datuk Kahfi merasa bangga dan puas mempunyai murid seperti Pangeran Cakrabuana itu. Maka itu Pangeran Cakrabuana Rorosantang diperintah pergi haji ke Mekkah. Disamping menunaikan ibadah haji,keduanya masih meneruskan belajar agama kepada seorang Ulama' bernama Syaikh Bayanillah.

    Diceritakan bahwa disana Rorosantang pada akhirnya menikah dengan seorang Raja Mesir yg duda namanya Sultan Syarif Abdullah.Adapun Rorosantang yg setelahnya kawin namanya diganti Syarifah Mudaim. Atas perkawinannya itu mempunyai dua orang putra yg pertama bernama Syarif Hidayatullah
    dan adiknya bernama Syarif Nurullah.

    Sementara Pangeran Cakrabuana juga pernah tinggal di Mesir selama tiga tahun. Kemudian kembali ke Jawa dan mendirikan nageri baru yaitu Caruban Larang.
    Secara reflektif negeri Caruban Larang sudah terkenal di seluruh Jawa. Prabu Siliwangi selaku penguasa daerah JawaBarat,telah merestui tampuk pemerintahan putranya, mlah sang prabu memberi gelar Srimanggana.
    Diceritakan bahwa raja Mesir yg menikah dengan Rorosantang atau Syarifah Mudaim telah wafat. karena putranya yg pertama yaitu Syarif Hidayatullah tidak suka naik tahta,maka digantikan adiknya yakni Syarif nurullah.

    Adapun Syarif Hidayatullah lebih suka hidup bebas. Karena itu akhirnya dia beserta ibunya memilih pulang ke Pulau Jawa kenegeri ibunya dengan menyebarkan Agama Islam. Syarif Hidayatullah inilah yg sampai sekarang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati.

    -Terbawa kenegeri Cina
    Diatas telah kita ketahui bahwa Sunan Gunung Jati adalah Syarif Hidayatullah cucunya Prabu Siliwangi. Pada Buku Babat Tanah Jawa telah diceritakan bahwa Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) inilah yg menyebarkan agama Islam secara besar-besaran di Jawa terutama di daerah cirebon.
    Juga beliaulah bersama senopati Demak Bintoro yaitu Fatahillah yg memimpin menyerang dan mengenyahkan bangsa Portugis dari Sunda kelapa.
    Alkisah:Sebagaimana biasa Sunan Gunung Jati setiap malam mengerjakan Qiyamullail (Shalat Tahajud). Pada satu malam tumben beliau tdk bisa khusyu' dalam sholatnya. Demikian juga pindah ke Mushalla.Akhirnya barulah bisa khusyu' setelah pindah keperahu di tepi pantai.
    Seusai berdzikir, beliau tertidur dengan nyenyaknya diatas perahu itu.Tanpa disadari ketika terbangun,beliau sudah berada dinegeri Cina.Sejak lama sblum itu beliau sdh mendengar berita bahwa di negeri Cina ada undang2 melarang rakyatnya untuk memeluk agama Islam.Walaupun demikian.. Sunan GunungJati tidak kurang akal,di negeri cina beliau membuka praktek sistem pengobatan.

    Setiap orang yg datang untuk berobat diajari berwudhu dan diajaknya melaksanakan shalat.Ternyata mereka yg menderita sakit dapat sembuh setelah mengerjakan shalat itu. Mereka yg pernah berobat kepada beliau dapat merasakan kemudahan dan kemanjuran petunjuk itu dalam pengobatan segala penyakit.
    Dalam waktu singkat nama Sunan Gunung Jati semakin menjadi terkenal di kalangan masyarakat. Mereka beranggapan bahwa Sunan Gunung Jati adalah seorang sinse(baca:tabib) dari jawa yg sakti dan berilmu tinggi. Sejak itu di negeri Cina banyak lagi orang yg memeluk Agama Islam. Sampai seorang menteri bernama Pai Lian Bang menjadi pengikut Sunan Gunung Jati yang setia.

    Pada akhirnya tersebarlah berita perkembangan Islam di negeri itu, Kaisar Cina memanggil Sunan Gunung Jati ke Istana. Untuk menghancurkan nama Sunan Gunung Jati dihadapan orang banyak. Kaisar membuat siasat secara tebak-menebak.
    Kaisar menyuruh putrinya yg masih gadis agar mengganjal perutnya dgn sesuatu sehinnga nampak seperti hamil.Kemudian duduk berdampingan dengan saudarinya yg sedang hamil tiga bulan.dan Sunan Gunung Jati kemudian disuruh menebak mana diantara keduanya yang benar-benar hamil.

    Akan maksud kaisar itu Suna Gunung Jati sudah mengerti.Sebelum menebak .Sunan gunung Jati berdoa kepada allah.setelah itu ditebaknya putri kaisar yg masih gadis, namanya Ong Tien,Mendengar tebakan Sunan Gunung Jati orang-orang yang menyaksikan mentertawakan semuanya.
    Hati kaisar menjadi puas, dia tersenyum dgn senyum kemenangan. Sunan Gunung Jati dikatakan seorang sinse bodoh.pembohong dan enyalah dan emyalah dari negeri Cina ini.Tetapi Sunan Gunung Jati masih tampak tenang dan berwibawa,
    dibalik itu semua apa yg terjadi pada Ong Tien..?Ternyata Ong Tien yg masih gadis itu kini benar2 menjadi hamil.Sedangkan saudarinya yang benar-benar hamil,kandungannya telah taida lagi.

    Mendengar keterangan dari kedua putrinya, Kaisar menjadi sangat terkejut.Setelah kaisar mengetahui kebenarannya,maka dia minta ampun kepada Sunan Gunung Jati dan meminta agar Sunan Gunung jati mau kawin dengan Ong Tien.
    Sunan Gunung Jati yang bijaksana itu tdk mau mengecewakan kehendak kaisar.perkawinan dilangsungkan.Kemudian Sunan Gunung Jati kembali pulang ke Jawa beserta Ong Tien.Pemberangkatannya ke Jawa dikawal dua buah kapal kerajaan yg dikepalai oleh murid Sunan Gunung Jati sendiri,yaitu Pai Lian Bang.
    Dalam satu riwayat menyebutkan bahwakapal yg ditumpangi Sunan Gunung Jati berangkatnya lebih dahulu dan singgah di Sriwijaya.Saat itu tepat hari wafatnya Adipati Aria Damar.
    Atas wafatnya Aria Damar ini tidak ada penggantinya sebagai Adipati,Kedua putra Aria Damar sudah menetap di Jawa.Karena itulah maka Sunan Gunung Jati mengharap agar rakyat Sriwijaya mengangkat Pai Lian Bang seorang muridnya yang kini masih berlayar di belakang.

    Mula-mula Pai Lian Bang yang baru saja datang merasa terkejut dan heran dirinya tiba-tiba mendapat sambutan dari rakyat Sriwijaya, Tetapi setelah mengetahui duduk perkaranya,Pai Lian Bang tidak menolak atas pengangkatannya sebagai Adipati.

    Dengan bekal pengalaman selama menjadi menteri,Pai Lian Bang berhasil membangun Sriwijaya, Pesantren dan madrasah benar-benar dikembangkan.Dia sendiri juga menjadi guru besar dalam ketatanegaraan. Murid-muridnya banyak yang dari Jawa.Pada akhirnya sesudah Pai Lian Bang wafat,Sriwijaya diganti nama Palembang yang diambil dari kata-kata Pai Lian Bang.

    Sumber:Kisah Wali Songo
     
    • Thanks Thanks x 7
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. chucky Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 16, 2007
    Messages:
    3,330
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,721 / -0
    wow kalo bisa di ksh source nya bro...
    ini artikel nya diambil dr mn....
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. dedenkot M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    287
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +6,915 / -0
    perpustakaan masjid agung plg kk kelupaan nama buku na :maaf:
     
    • Like Like x 1
  5. chucky Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 16, 2007
    Messages:
    3,330
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,721 / -0
    wow brrt ketik manual yah...

    mantap kali bro...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. altri Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    3,826
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +41,542 / -0
    :niceinfo:
    la lamo dak maen ke perpus msjid agung....
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
    Last edited: Jul 20, 2010
  7. engboh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    720
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,605 / -0
    si om yang satu ini :swt:

    makasih om juragan dedengkot, ane jadi tau nih asal nama palembangnya :cerutu:
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 1
  8. angel_alone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2010
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +2,713 / -0
    Salam untuk wong plembang.....

    SFC menang komunitisild 2010

    keep spirit...
     
  9. kelong Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 19, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    wow kk wow ado palembang yee :D
     
  10. kh30nx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    Umh, thx bgt y sejarah na om..:sembah:
    jadi tau asal daerah saia, walau saia lahir dlampung tapi saia masih bangga berdarah pai lian bang(palembang)!!!:onion-86:
    ohohohohooo
    :angel:
     
  11. bundacinta Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 7, 2010
    Messages:
    245
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    ane termasuk orang palembang yang ngga ngerti asal usul...
     
  12. tom_huang10 Members

    Offline

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    ado yang palembang jugo tohh
    aku newbie nihh
    mohon bantuannyo y lurrr
     
  13. ice_lemon_tree Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    290
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +271 / -0
    hikss kangen palembang, sudah lama sekali tak pulang daku T________T
    sudah seperti apakah palembang ku tercinta
    I'm Stuck In Bogor agghh
     
  14. juniar97 Members

    Offline

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    cari aja di wikipedia
     
  15. cupuxx Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 30, 2010
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +6,973 / -0
    wah saya orang lahat kk :angel:

    jarang ke palembang tapi kuliah di depok :panda:

    kangen makan pempek
     
    • Thanks Thanks x 2
  16. suehendi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Aq la tau men plembang diambl dari namo wong cino, pai lian bang tadi. Tapi baru ini aq maco ceritanyo lengkap, thanks lur
     
    Last edited: Aug 1, 2011
  17. watery_4441 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    333
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +95 / -0
    oo.. cak itu toh ceritonya. Mokasih yo kk. men ado temen yg wisata ke kota pelembang, pcak la aq cerito2 ttg asal usul namo plbg ni.
     
  18. etca Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah meski saya bukan orang palembang,
    thx banget atas sharingnya, jadi tahu asal usulnya nih :)
     
  19. zerostylez Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    2,781
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,841 / -0
    semenjak gw dr lahir ampe skrg baru tau gw asal nama palembang drmn :swt:
    but nice info :top:
     
  20. bontet77 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    aku wong palembang tapi dk ngerti asal usul plembang ni
     
  21. w1ng_0_custom M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    5,496
    Trophy Points:
    246
    Ratings:
    +166,493 / -0
    lahir di palembang tapi bari ni la tau asal usul namo palembang... jd pengen mudik...
    bagus ni infonyo :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.