1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Origin Asal kata

Discussion in 'History and Culture' started by raynz, Feb 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. raynz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    848
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,849 / -0
    iseng-iseng gw nyari gini nih,,
    mungkin ada beberapa kata dari berbagai kata dan nama di dunia yang membuat kita bertanya, darimanakah kata atau itu berasal. Apalagi negara kita yang memiliki cultur bahasa yang sangat kompleks, yang bahasanya berasal dai berbagai bahasa daerah dan bahasa asing. Mungkin thread ini bisa menjadi bacaan sebagai penambah ilmu pengetahuan kita..
    Gw bukanlah orang yang pintar, gw cuma bisa membantu dengan cara mencari lewat mesin google, jadi setiap artikel gw pasti selipkan link sourcenya, jadi ingetin kl misalnya lupa nyelipin linknya, karena ini bentuk penghargaan bagi pemilik artikel sebenarnya dan juga menghindari fitnah bagi kita yang hanya copas artikel milik orang..

    Asal kata "DAB"?

    Orang jogja sering kali menyapa kakak, abang, atau mas dengan panggilan "dab". Sebetulnya dari mana sih asal tersebut keluar?

    jawaban:
    tyo from tanyasaja.detik.com

    HA NA CA RA KA

    DA TA SA WA LA

    PA DA JA YA NYA

    MA GA BA THA NGA

    ini semua dari aksara Jawa itu.
    kata DAB itu berasal dari kata MAS :
    kata MA baris 4 dan SA baris 2. = MAS
    kemudian ditukar dengan kata DA baris 2 dan BA baris 4. = DAB
    ini seperti halnya kata DAGADU :
    DA baris 2, GA baris 4, DU baris 2 [DA ganti DU]. = DAGADU
    kemudian ditukar dengan kata MA baris 4, TA baris 2, MU baris 4 [MA ganti MU]. = MATAMU.
    bisa dlihat dari logo DAGADU khan MATA.
    semoga ini benar dan bisa berguna

    kamarasta from tanyasaja.detik.com

    itu namanya bahasa walikan, dulu temen pernah buat kamus online nya ...
    penjelasannya dah dijawab sama bro tyo ....

    Arti Kata Narsis Atau Narsisme Dan Asal Usulnya !

    Tahukah anda arti kata narsis dan asal-usulnya? Narsisme atau Narsis artinya adalah perilaku memperhatikan diri sendiri secara berlebihan.

    Konon dalam dongeng masyarakat Yunanni kuno, hiduplah seorang pemuda yang bernama Narsis. Narsis adalah putra dari Dewa dan Bidadari. Orangnya tampan, namun kaku, cuek, dan angkuh.

    Pada suatu ketika Narsis sedang duduk-duduk ditepi kolam yang airnya bening. Dari tepi kolam itu, dia melihat betapa tampannya dirinya. Karena bayangan wajahnya yang begitu mempesona, Narsis akhirnya jatuh cinta dengan bayangan dalam kolam itu. Narsis jatuh cinta dengan dirinya sendiri. Sebenarnya teman-teman Narsis banyak yang jatuh cinta kepadanya, tetapi Narsis tidak pernah merespon mereka, ia hanya jatuh cinta pada dirinya sendiri.

    Ada seorang teman perempuan yang jatuh cinta kepada Narsis, namanya Gema. Gema adalah putri dari kayangan. Orangnya cantik, tetapi dia tidak normal dalam berbicara. Gema tidak bisa bicara dengan kalimatnya sendiri, tetapi hanya bicara dan mengucapkan kata-kata yang baru didengarnya dari orang lain. ketika Narsis bicara, “bagaimana kabarmu?”, Gema menjawab, “kabarmuuuuuuuu……”. “kamu dari mana?”, Gema menjawab, ”darimanaaaa….”.

    Karena komunikasi antara Narsis dan Gema ini tidak lancar maka cinta Gema tidak kesampaian. Cintanya tidak didengar oleh Narsis, dan iapun frustasi. Gema bersedih dan menangis. Air matanya menetes begitu banyak sampai akhirnya melarutkan tubuh Gema. Oleh sebab itulah sampai saat ini kita hanya bisa mendengar suara Gema, tetapi wujudnya kita tidak bisa melihat.

    Pada suatu kesempatan Narsis berjalan-jalan di tengah hutan. Ditempat itu dia merasakan rindu dengan pemuda yang selalu dilihatnya didalam kolam. Sampailah dia ditepi kolam yang airnya tenang. Disekelilingnya dikelilingi banyak pohon cemara. Begitu memandang ke kolam kembali dia tertegun. Ditatapnya wajah yang begitu tampan didalam kolam itu. Narsis berlutut dan ingin menyentuh wajah itu. Namun ketika wajah itu disentuh, berubahlah wajah itu menjadi riak-riak kecil air. Ditunggulah beberapa saat sampai air itu kembali tenang. Disentuhlah lagi wajah itu, dan kembali pula berubah menjadi riak air.

    Narsis terus menunggu ditepi kolam itu. Dia terus merindukan pemuda dalam kolam itu. Perasaan itu begitu menyiksa. Bertanyalah ia kepada pohon cemara, “Pohon Cemara, apakah engkau pernah merasakan kerinduan seperti ini?. Narsis terus memandangi wajah itu.

    Beberapa hari berlalu Narsis akhirnya sadar bahwa wajah itu adalah wajahnya. Apa yang dia inginkan sudah ia punyai. Apa yang dia rindukan sudah didapatkan. Dia menyadari dan mulai belajar mencintai orang lain. tiba-tiba Narsis merasakan seluruh tubuhnya terasa hangat. Kulitnya memancarkan cahaya yang lembut. Api cinta telah menyala dalam diri Narsis. Api itu telah membakar dan meluluhkan hati Narsis yang selama ini membeku. Hati itu telah mencair.

    Sekian lama Narsis tidak muncul, teman-teman Narsis mencari ditepi kolam itu. Tetapi mereka tidak menemukannya. Mereka hanya melihat sekuntum bunga. Bagian tengahnya berwarna kuning, bentuknya seperti terompet. Kelopak bunga dibagian pingirnya berwarna putih lembut. Teman-temannya yakin itu adalah Narsis, yang tubuhnya telah menjadi bunga. Bunga itu namanya adalah bunga Narsis.

    Dari cerita itu bisa diketahui orang yang termasuk kategori narsis/narsisme, yaitu:

    1. mencintai diri sendiri secara berlebihan dan sulit mencintai dan menerima cinta orang lain.
    2. Hanya mendengar pendapatnnya sendiri, sulit mendengar pendapat orang lain.
    3. Tidak bisa merasakan perasaan orang lain.
    4. Melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri, bukan sudut pandang orang lain.
    5. sulit mempercayai orang lain.

    Tetapi orang Narsis, bisa berubah. Ketika dia bisa menyadari bahwa dirinya adalah obyek dan juga subyek, dan menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari orang lain, maka sifat narsis itu bisa hilang. Jika sifat narsis itu hilang, maka orang itupun seperti Narsis, berubah menjadi indah dan harum laksana bunga Narsis.

    sumber:spirit-zone.blogspot.com

    Pernah dengar band indie, musik indie atau pun film indie ? Apa sih yang dimaksud dengan indie itu? Indie itu berawal dari inggris. Kata indie itu juga berasal dari kata independent yang mempunyai arti kebebasan, kemerdekaan dan dipadatkan menjadi indie. Mungkin maksud mereka karena kata indie lebih easy listening ketimbang independent. Banyak orang ngira kalau indie itu sesuatu yang proses produksi dan produksinya lokal atau diwilayahnya saja. Namun, ada juga kok band indie yang sudah masuk merger lebel. Band indie itu idealis. Begitulah para ahli bilang. Untuk genre musik indie itu bisa bermacam-macam seperti indie pop, indie rock dan lain-lain. Beberapa contoh band indie itu seperti Efek rumah kaca, closet, the telephone. Tunas bangsa symphony. sebenarnya masih banyak banget. Tapi capek nyebutinnya. Hosh...hosh...hosh...

    sumber:coretlima.blogspot.com

    Daerah penambangan di pegunungan Bohemia menghasilkan banyak perak dan menjadi sumber utama uang logam bagi kekaisaran Romawi. Tambang tersebut terletak di sebuah lembah bernama Joachimsthal, dan koin yang berasal dari sana di sebut dengan nama yang sama: "Joachimstalers." Lama kelamaan, nama tersebut berubah menjadi "Talers" karena lebih mudah di sebut. Lalu lafal Amerika menyebutnya sebagai "dollar".

    [​IMG]
    Koin perak pertama yang disebut "Guldiner" di ambil tahun 1486 di Tyrol. Nama "Taler" pertama di berikan pada koin perak yang berukuran sama di Joachimstal, Bohemia.

    Sedangkan symbol $ di desain oleh Oliver Pollock, seorang bisnisman dari New Orleans, ide dasarnya adalah dengan menggabungkan simbol mata uang negara Spanyol.

    Simbol $ digunakan oleh banyak negara selain Amerika Serikat, termasuk Peso Argentina, Real Brazil, Peso Chili, Peso Columbia dan Peso Kuba. Negara lain yang menggunakan mata uang dollar antara lain adalah Australia, Kanada, Singapura dan beberapa negara lain.

    sumber:ferryzanzad.multiply.com

    Asal Kata "Pekoe"?
    Oleh: Ansari
    15/01/2009 - 15:05:32 WIB
    [​IMG]
    Istilah "pekoe" yang menggantikan sebutan "pucuk daun" teh yang masih kuncup, berasal dari kata dalam bahasa China yang penyebutannya dipendekkan (pek oh). Arti sebutan tersebut adalah "rambut putih" yang menunjukkan kepada bulu-bulu halus yang berada di bagian sisi belakang pucuk daun teh yang masih kuncup tersebut.

    Google, asal kata & artinya
    sumber:lintasberita.com

    Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil ditemukan oleh Pada awalnya, dua orang pemilik google yaitu Larry Page dan Sergey Brin membangun Backrub Project. Namun karena mengalami kemunduran, mereka berdua berniat menjual backrub project, tapi ditolak. Karena tidak bisa dijual, mereka menginginkan nama baru untuk mesin mereka. Awalnya mereka menginginkan nama googol untuk search engine barunya. Mungkin kata ini jika dicari di kamus tidak ada artinya. Namun mereka berdua mengklaim bahwa googol mempunyai arti yaitu 10 pangkat 100. Saat mereka akan membeli domain, ternyata terjadi kesalahan dalam pengetikan dan berubah menjadi kata Google.




    oya, kl misalnya thread ini bermanfaat mohon di reply atau klik thanks aja, soalnya beberapa thread gw disini kadang ga ada yang ngereply atau thanks, jadinya gw tinggalin karena gw pikir ga bermanfaat.. Jadi thanks gw harap memang sebagai tolak ukur TS untuk mengetahui threadnya bermanfaat atau tidak. Walau ini cuma postingan biasa aja, mungkin kl bisa temuin di berbagai forum atau dengan mencari di mesin google, cm gw ingin tetap memberikan kontribusi positif bagi forum ini, dengan kondisi bandwith upload gw yang parah.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. hanggeroko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    1,718
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,504 / -0
    mengenai bahasa walikan...

    ternyata ada orang bandung yang pake itu ya


    dilu kalo mau ngata2in orang pake bahasa gituan yanz

    SACILAD!!
    PABU!!
     
  4. raynz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    848
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,849 / -0
    hahaha
    wa bukan orang bandung ko..
    orang minang asli, lahir di riau..
    dan sekarang mang bisa bahasa sunda dan lagi belajar bahasa jawa..
    kl bahasa walikan sih, baru tau juga, pas nyari artikelnya kliatan menarik jadi di masukin..
    mang bahasa walikan tu bahasa apa ya??
    terangin dong om hanggeroko..
     
  5. CottonBud Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,585
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,594 / -0
    narsis x gema kaya legenda yah :lol:
    bunga narsis juga baru denger :swt:


    wew gw baru tau indie ntu dari indipendent :top:

    nice post
     
  6. achy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 14, 2008
    Messages:
    1,297
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,329 / -0
    awa yang blom pernah denger cuman asal kata dab ama dagadu, kalo yang narsis, cerita yang awa tau ngga ada tokoh "gema"nya n ngga sape jadi bunga... berarti awa dengernya ceritanya ngga lengkap dunks

    @ Bro cotton
    serius baru tau??? :P

    @ TS
    minang?? wakz sakampuang wak mah :D
     
    Last edited: Feb 13, 2009
  7. venantius Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    5,317
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +72,369 / -1
    itu yg narsis, maksudnya dari anak dewa yg namanya narcisius kali ya?

    @cottonbud
    bunganya mirip ama bunga krisan, cuma lebih gede
     
  8. CottonBud Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,585
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,594 / -0
    :swt: tetep ajah gk tau ... :lol:
    Krisan
    [​IMG]

    Narsisus
    [​IMG]

    :lol: sering liat tapi baru tau namanya :lol:
     
  9. godlob M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    590
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +8,564 / -0
    bro raynz udah bikin threadnya tapi belum mencari pemahaman yang mendalam nih...

    'walik'='balik', jadi 'walikan'='terbalik', (lupa kata bahasa indonesia yg artinya sejajar dengan yang ini sih) bisa dibilang bahasa 'prokem' ato bahasa gaul-nya orang jogja...

    yg dikenal sebagai basa walikan setahuku ada 2 macam: basa walikan jogja n basa walikan malang.

    1. yg bro raynz post itu basa walikan ala jogja,

    pernah denger lagu g-tribe yg 'watchout, dab'-kan?? nah, yg ditulis bro hanggeroko itu 'pisuhan' ato cacian yg lazim digunakan di jogja. ga tau kenapa, orang blajar bahasa baru pasti malah mulai dari kata2 'tabu' deh...

    contoh: "kae lho ana 'themon'!!!"

    dengan diagram dari atas: 'the'='we' + 'mon'='dok' jadinya 'wedok' ato 'perempuan'.
    karena silabel terakhirnya huruf mati dari 'ka' = 'nya', maka yang diambil cuma suara 'n'-nya saja...

    tambahan: suara vokal (a i u e o) menggunakan huruf pertama dari aksara jawa 'ha', jadi 'aku'='panyu'

    2. kalo untuk malang setahuku lebih mudah lagi, dalam satu kata dibaca dari belakang ke depan..

    contoh yg cukup dikenal: 'arek malang' jadi 'kera ngalam'

    semoga bermanfaat... :smiley_beer:

    'poya muthig, poya hoho'!!!!
     
  10. raynz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    848
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +14,849 / -0
    duh maafin awa om godlob...
    maklum, kl soal bahasa pengetahuan awa rada minim nih...
    apalagi kl bahasa jawa..
    @venantius
    ya, emang kayanya dari nama anak dewa narcisius..
    @achy
    yo, sakampuang awa uni (atau uda???)
     
  11. reichzach Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi google yang sekarang tu salah nulis domain???......buset,salah aja bisa sukses.......
     
  12. edelz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    361
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +334 / -0
    Yep. Narcissus / Narkissos. Cewenya Echo / Ekho.
    Ini sejarah Narcissus-Echo versi Roma ya? Soalnya gw denger2 dari temen yang suka mitologi, ada yang Narcissus versi maho, ada yang suka sama dia, tapi cowo. Karena unrequitted love, si cowonya bunuh diri pake pedang punya Narcissus. Sebelom mati, si cowonya (gw lupa sapa namanya) berdoa ke Nemesis dan ngutuk dia. Ujung2nya mirip sama yang Echo sih, si Narcissus liat pantulan wajahnya sendiri di sungai, terus bunuh diri pake pedangnya deh.

    Bunga narcissus itu bunga daffodil bukan sih? :???:
     
  13. adadajah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +765 / -0
    padahal menurut gw lebih keren Googol dibanding Google, kata"nya...
     
  14. darknetwork M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,767
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +8,415 / -0
    weekkekeke, itu toh ternyata asal usul dab, dlu make2 gak pake acara mikir
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.