1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Arsitektur Unik Jaring Laba-Laba

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by kntphathoy, Mar 27, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kntphathoy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    3,196
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,947 / -0
    Jaring laba-laba, mungkin saja merupakan struktur alam buatan hewan yang paling cantik dan ruwet. Tapi beberapa jenis laba-laba membuatnya lebih baik lagi. Mereka membangunnya selangkah lebih jauh. Beberapa jenis laba-laba menghias jaringnya bahkan lebih tertata dengan pola yang lebih kompleks, seolah-olah menunjukkan bahwa merekalah desainer alam terbaik di muka bumi. Kalau melihat gambar-gambar berikut ini memang tidak terlihat sempurna tapi cukup membuat kita bertanya mengapa mereka membuat konfigurasi ekstra ini.

    [​IMG]

    Struktur jaring laba-laba ekstra ini memiliki nama ilmiah stabilimentum atau stabilimenta. Nama ini sebenarnya diambil secara tidak sengaja, bahkan muncul karena adanya kesalahan yaitu saat peneliti menduga bahwa pola ini bertujuan untuk membuat jaring laba-laba stabil. Teori ini belakangan dibantah.

    Sepertinya fungsi dari pola ekstra ini bisa bermacam-macam. Laba-laba membangun pola ini sendiri berkali-kali mungkin sampai sepuluh kali. Beberapa diantaranya membuat pola ini tidak berasal dari jaringnya sendiri melainkan dari sisa-sisa apa saja termasuk dari bekas telurnya sendiri atau apa saja yang ada di dekat jaringnya.

    Pola jaring ekstra ini bisa ditemukan diantara sejumlah spesies laba-laba – tapi contoh terbaiknya adalah yang dari jenis Argiope. Pola ekstra ini, seringkali hampir presisi secara matematis dengan sudut 45 derajat, sepertinya dibuat untuk “memelarkan” tubuh mereka sehingga membuatnya lebih tidak menarik predatornya. Kadang-kadang pola ini mengarah vertikal dan laba-laba yang lebih muda mungkin membuatnya berbentuk seperti piringan.

    Menjawab pertanyaan mengapa pola ekstra ini dibuat sepertinya menjadi tidak sederhana. Beberapa menganggapnya memberikan perlindungan ekstra karena membuat laba-laba terlihat lebih besar atau sebagai kamuflase. Atau sebaliknya justru membuatnya lebih terlihat dibanding jaringnya sendiri sehingga membuatnya makin mudah terlihat oleh misalnya burung. Lebih seperti “rambu stop” untuk hewan lainnya.

    Belakangan disebutkan bahwa stabilimenta digunakan untuk lebih menarik mangsa laba-laba. Sering lihat serangga di malam hari berkumpul mendekati cahaya lampu? Pola ekstra jaring laba-laba ini diyakini mampu memantulkan sinar ultraviolet sehingga meanrik lebih banyak lagi mangsa untuk mendekati jaring.

    Thermoregulation, teori ini menyebutkan bahwa pola ekstra ini membantu laba-laba menjaga suhu tubuhnya optimal untuk bertahan hidup dalam cuaca apapun.

    Adapula yang menyebutkan bahwa laba-laba memiliki estetika – seperti manusia yang juga memiliki estetika – seperti yang juga ditunjukkan hewan lainnya untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya untuk mengejar sesuatu.

    Bisa saja, dorongan reproduksi menjadi alasan mengapa pola ekstra ini dibuat. Saat seekor betina siap untuk bereproduksi cara apalagi yang lebih baik untuk menarik sang jantan selain mempercantik jaringnya?

    Pola ekstra ini paling banyak memang dibuat dari jaringnya sendiri selain beberapa jenis mengkombinasikannya dengan benda apa saja di dekatnya. Pada jenis Nephila, sisa-sisa mangsa pun ikut ditempelkan pada pola ini dengan maksud lebih menarik mangsa lainnya lagi.

    Apapun alasannya, hal ini menunjukkan di luar sana ada banyak keajaiban alam yang tidak kita sadari terjadi tiap hari. Bahkan dilakukan oleh binatang kecil yang hampir kita tidak pernah mempedulikannya.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]



    Sumber


    semoga saja tidak :repost: , saya sudah coba search tapi hasilnya nihil.. :yareyare:
    :hehe: kalau dirasa bermanfaat jangan lupa buat ucapkan terimakasih ya...
    :minta::thx::grp:
    :onegai: dan silahkan berikan komentarnya...



    cek juga yang ini ...

    10 Band Metal Pemuja Setan
    10 Senjata Aneh yang Pernah di Ciptakan
    HANACARAKA v.1.0 (Software Resmi Konversi Huruf Latin-Jawa)
    Kelelawar-kelelawar Unik dan Aneh yang Hidup di Bumi
    Mengapa v*gina Mengeluarkan Bau yang Khas ?
    Mengenal Macam-macam salju
    Misteri Rambut Malaikat Jatuh Dari Langit
    Mitos Kartini dan Rekayasa Sejarah
    Pemutar Musik Tenaga Jantung ?? Benarkah ??
    Sejarah dan Arti Lambang Yin Yang !
    Tengu : Setan Terbang dari Jepang [Mitologi]
     
    • Thanks Thanks x 11
    • Like Like x 3
    Last edited: Mar 31, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tamaguci M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    689
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +80 / -0
    PERTAMAXXX!!

    Emang jari laba laba itu katanya lebih kuat dari pada kawat besi.
     
  4. drewatma M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    19,715
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +71,212 / -0
    ho baru tau
    klw laba-laba betina yg bikin jaring

    nice inpo bro, keep posting :top:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. sukroitem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    Nice gan!
    TS,ane ijin nambahin dikit yah...:peace:


    Tahukah agan? Ilmuan Jelinskis dan temannya dari Cornell University, Ithaca, New York, mengungkap rahasia jaring laba-laba. Dalam penelitiannya di laboratorium, ditemukan bahwa jaring laba-laba yang diproduksi dari tubuh binatang itu sendiri, terbuat dari molekul berbentuk serat,yang tersusun dari residu asam animo glisin 42%, alanin 25% dan 33% sisanya glutamin,serin, dan triosin. Analisi Resonansi Magnetik Serat terhadap jaring laba-laba yang mengandung 40% alanin menunjukan suatu struktur yang terorganisir sangat rapi seperti kristal. Jaring laba-laba ternyata juga tahan air dan memiliki kekuatan 5 kali lebih besar dari baja dengan ukuran yang sama, dan 2 kali lebih lentur dari serat nilon. Begitu kuatnya jaring laba-laba, sehingga memungkinkan untuk menjadi bahan tekstil anti peluru, penguat material komposit untuk selubung peralatan elektronik, body mobil, dan bahan pesawat terbang. Laba-laba telah menjadi sumber inspirasi bagi penciptaan materi baru yang bersumber dari mahluk hidup, bio materials, seperti protein polisakarida dan lainya. Dengan berkembangnya ilmu bio-engineering, laba-laba bisa diternakkan menjadi jutaan ekor, di besi makanan larutan zat tertentu untuk memproduksi secara massal serat yang sangat kuat bagi keperluan industri. Teknologi gen- cloning bisa digunakan untuk membuat bakteri yang dapat dikerahkan untuk memproduksi serat laba-laba secara in vitro dalam tabung kimia. Para arsitek dari jerman rudal mengembangkan konstruksi lebar yang sangat kuat tapi tipis yang di ilhami dari jaring laba-laba.
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Oct 23, 2011
  6. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,829
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    buset deh bacaannya:pusing:
    ane baru tahu klo sarang laba2 bisa bentuknya kaya gitu. kaya di lukis aja.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. kntphathoy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    3,196
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,947 / -0
    makasih buat tambahannya..:makasih-g:
    tapi maaf sebelumnya kalo bisa jangan bawa keterangan dari agama...
    walaupun itu benar, tp kan yang baca forum :idws: ini bukan dari salah satu agama saja..ini semua demi kenyamanan kita semua
    sekali lagi saya mohon maaf.. :maaf:
     
    Last edited: Mar 28, 2011
  8. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    kalo laba2 betina sama jantan gimana ya gan jaringnya?

    hahaha

    mungkin bentuknya kaya V
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. mujito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,905 / -0
    bisakah zat pembuat jaring-jaring laba-laba dibuat sintetis
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    :top: bener banget tuh, jaring laba2 emang sebetule kuat bgt klo di skala yg lebih besar lagi.. tidak hanya itu, serangga lainnya juga bnyk yg hebat2, coba aja liat larinya semut, trus buat skala perbandingan ukuran tubuh + jarak tempu dalam satu detik, cepet bgt tuh larinya.. masih banyak serangga lainnya yg hebat2 :top:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. kntphathoy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    3,196
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,947 / -0
    makasih buat editting spoilernya..:maaf:



    coba masuk sisni gan...
    http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=129848&p=7476891&viewfull=1#post7476891

    sedikit kutipan dari thread disana..

     
  12. anakpusing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    wah info menarik nie:top:meskipun agak merinding liat gambarnya:apa:
     
  13. F3nr1r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +131 / -0
    Keren gan baru tw kalo jaring laba2 bisa punya bentuk
     
  14. bapolord Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +200 / -0
    baru tahu klo ada bentuknya yg aneh2 gitu.. tapi bener juga ya.. itu struktur paling alami.. aerodinamis pula itu.. mungkin taon2 mendatang di antara gedung2 bertingkat dibikin jaring laba2 trus ditaro perumahan di tengah2nya haha..
     
  15. supervine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 15, 2011
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    wah :matabelo:
    laba-laba aja bisa membuat karya seni seperti itu...
    keren-keren...
     
  16. Tutski M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    Nice info, gw juga beberapa kali suka liat jaring laba2 yang bentuknya bagus
     
  17. riobastian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    1,009
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +863 / -0
    Dari dulu ane bingung banyak orang yang bilang kalo jaring2 laba lebih kuat dari baja. Ternyata ini to jawabannya.. :niceinfo:
     
    Last edited by a moderator: Jan 20, 2012
  18. Lyaruz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 16, 2010
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +431 / -0
    buju gileeee :matabelo:
    indahnya :matabelo:

    seniman itu laba-labanya :lol:
     
  19. noctislucis M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    730
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +374 / -0
    dah kayak merajut sarang sendiri tuh laba"
    ga cuma manusia doang:haha:
     
  20. red_rackham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 12, 2009
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +355 / -0
    Nice info gan.

    Kevlar yang dipake sebagai bahan baju anti-peluru, struktur dasar seratnya juga merupakan hasil tiruan dari struktur benang laba2.
    Sekarang sedang dikembangkan serat baja / nano-tube carbon untuk benar2 bisa menghasilkan bahan dengan kekuatan setara benang laba-laba en anti panas (benang laba2 meski kuat, tapi terbuat dari protein yg mudah rusak oleh panas/terbakar). Kalau berhasil tercipta, seutas benang tiruan ini bisa menahan beban sebuah mobil dengan mudah.
     
    • Thanks Thanks x 1
  21. akew Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    keren amat neh laba2nya bisa buat ky gitu. impian ane neh buat bangunan laba2.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.