1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Aroma Parfum Lebih Berbahaya dari Asap Rokok?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, May 29, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,934 / -0
    Saat ini, sejumlah kantor, klub kesehatan, studio yoga, dan tempat umum dibuat peraturan harus bebas wewangian. Tidak hanya asap rokok, ternyata tempat-tempat ini juga melarang orang yang masuk memakai parfum dan wewangian lainnya. Pasalnya, dari hasil penelitian, parfum pun dapat menciptakan polusi udara, atau populer dikenal sebagai 'polusi parfum'.

    Dari hasil penelitian tersebut, tidak sedikit orang yang menderita asma, gangguan perpanasan lainnya, penyakit lingkungan, atau kelelahan berlebihan yang disebabkan terpapar wewangian parfum yang bertahan di udara meski telah lama disemprotkan.

    Menurut Michelle Schoffro Cook, ahli gizi holistik dan naturopati sekaligus penulis buku kesehatan populer, mengatakan terdapat 500 lebih bahan kimia berbahaya yang menjadi bahan dasar pembuatan wewangian di parfum. Kebanyakan berasal dari bahan kimia sintetis yang diperoleh dari bahan petrokimia, dan telah terbukti mengandung neurotoxin (racun yang bisa merusak pembuluh darah atau syaraf otak). Dan, terdapat juga kandungan karsinogen (bahan yang dianggap sebagai penyebab kanker).

    Penelitian ini amat mengejutkan. Bagaimana tidak? Hampir semua wanita, bahkan pria mengenakan parfum. Siapa sangka, banyak bahan kimia yang terkandung dalam parfum atau wewangian lain yang tak kalah berbahaya dibandingkan bahaya asap rokok.

    Jika Anda bisa mencium aroma parfum, itu karena bahan molekul sintesis yang beracun dari parfum masuk lewat saluran pernapasan, yang langsung memberikan jalan menuju otak. Yang juga berbahaya, meskipun tidak mencium aromanya, Anda tetap menghirup bahan kimia dari paparan parfum.

    Karena itu, otak atau organ tubuh paling vital ini bisa terganggu akibat aroma parfum ini. Sebenarnya, otak dilindungi oleh mekanisme yang tak bisa ditembus zat berbahaya. Sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya bisa melindungi otak. Penelitian baru-baru ini menunjukkan system ini dapat membiarkan sejumlah racun lingkungan, termasuk yang terkandung dalam parfum yang dapat masuk ke otak.

    Dan, jika sudah masuk ke dalam otak, beberapa racun baru bisa dihilangkan dalam waktu lama dan dengan pengobatan intensif. Kerusakan otak bisa berupa peradangan dan munculnya plak otak. Keduanya merupakan gangguan paling berbahaya pada otak.

    Beberapa bahan kimia yang biasa terkandung dalam parfum, antara lain ethanol, benzaldehyde, benzyl acetate, a-pinene, acetone, benzyl alcohol, ethyl acetate, linalool, a-terpinene, methylene chloride, a-terpineol, camphor, dan limonene. Memang, sebagian dari bahan ini memang tidak berbahaya bagi tubuh. Tapi, sebagian lagi bisa menyebabkan otot tubuh tegang, lebih mudah marah, asma, sakit persendian, kelelahan, tenggorokan gatal, sakit kepala, batuk, dan iritasi kulit.

    Jadi, aroma parfum atau wewangian tubuh lainnya yang dianggap bisa membuat pemakainya lebih atraktif, ternyata juga bisa mengganggu kesehatan. Setidaknya, untuk menyeimbangkan racun yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya Anda lindungi tubuh dengan asupan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.
     
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    walaaa. akurat ga nie infonya, mang kantor mana aja contohnya yg melarang memakai parfum? bahan2 yg disebut diatas katanya secara umum ga berbahaya, trus yg berbahaya yg mana aja? dan bagaimana cara kerjanya tuh bahan bisa ngerusak tubuh kita?
    trus bagaimana dia bisa membandingkan parfum bisa lebih berbahaya dari asap rokok. apa nama penelitiannya kapan dan dimana diadakan, dan siapa yg mengadakan?
    trus apakah penilitian itu udah diakui keabsahannya?
     
    Last edited: May 29, 2009
  4. renzycat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +19 / -0
    hah...?
    Baru denger nih gw....Research drmn tuh ya...
    ada sample merk parfum nya ga ...? buatan Kenzo, DiOr, Ck ato yg laennya yg bner2 di reject prnh ada kasusnya?
    bukannya lebih ditingkatkan lg aj 'Awareness' Masyarakat ttg polusi udara aj...?
    lbh byk bgt Motor n Mobil dijalanan dibanding Parfum yg hy dpakai mungkin tuk kalangan minoritas 'menengah ke atas' ...?

    brarti kita pk MBK aj dong kl gt...?
    Wah,,,Repot...!!!
    btw, Thx buat info nya...
     
  5. adamajah Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    317
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +294 / -0
    weleh baru tau gua, setau gua yg bahaya tu kalo parfumnya aerosol alias yg spray gitu, soalnya merusak ozon, kalo soal wanginya mah tergantung komposisi. kecoa aja bisa di matiin pake parfum axe
     
  6. midorikawa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +959 / -0
    BUSEEEET dahhh,, ampyuuun deh..
    ga lg2 deh pake parfuuum
     
  7. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    ada faktanya ga nih :???:
    masa iya sih lebih bahaya :???:
     
  8. kulocaki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,007
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,805 / -2
    wew g sebegitunya lagi...
    mungkin juga beberapa merek yg emang keras
     
  9. ippayajus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,200 / -0
    :hahai: ternyata aroma parfum berbahaya juga..
    bener sih.. tmn gw pk wewangian aroma nya semerbak bikin gw pusing berada di sebelah dia.. :hahai:
     
  10. tiazz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    343
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,621 / -0
    ^
    sama, makanya gw ga terlalu suka make parfum, bikin pusing...
     
  11. Shouenga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2008
    Messages:
    1,621
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,773 / -0
    ethanol = alkohol biasa
    acetone = pembersih cat kuku
    a-terpinene = zat aroma yang ada dalam kapulaga atau jinten putih
    benzaldehyde = minyak almond
    benzyl alcohol = salah satu kandungan minyak melati
    camphor = minyak dari pohon keluarga kayu manis
    linalool = salah satu kandungan minyak ketumbar
    limonene = salah satu kandungan dari minyak jeruk

    semuanya familiar :lol:
     
  12. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,055
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,659 / -0
    untung gw ga doyan pake parfum
     
  13. bigpig M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 6, 2009
    Messages:
    344
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,006 / -0
    wah beneran gitu ...
    gw seneng pake parfum huff , apa parfum yang kadar alkoholnya rendah berbahaya juga ya
    mungkin ada sebagian parfum yang bikin kepala pening , apalagi minyak nyong2 yang ada di film warkop :hahai:
     
  14. are M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 22, 2009
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +87 / -0
    gua juga ga terlalu suka ama parpum

    yg di bold:
    parfum buat kepala gua jadi pening, kalo aroma na d hirup kelamaan ato kalo pas aromanya nyengat banget, bisa mampus gua :swt:
     
  15. bigpig M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 6, 2009
    Messages:
    344
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,006 / -0
    :hahai: kasian banget ampe bikin puyeng banget :hehe: untungnya ga semua parfum bikin gw pening :piss:
     
  16. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    IMHO lebih bahaya asap rokok deh daripada aroma parfum... di bungkusnya aja udah di tulis
    bisa mengakibatkan kanker dll
     
  17. wildnature Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2009
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +2,042 / -0
    sumbernya dari mana nih ???
    tar dimarain sama org yg ngepost berita ini pertama kali nih klo ga dicantumin creditnya wkwkwk..
    brarti slain melubangi ozone, parfum juga berbahaya bagi tubuh ya
    stop penggunaan parfum
    terutama parfum yg menyengat, bikin gw sakit kepala + pusing2 tuh ck ck ck..
     
  18. teiriz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +206 / -0
    kalu ga boleh pake parfum bau deh semuanya...apalagi orang yang mudah keringatan...pakai secukupnya itulebih tepat deh..
     
  19. bambangjr Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    Kasih sumber linknya biar tambah jelas threadnya

    makasih
     
  20. zart_d M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +132 / -0
    h kta nya parfum bse msuk ke kulit melalui pori2 kulit qta,,syukur2 klo yg msuk zat gak bercaun nah klo beracun wah gwat dech jd nya
     
  21. RottenSherry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    Pake parfum membahayakan, tapi kalo gak pake, bau badannya membahayakan juga... Hmmmm...kurang jelas nih infonya...

    Tapi iya sih, coba aja orang sekantor pake parfum semua, nyenget semua, merknya beda-beda, hua..ha..ha..bisa keliyengan tuh...

    Gw juga gak gitu cocok sama beberapa wangi parfum sih, bisa bikin pening dan buntutnya memicu migrain gw...tapi kalo yang wanginya soft gak papa...

    Nyokap gw tuh, kagak bisa nyium wangi dikit, apalagi parfum, langsung keliyengan...buat orang kayak nyokap gw kali' tuh baru dianggap berbahaya tu parfum...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.