1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Apple iPhone 6 resmi diumumkan

Discussion in 'Free Talk Zone' started by AndyLPJr, Sep 10, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. AndyLPJr Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2011
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    [​IMG]
    Setelah hampir setahun lebih kita dikepung oleh berbagai macam rumor dan bocoran mengenai iPhone 6, akhirnya Apple iPhone 6 telah resmi diumumkan pada pagi Selasa 9 September 2014 di Flint Center, Cupertino. Pengumuman iPhone terbaru ini telah menciptakan sejarah baru bagi perusahaan besar asal Cupertino tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa perubahan dalam pengembangan gadget pada suatu perusahaan pasti akan terus mengalami perubahan dan tidak terkecuali bagi Apple.

    Apple iPhone 6 sekarang telah hadir dengan perubahan berbagai macam hardware dan software, dimana terutama di sisi software, Apple sekarang telah lebih terbuka dalam menerima developer pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi mereka tersebut, dan hal ini ditunjukkan dengan Apple yang menghadirkan iOS 8. Tanpa banyak berbasa-basi mari kita langsung melihat apa saja yang ditawarkan oleh gadget terbaru dari Apple ini.


    Design and Display

    [​IMG]
    Beberapa hari sebelum diumumkannya Apple iPhone 6 ini telah muncul berbagai macam bocoran dan rumor yang memberikan gambar dari Apple iPhone 6. Sekarang setelah iPhone 6 diumumkannya dapat kita lihat bahwa bocoran gambar dari iPhone 6 dummy tersebut sesuai dengan aslinya. Design dari Apple iPhone 6 ini hadir dengan beberapa bagian yang mengalami perubahan meskipun banyak dari bagian gadget tersebut yang tetap mempertahankan bentuknya sesuai dengan pendahulunya iPhone 5s.

    Apabila kita melihat lebih seksama dapat terlihat bahwa Apple iPhone 6 ini hadir dengan design yang merupakan gabungan antar iPod Touch dan iPad Mini. Seperti yang telah diperkirakan oleh berbagai sumber Apple iPhone 6 sekarang telah hadir dengan layar yang lebih besar dengan panjang lebar dan berat sebesar 138.1 x 67 mm, 129 g atau 5.44 x 2.64 inci, 4.55 ons. Bukan hanya aspek panjang lebar dan berat dari gadget terbaru Apple ini saja yang mengagumkan namun ketebalan dari Apple iPhone 6 juga telah dipertipis sampai tersisa 6.9mm atau 0.27inci dimana menunjukkan suatu hp smartphone dengan layar yang besar dan tubuh yang tipis ramping.

    Resolusi yang ditawarkan oleh Apple iPhone 6 ini adalah sebesar 750 x 1334 pixel, dan memiliki jumlah density sebesar 326ppi. Ukuran dari resolusi ini menunjukkan Apple tetap bertahan dengan filosofi mereka yaitu "retina display" yang termasuk memiliki perbandingan yang sama dengan resolusi Apple iPhone 5s. Untuk tingkat pencahayaan atau brightness dari Apple iPhone 6 ini dikatakan bahwa dapat ditingkatkan sampai 500 nits dan dibarengi dengan lapisan eleophobic yang dapat menjaga layar smartphone dari jejak-jejak sidik jari yang menganggu.


    Prosesor

    Hadirnya Apple iPhone 6 menunjukkan Apple benar-benar serius dalam hal melakukan design dan pembuatan terhadap CPU mereka sendiri, dimana Apple iPhone 6 telah hadir dengan prosesor buatan pabrik asal Cupertino itu sendiri. Prosesor baru yang diberi nama quad-core A8 system-on-chip ini telah dirancang berdasarkan arsitektur ARM oleh Apple. Prosesor ini hadir dengan 64bit silikon dan chipset sekecil 20nm dengan dibarengi 2 milliar transistor.

    Prosesor dari Apple iPhone 6 ini jelas memiliki ukuran yang lebi kecil sekitar 13% dibandingkan prosesor A7 yang terdapat pada iPhone 5s. Dengan hadirnya dua chip dengan dua core membuktikan performance dari prosesor terbaru ini akan 25% lebih cepat dan GPU akan melakukan performa yang lebih bagus 50% dibandingkan prosesor pada iPhone 5s.

    Teknologi SoC yang dihadirkan pada Apple iPhone 6 ini juga telah mengsupport sekitar 20 LTE bands dan juga support LTE roaming, Voice Over LTE dan Wi-Fi calling. hal ini menunjukkan teknologi yang luar biasa yang mungkin belum terdapat pada smartphone lainnya. Apple juga telah merubah hardware dari teknologi Wi-Fi mereka dimana sekarang mereka menggunakan standart 802.11ac yang tentu akan menghasilkan konektivitas yang lebih cepat dalam menggunakan jaringan wireless.

    More power and features are, of course, only one side to the coin – efficiency is becoming increasingly important. While Apple is yet to reveal the exact capacity of the batter of the iPhone 6, the company did say that the new iPhone will offer up to 4 hours extra in 3G talk time, 10 more hours of audio listening, and 1 extra hour of video playback over the iPhone 5s.


    Kamera

    [​IMG]

    Seperti yang telah diperkirakan banyak orang bahwa Apple tidak akan mengikuti kompetisi dalam hal ukuran megapixel dari suatu kamera, hal ini dibuktikan dengan Apple yang tetap bertahan dengan ukuran megapixel sebesar 8MP kamera belakang dilengkapi dengan True Tone flash. namun jangan kecewa, Apple tentu tidak pernah menghadirkan produk yang sama persis dengan pendahulunya. Meskipun hadir dengan ukuran 8MP, sensor kamera terbaru dari Apple iPhone 6 ini telah memiliki jumlah pixel 1.5µm dan 5 elemen dari lensa aperture berada pada angka f/2.2.

    Apple juga mengatakan bahwa , kamera pada Apple iPhone 6 ini akan memiliki waktu fokus yang lebih cepat 2 kali lipat dibanding yang terdapat pada Apple iPhone 5s. Kamera ini juga sekarang dapat melakukan pengambilan slow motion pada resolusi 720p dengan 240 fps. Namun hardware terbaru ini masih tidak mengsupport OIS (Optical Image Stabilization), untuk menutup hal tersebut Apple memasukkan software untuk menangani hal tersebut yaitu Digital Image Stabilization untuk mencegah gambar yang kabur apabila tangan bergoyang sewaktu melakukan pengambilan video.

    Bukan hanya kamera belakang yang mengalami berbagai perubahan fitur, kamera depan dari Apple iPhone 6 juga sekarang hadir dengan FaceTime HD atau sebesar 720p, dengan sensor baru f/2.2. Hal ini dikemukakan Apple akan sanggup memberikan kamera depan performa untuk mengambil gambar selfie 81% lebih terang lagi dibanding sebelumnya.

    Apple also claims that, because the iPhone 6's camera makes use of phase focus, the time needed for the unit to focus will be cut in half. The Cupertino-based company also revealed that the improved snapper can shoot slow-moes in 720p resolution at the whopping 240 frames per second in case you feel like 120 frames just weren't enough. Unfortunately, the unit on board won't have an OIS gizmo (Optical Image Stabilization) as was rumored, and will instead use a software implementation (digital image stabilization) to compensate for hand shake during video capture.

    As for the camera at the front, we're looking at a "new" FaceTime HD (720p) camera with an "all-new" sensor with f/2.2 lens. According to Apple, the new config will allow the camera to collect 81% more light for brighter selfies.


    Apple Pay: wireless payments

    Salah satu yang patut diperhatikan dalam fitur terbaru dari iPhone 6 ini adalah sudah memungkinkan untuk melakukan pembayaran via jaringan wireless. Dalam hal ini Apple telah mengembangkan servis pembayaran mereka sendiri. Fitur terbaru dari Apple ini dibarengi dengan PassBook dipercaya akan menciptakan era baru dimana pembayaran semua telah dilakukan melalui layanan digital.

    Semua hal ini tercipta dikarenakan chip NFC yang ditanam dalam iPhone 6. Dengan Apple Pay ini sekarang kamu dapat melakukan pembayaran disejumlah besar lokasi retail seperti Starbucks, Subway, McDonalds, Macy's, Bloomingdales, Staples, Seluruh pasar makanan (food market), dan tentu saja Apple Store. Agar hal ini tercapai Apple juga telah melakukan kerjasama dengan Visa, Amex, MasterCard dan American Express, yang menunjukkan bahwa fitur terbaru ini akan mampu mencakup hampir 80% dari transaksi yang terjadi di amerika serikat.

    Salah satu alasan dari Apple mengembangkan servis pembayaran ini tentu saja juga dari segi manfaat yang ditawarkan dimana apabila cara tradisional yaitu menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran tentu menghasilkan tingkat keamanan yang lebih beresiko dimana informasi kartu kredit kamu mungkin saja bisa dicuri oleh orang, namun dengan menggunakan fitur Apple Pay ini kamu cukup mengaktifkan fitur tersebut dan dari software Apple Pay akan memberikan (menggenerate) one-time token yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Dengan kata lain meskipun token kamu berhasil diambil oleh orang lain, setelah transaksi selesai mereka tidak akan bisa melakukan hal apapun juga.


    iOS 8

    [​IMG]

    iOS 7 yang hadir pada tahun lalu memberikan warna baru dalam tampilan iOS, dimana iOS 7 fokus pada tampilan dan design dari OS itu sendiri. iOS 8 sekarang telah hadir, namun apa saja yang ditawarkan oleh iOS 8 tersebut? iOS 8 lebih difokuskan pada fungsionalitas dari OS itu sendiri sementara untuk tampilan masihlah tetap menggunakan tampilan dari iOS 7. Beberapa hal yang selama ini lebih tertutup sekarang telah lebih terbuka dilakukan oleh pihak Apple agar dapat mengakses lebih banyak fungsi dari iOS.

    - Notification bar

    Notification bar menjadi salah satu fungsionalitas yang sangat penting dalam OS smartphone jaman sekarang ini. Dengan notification bar kita dapat mengecek secara cepat apa saja yang terjadi pada hp smartphone kita, apakah ada panggilan masuk, sms, chat, update, promo dan lain sebagainya tanpa perlu masuk sampai kebagian tertentu dari OS tersebut. Hal ini jugalah yang coba ditingkatkan oleh Apple dimana pada iOS 8 mereka meningkatkan fungsionalitas dari Notification Bar tersebut. Sebagai contoh pada iOS 8 sekarang kamu dapat melakukan "action" tertentu pada notification bar tersebut juga misalkan sekadar swipe untuk menghilangkan notifikasi yang muncul atau melakukan like atau membalas pesan message langsung pada notification bar tersebut tanpa harus membuka aplikasi yang bersangkutan.

    Yang lebih luar biasa lagi adalah hal ini bukan hanya bisa dilakukan pada notification bar saja, namun pada saat kondisi lockscreen kamu juga telah dapat melakukan hal ini sehingga, bisa terasa bukan bagi kamu yang menganggap waktu sangat berharga dan ingin melakukan berbagai aksi secara cepat dan tepat.

    Salah satu bagian yang juga sangat menunjukkan sesuatu perkembangan yang signifikan adalah pada iOS 8 sekarang telah support widget, namun widget ini bukan akan dipasang pada homescreen layaknya yang terdapat pada Android, widget ini dapat ditaruh pada Today Tab pada bar notification tersebut.


    - Akses pihak ketiga yang lebih terbuka

    Apple sekarang telah lebih terbuka dengan hadirnya iOS 8 dimana mereka telah mengijinkan developer pihak ketiga untuk mengakses software keyboard pada iOS mereka, yang dimana ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Apple membuka komponen keyboard untuk diakses oleh pihak ketiga. Selain peningkatan kualitas software keyboard dari Apple sendiri yang sekarang diberi nama QuickType pada iOS 8, hal ini diyakini tentu akan menawarkan sesuatu yang berbeda dimana developer pihak ketiga sekarang dapat menciptakan custom keyboard untuk pengguna produk Apple kedepan.

    Untuk QuickType sendiri sekarang, keyboard buatan dari Apple sendiri ini telah menawarkan "sugesti kata berikutnya", yang tentu saja sudah terdapat pada kebanyakan smartphone android sekarang. Namun sesuatu hal berbeda yang ditawarkan oleh Apple adalah fitur predictive vocaburaly ini sekarang akan mampu memprediksi dan melakukan perubahan sesuai dengan daftar kontak kamu dengan cara mempelajari daftar kontak kamu dan membedakan menjadi bahasa formal dan tidak formal. Sebagai contoh misalkan kontak kamu terdapat nama Patrick dan Frank yang merupakan sahabat baik mau sedangkan Tim yang merupakan boss kamu, maka software predictive akan langsung membedakan kontak mana yang sedang berinteraksi dengan kamu dan akan menyediakan bahasa yang formal dan informal sesuai dengan kategori kontak kamu. Jelas sesuatu yang baru bukan.

    [​IMG]

    Bukan hanya dari sisi keyboard saja, Apple juga membuka hak akses untuk Touch ID fingerprint sensor mereka untuk para developer pihak ketiga agar dapat menggunakan dan menciptakan app mereka yang berkualitas yang membutuhkan sidik jari. dan sekali lagi hal yang perlu diketahui sebelum kamu ketakutan atau khawatir adalah sidik jari yang disimpan semuanya akan disimpan dalam chip yang terdapat pada iPhone 6 dan informasi sidik jari tersebut tidak akan pernah bisa didapatkan oleh pihak ketiga yang mengakses dan mengembangkan fitur Touch ID tersebut.

    - Peningkatan Siri dan Health app yang baru diaplikasikan

    Siri, salah satu fitur yang dibanggakan oleh Apple hingga sekarang adalah karena kemampuannya dalam membantu pengguna smartphone Apple. Siri sekarang telah dapat mengenali suara, melakukan pembelian produk iTunes, dan bahkan mengontrol fungsi gadget tersebut, semua ini dikarenakan HomeKit API terbaru.

    Siri juga sekarang telah dapat mengenali dan memahami berbagai bahasa terbaru yang terhitung sampai dua lusin bahasa baru dan bisa diaktifkan dengan hanya mengucapkan "Hey, Siri!"


    Tanggal rilis dan harga

    Apple telah melakukan sejumlah terobosan baru dan tidak bisa dipungkiri dari segi memory yang tersedia Apple juga telah melakukan perubahan untuk model iPhone 6. Sekarang iPhone 6 akan tersedia dalam versi 16GB, 64GB dan 128GB. Sehingga daftar harga yang diberikan untuk gadget terbaru dari Apple ini adalah untuk versi 16GB iPhone 6 akan dilabeli harga sebesar $199 dengan kontrak 2 tahun sedangkan untuk versi 64GB iPhone 6 akan dilabeli dengan harga $299 dan $399 untuk harga versi 128GB iPhone 6.

    [​IMG]

    Untuk pre-order akan dimulai pada tanggal 12 September dan semua unit akan dikeluarkan dari gudang Apple pada satu minggu setelahnya pada tanggal 19 September. Pasar penjualan pertama dari Apple ini untuk iPhone 6 adalah di Amerika Serikat, Kanada, UK, Prancis, Jerman, Australia, Hong Kong, Singapore, dan Jepang. Pada akhir tahun 2014, 115 negara lainnya akan telah memiliki akses untuk iPhone 6.

    sumber : Gadget Centre
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.