1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Apakah Hitam dan Putih adalah Warna?

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by lee_sunkyu_lover, Feb 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lee_sunkyu_lover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    Televisi hitam-putih tidak disebut tv berwarna, bukan? Masuk akal. Namun, ternyata pertanyaan di atas adalah salah satu isu yang paling diperdebatkan.

    Kalau yang ditanya seorang ilmuwan, Anda akan mendapatkan jawaban fisika: "Hitam bukan warna, putih adalah warna." Bertanya kepada seniman, Anda akan mendapat jawaban lain: "Hitam adalah warna, sedangkan putih bukan". Waduh, mana yang betul?



    Mari kita lihat dari beberapa perspektif. Pertama, kita mesti kembali pada pemahaman dasar tentang bagaimana warna tercipta. Ada dua contoh tentang bagaimana warna menjadi ada: benda nyata dan benda tidak nyata (dalam tv).

    Warna benda nyata adalah hasil dari pigmen atau agen pewarna molekul. Sebagai contoh, warna muka perempuan di bawah ini adalah hasil warna molekul di permukaan kulitnya.

    Juga, warna dari lukisan perempuan di bawah ini adalah hasil dari pigmen merah yang digunakan untuk membuat gambar.



    Sementara itu, warna objek yang terlihat pada pesawat televisi atau monitor komputer adalah warna dari cahaya. Kalau belum tahu bedanya, coba lihat layar monitor atau televisi Anda dari dekat, sangat dekat. Bisa juga menggunakan kaca pembesar. Inilah yang kira-kira Anda lihat.



    Warna yang ada di komputer atau televisi diciptakan oleh foton cahaya yang dikirim dalam sistem elektronik. Pernah tahu istilah monitor RGB? Kepanjangan dari RGB adalah Red-Green-Blue, itulah tiga warna primer aditif pembentuk yang ada di dalamnya.

    Perlu juga dipahami soal warna primer pigmen, yaitu tiga warna yang tidak dapat dibuat dengan mencampurkan warna lain. Ketiga warna itu adalah merah, biru, dan kuning.




    Setelah Anda paham soal dua kategori warna yang berbeda (pigmen dan cahaya) serta definisi warna primer, jawaban soal apakah hitam dan putih warna kini dapat dijawab.



    Apakah warna hitam dan putih adalah warna ketika dihasilkan oleh cahaya?

    Jawaban teori warna aditif:

    1. Hitam adalah ketiadaan warna dan karena itu bukan warna. Ketika tak ada cahaya, semuanya hitam. Contohnya monitor komputer atau tv yang mati.

    2. Putih adalah campuran dari semua warna dan karena itu dia warna. Cahaya secara umum tampak tidak berwarna atau putih. Sinar matahari adalah cahaya putih yang terdiri dari semua spektrum warna, yang baru tampak bila melewati prisma. Pelangi adalah buktinya.



    Apakah hitam dan putih adalah warna ketika mereka adalah pigmen atau zat pewarna molekul?

    Jawaban teori pigmen:

    Hitam adalah warna. Coba tanyakan ahli kimia dan dia akan mengkonfirmasi.

    Berikut ini cara sederhana untuk menunjukkan bagaimana hitam dibuat: Campurkan tiga warna primer (merah, kuning, dan biru) menggunakan cat air atau pewarna makanan.

    Anda tak akan mendapatkan hitam pekat, tetapi intinya jelas, gelap. Sejarah pemakaian pigmen pewarna hitam dibuat dari arang, logam besi, dan bahan kimia lain sebagai sumber warna hitam.


    Jadi, apakah hitam dan putih adalah warna?

    Nanti dulu, ada satu lagi penjelasan final berikut ini. Warna ada dalam konteks yang lebih besar dari penglihatan manusia. Pertimbangkan fakta bahwa ada tiga bagian untuk proses persepsi warna.

    1. Media - warna yang ada sebagai suatu pigmen / pewarna (seperti warna benda nyata) atau sebagai cahaya (seperti warna gambar pada layar televisi).

    2. Pengirim - Bagaimana warnanya ditransmisikan.

    3. Penerima - Bagaimana manusia melihat warna. Dengan kata lain, bagaimana kita menerima informasi tentang warna. Apakah warna ada jika tak ada yang bisa melihatnya? Warna ada karena bisa terlihat.


    Jadi, apakah hitam adalah warna? Apakah putih adalah warna?

    Jawaban finalnya adalah dengan menggabungkan dua teori yang telah diuraikan di atas. Pigmen dan cahaya baru setengah dari jawaban.

    Warna benda yang nyata berasal dari molekul pewarna pada permukaannya. Kita melihat warna objek karena dia memantulkan sebuah "warna" untuk mata.


    Apakah hitam itu warna?

    Jawaban final: Tidak.
    Hitam bukan warna. Benda hitam menyerap semua warna dari spektrum yang terlihat dan tak memantulkan satupun spektrum warna ke mata.


    Apakah putih itu warna?


    Jawaban final: Ya.
    Putih adalah warna. Putih memantulkan semua warna dari spektrum cahaya yang dapat terlihat oleh mata.


    sumber : http://www.apakabardunia.com/2011/02/apakah-hitam-dan-putih-adalah-warna.html
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. nickson M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo hitam bukan warna

    kok ada yang nyebut "warna hitam"
     
  4. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    jika dipikir lebih jauh lagi, 2 2 nya bukanlah warna, tetapi suatu kondisi..
    hitam : ketiadaan warna sama sekali/ketiadaan cahaya sehingga menjadi gelap/hitam.
    putih : kondisi pewarnaan yg sangat extrem/cahaya yg sangat berlebihan sehingga semua bisa menjadi kosong/putih.

    gelap = kosong
    hitam = putih

    jadi hitam/putih adalah suatu batas 'mentok'dari suatu warna.. Yin-Yang
    suatu kondisi dan bukan warna..

    :peace:
     
  5. shadowpit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    561
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    tergantung dari faktor apa kita menilai,,,kalau dari logika hitam dan putih adalah warna ...
     
  6. evan22 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    468
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,070 / -0
    menurut saya sing warna...
    karena secara kasat mata itu ada dan bisa dilihat.
     
  7. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,737
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,324 / -0
    Klo saya bilang dua-duanya tuh warna deh..
    Warna hitam dan putih...
    Sama kek yang di bawah...

    :peace:
     
  8. lee_sunkyu_lover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    mungkin itu hanyalah persepsi manusia jaman dahulu(secara dulu manusia berpikir secara harafiah, tidak ditinjau lebih lanjut)
     
  9. kasuga M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    319
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +45 / -0
    kalo hitam bukan warna..
    jadi hitam itu apa??
     
  10. albarnevans Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 19, 2010
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    @kasuga:
    war- maksudnya hitam itu kayak cuma nama buat sesuatu yang.. yah yg menurut kita hitam. gelap gitu. Tapi kalau kita mau baca yang RBG tadi, hitam itu hasil pencampuran dari tidak ada warna, sedangkan putih hasil pencampuran warna merah, biru, dan hijau yg paling maksimal(pernah nyoba waktu nentuin warna baju di game). Tapi orang awam mungkin bilang kalau hitam itu campuran dari semua warna, sedangkan putih itu warna dasar.
    Pelukis tadi, dari perspektifnya yg selalu menemukan kanvasnya berwarna putih sejak lahir. Pelukis tersebut pasti punya cat air "warna" hitam untuk menghitamkan bagian tertentu. Coba kalau lantas itu awalnya hitam..

    Tapi hal mungkin sih, soalnya hitam itu identik sebagai bayangan(tidak terkena cahaya), sedangkan manusia/matanya biasanya sudah melihat latar dengan lebih banyak warna putih.

    Pendeknya, menurut saya hitam dan putih itu warna. Keduanya hasil pencampuran 3 warna utama tadi.
     
  11. Vieroz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    289
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +718 / -0
    menurut bang wiki....
    warna itu adalah persepsi penglihatan kita, terhadap apa yg kita lihat melalui sensor penglihatan (mata) kita,
    dan yg tertangkap oleh mata, adalah berupa cahaya, atau istilah lainnya spectrum warna, yg masing2 memliki panjang gelombang yg berbeda2 antara 1 dengan yg lainnya...
    untuk contoh spectrum warna lengkap yg paling mudah dilihat secara kasat mata adalah pelangi.... mejikuhibiniu, merah jingga kuning hijau biru nila ungu (dimana nila di sini adalah indigo, atau darker violet, bukan warna hitam).
    dan ya, hitam tidak memliki panjang gelombang, dan oleh karena itu tidak termasuk dalam spectrum warna.
     
  12. jarmen_kerll M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    526
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +34 / -1
    hitam bukan warna.. jadi harusnya dia tidak termasuk dalam 12 warna dalam pensil warna donk
     
  13. hiruma_youichi66 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    2,678
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,919 / -0
    iya ane setuju ne
    mungkin bisa dibilan hitam adalah batasan terendah dari warna,nah putih adalah batasan tertingginya,,mungkin kayagitu:hmm:
     
  14. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,204 / -0
    jujur ane tambah bingung dengan bahasanya...
     
  15. yuripuspita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +4,776 / -0
    kalo bening apakah termasuk warna???

    hitam - putih - bening
     
  16. eituze9 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 29, 2010
    Messages:
    999
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,664 / -0
    wow...
    how many things to tell this..

    yg pasti...
    saya suka putih dan hitam..
    tak ada warna lain :hmm:
     
  17. Morioka_gintoki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    oh jadi jawabanya tergantung dari sudut pandang dan jenis juga ya

    nah loe...bening bukanya cuma ada di partikel ae? kalo bener brarti bukan warna dunk
     
  18. aldien M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +74 / -2
    jd inget percobaab pas sd...

    kita bikin lingkaran yg warna warni...trus linkaran itu diputer (kaya roulete)..lingkaran nya jd warna putih deh sewaktu diputar dgn cepat

    :XD:
     
  19. Drei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    1,676
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,391 / -0
    sebenarnya ini tergantung dari persepsi masing-masing orang

    tapi menurut ana dua-duanya adalah warna
     
  20. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    jadi pada intinya itu tergantung perspektif orangnya dong..
    klo yang liat seorang fisika "Hitam bukan warna tapi putih adalah warna..
    begitu juga menurut seniman yang sebaliknya..
    jadi jelas lah ini masalah perspektif ajja menurut ane.. :hmm:
     
  21. Di4m0nD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +88 / -0
    menurut gw sih hitam n putih itu warna,
    kalo putih kan gabungan dari smua warna, berarti jelas putih itu warna
    kalo hitam, liat aja ada cat warna hitam, berarti hitam itu warna:lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.