1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Apa Yang Membuat Kita Lapar

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by s4mr4t, Mar 2, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. s4mr4t Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    Apa Yang Membuat Kita Lapar?

    Jika kita memerlukan makanan, tubuh kita mulai menginginkannya. Tetapi bagaimana kita mengetahui bahwa kita merasa "lapar"? Bagaimana pikiran kita memperoleh pesan dan membuat kita merasa "lapar"?

    Rasa lapar tidak ada hubungannya dengan perut yang kosong, sebagaimana yang diyakini oleh kebanyakan orang. Seorang bayi dilahirkan dengan perut kosong, namun ia tidak merasa lapar selama beberapa hari. Orang-orang yang sakit atau demam sering kali mempunyai perut yang kosong tanpa merasa lapar.

    Rasa lapar dimualai ketika bahan-bahan gizi tertentu hilang di dalam darah. Ketika pembuluh-pembuluh darah kekurangan bahan-bahan ini, sebuah pesan dikirimkan ke bagian otak yang dinamakan "pusat rasa lapar". Pusat rasa lapar ini bekerja seperti sebuah rem di perut dan usus. Selama darah memperoleh makanan yang memadai, pusat rasa lapar memperlambat gerakan perut dan usus. Ketika makanan hilang dari darah, pusat rasa lapar membuat perut dan usus menjadi lebih aktif. Itulah mengapa seorang yang lapar sering kali mendengar perutnya "keroncongan".

    Ketika kita lapar, tubuh kita tidak menginginkan jenis makanan khusus, melainkan hanya menginginkan makanan. Tetapi selera makan kita melihat makanan itu sehingga kita tidak memuaskan rasa lapar kita hanya dengan satu macam makanan, yang mungkin tidak sehat. Misalnya, sulit bagi kita untuk memakan sejumlah tertentu makanan yang semuanya dalam bentuk kentang. Tetapi jika kita makan sup sampai kita merasa cukup, kemudian daging dan sayur-sayuran sampai kita merasa cukup, kemudian makanan pencuci mulut sampai kita merasa cukup, kita dapat memakan jumlah makanan yang sama dan menikmatinya!

    Berapa lama kita dapat hidup tanpa makanan? Itu bergantung pada masing-masing individu. Seseorang yang sangat tenang dapat hidup lebih lama tanpa makanan daripada seorang yang bergairah karena protein yang disimpan di dalam tubuhnya digunakan secara lebih lambat. (L.A.N.)
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ane dengar klw ga salah,,,
    rasa lapar muncul lagi setelah 4 jam makan berat...
     
  4. budenx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +576 / -0
    iya kak, kalo aku abis makan berat, biasanya cepet lapernya.. :iii:

    kalo aku mikirnya karena perut di isi dengan banyak makanan jadi agak melar, trus waktu makanan udah turun jadinya berasa langsung kosong.. jadi langsung laper deh... :kenyang:

    ato kalo ngga, perut nya berasa "kecapean" buat ngelumat porsi makan yg besar, karena perut kerja keras, jadi malah laper lagi.. wkakwakw.. :haha:
     
  5. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    wew, baru tau
    tapi ane denger kalo pgn ngilagin laper dipijet diatas telinga :hihi:
     
  6. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    klw lapar tapi waktu makan berat belum tiba yang bagus itu ngemil,,,
    tetapi juga harus tetap jaga porsi ngemilnya,,
    biar ga jadi terlalu gemuk,,,
     
  7. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    klw lapar tapi waktu makan berat belum tiba yang bagus itu ngemil,,,
    tetapi juga harus tetap jaga porsi ngemilnya,,
    biar ga jadi terlalu gemuk,,,
     
  8. vernon31 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12 / -0
    klo tidur kenapa g lapar2 y?

    hri libur gw sring bngun siang, tp g lapar

    pdhal sarapan pagi dah lewat tu....
     
  9. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ane saranin mendingan ente tetap makan aja,,
    karena spengetahuan ane,, sarapan pagi itu bagus bwt kinerja otak,,
    biar ga jadi cepat pikun,,, karena otak membutuhkan energi setiap saat...
     
  10. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    ^
    btul, kalo gak sarapan malah menurunkan kinerja otak
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.