1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Apa itu Sukuk Negara?

Discussion in 'Money Talks' started by allysaclaresta, Aug 30, 2016.

  1. allysaclaresta Members

    Offline

    Joined:
    Aug 9, 2016
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Bagi pemeluk agama islam yang ingin berinvestasi obligasi namun khawatir dengan adanya unsur riba, sukuk negara kerap disarankan untuk menjadi alternatif obligasi versi syariah. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan sukuk negara?
     
  2. infokeuangan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2016
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Sukuk negara adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap aset Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. Penerbitannya dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan ditujukan hanya kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI), dengan dibuktikan oleh KTP yang masih berlaku, melalui agen penjual di pasar perdana. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sukuk negara adalah berupa imbalan, bagi hasil, margin, dan capital gain.


    Anda tidak perlu khawatir dengan investasi sukuk negara karena pelaksanaannya didasarkan pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008. Sebagai instrumen investasi berbasis syariah, penerbitan sukuk negara memerlukan underlying asset baik berupa Barang Milik Negara atau proyek APBN. Dalam setiap penerbitannya, diperlukan pula fatwa dan opini syariah.


    Penerbitan sukuk negara oleh pemerintah bukannya tanpa alasan. Melalui instrumen investasi satu ini, pemerintah ingin memperluas sumber-sumber pembiayaan APBN, mengusung diversifikasi investor dan instrumen dengan risiko investasi yang konservatif, serta mendukung pengembangan pasar keuangan syariah. Secara keseluruhan, sukuk negara kerap dinilai sebagai instrumen investasi yang zero risk karena dijamin oleh pemerintah. Imbal hasil yang diperoleh nasabah dan dana pokok sukuk negara pun telah masuk dalam APBN sehingga kepastian pembayarannya terjamin.
     
    Last edited by a moderator: Sep 19, 2016

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.