1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Apa Aja Sih Syarat Menjadi Astronot?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by keemchee, Jan 5, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,044 / -7
    [​IMG]

    Jika anda ingin menjadi seorang astronot hal pertama yang perlu anda ketahui bahwa hal itu sangatlah tidak mudah. Dan memerlukan kerja keras dan waktu yang panjang.

    Dan berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk menjadi seorang astronot :

    1. Menjadi Seorang WN Suatu Negara Yang Memiliki Badan Antariksa Yang Mampu ‘Mengirim’ Manusia Ke Luar Angkasa/Antariksa.

    [​IMG]

    Untuk menjadi seorang astronot, Anda harus menjadi seorang WN dari suatu negara yang mampu mengirim manusia ke luar angkasa, baik melalui Badan Antariksa dari negara Anda sendiri ataupun dari Badan Antariksa dari negara lain yang memiliki kesepakatan/perjanjian dengan negara Anda.

    Contohnya, NASA (Amerika Serikat) dan ROSCOSMOS (Rusia) , yang mana keduanya mampu untuk melakukan penerbangan ke luar angkasa, China juga memiliki kemampuan yang sama. Dan ESA (Uni Eropa), yang bekerja sama dengan Badan Antariksa lainnya untuk mengirim astronot menggunakan pesawat luar angkasa mereka.

    2. Memperoleh Grade/Nilai Yang Sangat Baik Pada Semua Mata Pelajaran Anda Di Sekolah.

    [​IMG]

    Matematika dan Ilmu Sains adalah yang terpenting, namun kemampuan berbahasa inggris juga diperlukan sehingga nantinya anda tidak terlihat seperti seorang idiot pada saat berada di depan Komite Pemilihan.

    Sejarah adalah sebuah mata pelajaran menyenangkan untuk dipelajari dan secara khusus, sejarah penerbangan antariksa berawak juga cukup menarik, namun hal tersebut tidak terlalu diperlukan untuk menjadi seorang astronot.

    3. Berkuliah Di Universitas Yang Baik.

    [​IMG]

    Gelar kesarjanaan dalam bidang matematika, fisika, teknik, ataupun sains dari sebuah universitas yang bereputasi tinggi sangat diperlukan. Jangan terganggu dengan kehidupan sosial kuliah anda. Grade/nilai kuliah anda adalah perhatian anda yang paling utama dan penting.

    Pilihlah Program ROTC (Reserve Officers' Training Corps), terutama pada jurusan Air Force (Angkatan Udara) dan Navy (Angkatan Laut) dalam kuliah anda.

    Tujuan terakhir anda yang paling utama dalam militer adalah menjadi seorang Test Pilot (Pilot Penguji), karena seorang Pilot Penguji memiliki pengalaman terbesar dalam ujicoba penerbangan pesawat.

    4. Harus Memiliki Pengalaman Kerja Selama Kurang Lebih 3 Tahun.

    [​IMG]

    Hal ini bisa dalam bentuk pengalaman kerja profesional ataupun dalam bentuk gelar kesarjanaan.

    - Jika anda memiliki pengalaman bekerja sebagai seorang pilot, Anda harus memiliki minimal durasi 1000 jam terbang sebagai pilot pesawat. Dan pastikan anda juga memiliki pengalaman uji tes penerbangan.

    - Bila anda memilih jalur ‘gelar kesarjanaan’, ketahuilah bahwa gelar Master dianggap sebagai ‘pengalaman kerja 1 tahun’ dan gelar PhD dianggap sebagai ‘pengalaman kerja 3 tahun’, tanpa menghiraukan berapa lama waktu yang anda harus habiskan untuk memperoleh gelar tersebut.

    - Bila anda semata-mata memilih ‘pengalaman kerja profesional’, dapatkan suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan sesuatu yang harus dilakukan seorang astronot. Contohnya meliputi, navigasi, pilot, bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, bidang kimia/biologi, atau mengendalikan sebuah kapal.

    Anda juga harus mencatat, bahwa kegiatan mengajar juga merupakan sebuah bagian penting untuk menjadi seorang astronot, dan oleh karena itu para pengajar/guru (baik di universitas dan K-12) didorong untuk melamar sebagai astronot.

    5. Kirimkan Lamaran Kerja Anda.

    [​IMG]

    Perlu diingat bahwa para pelamar harus mengirim lamaran kerja melalui www.usajobs.gov (www.usajobs.gov) dan seluruh personel tugas militer yang aktif, harus mengirim lamaran ke masing-masing pusat pelayanan mereka.

    6. Harus Melewati Ujian Tes Fisik Jika Anda Tidak Memiliki Latar Belakang Sebagai Pilot.

    [​IMG]

    Untuk menjadi seorang astronot, pandangan jarak dekat dan jarak jauh anda harus berada pada tingkat akurasi penglihatan 20/20 pada kedua mata. Tekanan darah anda tidak boleh di atas 140/90 dalam posisi duduk. Dan terakhir, tinggi anda harus berkisar antara 62 dan 75 inch ketika berdiri.

    - Perlu dicatat bahwa jika anda berhasil melewati ujian pertama, penampakan visual tambahan akan dimunculkan.

    Untuk melewati ujian ini, tingkat kesalahan refraktif pandangan visual anda harus berada di antara diopter +5.50 dan -5.50 di segala titik meridian (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan harus berada di antara diopter +2.50 dan -4.00 (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot). Dan juga perlu dicatat bahwa anda tidak boleh memiliki penyakit mata kabur (astigmatisme) yang memerlukan lebih dari 3.00 diopter koreksi silinder (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan lebih dari 2.00 (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot) serta penyakit anisometropia yang memerlukan lebih dari 3.5 diopter (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan lebih dari 2.5 diopter (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot).

    7. Harus Dapat Melewati Seluruh Latihan Yang Ada.

    [​IMG]

    Latihan akan dilakukan di Texas dan berlangsung selama 2 tahun. Anda harus melewati tes militer bertahan hidup di perairan dan harus memperoleh sertifikasi SCUBA sebelum mengikuti ujian tersebut.

    Anda juga diharuskan untuk melewati ujian renang selama bulan pertama latihan yang meliputi, berenang di kolam ronang sepanjang 25 meter sebanyak 3 kali tanpa henti, dan lalu melakukan hal yang sama namun dengan mengenakan pakaian terbang dan memakai sepatu tenis. Anda juga harus dapat secara terus-menerus berjalan di air selama 10 menit.

    8. Harus Bekerja Sebagai Karyawan NASA.

    [​IMG]

    Pelamar yang berhasil melewati seluruh latihan yang diberikan harus bekerja sebagai karyawan NASA selama 5 tahun sebelum menjadi seorang astronot. Bagi personel militer akan ditugaskan dalam sebuah misi NASA yang spesifik.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. SPIRITOFCOROLASO M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 1, 2013
    Messages:
    4,090
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,059 / -0
    waah susah banget syarat2nyaa..

    apalagi pas tes latihannyaa itu.. :iii:
     
  4. RNPR Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2011
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +31 / -0
    5. Kirimkan lamaran kerja anda.

    Ya iyalah iniii wkwkwk XD
     
  5. tumplungxxx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 5, 2013
    Messages:
    482
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +12 / -0
    1. WN suatu negara tertentu
    jadi indonesia gk bsa ngirim astronot ya?
    pdahal pengen banget k luar angkasa aku..
     
  6. ninninger M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 22, 2015
    Messages:
    3,018
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,190 / -2
    susah juga ya mau jadi astronot.
    harus menjadi orang yang pintar sekali.
    selain itu fisik pun harus kuat juga.
     
  7. KyoFizh M V U

    Offline

    eat some cookiez..

    Joined:
    Apr 9, 2013
    Messages:
    618
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,150 / -2
    wah susah juga apalagi yg harus punya nilai yg bagus di semua mata pelajaran :iii: trus latian fisiknya juga pasti pada berat :sepi:
     
  8. mocikeju M V U

    Offline

    Completer

    Joined:
    Feb 17, 2015
    Messages:
    852
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +16,089 / -0
    ane gak pengen jadi astronaut,
    pengennya jd cosmonaut :peace:
     
  9. midaa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    Ya berdoa aja kita kedepan udah pnya departemen angkasa luar, biar bisa kirim satelit, ato astronot ke luar,, hahaha,,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.