1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sharing Ancaman Kesehatan untuk Freelancer

Discussion in 'Career Talks' started by vikz, Sep 4, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vikz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2008
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +15 / -0
    Dear Supporter,

    Banyak merasa bahwa menjadi freelancer adalah mimpi indah yang mengasyikkan, di mana kita dapat bekerja dari rumah, mengatur waktu kerja sendiri dan memimpin diri sendiri. Di sisi lain sebenarnya menjadi freelancer membutuhkan tenaga ekstra, karena Anda harus bekerja lebih lama dari pada mereka yang bekerja kantoran, karena tak ada weekend di kamus para freelancer. Satu lagi, tak ada cuti yang dibayar.

    Hal ini yang justru sangat berpengaruh pada kesehatan seorang freelancer, seperti yang dikutip dari Ruangfreelance.com, ada banyak ancaman kesehatan yang tak disadari oleh para freelancer, yang patut Anda simak.

    Kecanduan Kopi

    Mungkin kecanduan kopi tidak hanya dirasakan oleh mereka yang bekerja sebagai freelancer, banyak pekerja kantoran yang juga tak bisa lepas dari kopi. Perkaranya adalah seorang freelancer cenderung lebih kecanduan, karena dikejar deadline kopi bisa jadi teman setia, karena terlalu lelah begadang kopi bisa jadi obat ampuh. Tanpa disadari akhirnya Anda justru kecanduan kopi. Jika sudah begini tubuh jadi terbiasa mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi tiap harinya. Padahal ada banyak sekali manfaat buruk dari kecanduan kopi, seperti terserang diabetes atau prostat.

    Bekerja/Istirahat Terlalu Larut

    Sudah jadi rahasia umum jika jam kerja seorang freelancer tidak pernah dapat diprediksi, hal ini lah yang membuat sebagian freelancer menjadi burung hantu, bekerja selama malam hari dan tidur pulas saat pagi datang. Ada sebagian orang yang rasanya lebih produktif di malam hari dan ada yang beralasan malam hari adalah waktu senggang di mana tak ada gangguan yang datang. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan Anda. Sudah ada seabrek penelitian bahwa begadang membawa banyak sekali penyakit, mulai dari obesitas, diabetes, pikun, kurangnya konsentrasi, melemahnya fungsi otak sampai sakit jantung.

    Merokok


    Tanpa sadar bagi Anda freelancer yang merokok, saat bekerja Anda cenderung merokok lebih banyak, terutama bagi Anda yang bebas merokok kapan saja selama bekerja. Bahaya rokok tentu sudah Anda ketahui dengan baik, jadi tentu Anda tahu apa yang harus Anda hadapi bila tak membatasi konsumsi Anda. Cara mudah mengurangi konsumsi rokok mulai dari menggunakan rokok elektrik atau mengunyah permen karet kala bekerja.

    Mata Rusak

    Berada di depan laptop selama lebih dari delapan jam dan rutinitas tersebut berlangsung selama hampir satu minggu. Tentu kegiatan ini berakibat pada kerusakan mata, apa lagi jika Anda sering mengakses laptop sambil tidur. Jangan heran jika Anda tiba-tiba merasa mata Anda bertambah minus atau plusnya. Biasakan untuk mengistirahatkan mata setidaknya dua jam sekali, caranya dengan menutup mata sejenak atau melihat pemandangan lain, seperti menikmati indahnya taman.

    Itulah beberapa ancaman kesehatan yang menghantui para freelancer. Seperti kata orang bijak, “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Lebih baik Anda mengubah pola hidup Anda daripada harus menyesal dikemudian hari.

    Salam,
     
  2. Peloponessian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 28, 2011
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +67 / -0
    jam istirahat yg ga teratur, overwork, ujung"nya stress... :(
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.