1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Collection All About Vegetarian's Food and Recipe

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by qenzz, Mar 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43





    [​IMG]
    Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan, tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging ,unggas, maupun ikan, atau namun masih mungkin mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu.
    Istilah 'vegetarian' diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris. Kata ini berasal dari bahasa Latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup.

    kata siapa, masakan vegetarian itu tidak enak dan tidak bergizi..
    disini, saya akan share resep2 masakan vegetarian koleksi saya..
    ada yang resep sendiri, ada juga resep hasil googling...
    tapi rata2 dah diuji di dapur..:hoho:

    Resep Masakan :



    Sekilas Info :
    Jenis Vegetarian :
    Semi-Vegetarian, di samping makan makanan dengan bahan nabati. Kelompok ini juga mau makan ikan, daging, susu, dan telur. Jenis nabatiwan ini adalah kelompok yang paling rendah.
    Lacto-ovo-vegetarian, selain makan yang terbuat dari bahan nabati juga dimakan, susu dan telur juga dimakan.
    Lacto-vegetarian, meski selain bahan nabati yang dimakan tetapi hanya susu yang dimakan dan makanan yang terbuat dari telur tidak dimakan.
    Ovovegetarian, kelompok nabatiwan ini merupakan kebalikan dari Lacto-vegetarian.
    Vegan, merupakan kelompok nabatiwan yang paling ketat. Mereka hanya mau bahan makanan dari nabati saja dan sama sekali tidak memakan hewan laut atau produk olahan hewani. Bahkan madu dari lebah pun dihindari. Saking ketatnya, para vegan juga menentang penggunaan produk non-makanan yang berasal dari hewan, seperti pakaian dan sepatu, dan produk yang diujicobakan pada hewan seperti beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan..​

    Sumber Protein :
    >> kacang kedelai
    >> Brokoli
    >> Bayam
    >> Yoghurt
    >> Almond
    >> Buncis
    >> Kacang Panjang
    >> Gandum
    >> kacang polong​
     
    • Thanks Thanks x 7
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Sep 25, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Mie ayam vegetarian

    Bahan Utama :
    - 1 porsi mie ayam mentah
    - 2 sndk mkn kecap asin
    - 1 sndk teh minyak sayur
    - Sawi dan Touge (sesuai selera)

    Bahan Ayam Jamur Vegetarian :
    - 50 gram Jamur Merang/kancing (di potong sesuai ukuran)
    - 1 buah Jamur Hyoko (potong-potong tipis)
    - 2 cm jahe (Tumbuk Halus)
    - 1 sndk mkn kecap manis
    - 1 sndk mkn kecap asin
    - 1 sndk teh kecap ingris
    - 1/2 sndk teh merica
    - 2 siung bawang putih (cincang halus)
    - 25 gram protena (direndam terlebih dahulu)
    - 3 sndk mkn minyak sayur
    - garam, gula dan tung cai (sesuai selera)

    Bahan Kuah
    - 2 sndk mkn minyak sayur
    - 1/2 sndk teh merica
    - 3 sndk teh kecap asin
    - garam dan kaldu vegetarian (secukupnya)

    Cara Pembuatan Ayam Jamur Vegetarian :
    1. Masukkan semua bahan-bahan (kecuali bawang putih dan minyak sayur) yang ada kedalam satu wadah, aduk-aduk hingga merata.
    2. Panaskan minyak sayur pada wajan, tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan campuran bahan diatas.

    Cara pembuatan kuah
    1. Panaskan 300ml air, masukkan semua bahan kuah.

    Cara Penyajian
    1. Rebus Mie, sawi dan touge, lalu tiriskan
    2. Masukkan kecap asin, minyak sayur ke dalam mangkuk. masukkan mie, sawi, dan touge yang tadi direbus sambil diaduk hingga merata.
    3. Taburkan Ayam Jamur Vegetarian di atas Mie tersebut, sajikan dengan kuah di mangkuk kecil.
     
    • Thanks Thanks x 6
    • Like Like x 2
  4. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Pempek Rumput Laut

    Bahan :
    - 125 gram tepung terigu
    - 125 gram tepung beras
    - ½ sdm garam
    - 900 ml air
    - ½ sdt kaldu vegetarian
    - ½ kg tepung sagu
    - 3 lembar rumput laut, gunting kecil

    Cuka:
    - 200 gram gula merah
    - 20 cabe rawit hijau
    - garam,
    - cuka
    - 500 ml air

    Pelengkap:
    ~ soun
    ~ timun

    Cara Membuat:
    1. Tepung terigu, tepung beras, garam, kaldu dan air, aduk rata kemudian dimasak hingga menjadi bubur. Masukkan potongan rumput laut aduk hingga rata.
    2. Masukkan tepung sagu sambil terus diaduk hingga sampai bisa dibentuk.
    3. Ambillah sedikit adonan, buat bulatan memanjang kemudian direbus di panci yang berisi air dan sedikit minyak hingga matang. Angkat dan tiriskan.

    Cara membuat cuka :
    1. masak air sampai mendidih, masukkan gula, cabe,garam, dan cuka.
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  5. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Bakpau

    Bahan :
    Kertas roti potong persegi/bundar

    Bahan biang :
    250 gr tepung terigu protein sedang
    1 sdt ragi instant
    100 ml air

    Bahan adonan :
    -150 gr tepung terigu protein sedang
    -1 sdt baking powder
    -80 gr gula bubuk
    -50 ml air
    -50 gr mentega putih

    Bahan isi :
    - 3 sdm minyak goreng
    - 1 sdt bawang putih yang dihaluskan
    - 1 buah jamur hyoko [rendam, potong kecil]
    - 250 gr ham gluten [haluskan]
    - 1 sdm daun bawang, iris halus
    - 1 sdt bumbu ngohiong
    - 1 sdm kecap asin
    - 1 sdm kecap manis
    - 1 sdt saus tiram vegetarian
    - 1 sdm gula pasir
    - 1 sdt minyak wijen

    Cara membuat :

    1. Biang : taruh tepung terigu, ragi dan air dalam mangkuk, uleni ±
    10 menit hingga adonan kalis (tidak melekat di tangan). Tutup dengan
    plastik / serbet lembab selama ± 1 jam hingga adonan mengembang 2
    kali dari semula. Kempiskan dengan cara ditinju.

    2. Adonan : masukkan tepung terigu, baking powder, gula, mentega
    putih dan air ke dalam adonan biang. Uleni hingga adonan kalis (± 5
    menit), gulung adonan memanjang, potong dan timbang ± 30 gr. Biarkan
    selama 10 menit.

    3. Penyelesaian : ambil satu bagian adonan, bentuk bulat, taruh
    diatas sepotong kertas roti (adonan bakpau ini dapat diisi dengan
    berbagai macam jenis isi). Kukus bakpao dengan api besar hingga
    masak ± 20 menit.

    4. Bahan isi :
    - panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang, tumis bawang
    putih hingga harum, masukkan gluten, aduk sampai setengah
    matang. Masukkan semua bahan lainnya, masak hingga matang,
    angkat. Biarkan dingin. siap digunakan.
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  6. blinding_tears Members

    Offline

    Joined:
    Mar 11, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    Perkedel Tempe Kacang Merah

    Bahan :
    * 150 gr Tempe dikukus,dicincang
    * 150 gr Kacang Merah, direbus, dicincang
    * 2 sdm Tepung Roti
    * 1 btr Telur ayam
    * Minyak goreng

    Bumbu :
    * 5 bh Cabe Merah
    * 5 bh Cabe Rawit
    * 1 sdt Ketumbar
    * 1 lbr Daun Jeruk
    * 1 iris Kencur
    * Garam secukupnya

    Cara membuat :
    * Haluskan Smua bumbu..kalau ga mau pedes cabe nya boleh dikurangi..
    * Campurkan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan, aduk rata
    * Bentuk sesuai selera ( Bulet bole..lonjong jg bole..suka2 d,hehehe )
    * Goreng dengan minyak yg banyak
    * Tinggal Makan dah....

    Selamat Mencoba ... :peace:
     
    • Thanks Thanks x 4
  7. polikujy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    1,100
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +10,433 / -0
    Mantabff :top:

    Andalannya vegetarian : tepung, jamur, kacang2....

    Btw, telur masih bisa dimakan vegetarian gitu?
    :iii:
     
  8. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Type vegetarian berbeda2...ada yang untuk kesehatan, agama, bahkan extrem..
    saya termasuk yang untuk kesehatan..masih bisa makan telur tapi tetap dibatasi.
    telur yang biasanya masih bisa untuk vegetarian, adalah teluat ayam negeri,karena telur ayam negeri bukanlah hasil pembuahan seperti ayam kampung.(itu info yang saya dapet)

    bahkan kalo yang bener2 extrem, segala turunan daging juga dilarang, seperti susu, keju, mayonaise, dll
    ada juga yang ga makan bawang.
    jadi semuanya tergantung apa type vegetariannya
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Siomay

    Bahan Utama:
    - 2 sdm tepung kanji
    - 150 gram tepung tapioka
    - 1 buah Jamur Hyoko [rendam hingga mengembang, potong kecil]
    - 100 gram protena ukuran kecil [rendam hingga mengembang, lalu tiriskan]
    - 3 siung bawang putih [cincang halus]
    - 1/4 sdt merica bubuk
    - 1/2 sdt garam
    - 1 sdt kecap asin
    - 2 batang daun bawang [iris halus]
    - 1 sdt minyak wijen
    - 1 sdt kaldu vegetarian

    Bahan Pelengkap :
    - Pare [rendam dengan air garam]
    - Kentang
    - Tahu

    Bumbu Kacang :
    - 250 gram bumbu gado-gado
    - 200 ml air matang
    - 2 buah jeruk limau [ambil airnya]

    Cara Pembuatan :
    1. Semua Bahan Utama sambil dibanting-banting selama 10 menit.
    2. bentuk adonan, sebagian dimasukkan kedalam pare,kentang,dan tahu.
    3. kukus dengan api kecil selama 15 menit
    4. Encerkan Bumbu gado-gado dengan air, tambahkan air jeruk limau. Sajikan siomay dengan bumbunya.
     
    • Thanks Thanks x 2
  10. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    ini resepna, dah dicoba semua koq, memang kebanyakan hasil modifikasi masakan non-vege
     
    • Thanks Thanks x 1
  11. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    :maaf:Dah lama ga posting resep vegetarian... :centil:
    bongkar2 catatan masak lama...nemu resep seru...
    Sushi Vegetarian (porsi : 6 potong)
    Bahan :
    • Rumput laut lembaran (yakinori) [kalau bisa yang rasa asli..boleh juga pake yang pedas]
    • 100g beras sushi (bisa di ganti dengan beras biasa campur ketan putih, perbandingan 3:1 + sedikit garam dan cuka)
    • 20 g mentimun hijau, iris panjang tipis
    • 20 g daging buah alpukat, iris panjang tipis
    • 20 g lettuce, iris halus
    • 20 g wortel, iris panjang tipis
    • 2 sdt biji wijen putih

    Cara Membuat :
    1. Siapkan makishu (tikar kecil dari bilah bambu khusus untuk menggulung sushi) [bila ada, bila ga ada..pake plastik lebar aja :lol:].
    2. Potong yakinori menjadi 2 bagian.
    3. Taruh yakinori di atas makishu (bagian yang kasar menghadap ke atas).
    4. Ratakan nasi sushi hingga seluruh 2 potong yakinori tertutup nasi (ini di masak dulu yah.. :garing:).
    5. Balikkan, hingga nasi ada di bagian bawah.
    6. Taruh irisan sayuran di bagian tengah dua lembar yakinori yang sudah diberi nasi.
    7. Biarkan sisa sayuran menjuntai di salah satu sisinya.
    8. Gulung masing-masing sambil tekan sedikit hingga rapi dan melekat.
    9. Potong masing-masing melintang menjadi 3 bagian.
    10. Taburi dengan biji wijen putih.

    Pelengkap :
    - Acar Jahe [nanti kalo sempat, saya kasih resepnya.. :iii:]
    - Wasabi [mending beli ini mah...]

    untuk variasi, bisa juga di tambahkan potongan keju. enak loh.. :hoho:
     
    • Thanks Thanks x 2
  12. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Acar Jahe [untuk temen sushi]

    sekarang saya mau kasih resep bikin acar jahe yang sering ada di restoran sushi.:sebel:
    Bahan :
    • 2 ons jahe muda segar (shin shoga)
    • 2 sdt salt
    • 3 cangkir rice vinegar[bisa dibeli di care4 :iii:]
    • 2 cangkir gula


    Cara Membuat :
    Cuci jahe muda dan kupas kulitnya.[penting ini :awas:]
    Iris tipis [ketebalan sesuai selera, lebih enak kalo tipis banget] dan taburi garam hingga rata.
    diamkan irisan jahe asin dalam mangkuk selama sekitar satu jam.
    Keringkan irisan jahe dengan handuk kertas dan taruh dalam wadah kering [yang ada tutupnya yah, kaya toples anti panas].
    siapkan panci lalu, Campur cuka beras dan gula dalam panci dan didihkan.
    Tuangkan campuran cuka dan gula di atas irisan jahe.[waktu masih panas]
    Diamkan hingga dingin, Acar jahe akan berubah warna menjadi merah muda. (Jika Anda menggunakan jahe tua, mungkin tidak menjadi merah muda alami.)
    Tutup wadah [toples] dan simpan di kulkas.

    selesai...:boong:
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Onigiri

    lagi senang dengan makan jepang...:siul:
    sekarang resep bikin cemilan ngenyangin...:kenyang:

    Bahan :
    • 100gr beras sushi jepang (kaya biasa, kalo ga kebeli, bisa ganti dengan beras pulen + ketan putih [3:1])
    • garam (ini secukupnya)
    • sesame oil
    • 8 nori (rumput laut yang lembaran, lebih bagus kalo yang dah bentuk potongan. banyak koq di car4)
    • tangan anti panas..:lol:

    Cara Membuat :
    1. masak beras dengan sedikit lebih banyak air dari pada saat memasak untuk sushi.
    2. setelah matang, bagi nasinya jadi 8 porsi.. [yang rata yah]
    3. cuci tangan :piso:
    4. basahin tangan, taruh nasi di telapak tangan, campur dengan sedikit garam dan sesame oil.
    5. kasih isian di bagian tengah...[isian liat bawah]..kepal2 sambil pertahanin agar posisi isian ada di dalam onigirinya.
    6. proses pengepalan ampe tuh onigiri ga gampang pecah.. [dalam keadaan panas lebih baik]
    7. bungkus make nori.


    untuk isian onigiri, ada macem2 tergantung selera
    1. orek tahu (tahu ancurin, oseng2 make bumbu. kasih sedikit kecap)
    2. roasted spinach [ga nemu nama yang cocok] (cara bikinnya sama kaya orek tahu)
    3. jamur shitake (potong dadu, masak kaya yang pertama)
    4. apa aja yang ketemu di kulkas,,, :lol:

    untuk yang doyan kaju, bisa dikasih di tiap isian :kenyang:
     
    • Thanks Thanks x 2
  14. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Sup Jagung

    Resep satu ini sangat mudah dibuat, dan cukup enak bila dimakan di daerah dingin..
    anget-anget gimana gitu....:hoho:
    Bahan :
    • 1000 gr jagung manis
    • 200 gr kembang tahu
    • 2 butir telur ayam
    • lada bubuk
    • vetsin
    • tepung maizena
    • 100 gr jamur kuping
    • daun bawang


    Cara Membuat :
    1. Kupas jagung manis kemudian sisir dan tiriskan. Sementara kembang tahu disobek kecil-kecil dan direndam dalam air dingin.
    2. Masukkan jagung yang telah disisir ke dalam panci yang telah diisi air. Kemudian didihkan. Kocok telur ayam kemudian segera masukkan kedalam air didihan tersebut sambil diaduk dengan cepat agar berserat.
    3. Masukkan lada dan kembang tahu yang telah direndam dalam air.
    4. Terakhir cairkan bubuk maizena kedalam air dingin kemudian tuangkan ke dalam sup jagung sampai kekentalan yang kita inginkan.
     
    • Thanks Thanks x 2
  15. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Bahan Olahan [Gluten]

    sekarang adalah resep membuat HAM vegetarian, atau yang baisa dijual dengan nama Gluten.
    resep ini saya dapet dari internet dengan ditambah sedikit variasi yang dah saya coba..[agak pedas]

    Bahan :
    • Tepung Terigu [jumlah tergantung kebutuhan]
    • Garam
    • Gula
    • Kecap Manis
    • Bubuk Cabe
    • Air


    Cara Membuat :
    1. Siapkan wadah plastik yang agak besar, campur tepung terigu dan sedikit garam [perbandingannya, 1kg : 1sdm garam]
    2. masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan mengental [untuk tekstur lembut, gunakan lebih banyak air. untuk tekstur agak keras gunakan sedikit air seperti bikin adonan roti]
    3. diamkan selama +5jam, tutup dengan kain basah.
    4. setelah +5jam, cuci adonan dengan air yang mengalir hingga sisa sari nya/ seperti karet.[cuci terus hingga air cuciannya menjadi jernih]
    5. kumpulkan sari yang tadi sudah didapat menjadi satu didalam wadah. tarik-tarik seperti membuat mie.
    6. campur air,garam,gula, dan bubuk cabe [1kg tepung =air setengah liter, garam 1sdt, gula sedikit, kecap 3 sdm, bubuk cabe 1 sdm]
    7. masukkan campuran bumbu tadi ke dalam wadah, biarkan selama semalaman
    8. rebus air hingga mendidih, lalu kecilkan api [api harus sangat kecil] tunggu hingga air ad apada antara 70[SUP]o[/SUP]C hingga 80[SUP]o[/SUP]C .
    9. masukkan adonan, diamkan selama 7-9jam
    10. setelah selesai, dinginkan dan goreng dalam minya mendidih hingga warna kecoklatan [tidak perlu lama2]
    11. simpan di freezer atau langsung dapat di gunakan.

    dalam membuat gluten, biasanya tepung akan berkurang hingga setengah dari jumlah aslinya.
     
    • Thanks Thanks x 2
  16. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Pangsit Goreng

    ini adalah resep olahan saya sendiri..pernah dicoba menjadi salah satu menu camp tzuching...
    tim konsumsi ga kebagian.. :tolong:
    baru dibawa ke ruang makan, langsung abis... :hihi:

    Porsi 50 pangsit
    Siapkan 1 bungkus Kulit Pangsit (50 lembar)

    Bumbu isi pangsit:
    - Kecap Asin
    - Kecap Ingris
    - Garam
    - Lada
    - Kaldu Vegetarian

    Bahan isi pangsit :
    - 1 buah Jamur Hyoko
    - 50 gram Protena ukuran kecil
    - 50 gram Tepung Terigu
    - 15 gram Sagu
    - 1 batang Daun Bawang
    - 3 siung Bawang putih
    - 1 siung Bawang merah

    Cara Pembuatan :
    1. Rendam Jamur Hyoko dan Protena dengan air hangat, lalu ditiriskan setelah mengembang
    2. Cincang Halus Bawang Putih dan Bawang Merah
    3. Potong tipis Daun Bawang, serta cincang Jamur Hyoko yang telah di rendam
    4. Campur hingga merata semua bahan yang ada ditambahkan bumbu-bumbu sesuai selera
    5. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil, lalu di rebus dengan air panas
    6. Setelah matang, dinginkan lalu lipatkan kedalam kulit pangsit
    7. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kekuningan
     
    • Thanks Thanks x 1
  17. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Pepes Jamur Tiram Putih

    Bahan:
    • 150 gr Jamur Tiram Putih [dipasar tradisional banyak yang jual nih]
    • 1/2 btr kelapa muda [parut panjang]
    • 25 gr daun melinjo[iris tipis]
    • 2 bh cabai merah [iris tipis]
    • 2 bh cabai hijau [iris tipis]
    • 1 btg serai [iris tipis]
    • 1 lbr daun salam
    • Daun pisang [untuk membungkus]

    Bumbu:
    • 2 siung bawang putih [cincang halus]
    • 6 bh bawang merah [iris tipis]
    • 1 cm jahe
    • 2 cm kunyit
    • 1 cm lengkuas
    • 1 sdt garam

    Cara Membuat:
    1. Tumis bumbu dengan sedikit minyak.
    2. Masukkan serai dan salam, masak hingga harum.
    3. Masukkan Cabai hijau, cabai merah, daun melinjo, aduk rata.
    4. Masukkan jamur tiram dan sedikit air, masak hingga kering dengan api kecil.
    5. Angkat dan tambahkan kelapa parut, aduk rata.
    6. Ambil selembar daun pisang, taruh 2 sdm adonan. gulung sambil padatkan, semat dengan lidi.
    7. Bakar dengan Bara Api hingga matang.
     
    • Thanks Thanks x 1
  18. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    ^^
    ada request ga?
    untuk menu2 yang non-vegetarian mau dibikin vegetarian..:hihi:

    dah keabisan ide nih...dah jarang masak juga..coz jarang dirumah
     
  19. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    Rawon Vegetarian

    Menu Selingan aja..nemu resep rawon di internet..
    ubah jadi versi vegetariannya.. :lol:

    Bahan:
    • 500 gr. protena, direbus, tiriskan [lebih enak kalo make daging2an yang banyak dijual di toko bahan vege.[pilih yang kambing]]
    • 3 cm. lengkuas (laos) dimemarkan.
    • Touge pendek warna putih yang masih muda
    • 1 btg serai.
    • 3 lbr daun jeruk purut
    • 2 lbr daun salam
    • Penyedap rasa, garam dan merica secukupnya
    • 800 cc. Air
    • Minyak goreng.

    Bumbu:
    • 4 butir bawang merah
    • 2 siung bawang putih
    • 4 butir kemiri
    • 5 buah kluwek, diambil isinya
    • 2 buah cabai merah
    • 2 mata. Asam jawa (lunak).

    Cara Membuat:
    1. Tumis Bumbu yang dihaluskan bersama dengan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan penyedap rasa, garam dan merica secukupnya.
    2. Panaskan enam air dalam sebuah panci masukkan bumbu yang telah ditumis, masukkan protena/daging2an dan rebus hingga masak. Apabila air berkurang, tambahkan sesuai selera.
    3. Hidangkan bersama nasi hangat dan taburi tauge.
     
  20. mardangga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    926
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +9,810 / -0
    Klo resep steak ala vegi ada ga Gan??
    Tp klo bisa, jangan pake tempe ya??
    Alnya ane kurang begitu suka tempe (kecuali klo digoreng kering) :peace:
     
  21. qenzz Regional Leader

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,725
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,275 / -43
    hmm, saya sih dulu pernah bikin steak vegetarian waktu ada acara BBQ keluarga...
    yang laen pada bakar ikan dan udang...saya malah vege.. :swt:

    Bahan:
    • 200 gr kaki jamur kering
    • daun salam
    • jahe
    • 1200 cc santan kental

    Bumbu:
    • laos
    • kunyit
    • serai
    • kemiri
    • ketumbar
    • gula jawa
    • bawang merah
    • bawang putih
    • sedikit asam jawa
    • garam sedikit

    Cara Membuat:
    1. Rendam kaki jamur semalamam, lalu cuci dan bilas beberapa kali.
    2. Rebus kaki jamur dengan daun salam dan jahe hingga empuk. Angkat, buang airnya.
    3. Tumbuk kaki jamur hingga memar.
    4. Haluskan laos, kunyit, serai, kemiri, ketumbar, gula jawa, bawang merah, bawang putih.
    5. Masak kaki jamur bersama santan dan bumbu halus. Tambahkan asam jawa dan garam. Sesekali diaduk.
    6. Setelah santan susut, dinginkan, dan bentuk menjadi gumpalan pipih seperti steak umumnya.
    7. goreng sebentar agar mengeras.
    8. simpan di kulkas, keluarkan saat mau dibakar..^^

    Saus:
    • 1 sdm mentega, untuk menumis
    • ½ bh bawang bombay, cincang halus
    • 2 siung bawang putih, cincang halus
    • 3 sdm saus tiram vegetarian
    • 1 sdt terigu
    • 150 ml air kaldu vegetarian
    • 100 gr jamur kancing, iris tipis
    • 1sdt terigu/sagu
    • Garam, merica bubuk secukupnya

    Cara Membuat Saus:
    1. Tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum. Masukan jamur kancing aduk sampai rata
    2. Tambahkan saus tiram dan kaldu secukupnya. Tambahkan air dan didihkan
    3. Bumbui dengan garam, gula dan merica
    4. Kentalkan dengan tepung terigu/sagu. Atur kekentalannya. Masak hingga mengental. Angkat.
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.