1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Discussion All About Instrument

Discussion in 'Indie' started by nunoobey, Nov 1, 2012.

  1. nunoobey MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 12, 2011
    Messages:
    4,328
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +164,800 / -1

    All About Instrument

    [​IMG]
    Thread ini dimaksudkan untuk sarana Diskusi tentang alat instrument. Mulai dari opini, saran, pertanyaan, kritik, protes sampai obrolan tentang alat musik atau instrument lainnya. Ini bukan lounge, so no reset sekaligus no junk, one-liner dan teman²nya. Silahkan berbagi pengetahuan dan share mengenai alat musik yg kalian ketahui, dan Gear apa yg kalian gunakan di rumah (picture/image).


    Sebagai permulaan kami berikan sekilas mengenai sejarah alat musik, hanya bbrp alat musik berdasarkan cara memainkannya. Jika ada tambahan silahkan post di sini...:malu
    Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

    Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa. ---> Source

    Bass pertama kali diperkenalkan oleh Paul Tutmarc namun perkembangan sejarah bass sudah mulai di tahun 1920an, lloyd Loar, yang berkerja untuk gibson, mendesign double bass elektrik pertama. Bass ini menggunakan pickup electro-static, tapi amply untuk frekuensi bass belum dikembangkan. Jadi pada saat itu blum ada cara untuk mendengarkan instrument double bass tersebut.
    Diawal tahun 1930an, Paul Tutmarc menjadi yang orang pertama yang memperbaiki ukuran double bass menjadi lebih praktis. Ukuran yang pertama dibuat hanya sebesar cello, dan mengunakan pickup rudimentary, namun hasilnya memiliki berat yang berlebihan, dan akhirnya diperbaiki bentuknya lebih menyerupai gitar.

    Dan pertengahan tahun 30an, beberapa pengembang instrument musik - Lyon & Healy, Gibson and Rickenbacker, - memulai memasarkan eksperimental elektrik bass yang sama dengan prototype basss Tutmarc, yang lebih sedikit besar dibandingkan dengan double bass yang standard. Bagaimanaupun, bas itu tetap tinggi, tidak ,memiliki fret, dan di mainkan secara vertikal atau berdiri.
    Sekitar tahun 1940, Paul Tutmarc jr memulai memproduksi gitar dan bass, termasuk bass Serenader. Produksi ini di distribusikan oleh L.D. Heater Music Co., di portland, Oregon, dan menjadi distributor terbesar untuk elektrik bass. Sang Genius itu menamainya dengan bass gitar - insturumen yang memilik fret dan di mainkan secara horizontal. Fitur utama dari produk tersebut adalah :
    - Pickup - di design karena double bass sering tertutup dengen brass section dari sebuah band jazz.
    - Ukurannya - pemain double bass harus bisa berpergian sendiri, karena ukurannya yang besar, sering sekali ketinggalan di setiap perjalannya. Dengan design yang baru, pemain bass bisa berpergian dan beristirahat dengan bandnya.

    Ada sedikit perubahan progres sampai Leo Fender menciptakan precision bass di tahun 1951. Penamaan Precision Bass dikarenakan fret yang ada di bass mengikuti note yang di mainkan secara presisi. Elektrik bass yang di produksi Leo fender ini, banyak yang memproduksi bentuk ini. Pada tahun 1957, bentuk pickupnya di rubah menjadi split pickup, dan pickguard dan headstocknya juga di redesign Tahun 1959, Danelectro menciptakan pertamakali bass 6 senar, dengan tunse E A D G B E, dan Gibson dan Fender menggunakan ide ini untuk membuat Gibson EB-6 di tahun 1960, dan Fender VI di tahun 1962. Fender juga membuat bass 5 senar pertama dengan sebutan Fender V.

    Pertama kali bass elektrik di populerkan oleh John Entwistle dan James Jamerson di tahun 60an, Jaco Pastorius dan Stanley Clarke di tahun 70an dan Marcus Miller dan Cliff Burton di tahun 80an. Di akhir 80an terlihat perbedaan dalam popularitas bass, sebagai fashion digunakan untuk electornic synthesised dance music. Bagaimanapun bass yang loe miliki sekarang merupakan perkembangan jauh dari double bass.

    Perkembangan bass dewasa ini semakin maju saja. Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan ciello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), electric bass (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta "fretless" bass yang sama dengan electric bass tapi tidak ada fret(kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja fretless bass mirip dengan contra/ciello bass hanya saja berbentuk gitar electric.

    Dari berbagai sumber...

    Sejarah drum dimulai dengan munculnya peradaban manusia. pukulan drum telah dikaitkan dengan kelahiran manusia. drum adalah salah satu jenis alat musik yang di pakai di hutan.juga disebut membranophone, berarti sebuah alat yang membuat suara dari selaput yang berkepanjangan dan mengesankan dengan beberapa jenis objek, biasanya sebuah lengkung stick. Drum terdiri dari hollowed out potong (disebut tubuh), yang memanjang pada ujung drum, dan tombol tuning atau pasak yang stiffens atau loosens selaput yang berbeda untuk mencapai nada. YAng mengahsilkan suara saat kita bermain drum adalah pada saat kita memukul gendang selaput tersebut.

    Sejarah Adanya Alat Musik Drum di Dunia
    Drum kit yang pertama kali dikembangkan karena pertimbangan ruang dan keuangan di mana drumer didorong untuk menutupi bagian perkusi sebanyak mungkin. Sampai saat itu, drum dan simbal dimainkan secara terpisah dalam militer dan pengaturan musik orkestra. Awalnya, drumer memainkan bass dan snare drum dengan tangan, kemudian di tahun 1890-an mereka mulai bereksperimen dengan footpedals untuk memainkan bas drum. William Ludwig membuat sebuah sistem pedal bass drum yg dapat diterapkan pada tahun 1909, dan akhirnya membuka jalan untuk drum modern.

    Pada Perang Dunia I drum kit yang ditandai dengan bass drum yg sangat besar dan banyak item digantung pada perkusi dan sekitarnya, dan mereka menjadi bagian sentral dari musik jazz. Hi-hat mulai muncul sekitar tahun 1926. Logam konsol dikembangkan terus hingga akhirnya tercipta cina tom-tom.

    Pada tahun 1930-an, Ben Duncan dan lain-lain dipopulerkan efisien kit perangkap yang mengarah ke empat dasar standar sepotong drum: bass, snare, tom-tom, dan lantai tom. Dalam berjalannya waktu kaki[SUP]2[/SUP] tom[SUP]2[/SUP] dipasang ke lantai yang lebih besar, dan “consolettes” yang dirancang untuk tom-tom kecil pada bass drum. Pada tahun 1940-an, mempelopori Louie Bellson menggunakan dua bass drum, atau double bass drum. Gene Krupa drumer pertama untuk memimpin orkestra sendiri dan menampilkan drum ke dalam spot light dengan solo drum. Dengan pengaruh dari rock and roll, yang terjadi antara tahun 1962 dan 1964, ketika Surfaris dirilis “Wipe Out” dan ketika Ringo Starr dari The Beatles memainkan Ludwig kit di televisi Amerika; peristiwa yang memotivasi untuk mengembangkan drum.

    Kecenderungan menuju drum besar di musik Rock dimulai pada tahun 1960-an dan mendapatkan momentum pada tahun 1970an. Pada tahun 1980-an, sangat populer seperti drumer Billy Cobham, Carl Palmer, Nicko McBrain, Phil Collins, Stewart Copeland dan mungkin terutama Neil Peart yang menggunakan sejumlah besar drum dan simbal dan juga mulai menggunakan drum elektronik. Pada 1990-an dan 2000-an, banyak pemain drum dalam musik populer telah kembali kembali ke dasar empat potongan drum standar...--> Sumber

    Asal mula kata piano sebenarnya berasal dari bahasa Italia, yaitu pianoforte. Piano itu sendiri dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mula piano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar pada abad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang. Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi.

    Awalnya, piano dikembangkan dari alat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik. Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.

    Secara umum, piano termasuk ke dalam kelompok musik instrumental. Piano memproduksi suara dari getaran papan suara yang volumenya dapat diperkuat (dapat diatur besar kecilnya). Secara luas, piano di dalam musik dapat menjadi performa pada nyanyian tunggal dan sebagai pengantar nyanyian solo. Dalam artian, piano dapat hidup dan mengiringi penyanyi tanpa bantuan atau iringan alat musik lain. Suara yang dihasilkan piano sudah dapat mewakili alat musik lainnya.

    Meskipun demikian, piano akan lebih berarti lagi didengar dengan bantuan alat musik lain. Yang perlu ditekankan di sini, piano dapat mengalun indah tanpa bantuan alat musik lain. Tidak sama halnya dengan alat musik lain, yang kurang enak didengar tanpa dilengkapi piano. Banyak musik-musik instrumen yang bersinar karena andil dari piano.

    Perkembangan Piano
    Pada akhir periode 1790 sampai 1860, piano era Mozart mengalami perubahan yang hebat, dimana instrumen modern semakin terlihat memimpin. Pada revolusinya, piano banyak mendapat dukungan dari komposer dan pianis-pianis terkenal yang mengiringi perkembangannya. Sehingga piano dalam musik semakin memiliki power yang tinggi. Teknologi dalam pembuatan piano pun semakin menggunakan alat-alat berteknologi tinggi.

    Dalam beberapa waktu, gaya suara piano meningkat. Dari 5 oktav menjadi 7 1/3 (atau bahkan lebih) oktav, ini menandakan piano semakin modern. Kemajuan teknologi ini banyak bersumber dari perusahaan di Inggris, Broadwood. Selama bertahun-tahun, instrumen buatan Broadwood mengalami perkembangan menjadi lebih banyak jenisnya, lebih baik suaranya, juga dikemas secara baik dan rapi.

    Perusahaan Broadwood mengirim piano mereka kepada Hadyn dan Bethoven. Cakupan kemampuan piano yang mereka kirim itu lebih dari lima oktaf. pada tahun 1790an, tahun 1810 menyusul menjadi enam oktav, sampai pada tahun 1820 akhirnya menjadi tujuh oktav. Sampai-sampai banyak perusahaan pembuat piano mengikuti trend ini....--> Source


    :hmm: Happy Discussion :hmm:






    Index :





     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: May 9, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. flippin CO-ADMIN
    Music Enthusiast

    Offline

    Music Co-Admin

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    5,001
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,300 / -8
    petromak gans :malu

    share gear yah.
    gitar lagi megang Strat putih sama gitar Yamaha akustik jadul : G-280A (Nippon-Gakki).
    yg Yamaha sebenernya punya Bokap sih, termasuk jadul keluaran 70an akhir.

    [​IMG]


    buat drum, punya Yamaha Stage Custom merah & simbal Paiste.
    barangnya ada di kamar sebelah, nanti nyusul nampang klo udah dibersihin :p
     
  4. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    Pajang Gears! (Numpang Eksis)

    ^ Sakittt! taun 70an! :mimisan:

    Gear saya sih semuanya custom, gitar semua. :swt:

    #1. Shabocaster (Buat maen Blues sampe Thrash Metal)
    Construction : Bolt-On Neck
    Body : Alder
    Neck : Maple
    Nut : Locking Plate
    Fingerboard : Rosewood (Scalloped)
    No. of Frets : 22 Jumbo Frets
    Plate : Headstock Plate, Pickguard, Back Plate, Neck Plate, Locking Plate crafted by Ivan Mulia (Steve Vai juga pake loh buatan Ivan Mulia tapi Vai di video ini bilangnya dari China T_T )
    Pickups : H-H-H
    -Lace Alumitone Pickups @Neck & Middle
    -Ganee Pickups by Ganèé Pickups @Bridge
    Bridge : ESP Floyd Rose Licensed (Semi Up/Down)
    Control : Master Volume (Split Coil), High Freq, Low Freq, Killswitch, Preamp Switch (up: Preamp Off, mid: Guitar Off, down: Preamp On)
    Pickup Switching : 5-Position Blade:
    - Position 1. Bridge Pickup
    - Position 2. Bridge and Middle Pickup
    - Position 3. Middle Pickup
    - Position 4. Middle and Neck Pickup
    - Position 5. Neck Pickup

    407138_2715110408898_1836489054_n.jpg
    396254_2715113328971_1286842329_n.jpg
    409699_2715119009113_1331768182_n.jpg
    377825_2715116249044_1308037165_n.jpg
    401536_2715122289195_1721948909_n.jpg
    388432_2715124969262_1058583972_n.jpg
    386320_2715127889335_1689818533_n.jpg
    402530_2715130409398_1592825794_n.jpg

    #2. Thrasher (Buat maen Thrash Metal dan Metal2 lainnya)

    Construction : Bolt-On Neck
    Body : Jati Malam (Burned)
    Neck : Jati Malam
    Nut : Duralumin crafted by Aldrige Empire
    Fingerboard : Rosewood
    No. of Frets : 24 Jumbo Frets
    Plate : Headstock Plate, Back Plate, Neck Plate crafted by Ivan Mulia
    Pickups : H-H-H
    -DiMarzio D'Activator Pickups @Neck & Middle
    -DiMArzio D'Activator X Pickups @Bridge
    Bridge : Fixed Bridge
    Control : Master Volume, Tone (Russian Military NOS Caps 22nF), Killswitch, Switch 1 (Split Coil @Neck $ Middle), Switch 2 (Split Coil @Bridge)
    Pickup Switching : 5-Position Blade:
    - Position 1. Bridge Pickup
    - Position 2. Bridge and Middle Pickups
    - Position 3. All Pickups
    - Position 4. Middle and Neck Pickups
    - Position 5. Neck Pickup

    253185_4467992949866_1323841353_n.jpg
    521611_4467997829988_107933294_n.jpg
    21503_4467995589932_451307485_n.jpg
    486186_4467996829963_1719473111_n.jpg
    391606_4467998790012_1077269047_n.jpg
    531116_4468000110045_1536935070_n.jpg

    Payahnya saya ga bisa maen akustik, jadi ga punya akustik. Paling akustik punya adek. :swt:
    Ada pedalboard juga, tapi blom difoto. Nanti klo udah difoto tak pajang. wkwkwkwk
     
    Last edited: Nov 3, 2012
  5. nunoobey MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 12, 2011
    Messages:
    4,328
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +164,800 / -1
    MyGear :
    All Custom...(basic on ibanez JEM Flower)


    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    Custom by Surakarta Guitar Makers :
    [​IMG]


    gi nabung buat bikin yg ini :doa:
    [​IMG]
     
    Last edited: Nov 4, 2012
  6. nunoobey MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 12, 2011
    Messages:
    4,328
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +164,800 / -1
    @om shaban

    om tau t4 bikin custom gitar yg bagus gk???

    buat prepare ja om...gk sabar pengen bikin yg PRS :hoho:
     
  7. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    Klo di Bandung kayanya cuma AGL sama Karimata Ampification yg bagus, klo mau oke hardwarenya jgn nanggung yg Korea coba beli Graphtech atau custom ke Aldrige Empire (Yogya). Klo back plate, neck plate, headstock-nya mau pake plate yg di etching, tinggal ke iVee punyanya Ivan Mulia (Cimahi).

    :top:
     
  8. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    [Share] Fingering | Guitar

    Daripada sepi, mari kita ramaikan! Saya mau share modul gitar saya bagian pertama untuk basic. Yaitu Fingering.


    Pattern fingering ini basic, wajib dikuasai seorang gitaris.

    Fungsi fingering ini:
    1. Meningkatkan reflex dan kelenturan jari tangan kiri.
    2. Meningkatkan sinkronisasi antara gerakan jari tangan kiri dengan petikan/picking tangan kanan.
    3. Meningkatkan kecepatan permainan jari.

    Yang harus diperhatikan:
    1. Coba berulang kali secara rutin.
    2. Minimal sejam sehari, rekomendasi stelah bangun tidur.
    3. Gunakan alternate picking.
    4. Mulai dari speed yg lambat dan konstan.
    5. Jangan menggunakan metronome sebelum mendapatkan kecepatan yg cukup dan konstan.
    6. Jika fingering ini terlalu mudah, coba dengan menggunakan random fret atw random string.

    Good Luck!!!

    I.
    E|-----------------------------------------1-2-3-4-----------------------------------------|
    B|---------------------------------1-2-3-4---------1-2-3-4---------------------------------|
    G|-------------------------1-2-3-4-------------------------1-2-3-4-------------------------|
    D|-----------------1-2-3-4-----------------------------------------1-2-3-4-----------------|
    A|---------1-2-3-4---------------------------------------------------------1-2-3-4---------|
    E|-1-2-3-4-------------------------------------------------------------------------1-2-3-4-|

    II.
    E|-----------------------------------------1-2-4-3-----------------------------------------|
    B|---------------------------------1-2-4-3---------1-2-4-3---------------------------------|
    G|-------------------------1-2-4-3-------------------------1-2-4-3-------------------------|
    D|-----------------1-2-4-3-----------------------------------------1-2-4-3-----------------|
    A|---------1-2-4-3---------------------------------------------------------1-2-4-3---------|
    E|-1-2-4-3-------------------------------------------------------------------------1-2-4-3-|

    III
    E|-----------------------------------------1-3-2-4-----------------------------------------|
    B|---------------------------------1-3-2-4---------1-3-2-4---------------------------------|
    G|-------------------------1-3-2-4-------------------------1-3-2-4-------------------------|
    D|-----------------1-3-2-4-----------------------------------------1-3-2-4-----------------|
    A|---------1-3-2-4---------------------------------------------------------1-3-2-4---------|
    E|-1-3-2-4-------------------------------------------------------------------------1-3-2-4-|

    IV.
    E|-----------------------------------------1-3-4-2-----------------------------------------|
    B|---------------------------------1-3-4-2---------1-3-4-2---------------------------------|
    G|-------------------------1-3-4-2-------------------------1-3-4-2-------------------------|
    D|-----------------1-3-4-2-----------------------------------------1-3-4-2-----------------|
    A|---------1-3-4-2---------------------------------------------------------1-3-4-2---------|
    E|-1-3-4-2-------------------------------------------------------------------------1-3-4-2-|

    V.
    E|-----------------------------------------1-4-2-3-----------------------------------------|
    B|---------------------------------1-4-2-3---------1-4-2-3---------------------------------|
    G|-------------------------1-4-2-3-------------------------1-4-2-3-------------------------|
    D|-----------------1-4-2-3-----------------------------------------1-4-2-3-----------------|
    A|---------1-4-2-3---------------------------------------------------------1-4-2-3---------|
    E|-1-4-2-3-------------------------------------------------------------------------1-4-2-3-|
    VI.
    E|-----------------------------------------1-4-3-2-----------------------------------------|
    B|---------------------------------1-4-3-2---------1-4-3-2---------------------------------|
    G|-------------------------1-4-3-2-------------------------1-4-3-2-------------------------|
    D|-----------------1-4-3-2-----------------------------------------1-4-3-2-----------------|
    A|---------1-4-3-2---------------------------------------------------------1-4-3-2---------|
    E|-1-4-3-2-------------------------------------------------------------------------1-4-3-2-|

    VII.
    E|-----------------------------------------2-3-1-4-----------------------------------------|
    B|---------------------------------2-3-1-4---------2-3-1-4---------------------------------|
    G|-------------------------2-3-1-4-------------------------2-3-1-4-------------------------|
    D|-----------------2-3-1-4-----------------------------------------2-3-1-4-----------------|
    A|---------2-3-1-4---------------------------------------------------------2-3-1-4---------|
    E|-2-3-1-4-------------------------------------------------------------------------2-3-1-4-|

    VIII.
    E|-----------------------------------------2-3-4-1-----------------------------------------|
    B|---------------------------------2-3-4-1---------2-3-4-1---------------------------------|
    G|-------------------------2-3-4-1-------------------------2-3-4-1-------------------------|
    D|-----------------2-3-4-1-----------------------------------------2-3-4-1-----------------|
    A|---------2-3-4-1---------------------------------------------------------2-3-4-1---------|
    E|-2-3-4-1-------------------------------------------------------------------------2-3-4-1-|

    IX.
    E|-----------------------------------------2-4-1-3-----------------------------------------|
    B|---------------------------------2-4-1-3---------2-4-1-3---------------------------------|
    G|-------------------------2-4-1-3-------------------------2-4-1-3-------------------------|
    D|-----------------2-4-1-3-----------------------------------------2-4-1-3-----------------|
    A|---------2-4-1-3---------------------------------------------------------2-4-1-3---------|
    E|-2-4-1-3-------------------------------------------------------------------------2-4-1-3-|

    X.
    E|-----------------------------------------2-4-3-1-----------------------------------------|
    B|---------------------------------2-4-3-1---------2-4-3-1---------------------------------|
    G|-------------------------2-4-3-1-------------------------2-4-3-1-------------------------|
    D|-----------------2-4-3-1-----------------------------------------2-4-3-1-----------------|
    A|---------2-4-3-1---------------------------------------------------------2-4-3-1---------|
    E|-2-4-3-1-------------------------------------------------------------------------2-4-3-1-|

    XI.
    E|-----------------------------------------2-1-3-4-----------------------------------------|
    B|---------------------------------2-1-3-4---------2-1-3-4---------------------------------|
    G|-------------------------2-1-3-4-------------------------2-1-3-4-------------------------|
    D|-----------------2-1-3-4-----------------------------------------2-1-3-4-----------------|
    A|---------2-1-3-4---------------------------------------------------------2-1-3-4---------|
    E|-2-1-3-4-------------------------------------------------------------------------2-1-3-4-|

    XII.
    E|-----------------------------------------2-1-4-3-----------------------------------------|
    B|---------------------------------2-1-4-3---------2-1-4-3---------------------------------|
    G|-------------------------2-1-4-3-------------------------2-1-4-3-------------------------|
    D|-----------------2-1-4-3-----------------------------------------2-1-4-3-----------------|
    A|---------2-1-4-3---------------------------------------------------------2-1-4-3---------|
    E|-2-1-4-3-------------------------------------------------------------------------2-1-4-3-|

    XIII.
    E|-----------------------------------------3-4-1-2-----------------------------------------|
    B|---------------------------------3-4-1-2---------3-4-1-2---------------------------------|
    G|-------------------------3-4-1-2-------------------------3-4-1-2-------------------------|
    D|-----------------3-4-1-2-----------------------------------------3-4-1-2-----------------|
    A|---------3-4-1-2---------------------------------------------------------3-4-1-2---------|
    E|-3-4-1-2-------------------------------------------------------------------------4-5-1-2-|

    XIV.
    E|-----------------------------------------3-4-2-1-----------------------------------------|
    B|---------------------------------3-4-2-1---------3-4-2-1---------------------------------|
    G|-------------------------3-4-2-1-------------------------3-4-2-1-------------------------|
    D|-----------------3-4-2-1-----------------------------------------3-4-2-1-----------------|
    A|---------3-4-2-1---------------------------------------------------------3-4-2-1---------|
    E|-3-4-2-1-------------------------------------------------------------------------3-4-2-1-|

    XV.
    E|-----------------------------------------3-1-2-4-----------------------------------------|
    B|---------------------------------3-1-2-4---------3-1-2-4---------------------------------|
    G|-------------------------3-1-2-4-------------------------3-1-2-4-------------------------|
    D|-----------------3-1-2-4-----------------------------------------3-1-2-4-----------------|
    A|---------3-1-2-4---------------------------------------------------------3-1-2-4---------|
    E|-3-1-2-4-------------------------------------------------------------------------3-1-2-4-|

    XVI.
    E|-----------------------------------------3-1-4-2-----------------------------------------|
    B|---------------------------------3-1-4-2---------3-1-4-2---------------------------------|
    G|-------------------------3-1-4-2-------------------------3-1-4-2-------------------------|
    D|-----------------3-1-4-2-----------------------------------------3-1-4-2-----------------|
    A|---------3-1-4-2---------------------------------------------------------3-1-4-2---------|
    E|-3-1-4-2-------------------------------------------------------------------------3-1-4-2-|

    XVII.
    E|-----------------------------------------3-2-1-4-----------------------------------------|
    B|---------------------------------3-2-1-4---------3-2-1-4---------------------------------|
    G|-------------------------3-2-1-4-------------------------3-2-1-4-------------------------|
    D|-----------------3-2-1-4-----------------------------------------3-2-1-4-----------------|
    A|---------3-2-1-4---------------------------------------------------------3-2-1-4---------|
    E|-3-2-1-4-------------------------------------------------------------------------3-2-1-4-|

    XVIII.
    E|-----------------------------------------3-2-4-1-----------------------------------------|
    B|---------------------------------3-2-4-1---------3-2-4-1---------------------------------|
    G|-------------------------3-2-4-1-------------------------3-2-4-1-------------------------|
    D|-----------------3-2-4-1-----------------------------------------3-2-4-1-----------------|
    A|---------3-2-4-1---------------------------------------------------------3-2-4-1---------|
    E|-3-2-4-1-------------------------------------------------------------------------3-2-4-1-|

    XIX.
    E|-----------------------------------------4-1-2-3-----------------------------------------|
    B|---------------------------------4-1-2-3---------4-1-2-3---------------------------------|
    G|-------------------------4-1-2-3-------------------------4-1-2-3-------------------------|
    D|-----------------4-1-2-3-----------------------------------------4-1-2-3-----------------|
    A|---------4-1-2-3---------------------------------------------------------4-1-2-3---------|
    E|-4-1-2-3-------------------------------------------------------------------------4-1-2-3-|

    XX.
    E|-----------------------------------------4-1-3-2-----------------------------------------|
    B|---------------------------------4-1-3-2---------4-1-3-2---------------------------------|
    G|-------------------------4-1-3-2-------------------------4-1-3-2-------------------------|
    D|-----------------4-1-3-2-----------------------------------------4-1-3-2-----------------|
    A|---------4-1-3-2---------------------------------------------------------4-1-3-2---------|
    E|-4-1-3-2-------------------------------------------------------------------------4-1-3-2-|

    XXI.
    E|-----------------------------------------4-2-1-3-----------------------------------------|
    B|---------------------------------4-2-1-3---------4-2-1-3---------------------------------|
    G|-------------------------4-2-1-3-------------------------4-2-1-3-------------------------|
    D|-----------------4-2-1-3-----------------------------------------4-2-1-3-----------------|
    A|---------4-2-1-3---------------------------------------------------------4-2-1-3---------|
    E|-4-2-1-3-------------------------------------------------------------------------4-2-1-3-|

    XXII.
    E|-----------------------------------------4-2-3-1-----------------------------------------|
    B|---------------------------------4-2-3-1---------4-2-3-1---------------------------------|
    G|-------------------------4-2-3-1-------------------------4-2-3-1-------------------------|
    D|-----------------4-2-3-1-----------------------------------------4-2-3-1-----------------|
    A|---------4-2-3-1---------------------------------------------------------4-2-3-1---------|
    E|-4-2-3-1-------------------------------------------------------------------------4-2-3-1-|

    XXIII.
    E|-----------------------------------------4-3-1-2-----------------------------------------|
    B|---------------------------------4-3-1-2---------4-3-1-2---------------------------------|
    G|-------------------------4-3-1-2-------------------------4-3-1-2-------------------------|
    D|-----------------4-3-1-2-----------------------------------------4-3-1-2-----------------|
    A|---------4-3-1-2---------------------------------------------------------4-3-1-2---------|
    E|-4-3-1-2-------------------------------------------------------------------------4-3-1-2-|

    XXIV.
    E|-----------------------------------------4-3-2-1-----------------------------------------|
    B|---------------------------------4-3-2-1---------4-3-2-1---------------------------------|
    G|-------------------------4-3-2-1-------------------------4-3-2-1-------------------------|
    D|-----------------4-3-2-1-----------------------------------------4-3-2-1-----------------|
    A|---------4-3-2-1---------------------------------------------------------4-3-2-1---------|
    E|-4-3-2-1-------------------------------------------------------------------------4-3-2-1-|
    ShabantheGuitarholic​
     
    Last edited: Nov 13, 2012
  9. putra05 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    1,162
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,376 / -6
    semoga berguna buat kalian yg otodidakan/yang masih ga tau nama2 teknik yg kalian mainkan selama ini :em0100:




    40 guitar techniques in one solo​

    Guitar tab included
    [video=youtube;4M_k01zIbVM]http://www.youtube.com/watch?v=4M_k01zIbVM[/video]​
    Techniques covered

    - hammer on (part 1) - 5:20
    - pull off (part 1) - 5:20
    - alternate picking (part 2) - 5:48
    - strumming (part 3) - 6:26
    - natural harmonics (part 4) - 6:50
    - artificial harmonics (part 4) - 6:50
    - finger picking chords (part 5) - 7:26
    - octave playing (part 6) - 8:04
    - normal legato (part 7) - 8:41
    - strict legato (part 7) - 8:41
    - pre bends (part 8) - 9:17
    - normal bending (part 8) - 9:17
    - micro bending (part 9) - 9:45
    - trills (part 10) - 10:02
    - thumb thang (part 11) - 10:22
    - double stops (part 12) - 10:41
    - vertical vibrato (part 13) - 11:02
    - horizontal vibrato (part 13) - 11:02
    - circular vibrato (part 13) - 11:02
    - wild vibrato (part 13) - 11:02
    - one hand tapping (part 14) - 11:31
    - 2 hand tapping (part 14) - 11:31
    - sweep picking (part 15) - 12:08
    - funk scratching (part 16) - 12:32
    - slapping & popping (parts 17, 18, 19) - 13:24 , 13:37 , 13:57
    - banjo roll (parts 20, 21) - 14:17 , 14:45
    - chicken picking (part 22) - 15:14
    - volume knob/violin effect (part 23) - 15:45
    - tremolo picking (part 24) - 16:17
    - slides (part 24) - 16:17
    - heavy downpicking (part 25) - 16:58
    - palm muting (part 25) - 16:58
    - pinch harmonics (part 26) - 17:40
    - tapped harmonics (part 27) - 18:05
    - switch toggling (part 27) - 18:05
    - Greg Howe Style/glissando vibrato (part 28) - 18:36
    - nut/neck/whammy vibrato (part 29) - 19:02
    - hybrid picking (part 30) - 19:25
    - string skipping (part 30) - 19:25
    - fast picking and mixed techniques (parts 31-40) - 20:04 +



    gw cuman pake prince STC 34X :malu vs strato plus natural ash,
    buat akustikan gillmore GA01-EQ

    @nunoobey , kalo maen ke jogja coba mampir Keke Guitar Workshop
    harga ga tanggung2 sangar :puyeng:
     
    Last edited: May 4, 2013
  10. nunoobey MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 12, 2011
    Messages:
    4,328
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +164,800 / -1
    ow gt om...harga gk nanggung2 ntu artix...murah/mahal :puyeng:
     
  11. putra05 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    1,162
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,376 / -6
    bagi gw sih antonimnya murah :beer:
    berkisar 2-4jt'an buat body tele doang terakhir gw nanya :ngacir:
     
  12. nunoobey MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 12, 2011
    Messages:
    4,328
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +164,800 / -1
    ow lumayan ntu om hargax

    :xiexie: infox om
     
    • Like Like x 1
  13. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    List Brand Produk Buatan Dalam Negeri

    Saya share produk dalam negeri yang oke punya! :top:

    Guitars:



    Pickups:



    Hardwares & Accessories:



    Effects Pedals:



    Ampilfier:

     
    Last edited: Nov 13, 2012
  14. putra05 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    1,162
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,376 / -6
    moderatore piye toh iki :puyeng:
    mending taruh page wan aja ini & yg pattern fingering di kasih supoiler atuh akang
     
  15. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    Pageone mending buat index konten thread ini. :unyil:

    Btw kepanjangan ya pattern-nya, udah dispoiler skrng. :lol:

    Saya mau kasih rekomendasi buat iVee, Ganee Pickups, Aldrige Empire, Rick's Custom Hotbox. :top:
     
  16. putra05 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    1,162
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,376 / -6
    bang saban, itu custom platesnya pake bahan apa ?
     
  17. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    saya lupa, yg pasti yg paling murah. yg 700 perak/cm persegi. soalnya sebelum mesen saya tanya bahan yg paling murah apa. :lol:

    lumayanlah bahannya, cuma kekurangannya klo kena keringet atau air harus langsung dilap sampe kering. klo ga dilap, langsung korosi/karat gtu, karatnya warna putih. tapi nanti klo bikin disana dikasih bahan pembersihnya kok, namanya langsol. dan klo udah karatan emang agak susah ilanginnya, apalagi yg disela2 etching.
     
  18. putra05 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    1,162
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,376 / -6
    emang disana nyediain berapa bahan ?
    karat warna putih, logam apaan ya :iii:
    baru denger :puyeng:
     
  19. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    wah saya gtau berapa bahan, karatnya tuh kaya putih2 mengerak gtu. :hihi:
    coba tanya langsung aja via PM FB, mas Ivan friendly bgt kok. :top:
     
  20. Guk3x M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2012
    Messages:
    1,583
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +663 / -0
    Maut Bro Shaban, Gitarnya keren...:matabelo: Saya dulu pernah 2x bikin gitar custom waktu di Malang tapi pada gagal...:sigh:
    Gitar pertama model Jackson Randy Rhoads pas udah berapa bulan jadi keluar serbuk kayu gitu pas diperbaikin di tempat lain katanya ada kutu kayunya :madesu:
    Gitar kedua model ESP Eclipse setelah beberapa bulan dibelakang neck jadi ada retak...:tega:

    Akhirnya sekarang gitarnya udah sy kasih ke orang yang lebih membutuhkan... Cuma pick up nya yang saya ambil...
    Pick up neck Dimarzio DP-156 Humbucker From Hell, pick up Bridge Seymour Duncan Dimebucker SH-13... Mungkin ada yang mao beli pickupnya....? :lol: Masih bagus dan sangar suaranya.
    Sekarang saya mau nabung buat beli gitar Pabrikan aja sudah... :boong:

    Oya saya sekalian share rangkuman saya dari video lesson Jazz Fusion Improvisation nya Scott Henderson.

    Jazz Fusion Improvisation


    Major7 (chord C major7)

    a. Inside :
    • Scale = C major , G major (Lydian)
    • Pentatonic = A minor , D minor , E minor , B minor
    • Arpeggio = C major7 , G major7 , F# minor7b5 (1 b3 b5 b7)
    • Triad = C major triad , F major triad , G major triad, D major triad
    b. Outside :
    • Scale = A melodic minor (1 2 b3 4 5 6 7) , D major
    • Pentatonic = F# minor
    • Arpeggio = A minor'major7 (1 b3 5 maj7 9)
    • Triad = E major triad


    Minor7 (chord C minor7)

    a. Inside :
    • Scale = Eb major , Bb major (Dorian)
    • Pentatonic = C minor
    • Arpeggio = Eb major7 , A minor7b5 (1 b3 b5 b7) for "minor6 sound"
    • Triad = Eb major triad , F major triad, Bb major triad
    b. Outside :
    • Scale = C melodic minor , Eb melodic minor , C diminished (1 2 b3 4 b5 #5 6 7)
    • Pentatonic = D minor , G minor
    • Arpeggio = C minor'major7 (1 b3 5 maj7 9) , C minor7b5
    • Triad = G major triad , C diminished triad (B major triad then go 4 fret forward and backward)


    Minor7b5 (chord C minor7b5)

    Inside / outside :
    • Scale = C# major (Locrian) , Eb melodic minor (Super Locrian)
    • Pentatonic = Eb minor , F minor
    • Arpeggio = C minor7b5 , Eb melodic minor (7 2 b3 5 7)
    • Triad = Bb major triad , F# major triad , G# major triad


    Dominant 7th (chord C7 or C9)

    Inside / outside :
    • Scale = F major (Mixolydian) for "C9 chord", G melodic minor (C11 chord), C Whole tone scale (augmented scale)
    • Pentatonic = A minor
    • Arpeggio = E minor7b5 (C9 arpeggio) , G minor'major9 (2 b3 5 7), F# minor7b5 (C9 chord)
    • Triad = F# Augmented, Bb Augmented, D Augmented ( only triad )


    Altered C13b9 (natural 13)

    Inside / outside :
    • Scale = C# diminished , Bb melodic minor
    • Pentatonic = C minor
    • Arpeggio = C# diminished (C#, E , G, Bb) , Bb melodic minor (7 2 b3 5 7)
    • Triad = C# diminished triad (C major triad then go 4 fret forward and backward)


    Altered C7#5#9

    Inside / outside :
    • Scale = C# melodic minor
    • Pentatonic = Eb minor , F minor , Bb minor
    • Arpeggio = C# melodic minor , Bb minor7b5
    • Triad = C Augmented triad , E Augmented triad , G# Augmented triad
     
    • Like Like x 26
    Last edited: Nov 19, 2012
  21. Shaban Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,594
    Trophy Points:
    182
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,788 / -0
    Om guk saya mau tanya donk soal outside, maklum saya pengen belajar jazz tp fail bgt ga bisa aplikasinya. Fals mulu. :swt:

    Saya ambil contoh pertama Cmaj7 trus insidenya buat Pentatonic saya ambil A minor. Klo saya biasanya ambil Pentatonic outsidenya dari A minor yg dikurangin stengah atau tambah stengah jadi G# minor Pentatonic atau A# minor Pentatonic tapi kok disitu Pentatonic outsidenya F# minor? Darimana? Saya coba kok malah fals. T_T Trus gmn aplikasinya? Ada contohnya ga? maen di Cmaj7 trus outside F# minor?

    Mohon bimbingannya, saya baru pengen perdalem teknik2 jazz. Maaf jg banyak tanya. :maaf:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.