1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Techno 'Alfin Harjuno Dwiputro' Ubah Tembakau Jadi Pengusir Nyamuk

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by freesiaflo, Dec 21, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. freesiaflo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 4, 2014
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +6 / -0
    [​IMG]

    Ada yang spesial dari acara International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang digelar di Jakarta hari ini, Sabtu, (1/11/2014). Alfin Harjuno Dwiputro, salah satu peserta kelahiran Temanggung, Jawa Tengah ini berhasil menghadirkan teknologi pengusir serangga berbahan dasar tembakau. Selama ini penggunaan tanaman tembakau di Indonesia masih kontroversial. Pasalnya tanaman ini merupakan bahan utama pembuatan rokok yang kini semakin gencar dilarang peredarannya oleh Departemen Kesehatan RI. Namun, di tangan Alfin, batang kayu dan bunga tembakau bisa disulap menjadi pengusir nyamuk.

    "Karena kampung halaman saya di Temanggung merupakan salah satu daerah yang banyak perkebunan tembakau, kayu dan bunga setelah panen itu jadi limbah. Paling dibakar atau dibiarkan saja di pinggir jalan. Saya ingin sekali memanfaatkan itu supaya nggak jadi sampah," ujar Alfin, dikutip dari Detik.com.

    Alfin menjelaskan bahwa bahan dasar teknologi pengusir serangga buatannya ini merupakan kayu dan bunga tembaka yang ditumbuk hingga halus hingga berbentuk serbuk yang nantinya akan dicampur dengan air selama satu malam. Ramuan tembakau tersebut kemudian dicampur dengan alkohol 70 persen.

    "Jadi 70 gram hasil tumbukan tadi dicampur air sebanyak 4 liter. Setelah didiamkan semalam baru ditambahkan alkohol 70 persen sebanyak 10 ml," tandasnya.

    Agar tak perlu repot menyemprotkan cairan tembakau tersebut. Alfin juga telah menciptakan sebuah teknologi pewangi ruangan yang dimodifikasi. Dengan bahan dasar antena televisi bekas yang dilengkapi mikrofon mungil, Alfin menyematkan sensor yang secara otomatis akan mengirim sinyal melalui transmitter dan diterjemahkan sebagai perintah untuk menyemprotkan cairan tembakau.

    [​IMG]

    "Jadi nyamuk itu frekuensi suaranya kan 300-500 heartz. Mikrofon ini dipasang untuk menangkap suara itu lalu mengirim impulse yang diterjemahkan sebagai perintah untuk menyemprot," urainya.

    Teknologi yang diterapkan Alfin ini sangatlah ramah lingkungan. Selain menggunakan bahan dasar dari alam yaitu batang dan daun tembakau, ia juga menggunakan teknologi yang terbuat dari barang bekas yang ditenagai oleh baterai 5 volt yang bisa dibeli di minimarket atau toko terdekat.


    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. jengkelinih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    9,380
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,080 / -1
    Wah.. keren nih.. harus segera dipatenkan nih biar nggak dicuri idenya ..

    Secepatnya kalo bisa diproduksi massal aja biar bisa membasmi nyamuk dengan bahan ramah lingkungan gini
     
  4. bebewicaksono Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 30, 2012
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    Saik nih pake sensor suara. Keren anak bangsa
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.