1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Air Isi Ulang Sebaiknya Dimasak Lagi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Oct 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Membeli air yang bisa langsung diminum di depot-depot isi ulang air minum makin diminati masyarakat. Tapi sebaiknya, air yang dibeli dari depot dimasak lagi sebelum diminum.

    [​IMG]

    Meski depot-depot air isi ulang tersebut mendaur air bersih dengan standar yang ada menggunakan alat penyaring seperti ultraviolet atau bahan lainnya, namun belum jaminan bakteri-bakteri terutama E.c*li akan hilang.

    "Rata-rata 50 persen air isi ulang tersebut mengandung bakteri E.c*li, karenanya masyarakat disarankan untuk memasaknya kembali sebelum diminum," ujar Dr R Budi Haryanto, SKM, MKes, MSc dalam acara Unilever Pureit: Teknologi Pemurni Air Siap Minum Terlindung dari Kuman berbahaya Penyebab Penyakit di Planet Hollywood, Jakarta, Selasa (19/10/2010).

    Budi menuturkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa FKM UI tahun 2009 di daerah Cimanggis, Jawa Barat diketahui bahwa air depot isi ulang mengandung bakteri E.c*li dan berhubungan dengan diare pada bayi yang mengonsumsinya.

    "Risiko bayi terkena diare 3 kali lebih tinggi pada bayi yang mengonsumsi air isi ulang dibandingkan dengan bayi yang tidak mengonsumsi. Hal ini karena biasanya air tersebut langsung diminum," ujar dosen FKM UI.

    Diare menduduki peringkat kedua sebagai penyebab
    kematian balita dan balita yang minum air tercemar akan memiliki risiko lebih tinggi. Fenomena ini menunjukkan pentingnya metode pengolahan air yang efektif dan efisien, sehingga air yang dikonsumsi bisa terbebas dari mikroorganisme berbahaya.

    Budi menuturkan proses yang digunakan oleh depot isi ulang tersebut sebenarnya sudah benar, dan penyaring yang digunakan seperti ultraviolet memang bisa digunakan menyaring bakteri atau senyawa kimia yang terdapat di dalam air.

    "Tapi permasalahannya adalah siapa yang bisa menjamin bahwa penyaring tersebut diganti secara teratur, karena biasanya yang menjaga depot bukanlah sang pemilik yang sudah mendapatkan training tapi orang lain. Untuk itu pengawasannya harus diperketat," ungkap dosen yang lahir di Malang 51 tahun silam.

    Jika masyarakat masih mengonsumsi air isi ulang yang berasal dari depot-depot, maka sebaiknya air tersebut dimasak kembali atau dilewatkan pada dispenser yang air panas untuk mengurangi kontaminasi bakteri.

    sumber:detikHealth

    no offense ...:peace:

    ~TAMBAHAN~

    hmm...menurutku
    1. ada 2 pilihan dalam mengkonsumsi air. pertama kita beli air PAM(mentah pastinya) lalu kita masak. Kedua beli air isi ulang di yg terpercaya, jangan lihat karena harganya murah lalu kita mengesampingkan kualitas. Banyak diantara kita punya galon Bermerek(AQ*A; Vi*; dll) melakukan isi ulang di depot2 air tak resmi.
    beli air isi ulang kemudian direbus(ini baru kurang efisien).

    2. Yg dimaksud depot air isi ulang di artikel atas adalah depot isi ulang yg tidak resmi(yg sekarang lg menjamur) yg kisaran harga/galonnya 4-5rb rupiah. Contoh: kita punya galon bermerek si ANU, kita isi ulang di depot yg bukan depot resmi si ANU.

    3. dampak air yang tidak bersih / mengandung strain e-c*li(patogen e-c*li), dll bagi orang dewasa hampir sama dengan balita. Bedanya kalau balita lebih gampang terkena penyakit karena kekebalan tubuh masih lemah. Makannya disarankan untuk balita meminum air yg bersih dan sehat...(mau itu air PAM, isi ulang asal bersih dan sehat)

    maaf kalu ada yg kurang berkenan..
    :maaf:

    btw, sedikit info cara mengetahui kualitas air -->disini
     
    Last edited: Feb 28, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. teuku_robby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,582
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,820 / -0
    Mendingan masak sendiri air dari PDAM, daripada harus beli terus dimasak lagi, gg ada kerjaan banget :lol:
     
  4. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    tetangga gw di rumah lebih ga da kerjaan lagi. Air AQ*A galon asli dia beli trus dimasak lagi..
    :swt:.

    t e r l a l u... . .

    :lol:
     
  5. kleferi301 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 14, 2009
    Messages:
    887
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +18,056 / -0
    hmm, memang b agus sih buat jaga2, tapi kayaknya kurang efisien tuh..
    kalo beli air buat diminum sehari2, berarti kita harus ngerebus air dalam jumlah yang cukup banyak dan butuh tempat yang besar pula, ambil/ekstrak air dari galon juga tergolong lama.. belum lagi buat wadah/tempat air yang sudah masak.. gak mungkin kan kita musti ngerebus air setiap mau minum..
    tapi, dampak nya kan terutama buat bayi dan balita tuh? bagaimana dengan usia diluar itu?

    ^atas:
    itu sih......... susah dideskripsikan..
     
  6. teuku_robby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,582
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,820 / -0
    Kualitas tu merek emang perlu dipertanyakan :yareyare: apanya air murni dari hasil 7X penyaringan, gw pernah nemu kotoran dalam tu produk :swt:
     
  7. asubasi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 9, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    e.c*li bukanya bakteri yang banyak di tok*i ye??
     
  8. kleferi301 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 14, 2009
    Messages:
    887
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +18,056 / -0
    hmm, disini banyak rumor kalau ada produk palsu nya tuh... sama rumor kalau tempat nyimpennya rada kotor dan nyimpennya ga bener, makanya banyak tuh galon2 yang kotor kena tanah segala macam.. dan pengalaman juga kadang kalau beli kok rasanya itu aneh gmana,, pokoknya beda aja dari biasanya.. tapi kalo selain galon kayaknya jarang ada masalah tuh..
     
  9. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    hmm...menurutku
    1. ada 2 pilihan dalam mengkonsumsi air. pertama kita beli air PAM(mentah pastinya) lalu kita masak. Kedua beli air isi ulang di yg terpercaya, jangan lihat karena harganya murah lalu kita mengesampingkan kualitas. Banyak diantara kita punya galon Bermerek(AQ*A; Vi*; dll) melakukan isi ulang di depot2 air tak resmi.
    beli air isi ulang kemudian direbus(ini baru kurang efisien).

    2. Yg dimaksud depot air isi ulang di artikel atas adalah depot isi ulang yg tidak resmi(yg sekarang lg menjamur) yg kisaran harga/galonnya 4-5rb rupiah. Contoh: kita punya galon bermerek si ANU, kita isi ulang di depot yg bukan depot resmi si ANU.

    3. dampak air yang tidak bersih / mengandung strain e-c*li(patogen e-c*li), dll bagi orang dewasa hampir sama dengan balita. Bedanya kalau balita lebih gampang terkena penyakit karena kekebalan tubuh masih lemah. Makannya disarankan untuk balita meminum air yg bersih dan sehat...(mau itu air PAM, isi ulang asal bersih dan sehat)

    maaf kalu ada yg kurang berkenan..
    :maaf:

    btw, sedikit info cara mengetahui kualitas air -->disini
     
    Last edited: Oct 19, 2010
  10. 1it2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +46 / -0
    baktery ecoli kan diperlukan sama tubuh . .bakteri ini lah yang membuat makanan menjadi kotoran . .intinya backteri e c*li ini akan membusukkan sisa sisa makanan di dalam tubuh dan merubahnya menjadi taik
     
  11. kleferi301 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 14, 2009
    Messages:
    887
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +18,056 / -0
    Well said.:top:

    Tapi kalau air PAM, biasanya terlalu banyak kadar kaporit nya(<--Ini tulisannya bener gak seh?), rasanya jadi gak enak setelah dimasak.. Dan juga orang2 jadi takut tuh, apalagi air PAM lewat pipa, kran segala macem yang gak bisa dijamin kebersihannya.
    Biasanya kalo gak terpaksa banget, kayak warung tutup dimana2 atau kepepet kita bakalan mikir 2 kali buat pake air PAM.

    Tapi kalau diselidiki, sekarang biasanya banyak trend tuh, buat konsumsi langsung tanpa dimasak pake air yang bermerk, trus buat urusan masak atau yang pake diolah dulu, pake air isi ulang.
     
  12. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Memang, E c*li bukan penyebab utama penyakit diare. Namun, ditemukannya E c*li merupakan indikasi awal bahwa suatu medium telah terkontaminasi bakteri-bakteri strains E c*li yang bersifat patogen seperti Shigella, Salmonela, atau Yersinia. Bakteri-bakteri tersebutlah yang menyebabkan diare.

    :rokok:

    Code:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Escherichia_coli_O157:H7
    http://en.wikipedia.org/wiki/Escherichia_coli
    
     
    Last edited: Oct 19, 2010
  13. puredoves Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +38 / -0
    mestinya ada pengawasan nih dari depkes ttg air minum isi ulang ini
    soalnya kan skrg uda menjamur dmn2, dan mestinya dicek rutin sm depkes nih
     
  14. budenx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +576 / -0
    haduh...
    kalo harus dimasak lagi repot T___T
    trus abis dimasak nanti kalo mau masukin ke galon kan susah...
     
  15. Superlivy29 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,691 / -0
    Kalau yang resmi dari perusahaan air minum si biasanya ane ga masak lagi. Tapi kalau yang di depot isi ulang itu meragukan deh, airnya ntah udah mateng/belum, nyuci galonnya juga kayaknya nggak bersih. Makanya ane ga pernah beli. Kalau kepepet bagusnya tetep dimasak lagi deh...
     
  16. xibi08 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    1,876
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +4,647 / -0
    mo tanya donk kan sekaranga da air refil yang pake disegel algi galonnya sama dikasi obat agar sterill katanya, inis aya temui waktu krisis air baru - baru ini nah saya mau tanya aman gak ya air refil macem ini, kalo ane sih paling buat sikat gigi sama mandi, kalo buat minum belom berani
     
  17. endogkondologit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2011
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    ya mungkin itu untuk yang depot isi ulang di pinggir jalan kali ya..
    tapi kalo yang mereknya udah lumayan terpercaya keliatannya agak aman deh :D
     
  18. R4D14N5 Members

    Offline

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah nggaj recomended untuk yg isi di agen2 isi ulang gans.. ane pernah ngisi air di agen pengisian selang seminggu tuh air di dalam botol keruh and ada hewan seperti larva, sejak saat itu prefer beli yg terjamin / branded mahal dikit tapi lebih terjamin
     
  19. refal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    tp untuk daerah yang berkapur lebih bahaya minum dari air masak sendiri, soalnya air yang diminum kandungan kapurnya lebih banyak. banyak tu org yang tinggal ditanah berkapur sakit batu ginjal gara itu.. :yareyare:
     
  20. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,066 / -0
    ga bakalan bikin mati juga kn.. :???:
     
  21. agunglucu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    1,469
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,698 / -0
    ane mah semenjak ga kost,, ga pernah lage bli isi ulang,, tapi pas masih mah langsung aje tenggak:hahai:,, padahal pernah ada rumor ga enak mis: banyak bakteri na, ada tikus mati,, yang penting minum dulu mo moncor ntar urusan belakang :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.