1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Geography & Astronomy Ada Sungai di Bawah Sungai Amazon

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ghombalz, Aug 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ghombalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,468 / -0
    [​IMG]

    Ilmuwan Brazil menemukan eksistensi sungai bawah tanah yang mengalir sepanjang 6.000 kilometer. Uniknya, sungai ini mengalir di bawah Sungai Amazon.

    Keberadaan sungai itu ditemukan berkat proyek penelitian yang dilakukan di 241 sumur milik perusahaan minyak, Petrobras, yang menggali wilayah Amazon pada tahun 1970-an hingga 1980-an, untuk mencari potensi kandungan minyak mentah.

    Sungai bawah tanah itu mengalir di kedalaman 4.000 meter dengan aliran yang yang sama dengan Amazon. Jika dikalkulasi, sungai bawah tanah itu mengalirkan 3.000 meter kubik air tiap detiknya.

    Atau dengan kata lain, aliran sungai itu hanya 3 persen dari aliran Amazon yang berhulu di hutan Peru dan bermuara ke Atlantik di utara Brazil. Dengan panjang 6.800 kilometer, Amazon dinobatkan menjadi sungai terpanjang di dunia.

    Para ilmuwan menamakan sungai itu, Hamza, sebagai bentuk penghormatan bagi ilmuwan asal India, Valiya Mannathal Hamza, yang mendedikasikan hidupnya mempelajari wilayah Amazon selama lebih dari empat dekade, sekaligus ketua tim peneliti.

    Indikasi keberadaan sungai tersebut dipresentasikan sendiri oleh Valiya Hamza dari Observatorium Nasional, Brazil. Menurut dia, "informasi termal" yang dimiliki Petrobas memungkinkan tim peneliti mengidentifikasi pergerakan sungai bawah tanah.

    Temuan itu dipresentasikan minggu lalu di Rio de Janeiro dalam sebuah pertemuan yang dihelat Brazilian Geophysical Society.

    Hamza menambahkan, sungai bawah tanah mengalir dari barat ke timur berarti, hutan hujan Amazon punya dia sistem drainase, Sungai Amazon dan Sungai Hamza.

    Hamzah menekankan bahwa hasil studi ini baru kesimpulan awal. Timnya berharap akan mengkonfirmasi aliran bawah tanah pada akhir 2014. Namun, dia menolak berkomentar soal dampak ekonomi dan lingkungan dari sungai bawah tanah di hutan hujan Amazon.

    Sumber: FOXNews, ABC, VIVAnews
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. IchBinGilang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2011
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Makin lama amazon makin keren aja. Dulu suku yg serba merah, sekarang Sungai bawah tanah.... HEBATTTTTTTTTTTT
     
  4. PzGren M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +6 / -0
    Sungai bawah tanah y? :iii:
    Klo laut yang di bawah tanah itu gmn ceritanya, apa jangan2 ada negeri bawah tanah :hehe:
     
  5. cecel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2011
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kayaknya itu sudah ada di beberapa tempat ga hanya di amazone aja
     
  6. RISQ M V U

    Offline

    Luckiest One

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    23,241
    Trophy Points:
    253
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +85,619 / -2
    rahasia alam itu emang luar biasa...tp masih sedikit sekali manusia yg berpikir ttg Penguasa segalanya... :rokok:
     
  7. crazy4fun M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,828 / -0
    Masih ada piranha nya nga tuh di sungai yg di bawah sungai amazonnya :bingung:
     
  8. jarmen_kerll M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +27 / -1
    sungai bawah sungai?? gmana modelnya ya??
    apa dibawah sungai amazon ada lapisan tanah dulu baru dibawah lapisan tanah itu ada sungai begitu????
     
  9. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,041 / -7
    ini sungai bawah sungai nya sejenis kyk yg ada di meksiko itu bukan? jadi, sungai nya itu adalah lapisan hidrogen sulfida...:???:
     
  10. diabetes M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 19, 2011
    Messages:
    3,327
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +9,946 / -7
    sungainya dalem banged sampe 4000meter :blink:
    mengalirnya menuju laut juga ga yah :???:
     
  11. suryaxpc M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 10, 2011
    Messages:
    3,238
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +128,988 / -0
    mungkin ini sungai purba kali ya? :bingung:
    soalnya kedalamannya aja 4000 m bener ga ya??
     
  12. teddi_leo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +60 / -0
    waduh di amazon masih ada sungai lagi...

    ada fauna apa lagi disana:ogmatabelo:...

    amazon makin lama makin mengerikan..
     
  13. dira804 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    dengan ditemukannya sungai bawah tanah ini, makin menambah daftar misteri sungai amazon, tapi hebat juga tim peneliti itu yah, mampu melakukan ekspedisi di sungai amazon yg terkenal dengan cerita2 mistisnya.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.