1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Samsung Monte S5620 Review

Discussion in 'Free Talk Zone' started by Roefy, May 27, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Roefy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    61
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,118 / -0
    [​IMG]

    VIVAnews - Setelah maraknya penggunaan smartphone dengan metode input keyboard Qwerty, Samsung meyakini tren ke depannya adalah ponsel pintar dengan layar sentuh. Hal itu dibuktikannya dengan meluncurkan Samsung S5620 atau Samsung Monte.

    Memasuki April silam, produsen ponsel terbesar kedua di dunia setelah Nokia itu memboyong Samsung Monte ke pasar ponsel Tanah Air. Langkah ini, diakui Samsung, karena tidak ingin kehilangan pasarnya di kategori ponsel layar sentuh.

    "Kalau di segmen pasar tertentu kami tidak bermain di dalamnya dan hanya ada produsen lain, meskipun segmennya kecil, kami akan kehilangan pasar tersebut,” kata Fabiant Kayatmo, product marketing senior manager HHP Busines Department Samsung Electronics Indonesia, di sela peluncuran Monte di Jakarta. "Untuk itu, Samsung ingin setidaknya ada satu dua model yang ada di segmen itu," ucapnya.

    Desain, Spesifikasi, dan Fitur
    Samsung Monte merupakan ponsel sentuh dengan layar kapasitif 3 inci resolusi 240x400 piksel yang mendukung 256 ribu warna. Untuk konektivitas, selain mendukung Wi-Fi b/g, ponsel GSM quad band berbobot 92 gram tersebut juga mendukung 3G/HSDPA, Bluetooth 2.1 dan USB 2.0.

    Dengan kemampuan 3,2 megapiksel, kamera mendukung smile detection dan Geo tagging. Aplikasi Google Maps 3.0 tersedia melengkapi fitur GPS yang sudah didukung ponsel bermemori internal 2MB serta eksternal hingga 16GB lewat microSD.

    Di Indonesia, ponsel yang memiliki fitur jejaring sosial dan multimedia lengkap tersebut dilepas di kisaran harga Rp 2,29 juta. Sayangnya, konsumen tidak punya pilihan lain untuk warna. Monte hanya ditawarkan dengan pilihan warna oranye dan hitam, masing-masing dikombinasi dengan warna abu-abu.

    Berikut spesifikasi lengkap dari Samsung Monte:
    Jaringan : HSDPA 3.6Mbps UMTS (900 / 2100)
    EDGE / GPRS (850 /900 / 1800 / 1900)
    Layar : 3.0" 262K WQVGA TFT, kapasitif
    Camera : 3,2 megapiksel
    Video : format H.263, H.264, MPEG4, QVGA @ 15fps
    Audio : Poly 64, SP-Midi, i-melody, MP3, AAC, AAC+, WMA, 3.5 mm ear jack, FM Radio
    Fitur : A-GPS, Wi-Fi, Google Map 3.0, Native SNS Application, Multi Instant Messaging, TouchWiz 2.0 Plus
    Konektivitas : Bluetooth 2.1, USB 2.0
    Memori : internal: 200MB / eksternal: MicroSD (up to 16GB)
    Size : 10,8 x 5,3 x 1,2 cm / 92 gram
    Baterai : 1000 mAh

    Ujicoba
    Pada tampilan muka, pengguna akan disajikan layar besar dengan User Interface (UI) kapasitif yang menarik. Pada bagian bawah layar dilengkapi dengan tiga tombol sentuh, yakni Keypad untuk menekan nomor tujuan, Phonebook untuk membuka daftar telepon, Menu untuk masuk ke pilihan yang lebih luas.

    Jika memilih Menu, Anda akan sajikan tiga halaman berupa ikon-ikon aplikasi dan setup. Misalnya, ikon aplikasi Facebook, MySpace, Internet, Music Player, Camera, IM, Calendar, Setting, hingga Games. Seluruh ikon bisa dikustomisasi pada tiga halaman yang tersedia.

    Sehingga, Anda memungkinkan untuk menaruh ikon yang penting di halaman pertama, ikon hiburan di halaman kedua, atau menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang kurang perlu.

    Kembali ke tampilan muka, pada bagian atas layar, tersedia tombol sentuh Widget. Kali ini, Anda bisa mengkustomisasi widget apa saja yang Anda butuhkan di tampilan muka. Tampilan muka Samsung Monte tersedia tiga halaman, sehingga Anda bisa memilih widget apa yang ingin Anda masukkan ke masing-masing halaman, mulai dari Facebook, Twitter, YouTube, MySpace, CNN, Yahoo!Search, Yahoo!Finance, Weather, Jam, Kalender, Profil, dan beberapa lainnya.


    Untuk kualitas layar sentuh, kami terpaksa bilang cukup. Monte masih belum bisa disejajarkan dengan ponsel layar sentuh sekelas iPhone atau HTC Touch. Untuk kinerja prosesor pun demikian, tak terlalu cepat atau lamban.

    Saat menjajal kameranya yang berkemampuan 3,2 MP, gambar yang dihasilkan Monte lumayan baik. Jika mengambil gambar pada komposisi cahaya yang cukup, hasilnya akan tajam dengan komposisi warna yang sederhana. Namun, jika di malam hari, kendati terbantu dengan night mode, jika pada situasi minim cahaya, hasilnya pas-pasan. Pada hasil jepret akan muncul bintik-bintik (grained).

    Sementara untuk fungsi rekam video, tidak ada yang spesial. Kompresi dan hasil rekam cukup baik dengan semestinya. Hanya saja belum mendukung video HD (high-definition).

    Untuk suara, Monte mampu menghasilkan suara jernih dengan tingkat noise (bising) yang kecil, balance, dan surround, baik melalui speakerphone maupun ear phone. Hal ini disinyalir karena Monte telah dilengkapi efek sound tambahan bernama SoundAlive, yana mana fungsinya mirip dengan DNSe (Digital Natural Sound engine) yang mengoptimalkan kualitas suara.

    Namun, berdasarkan ujicoba VIVAnews, dengan earphone Sennheiser, kualitas suara yang dihasilkan bisa jauh lebih baik. Ini berlaku saat melakukan panggilan atau hanya sekadar mendengarkan musik atau memutar film pendek.

    Satu kelebihan Samsung Monte dibandingkan ponsel layar sentuh lain, yang harganya berada di level Rp 2 jutaan, adalah kemampuan Internet yang stabil dan di atas rata-rata. Untuk ponsel dengan harga Rp 2 juta, kemampuan akses data hingga 3.5G HSDPA (3,6 Mbps) adalah luar biasa. Dan, hal ini benar-benar teruji.

    Selama seminggu VIVAnews menjajal ponsel ini, akses Internet yang disuguhkan Monte cukup stabil, jarang putus atau idle, dan tidak menyedot banyak pulsa. Namun, untuk video YouTube, masih seringkali putus sambung (buffering), meski resolusi sudah diperkecil secara otomatis. Kemungkinan besar karena kecepatan Internet operator seluler di Indonesia masih terbatas.

    Monte mampu mengatur GPRS secara otomatis sesuai dengan kartu SIM yang terpasang. Ketika diuji, VIVAnews memakai kartu SIM Indosat IM3. Setting GPRS mudah dan otomatis. Tetapi, untuk Wi-Fi, Monte tidak bersahabat. Sangat sulit untuk membuka koneksi antara Monte dan koneksi Wi-Fi yang tersedia. Hal ini sudah dilakukan di sejumlah tempat.

    Kelebihan:
    - Bobotnya ringan dengan desain sederhana
    - Koneksi Internet stabil, jarang terputus
    - Pilihan widget variatif dan terus bertambah

    Kekurangan:
    - Layar sentuh kurang responsif
    - Sangat sulit setting akses Wi-Fi
    - Kemampuan baterai terbatas, hanya 960 mAh, kurang untuk pemakaian Internet aktif. (art)

    • VIVAnews
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. TeDz2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2008
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    keren bgt nih hape gan.. sayng batere ny ga kuat..
    nice info gan
     
  4. anyar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 16, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Klo menurut ane touchscreennya bagus aja tuh lebih bagus dari nokia 5230 deh,lebih lebut..
    tpi emg klo jarinya gede2 kadang jadi susah..:piss:
     
  5. Ndan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +576 / -0
    Monte yah, untuk ukuran hp seharga 2 jutaan Monte termasuk bagus. Review dari saya, layar sentuhnya bagus, suaranya jernih cuma saya lebih prefer kualitas sound Sony Ericsson, tahan banting (Monte saya dah beberapa kali jatuh dari ketinggian sepinggang dan sama sekali ga hang, dan restart sendiri), layarnya kuat dan anti gores, bisa gonta ganti font (sayang cuma ada 3 pilihan), hasil kameranya bagus bahkan di malam hari, sayangnya ga ada flash, batere kurang kuat, dan belum mendukung multitasking (harus upgrafde fw dulu), widgetnya sedikit, buka tutup belakang agak susah
     
  6. DonLeon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    986
    Trophy Points:
    56
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54 / -0
    batrenya itu loh ga nguatin.........
     
  7. myvinot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    thanks reviewnya...
    kk gw mo beli ni hape,hbs dia suka bngt ma samsung.kok si samsung bln ini blm munculin produk br lg yah yg sekelas??
    batrenya bgsan mana ma samsung star??
     
  8. crazy4fun M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,251
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,839 / -0
    HP ini pake OS nga yah :???:
     
  9. myvinot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    enggak k, hape samsung touchscreen yg pake OS sih high-end semua macam omnia ma innov8.
    sisanya cuman type B7320,itu lho yg model BB....(sumber:tabloid sinyal edisi terbaru)
     
  10. hanvee Members

    Offline

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    ko saya pake wifi nya lancar" aj tuhh..
    bisa donload mp3 + program malah dengan opera mini 5,
    coba cek di auth typenya dan encryption type na,
    kmren di coba di cafe unlimited akses pke WPA dan AES,
    klo kantor yg pake router saya set WPA2 dan TKIP,
    ad hoc OFF (semua)
     
  11. hanvee Members

    Offline

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
  12. hanvee Members

    Offline

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    kalo baterai tergantung daerah gampang sinyal ato terpencil..
    kalo susah sinyal bakal boros,
    klo kaya sinyal bisa 2 hari tuh :D
    tinggal di set ajja di setingan hp na..
     
  13. hanvee Members

    Offline

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    kalo baterai tergantung daerah gampang sinyal ato terpencil..
    kalo susah sinyal bakal boros,
    klo kaya sinyal bisa 2 hari tuh :D
    tinggal di set ajja di setingan hp na..
     
  14. shirotail Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    bagusan samsung spica ato wave aja. lbh manteb lg galaxy S :D
     
  15. last_prince M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    374
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +878 / -0
    bisa ditambahin sopwer buat ngedit MS Ofis gak?
     
  16. hikz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    mestinya henpon2 skrng sudah bisa edit MS Ofis kok CMIIW
     
  17. last_prince M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    374
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +878 / -0
    @HIKZ
    ternyata gak bisa bos... hiks (T_T)' (gw dah beli :P )
     
  18. aaggii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    Monte is not bad at all. harganya cepet turun, skr di kisaran 2 juta pas ya?
     
  19. ph03r Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 14, 2008
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    terakhir pas beli akhir agustus 1,8 jt di WTC SBY
     
  20. oikos Members

    Offline

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    masa sih batre nya cepet abis ???
    ane pake kyknya fine2 aja...
    nge-charge bisa 2 hari skali...
    kecuali kalo full gps...apalagi yg susah koneksi ke satelitnya
    kalo pemakaian biasa sih kyknya cukup deh....
     
  21. fajarkurtz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,162
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,474 / -1
    ada garmin buat monte g gan?
    soalnya klo pake google map kena pulsa (jd cepet abis)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.