1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pemberian Vaksin Campak yang Dihirup

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by smkosasih, May 8, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Selama ini vaksin campak masih diberikan dengan cara disuntik ke anak-anak yang terkadang membuatnya takut. Tapi kini tengah dikembangkan vaksin campak yang bisa dihirup (inhalable) sehingga tidak membuat anak menjadi takut dan sakit.

    Meskipun vaksin campak sudah ada sejak lama, tapi sekitar 164.000 anak meninggal akibat penyakit ini di seluruh dunia setiap tahunnya. Pengembangan vaksin ini sendiri memerlukan waktu hingga 5 tahun.

    Vaksin campak ini berbentuk serbuk yang inhalable dan serbuk yang terdapat dalam kantung vaksin merupakan campuran dari 'supercritical' karbondioksida dan bentuk yang lemah dari virus campak.

    Gelembung (bubble) dan tetesan yang mikroskopis akan diproduksi menjadi kering sehingga dapat dibuat serbuk, lalu dimasukkan ke dalam kantong kecil dengan penutup plastik silinder seperti penutup pada botol minuman plastik.

    Penggunaannya dengan cara seseorang mengambil napas dalam-dalam lalu serbuk tersebut akan langsung masuk ke dalam paru-paru. Hal ini dikarenakan penyakit campak menyerang saluran pernapasan.

    Uji klinis vaksin ini terhadap manusia akan mulai dilakukan pada minggu berikutnya, dan vaksinasi ini termasuk dalam pengobatan murah dan mudah karena seseorang hanya menghirup uap yang ada di dalam kantong.

    "Salah satu tujuan kami melakukan proyek ini adalah untuk menyingkirkan penggunaan jarum suntik, karena cara seperti itu bisa menakut-nakuti orang, membuat mereka terluka, menularkan penyakit dan adanya masalah pada sistem pembuangan jarum bekas pakai tersebut," ujar Profesor Robert Sievers, peneliti utama dari University of Colorado, AS, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (7/6/2010).

    Profesor Sievers menuturkan cara vaksin terbaru ini akan sangat berguna dipakai di negara-negara miskin seperti India yang sekitar dua per tiga dari semua kasus kematian akibat campak terjadi di sana.

    "Masalahnya bukan hanya jarum yang bisa menakutkan sebagian orang, tapi jarum ini juga berpotensi menjadi alat penyebaran penyakit di negara-negara miskin ketika orang-orang menggunakan kembali jarum yang sudah dipakai," tambahnya.

    sumber:detikHealth
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. logamterbang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    diih, serem bgt

    trus cara tau jarumnya baru atau lama gmn dunk ?
     
  4. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,232
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +260 / -0
    bagus la. jadi anak2 ga takut lagi buat vaksinasi campak, soalnya kan itu penting banget, dulu gue waktu di vaksinasi campak di suntik di paha, dan hasilnya paha gue bengkak 2 hari sampe jalan aja sulit huehehehe
     
  5. bikanggosong Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +9,279 / -0

    Tenang aja..sekarang pemerintah udah mencanangkan untuk penggunaan spuit dan needle sekali pakai (dissposible/single use). Jadi sekali disuntikin ke badan orang, tu spuit+needle ndak akan bisa dipakai lagi....klo maksa dipake..bakal patah..
     
  6. break777 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    1,163
    Trophy Points:
    196
    Ratings:
    +5,142 / -0
    kpn nih cara vaksin ni nyampe d indo??
     
  7. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,522
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,201 / -0
    bagus neh jadi gak perlu takut suntik lagi, biasanya kan anak-anak paling susah kalo mau disuntik :top:
    jadi gak ada anak yang lari-larian lagi mau kabur gara-gara takut suntik :hehe:
     
  8. singalapar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    obatnya masuk ke paru2 dong???
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.