1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

9 Manfaat Matahari Pagi Bagi Tubuh

Discussion in 'Beauty and Body Care' started by tokovitacov, Oct 9, 2020.

  1. tokovitacov Members

    Offline

    Joined:
    Aug 28, 2020
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]
    9 Manfaat Kesehatan Cahaya Matahari di Pagi Hari, Yuk Keluar Ruangan!

    Di zaman sekarang banyak orang yang berusaha menghindari cahaya matahari dengan alasan takut kulit menggelap. Itu belum ditambah dengan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang selalu berada di dalam gedung dan tak pernah mendapatkan matahari.

    Padahal, jarangnya terpapar cahaya matahari dapat mengundang banyak penyakit ke tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang menunjukkan betapa pentingnya tubuh kita untuk terkena cahaya matahari.


    Mengurangi risiko terkena penyakit

    Kamu pasti tidak sadar, tapi menurut Larkin Hospital, vitamin D yang diberikan matahari dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Dalam sebuah penelitian produksi hormon insulin ternyata memiliki koneksi yang kuat dengan vitamin D. Ada pula yang mengumumkan jika cahaya matahari mengurangi risiko kanker.


    Meningkatkan imunitas

    Telah terbukti jika cahaya matahari memberikan vitamin D dan itu menstimulasi sistem imun tubuh. Ibaratnya seperti pembangkit listrik tenaga surya. Energi surya membuat tubuh kita tahan terhadap infeksi dan melawan penyakit.


    Merendahkan tekanan darah

    Tekanan darah tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan isu kesehatan tersebut dan salah satu cara menghindari hal itu adalah dengan terpapar cahaya matahari. Riset menunjukkan kandungan oksida nitrat yang tersimpan di permukaan kulit bereaksi terhadap cahaya matahari dan membuka aliran darah.


    Meningkatkan kualitas tidur

    Ada sebuah riset yang menyarankan seseorang untuk mendapatkan cahaya matahari di pagi hari agar malamnya dapat tidur dengan nyenyak. Malahan kurang cahaya matahari pagi dapat membuat seseorang sulit tidur dan terbangun di waktu yang diinginkan.


    Mengurangi berat badan

    Berdasarkan Livestrong.com, kekurangan cahaya matahari dapat menyebabkan depresi. Kasus depresi ini sedikit banyak mempengaruhi nafsu makan karena mengurangi produksi hormon serotonin di area hipotalamus yang mana itu mengontrol rasa lapar. Hasilnya, kamu sering merasa lapar dan jika rasa itu dibiarkan maka kamu bisa mendapatkan berat badan berlebih.


    Menyembuhkan penyakit kulit

    Ada sebuah penjelasan dari seorang dokter kulit bahwa cahaya matahari dapat membuat seseorang lebih mudah sembuh dari penyakit kulit. Caranya adalah dengan menarik sel imun untuk ke area permukaan kulit. Sebagai bukti lain, paparan radiasi sinar UV terbukti mampu menangani eksim, gatal dan psoriasis.


    Membuat mata sehat

    Berkebalikan dengan bayangan banyak orang, cahaya matahari tidaklah menyakiti mata kita. Vitamin D yang dihasilkan cahaya matahari malahan meningkatkan penglihatan dan penuaan mata. Semua itu bisa didapatkan asalkan kamu tidak terlalu lama menatap matahari.

    Tulang yang lebih sehat

    Memang benar vitamin D menyehatkan kulit kita. Namun tidak banyak yang tahu jika nutrisi vitamin D tersebut juga dapat membantu tubuh untuk lebih mudah menyerap kalsium. Hal itu berujung kepada kesehatan tulang yang lebih baik.

    Meningkatkan kinerja otak

    Ilmuwan telah menemukan fakta jika vitamin D juga mampu menyehatkan otak. Penelitian yang dilakukan David Llewellyn dari University of Cambridge menunjukkan jika mereka yang rendah vitamin D memiliki fungsi kognitif yang rendah pula.

    Tidak menyangka kan cahaya yang saat ini sering kita hindari malahan memberikan banyak manfaat sebenarnya? Maka dari itu, jangan takut kalau kulitmu gelap. Lebih baik kulitmu sedikit menggelap, tetapi kondisi tubuhmu sehat.

    Sumber: http://www.tokovitacov.com/2020/09/manfaat-matahari-untuk-kesehatan.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. tokovitacov Members

    Offline

    Joined:
    Aug 28, 2020
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Betul kaka yang paling baik itu jam 8 pagi s.d jam 9 pagi, paling cepat 15 menit setiap hari
     
  4. mayangstephanie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10 / -0
    jaman sekarang jadi obatg covid sinar matahari
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.