1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

12 Hak Istimewa Pasien Ketika Di Rumah Sakit Menurut American Hospital Association

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by blacksheep, May 3, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,114 / -0
    Dalam dunia kesehatan, saat ini kita sering mendengar perlakuan yang kurang baik dari beberapa Rumah Sakit. Pihak Rumah Sakit tertentu kurang menjaga hak-hak istimewa seorang pasien ketika dirawat di Rumah Sakit. Padahal semestinya seorang pasien mendapatkan perlakuan serta pelayanan yang terbaik dari pihak Rumah Sakit termasuk pelayanan para dokter serta para perawat. Apakah semua karena profesionalisme pihak manajemen Rumah Sakit yang tidak diperhatikan, ataukah profesionalisme dokter yang belum teruji? Mari kita coba mengevaluasinya.

    Hak-hak serta perlakuan istimewa apa saja yang seharusnya seorang pasien dapatkan dari pihak Rumah Sakit disaat Anda menjadi pasiennya? Menurut American Hospital Association (AHA), terdapat beberapa standar perawatan khusus yang bisa diperoleh semua pasien. AHA telah mengembangkan hukum positif, Patien's Bill of Rights, yang merupakan garis-garis besar baik untuk pasien maupun staf Rumah Sakit.

    Di bawah ini adalah isi peraturan tersebut atau yang lebih dikenal dengan 12 Hak Pasien, yaitu :

    1. Pasien berhak mendapatkan perawatan yang tepat serta penuh perhatian dari pihak manajemen Rumah Sakit.
    2. Pasien berhak memperoleh informasi terbaru dan lengkap dari dokter sehubungan dengan prognosis, diagnosis dan perawatan sehingga pasien mengerti kondisi medis pasien itu sendiri.
    3. Pasien berhak menerima informasi yang diperlukan dari dokter sebagai Informed Consent untuk memulai setiap prosedur dan/atau perawatan yang akan pasien terima.
    4. Pasien berhak untuk menolak perawatan sampai tingkat tertentu yang diijinkan oleh hukum dan berhak mendapat informasi terhadap konsekuensi-konsekuensi medis atas tindakan pasien tersebut.
    5. Pasien berhak mendapatkan privasi sehubungan dengan program perawatan medis pasien itu sendiri.
    6. Pasien berhak meminta bahwa semua komunikasi dan laporan-laporan yang terkait dengan perawatan pasien harus sebagai informasi rahasia.
    7. Pasien berhak mendapatkan perawatan maksimal dalam batas-batas kemampuan pelayanan Rumah Sakit.
    8. Pasien berhak untuk memperoleh informasi mengenai jalinan kerja Rumah Sakit dengan Rumah Sakit/klinik lainnya dan lembaga pendidikan sejauh ada sangkut pautnya dengan penyakit pasien.
    9. Pasien berhak mendapatkan pengarahan jika pihak Rumah Sakit berkeinginan mengadakan atau mengikutsertakan pasien dalam percobaan manusia yang mempengaruhi perawatan atau pengobatan pasien.
    10. Pasien berhak mendapatkan perawatan yang terus menerus dalam batas-batas semestinya.
    11. Pasien berhak mengkaji dan mendapatkan penjelasan tentang tagihan-tagihan medis tanpa mempedulikan sumber pembayarannya.
    12. Pasien berhak mengetahui peraturan-peraturan Rumah Sakit yang telah diterapkan pada seorang pasien.
    Jika ada dari keluarga Anda yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit, hendaknya meminta penjelasan tentang semua laporan medisnya serta berhak mendapatkan pelayanan yang maksimal sesuai standar Rumah Sakit tersebut. Hal ini tentunya demi mendapatkan pelayanan yang terbaik dari pihak Rumah Sakit agar Anda ataupun keluarga Anda tidak dirugikan secara pelayanan.

    Semoga ulasan tentang 12 Hak Pasien menurut American Hospital Association dapat menambah wawasan Anda untuk berani menuntut hak-hak Anda ataupun keluarga Anda sebagai pasien jika suatu saat harus dirawat di Rumah Sakit. Semoga Anda tetap sehat dan bugar selalu!
    Code:
    http://zonanetter.blogspot.com/2010/05/12-hak-istimewa-pasien-ketika-di-rumah.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zangestu87 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +26 / -0
    Nice info mas/mbak. Cuma kadang yang jadi hak kita sendiri kita tidak peduli.
     
  4. socints Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +61 / -0
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    beda yah, di Amrik kan urusan kesehatan semuanya ditanggung asuransi yg sistemnya sudah bagus.
    beda banget sama di sini :swt:
     
  6. joeash Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +756 / -0
    perasaan gak beda ama di Indonesia, pasien aja yg kadang gak mau cari info apa hak2nya, rumah sakit juga dah usaha kasih tahu kok, lihat aja pasti di dinding rs dah pada di tempelin hak2 itu
     
  7. myth73 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,385 / -0
    Yaa jelas aja ada hak istimewanya.
    Koz disana kalo berobat kan mahal, kalo gak punya duit gak bisa.
    Gak ada yang namanya jaminan kesehatan buat orang2 miskin.
    jadinya banyak orang yang nabung buat kalo jaga sakit kayak lewat asuransi kesehatan.
     
  8. guan46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    di sini kelauarga ikutan sakit...mikirin biaya rumah sakit..wkwkw
     
  9. ryudo2012 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    3,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +6,446 / -0
    buat yg berduit seh lebih terjamin..
    kalo yg kalangan bawah di abaikan...
    mana suka terdengar masalah malpraktek di indo ...
    mau jaminan kesehatan gmn jg jd susah di percaya..
     
  10. deyerick Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    tergantung duit juga kalo menurut g,
    pengalaman g waktu sodara g dirawat di salah satu rs di mangga besar...
    pelayanannya asal banget ...susternya jutek... mungkin karena dia dikelas3...

    nah waktu temen g di ruang VVIP... beeuuhh.. dilayanin uda kaya raja...
     
  11. saviany M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    ada lagi:
    pasien berhak memilih prosedur medis yg cocok bagi dia.
     
  12. preman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 14, 2009
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +147 / -0
    wew..baru tahu gwa...
    di indo mah hak pasien berkurang gara2 kurang duit..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.