1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

KERJA SAMA yang AKHIRNYA TRAGIS !!! DARI KISAH NYATA !!!

Discussion in 'CurHat' started by anjingkecil, Apr 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    !!! Kisah ini bedasarkan kisah nyata !!!

    Perkenalkan nama saya Z (disamarkan) (24) << tokoh utama dalam cerita ini
    Saya memeiliki teman dengan nama X (disamarkan) (24)
    Dan 1 orang client nama C (disamarkan) (50++)
    Area kota benar2 dirahasiakan (karena kasus pada cerita sebelumnya ada sedikit jebol)


    Chapter 1 (Cerita dibalik kerjasama tragis)

    Pada suatu hari seorang yang bernama C memanggil saya untuk segera datang ke kantornya.. Dia mengatakan ada pola kolaborasi yang dapat dikerjakan bersama.. Seketika saya binggung karena di satu sisi saya harus bekerjasama, dengan seorang yang umurnya hampir serupa dengan ayah saya.. Dan di sisi lain saya jg belum pernah merasakan apa itu namanya kerja sama.. Yah biasa soalnya saya adalah seorang yang baru saja lulus dan menginjak dunia bisnis belum ganjil 1 tahun..

    Lalu saya segera menuju ke kantor yang dia miliki.. sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan.. Lalu bertemu lah saya dengan dia, pembicaraan pun berlangsung.. Ternyata singkat cerita, dia menginginkan saya berkolaborasi dalam usaha internet marketing.. Yang saya termasuk binggung jg, karena jurusan saya berasal dari bukan IT.. Dan ternyata dia juga adalah seorang dosen arsitek disebuah perguruan tinggi..

    Otomatis sebuah bentuk kerjasama ini membutuhkan seorang orang IT (teknik informatika) yang lebih mengerti tentang seluk beluk komputer..

    Lalu saya mendapat ide untuk mengajak teman saya si X untuk diajak kerja sama, yang kebetulan dia berasal dari IT..

    Hari pertama, saya berdua tetap kebingungan karena membuat sebuah situs itu tidaklah mudah, dan banyak teknik dan artnya jg.. Kita banyak mencari tahu apa inti nya dari sebuah situs itu.. dan gimana mereka mencari duit dari sebuah situs..

    Hari ke 18, kita mulai menemukan titik cerah disini menemukan bahwa sebuah situs itu sangat penting menjadi bagian dari google.. karena dengan google atau yahoo atau situs pencari lainnya.. maka akan menjadi terkenal juga situs..

    Hari ke 52, situs sudah selesai dan lengkap dengan segala macamnya.. termasuk ada album dan lain-lainnya.. tinggal 1 hal yang kurang dari situs ini.. yaitu google adsense (yaitu sebuah program yang katanya bisa menghasilkan duid)

    Hari ke 72, mengalami kegagalan dalam menempatkan google adsense, karena google ads memiliki ketentuan harus memakai bahasa inggris, sedangkan situs yang kami telah selesai buat hanya memiliki bahasa indonesia..


    Chapter 2 (kebenaran dibalik kerjasama tragis)

    Situs yang tidak bisa dirubah menjadi bahasa indonesia adalah karena, ternyata si C (50++) ini menginginkan tetep dengan situs yang berbahasa indonesia karena dengan berbahasa indonesia, dia bisa mendapatkan client.. (karena pekerjaannya berhubungan dengan bahasa indonesia). situs ini jg memang dari awal adalah situs yang berhubungan dengan pekerjaan si C (50++).

    Jadi semula yang situs ini yang penghasilanya dibagi 3 RATA !! akhirnya menjadi kompleks, karena situs ini hanya bisa menerima uang dari client yang ia dapatkan dan otomatis yang mengerti melayani client hanya dia seorang.. Akhirnya situs ini hanya bisa dimakan oleh dia sendiri.. Saya Z (24) dan teman saya X (24) tidak mendapatkan bagian apapun...

    Jadi usaha yang selama ini saya Z (24) kerja bersama X (24), hanya menjadi sia-sia.. Di satu sisi saya sebagai anak muda tidak mengerti kenapa harus memutuskan hubungan secara tidak langsung seperti ini.. Jadi setelah hasil usaha saya selama 2 bulan ini, dia menginginkan bahwa situsnya ini menjadi miliknya sendiri.. Tanpa memberikan apa2 buat saya dan teman saya..


    Ini pembicaraan yang tragis :


    --- Telepon pertama saya menuju si C (50++)


    Z: Jadi bagaimana dengan google adsensenya?

    X: oh google adsensenya, ternyata ga bisa euy.. soalnya harus ada ketentuan yang harus diikuti..

    Z: loh kenapa ga diikuti?

    X: soalnya itu mengharuskan kalo situs kita itu berbahasa inggris, sedangkan situs kita kan bahasa indonesia..

    Z: oh ya sudah kita ganti saja menjadi bahasa inggris..

    X: begini kalo menurut teman saya, dia bilang kalo situs ini sudah terlalu tidak bisa dirubah lg, lebih baik kita bikin baru saja..

    !!! ( loh2 kok aneh yah ada sesuatu kayaknya dibalik ini ) !!!

    Z: kalo begitu saya coba telepon temen saya dulu si X (24), mungkin ini bisa kita bicarakan.


    --- Telepon kedua saya menuju si X (24)


    Z: oi X, ini gimana sih kok jadinya situsnya malah di claim jadi milik dia, dia malah minta kalo kita bikin baru lagi?

    X: iya soalnya katanya itu situs ga bisa ditempelin adsensenya..

    Z: ini kan artinya hasil usaha kita direbut?

    X: iya dia ngambil semua, ya apa boleh buat dia kan lebih tua kali kita gimana mau ngomong apa?

    Z: gw coba ngomong deh sama dia, kayaknya ini uda mulai menginjak jiwa2 muda..

    X: hmm..


    --- Telepon ke ketiga ke C (50++) lg


    Z: Pak, ini menurut saya kok agak jauh sama ketentuan awal kita? soalnya kan kita rencananya 1 situs dulu sampai jalan, kalo gini artinya pembagiannya kan ga bisa kita bertiga lg?

    C: iya betul, sekarang situs itu udah ga dibagi 3 lagi.. kita mah bikin baru aja, yang itu mah biarin aja masih ada client buat saya..

    Z: Loh jadi ini gimana donk dengan pembagian yang situs baru nya? kalo terjadi hal yang sama bagaima...

    !! omongan gw dipotong tiba2 dengan suara keras dia !!

    C: GINI DEH KALO MAU NGOMONGIN MENDING KESINI DULU, BIAR ENAK.. GINI YAH GW KASI TAU LO ITU KALO NGOMONGIN JANGAN DUIT MELULU.. KERJASAMA ITU BUKAN DARI DUIT DIHITUNGNYA.. LO TU YAH ATI2 KALO NGOMONG GW KASI TAU NEEH !! JAGA MULUT LO !! UDAH LO MAU KESINI ATO KAGA TESERAH !!

    !! telepon langsung ditutup !!

    buset dah gw gini kecil2 juga ngerti kali kalo dah mau ditipuin tentang duit..


    Chapter 3 (tragis semakin tak bisa di elakkan)


    Saya dan teman saya langsung bergegas menuju kantor TKP..

    Z: Gimana ini jadinya? oh ya untuk pembicaraan yang tadi saya kurang enak kalo dibilang mata du...

    C: UDAH2 JANGAN OMONGIN YANG BARUSAN.. SEKARANG MAH INI gimana jadinya disini..

    Z: hmm..

    !! keknya dia nyadar dikit (ada perasaan lega dikit) !!

    Z: iya saya mengerti kalo ternyata yang dikerjakan dsini ini terjadi sebuah kegagalan, semestinya ini kita bicarakan dulu donk jgn langsung tembak begini..

    C: Iya ini situs kan ga bisa diubah lagi, toh harus bahasa inggris, tapi kan tetep situs ini cuman bisa laku dengan bahasa indonesia..

    Z: iya saya mengerti kalo bapak harus marah gara2 situs yang tidak bisa ditempeli ads ini.. Saya juga kesel kali ga bisa ditempelin.. tapi ini situs kan milik bertiga, walaupun memang isinya sesuai dengan pekerjaanmu, tapi bukan berarti hasil cuman ke 1 orang..

    C: SAYA MAH DISINI CUMAN MEMBANTU KALIAN YANG MUDA2, TOH SAYA NGERJAIN INI SITUS JUGA HANYA SEBAGAI SAMBILAN.. TOH SAYA NYARI DUIT JUGA BUKAN DARI SINI.. KAMU GIMANA X? MENURUT KAMU GIMANA INI?XX

    X: iya soalnya ini mah kan tinggal nungguin aja kali yang baru nya (sambil binggung geleng2)

    Z: iya jadi maksudnya kan ini situs buat bapak aja kan? kita bikin aja yang baru lagi yang dibagi 3 jadi yang baru doank? gitu kan?

    C: INI MAH KARENA GA BISA DITEMPELIN ADS JADI KITA BIKIN BARU BUAT KALIAN JUGA.. BUKAN BUAT SAYA INI MAH..

    !!! jadi dia itu tetep pengen mendapatkan situs yang saya dan teman saya buatkan dengan gratis !!!
    !!! asal tahu saja jasa pembuatan situs itu 5-6 jt ... tapi saya dan teman saya tidak mendapatkan apa2 !!!

    C: SAYA KALO NGOMONG KERAS BEGINI BUKAN KARENA SAYA MARAH, TAPI EMANG SAYA MAH NADA BICARANYA MEMANG SUDAH SEPERTI INI..

    C: SAYA SALAH APA? APAKAH SAYA SALAH NGOMONG? ENGGA TOH? KITA BIKIN SITUS BARU YANG INI MAH YA SUDAH AJA..

    C: MUMPUNG ADA TEMAN SAYA YANG MAU MEMBANTU UNTUK MENEMPELKAN ADS..

    C: KAMU INI GIMANA SIH, LO GIMANA KATANYA MAU CARI ORANG YANG NGERTI INTERNET MARKETING? MANA BUKTINYA? MANA UDA KETEMU ORANGNYA BELUM? SAMPAI SEKARANG KAN GA ADA HASILNYA?

    Z: Iya jadi inti ngomongnya tadi maksudnya kalo saya ini blom menemukan orang, lama banget sampe membuat lu marah kan? gw ngerti, tapi kita kan butuh orang yang bener2 ngerti seluk beluk, bukan sekedar orang yang sudah berhasil aja..

    C: YA KAMU LAH CARI, KAMU KATANYA UDA JANJI TAPI MANA? KITA INI ORANG KERJA HARUS ADA PATOKAN WAKTU.. JANGAN KAYAK BEGINI..

    Z: Cari orang itu gampang, tapi cari orang yang jago itu ga mudah.. lagian saya kan sudah bilang namanya situs itu dibagi menjadi 2 yaitu server dan situs normal.. selama ini saya blom menemukan temen saya yang membuat server.. saya butuh waktu..

    C: KAMU NGOMONG AJA, MANA BUKTINYA.. UDA SEJAK KAPAN KAMU NGOMONG.. JADI MAUNYA KAPAN? SAYA TUNGGUIN? YA UDAH OKAY SAYA TUNGGUIN SEKARANG.. LO MAUNYA APA GW TUNGGUIN..

    !!! lalu dia ngomong seperti hal yang di atas berulang-ulang, namun kali ini saya tidak membalas 1 katapun dari dia !!!

    !!! yang jadi masalah bukan nada ngomongnya, tapi inti yang diomongkannya.. !!!
    !!! memang ngomong keras2 ke yang muda juga bukan hal yang sopan.. !!!
    !!! tapi tetep inti pembicaraannya jg ga sopan !!!

    gw satu kali lagi dihadapi oleh sebuah fenomena yang keliatannya masih baru bagi gw, yaitu pendominasian sebuah umur, memang sebuah umur yang telah 1/2 abad itu memiliki otoritas yang lebih dari yang muda.. gw cuman bisa mengikuti dan mungkinkah ini menjadi standart dunia bisnis?

    Sekian..
    Terima Kasih sudah membaca..


    Mohon jawabannya, karena saya tetap binggung..:hot:


    !!! kata2 yang ditulis disini sudah lebih diperhalus bahasanya, mungkin dari pembicaraan asli hanya sedikit berubah 20% saja.. !!!
    !!! mohon maaf kalo ada kesalahan penulisan !!!
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. alone1break M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +93 / -0
    ck ck ck.. kaLo di kamus gw bisnis ga da hubungannya ama umur bos..
    mnurut ane kesalahan ini muncuL karena adanya kesepakatan kerjasama tanpa hitam diatas putih..:yareyare:

    kaLo memang niatnya minta dibikinin web kan harus ada fee nya yang jelas abis itu bebas dah mo diapain itu web..:onion-100:

    dari cerita diatas ane gak merasa kaLo si C itu manfaatin umurnya.. :fufufu: tapi ente yang kelewat sungkan..
    orang terpandang ya? jadinya agak segan...

    harusnya ente bisa berani ngomong dengan jelas dan tegas atas hak ente dan temen ente yang uda kerja keras 2bulan ini.. tapi kekna bebaL itu emang dosen :voodoo:
     
  4. cahcah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    630
    Trophy Points:
    221
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16,978 / -1
    haiz...

    kyk gtu y knp msih d tgguin???

    klo udah jelas2 dari sisi finansial udah sangat2 tidak menguntungkan,,,

    bwt ap teruskn???

    lebih baik rugi yg sekarang ini...

    daripada ntar bwt bru lgi ehhhh... trnyata kejadian yg sama terulang lgi???

    ap gk tmbh rugi puooollll itu???


    pikirin masak2 lah lok mw lanjutin itu kerja sama:???:
     
  5. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    yang gw binggung itu apakah semua bentuk kerja sama awalnya memang begini?

    ato gw termasuk 1 dari 1 jt kasus bisnis?

    gampannya sih apakah memang bisnis itu pastinya dominasi spt ini ada?
     
  6. Toppa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +800 / -0
    Kl di baca dr atas, sepertinya agan yg salah. Knp?

    1. Agan lngsng mengiyakan ajakan bisnis tanpa mengetahui berapa besar kira2 penghasilan yg agan terima (istilah kerennya marketing research)

    2. Berbagai bentuk pengeluaran/modal seperti pembuatan web, biaya tenaga kerja dan lain sebagainya ga pernah di hitung <-- ini yg paling fatal.

    3. Tidak pernah terjadi kontrak. Sehingga posisi agan bener2 lemah.

    4. Agan g pernah membahas apa yg harus di lakukan apabila terjadi perselisihan di kemudian hari.

    Pertanyaan gw

    1. Siapa yg mengeluarkan SELURUH biaya untuk pembuatan web?

    2. Kl memang masalahnya cuma masalah bahasa. Biaya penerjemah (kl memang webnya kliatan propesional) tu siapa yg nutupin? Script bwt ngerubah bhs bs di cari koq di luar sana.

    3. Kl memang dia ngambil alih web, kenapa g minta biaya pembuatan web?
     
  7. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    naah itu biaya web ditanggung ber 3.. awalnya.. namun semenjak ga bisa ditempelin ads, dia ingin mengambil semuanya..

    alias mau ngambil semua sahamnya tanpa ada penggantian biaya.. gitu bro..
     
  8. runebook M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    2,287
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,214 / -0
    hmm..
    to the point deh..
    jadi bro pingin tahu apa yg bagusnya dilakukan dengan kondisi sekarang..

    + idealnya si menyanggupi pembuatan situs baru dengan syarat biaya2 pembuatan situs yg lama dikembalikan disertai aturan main yg lebih jelas
    jangan sampai kejadian yg kmarin terulang kembali (ada yg merasa "lebih berperan")

    + jelasin sama C kalo untuk buat situs baru kamu butuh biaya lagi

    + jelasin kalo C
    sementara bro berdua hanya gigit jari
    disini jelasin kalo ga fair rasanya kalo C mau ikut lagi di situs yg baru tanpa membantu meringankan biaya pembuatan situs "pribadi" dia yg lalu
    (masalahnya situs itu bener2 sudah menghasilkan uang blom? ga fair juga kalo ternyata dia ga daped duid dari situs "pribadi"ny)

    + soal pembagian hasil dari situs yg kmarin bro buat, posisi bro agak sulit soalnya:
    tugas bro kan bikin situs, jadi semustinya bro yg lebih tau aturan mainnya di awal2
    soalnya itu adalah tugas dan peran bro

    PS : sebenarnya agak sebel juga sama C
    dia kan sudah jelas banyak makan asem garem
    mau aja nrima aturan "penghasilan situs dibagi 3" begitu saja
    trus baru ngomel belakangan
    kalow ternyata tugas dia lebih berat..
    ksimpulannya pemikiran C masuk akal tapi telat dan ga konsekwen ama omongan..

    trakir: kalo ternyata ada yg salah / kurang enak dibaca :maaf:
     
  9. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    sebenernyna mustinya sih bisa aja ganti bahasa indo ke inggris mah, tapi permasalahannya dianya kaga mau, dikarenakan kalo diganti ntar clientnya ga bisa baca inggris gitu loh..

    ya otomatis permintaan penggantian bahasa itu dia nya yg kaga mau.. diganti sih bisa2 aja..
     
  10. runebook M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    2,287
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,214 / -0
    masalahnya clientnya orang2 luar?
    atow terbatas sama orang2 sini saja?
    kalow bahasanya diganti ke inggris
    kalow clientnya orang2 sini pangsa pasarnya jadi jauh lebih kecil dong

    atow..
    kalow clientnya orang luar,
    C bisa jadi tidak yakin
    apakah layanan yg dia berikan cocok atau tidak
     
    Last edited: Apr 19, 2010
  11. Toppa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +800 / -0
    Jd inti mslhnya krna gara2 g bisa d tempelin gugel adsense semuanya jd ancur gt? Mang ni web ttg apa?

    knpa hrs tergantung adsense? Bukannya web bs d tempelin banner? Liat aja detik.com, g kesel liat banner sm iklannya boong deh, palagi kl ga d pasang ABP di browser, bs ngeradang pembacanya gr2 nunggu iklan2nya d loading smua. Bukannya banner yg bertebaran itu juga sumber $?

    Kl memang ni web murni ttg jualan, kan bs dpt $ dr situ. Liat aja contohnya bhineka.com ato amazon.com.

    Btw si C ini posisinya apa? Penyandang danakah? Ato memang ikut dlm tahapan produksi? Koq dia nyuruh agan2 nie yg nyari semuanya? Kl memang biaya di bagi 3 harusnya dia ikut dlm tahap produksi. Misalnya cr org2 yg ngerti ttg Online Marketing ato ngasih masukan2 pas saat pembuatan web. Dan agan hrs bener2 tegasin seperti itu k dia. Enak bgt, udh modal di tanggung ber 3. C cm bs nyuruh2 aja.

    Kl memang web pertama dianggap ga2l, y udah ambil lg aja webnya berikut source codenya. Tokh sudah dianggap ga2l kan? Kl dia g mao, blg aja

    "Buat apa barang ga2l di simpan pak? Bukannya tr mlh bikin masalah aja?"

    Dia pengen bikin web br lagi? Jalanin, tp harus dengan surat kontrak (inget gan, transaksi diatas 1 juta mesti pk materei loh. Jd g salah kan kl agan minta surat kontrak?)
     
  12. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    iya memang banyak jalan lain, tapi gimana caranya biar dia mau ngerti..

    gw butuh saran cara ngomong ke orang yang sepert ini neeh.. dia memang agak sok ngatur dan keras kepala..

    cuman yang gw butuhin adalah cara menghadapi nya musti gimana gitu..
     
  13. sebastinayoeke M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    880
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,485 / -0
    WAh ngeri jg yaa.
    Brarti Hitam di atas putih itu emang penting skali yaa.

    Blom lg berhubungan dgn orang yg lebih tua adalah kelemahan tiap anak muda.
    Di lawan ga enak, diem aja kita yg sakit hati..
     
  14. tolos M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    230
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +49 / -0
    sori dulu nigh gan klo ternyata post gw to the point yah

    1. ada hitam diatas putih? gak ada? klo gak ada tamat lah di "kerjain" orang

    gw juga dulu pernah gitu, ngajak kerja bareng bikin forum, mau cari penghasiland ari adsense, krn udah kenal lama sekitar 3 tahun jadi gw anggep fine2 aja dan selama ini ok kok di ajak kerja samanya
    akhir cerita gw abis duit untuk bikin server( hardisk etc) and abis tenaga untuk konsep etc2 akhirnya di putus gitu aja dan duit angus krn dah jadi barang

    jadi yg bisa lu lakukan adalah
    1. terusin sambil ngurut2 dada, dan berharap dengan naif nanti akan beres
    2. lu putusin hubungan kerja sama lu sama dia, anggep amal deh effort selama ini, dan klo misalkan lu bisa bikin sendiri tuh web, bikin aja, knapa harus ama dia? mungkin krn dia ada konsep yg bisa di jual dari webnya itu? atau produknya?
    3. seberapa kenal lu ama dia? gw rasa klo lu gak kenal baik gak mungkin bisa langsung kerja sama babibu bikin website bareng apa laghi ama orang yg sori2 umur 50 alias gak gitu ngerti IT

    saran pribadi sih, gw rasa lu bubar aja deh, kyknya kok di tindas bgt

    sori klo saran gak berkenan krn gak ada item di atas putih agan gak ada kekuatan apa2 laghian klo ada pun biaya perkara lebih mahal dari pada yg lu bisa dapet dari kerjasama ini
     
  15. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    ya betul, jadi kira gw agak mengerti sedikit deh..

    memang menghadapi orang yang lebih tua itu agak berbeda..

    toh walaupun sama2 baru belajar, tapi perbedaan garam karena umur itu sangat efek..

    mana ada sih yg mau kalah sama anak kecil?

    are you smarter than fifth grader?

    hahaha...
     
  16. cahcah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    630
    Trophy Points:
    221
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16,978 / -1
    nah gtu bro..

    lbih bnyk yg koment supaya bro itu bubar aj kerjasamany..

    gk ad untungny jga kok krja sama kyk gtu..

    oh y..
    kn bsa situsny di buat 2 bahasa ato lebih..

    seperti forum idws ini yg bsa d buka lewat bahasa lain:???:
    cm aku blom prnh nyoba sih..
    :hehe:
     
  17. dick_one Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    hmmm dunia emang kejam
     
  18. zart_d M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    423
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +132 / -0
    wah klo d daerah gw tch bsa d kayau tch orang coz istilahnya bsa d katakn mentang2 dia tua trus seenaknya aja kyak gtu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,:oii:
     
  19. anjingkecil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    atau ada kemungkinan semua orang tua itu kepinginnya dilayanin anak2 yah? cos yang pasti bkn ke gw doank kan? ke temen gw jg kelakuan dia gitu..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.