1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pic/Video Talk About Drifting IDWS

Discussion in 'Otomotif' started by pinasthika, Apr 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. pinasthika Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    Ok, kali ini gw mau ngajak kamu2 yang ngerti n mau belajar drifting... di thread ini kita berbicara segala hal yang berhubungan dengan drifting...

    cek video drift gw nh...

    [video]http://www.facebook.com/v/106656372678453[/video]

    [video]http://www.facebook.com/v/109790679031689[/video]

    gw yang pake mobil vios biru... :piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. tawieshame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    keren² bro.. cuman gue pernah liat komeng sama si adul, ngedrift lebih keren dari yang entuh....
    masak itu cuman geol² dikit doang... yang lebih seru dong.... :piss:
     
  4. pinasthika Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    ini praktek sendiri sih bro, karena pas yg kena shooting yg ini doang... klo mau ikut gw yuk bro di PIM klo pas ada gw contact deh... disana banyak yg main...

    biasanya anak IDC Indonesian Drift Community
     
  5. malesword Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3,723 / -0
    wah, boleh di coba nh...hahahaha :haha: :piss:
     
  6. tawieshame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    lah gw kan di surabaya bro, ga mungkin bisa keluar kota buru²...

    tar aja coba rec.yang lebih atracktif gitu, ok...
    gw tunggu ya
     
  7. a1d12s88 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    24,222
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +73,179 / -0
    aku taunya drift pas lihat initial d...sekarang di indo sudah rada menjamur setelah di dahului oleh slalom
     
  8. pinasthika Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    sip dah....nanti di rekam yg lebih oke...

    soalnya skrg dah banyak yg main hahaha... :piss:
     
  9. pinasthika Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    New Video :

    @t Pondok Indah = Baru dikasih sekarang ma temen gw ~.~

    [video=youtube;ejwhKYvdFFE]http://www.youtube.com/watch?v=ejwhKYvdFFE[/video]
     
  10. SanD5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,931
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,754 / -0
    keren nih kk :top:
    gw taunya cuman d tokyo drift ma initial d :lol:
    sayangnya yg ngerekam g professional, goyang gt rekamnnya :swt:
     
  11. pinasthika Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    maklum kk, yg di pikirin bukan rekamannya tp main ma latian driftnya :hihi:
     
  12. tawieshame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    ok :top: gw tunggu pokoknya
     
  13. xeonxp Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    bro.. bukane vios itu penggerak depan ya?? emang bisa di drift ya??
     
  14. zonkid Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +649 / -0
    keren bro :top:
    sama pengen ngasih info kalo di JIExpo Kemayoran, Jakarta ada event drifting jadi bagi yang pengen liat ato cuman pengen mlototin umbrella girlnya bole dicoba :semangat:

    [video=youtube;iEzuogPgJSs]http://www.youtube.com/watch?v=iEzuogPgJSs&feature=player_embedded[/video]​
    bagi yang blom tw drift itu apa..
    Drifting merupakan teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membuat agar mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Biasanya para drifter (pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan (hand brake) untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini, karena itulah sangat dibutuhkan keahlian tertentu dan disiplin yang cukup tinggi untuk dapat menguasai teknik mengemudi seperti ini.


    Saat ini Drifting sudah menjadi olah raga profesional yang berjalan di bawah bendera D1 Grand Prix tapi sayangnya, sampai saat ini Drifting belum mendapat pengakuan dari FIA (payung besar road race untuk kompetisi balap mobil yang membawahi ajang-ajang balap mobil semacam F1, A1, F3, F3000, GoKart dan World Rally).

    Awal mula
    Drifting tumbuh di Jepang sekitar petengahan 1960-an, dipelopori kalangan motorsport underground yang dijuluki rolling zoku. Mereka mempraktikkan teknik opposite-lock dari reli ini di jalan pegunungan (touge) yang berkelok-kelok dan beraspal licin di wilayah Rokkosan, Hakone, Irohazaka dan Nagano.

    Pada tahun 1970-an, Kunimitsu Takahashi, yang merupakan pembalap F1 legenda Jepang, mendapatkan inspirasi ketika ia mencoba bagian depan mobilnya mengikuti apex (titik paling pinggir dari sebuah tikungan) dengan kecepatan tinggi dan menggunakan rem tangan untuk mengikuti tikungan itu.

    Pada tahun 2001, Daijiro Inada (pendiri Option Magazine dan Tokyo Auto Salon) bersama Keiichi ‘Dorikin’ (Raja Drifting) Tsuchiya (pembalap turing dan juga ‘Bapak Drifting Profesional’) membuat seri kompetisi drifting profesional, D1 Grand Prix (D1 GP).

    Jenis Mobil Untuk Drifting
    Biasanya mobil-mobil yang diturunkan dalam ajang drifting adalah mobil-mobil yang berbobot ringan hingga sedang dengan tipe coupe/sedan dan menggunakan penggerak roda belakang atau FR (front engine, rear-wheel-drive) seperti Nissan Skyline, Nissan Sylvia, Toyota Mark II, Toyota Corolla DX, dan Toyota Levin/Sprinter Trueno (AE86). Soalnya pada mobil jenis ini tenaga untuk sliding selalu disalurkan oleh roda belakang, sedangkan roda depan dimanfaatkan untuk mengontrol mobil/drift.

    Tapi saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mobil-mobil yang menggunakan tipe penggerak seluruh roda FA (front engine, all-wheel-drive) semacam Subaru Impreza WRX STi dan Mitsubishi Lancer Evolution dan penggerak roda depan FF (front engine, front-wheel-drive) juga ikut turun dalam ajang drifting. Kesulitan akan didapat apabila memakai mobil dengan penggerak roda depan atau FF, dimana tenaga dan kontrol ada di roda depan sehingga agak susah untuk menaklukkan beberapa tikungan sekaligus.

    Teknik Dasar Drifting
    Teknik drifting dilakukan dengan cara membiarkan ban belakang slip dengan alur yang lebih besar daripada ban depan. Ini biasanya terjadi saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, kemudian arah dibelokan tanpa mengurangi kecepatan mobil. Jika teknik drifting dilakukan dengan tidak tepat, bisa menyebabkan mobil melintir dan kehilangan kendali. Karena itu, kecepatan dan sudut belokan harus diambil secara akurat.

    Ada dua teknik utama yang digunakan oleh drifter untuk menciptakan gerakan drift yaitu Clutching (penggunaan kopling) dan braking (penggunaan rem). Dalam teknik clutching, saat mobil pembalap mendekati tikungan, ia akan menekan kopling dan pindah ke gigi 2. Lalu pembalap akan menekan gas sampai sekitar 4500 rpm. Saat kopling dilepas, akan ada putaran kuat pada ban karena saat itu mesin sedang berputar cepat. Kekuatan besar mendadak ini membuat ban belakang berputar sangat cepat sampai kehilangan traksi dan bagian belakang mobil akan melintir.

    Sementara dalam teknik braking, pengemudi menarik rem tangan saat memasuki tikungan sehingga menyebabkan ban belakang terkunci dan kehilangan traksi dan menciptakan gerakan drift. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang bisa digunakan untuk mobil-mobil front wheel-drive (FWD). Sementara untuk mobil rear wheel-drive (RWD) memiliki setidaknya satu lusin teknik. Inilah sebabnya lebih banyak pro drifter yang menggunakan mobil rear wheel drive (RWD) untuk dibesut.

    Berikut ini ada beberapa teknik yang biasa dipergunakan ketika drifting.
    HandBrake Drift
    Kopling diinjak dan disaat bersamaan hand-brake ditarik untuk menghilangkan traksi. Ketika traksi sudah hilang, kopling di lepas dan pedal gas ditekan sambil lakukan countersteering.
    Power Slide
    Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Caranya hanya dengan membejek pedal gas habis dan mengontrol arah mobil dengan setir.
    Shift Lock
    Drifting dengan cara menurunkan posisi gigi jadi lebih rendah. Hal ini membuat ban mengunci sehingga traksi hilang.
    Clutch Kick
    Drifting dengan cara menendang kopling segingga menimbulkan guncangan pada transmisi sehingga mempengaruhi keseimbangan mobil. Hal ini bakal membuat mobil slidding.
    Braking Drift
    Caranya saat masuk tikungan pedal rem diinjak sehingga bobot pindah ke depan. Kemudian pedal gas langsung dipijak sehingga ban belakang kehilangan traksi.
    Feint/Scandinavian Flick
    Caranya dengan memindahkan bobot kendaraan ke luar dengan cara memutar setir ke arah luar tikungan dan dengan tiba-tiba memutar balik setir sehingga bagian belakang mobil bergeser. Teknik ini seperti cara menikung mayoritas pereli.
    Kansei/dynamic drift
    Drifting dengan cara mengangkat pedal gas saat kecepatan tinggi. Ini terjadi karena saat pedal gas diangkat bobot pindah dari belakang ke depan.

    Saat drift sudah tercipta dengan melakukan teknik yang benar, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah menjaga agar mobil tetap terkontrol. Untuk yang satu ini diperlukan keahlian dari si pengemudi dalam mengontrol kombinasi antara gas dan setir.

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    ni bagi yang mw liat D1 GP
     
    Last edited: Apr 25, 2010
  15. pinasthika Veteran

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    nih yang bagusan... :piss: udah pake vidcam soalnya...

    [video=youtube;V2JsBkxZ7io]http://www.youtube.com/watch?v=V2JsBkxZ7io[/video]

    beneran di indonesia tuh, n ada di pondok indah... jakarta... so org indo ga kalah jago di banding orang luar... salah satu buktinya nh...

    Ajang Formula Drift yang baru aja di adain di singapore 24 april kemaren...

    [video=youtube;cW2kHIx9dZI]http://www.youtube.com/watch?v=cW2kHIx9dZI[/video]

    yang scene awal itu Rhenadi Arinton berhasil mengalahkan Ryuki Miji trus detik 1:54 itu jg orang indo namanya Amandio juga orang indo...

    untuk pertanyaan ini bisa di baca penjelasannya zonkid... memang sebagian besar ga percaya kalo gerak depan bisa buat drift... tp karena mungkin orang indonesia yang terlalu maksa kali ya (termasuk saya)... jadi ketemu deh ilmunya drifting pake gerak depan :piss:
     
  16. tawieshame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    sip banget bro...
     
  17. websterposter Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    wah saya punyanya cuman E10 HPI drifting R/C hahahaha
    enak juga buat hobbi nih R/C,
     
  18. dokterdewe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    drifting.... oh my.... bisa kasih penjelasan yang lebih jelas lagi kk ??? utamanya yang untuk FWD ... karena kita tahu sebagian besar mobil produksi baru kan FWD... dan power yang... yah.... hanya cukup saja :sweat:
     
  19. antropofagus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    keren gan..... ane cuman bisa ngedrift pake gokart doank.....
    lebih gamoang.....
    kalo mau blajar ngedrift ane dibilangin temen ane pake gokart lebih gampang dan ada jalurnya....... mengurangi resiko negatif
     
  20. galihxtreme Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    apapun mobilnya, asal si drifter punya ikatan kuat dengan mobilnya, dalam hal ini mengerti behavior mesin dan pergerakan bobot mobil yang dikendarainya, akan sukses menghasilkan gerakan drift yg sempurna....

    (curhat dari seorang drifter-wannabe yang beraksi 'hanya' bermodalkan Toyota Kijang Rover '93)
     
  21. KetombeSinga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    ada vidionya gak temen-temen?..seru tuh kalo liat vidionya..:top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.