1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

hubungan antara Lupa, Demensia, dan Amnesia

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by hyakushiki, Apr 10, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hyakushiki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    3,445
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,867 / -0
    Surat keterangan dokter terkait Nunun Nurbaeti Daradjatun yang berkali-kali alpa datang ke persidangan kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Miranda Goeltom segera menarik perhatian. Betapa tidak?

    Dalam surat keterangan itu disebutkan, perempuan tokoh kunci kasus itu menderita penyakit lupa berat. Belakangan, jawaban ”lupa” dari saksi kasus-kasus korupsi kerap membuat hakim jengkel.

    Dalam kehidupan sehari-hari, melupakan sesuatu dianggap hal biasa. Lupa nama seseorang yang menyapa kita di jalan, lupa di mana menaruh kunci, atau lupa apa yang baru saja hendak dikerjakan. Namun, ternyata persoalan lupa tidaklah sesederhana yang kita bayangkan. Sebaliknya, sungguh rumit, sekompleks sistem otak manusia.

    Fungsi dasar otak, antara lain melihat, merasa, meraba, bergerak, keseimbangan, mendengar, dan pengaturan fungsi organ tubuh. Adapun fungsi luhur otak mencakup intelektual kognitif, ingatan, perilaku, dan emosi.

    Otak memiliki sekitar 100 miliar sel dengan kecepatan berkembang neuron atau sel otak 50.000-100.000 per-detik Sebagiannya akan mati. Sel-sel mengatur diri menjadi kluster. Kluster yang rapat disebut modul, sedang kluster yang menjalin hubungan komunikasi dengan modul lain disebut sirkuit.

    Spesialis saraf sekaligus Koordinator Klinik Memori di Siloam Hospitals Lippo Karawaci, Rocksy Fransisca, mengatakan, fungsi memori terdapat dalam hipokampus, komponen fungsional sistem limbik.

    Hipokampus memegang peranan penting dalam menghubungkan dan sebaliknya mengirimkan informasi ke hipotalamus guna membantu mengatur informasi yang akan dipelajari. Jika hipokampus mengalami kerusakan, seseorang sulit menyimpan informasi baru. Tidak berarti fungsi ingatan berada di titik tertentu

    lantaran sistem otak berbentuk sirkuit. ”Jika bagian lain terganggu, ingatan ikut terganggu,” ujarnya.

    Penyebab lupa

    Penurunan daya ingat disebabkan banyak faktor, antara lain gangguan organik di otak, tekanan psikologis, dan gangguan lain (gula dan oksigen).

    Kerusakan fungsi memori organik disebabkan antara lain, ada penyakit di otak akibat stroke, infeksi, tumor, dan degeneratif (penurunan kondisi) sehingga ada kerusakan di otak. Akibatnya, fungsi otak terganggu, terutama ingatan. Umumnya, yang pertama kali terganggu ialah ingatan jangka pendek.

    Gangguan fungsi kognitif, demensia, misalnya, dapat disebabkan alzheimer yang dikenal sebagai demensia alzheimer. Penurunan fungsi itu dapat pula diakibatkan gangguan pembuluh darah otak (demensia vaskular) di antaranya stroke, sumbatan kecil pada pembuluh darah otak yang meluas sehingga banyak sel-sel otak yang mati.

    Demensia merupakan gangguan fungsi kognitif menyeluruh otak yang ditandai antara lain dengan gangguan fungsi memori. Biasanya diawali dengan memori jangka pendek lalu diikuti ingatan jangka menengah dan panjang. Kondisi itu disertai satu atau lebih gangguan fungsi kognitif lain: kemampuan berbahasa, orientasi, bertindak secara berencana, berhitung, dan pengenalan benda.

    Demensia bersifat progresif dan ingatan sulit dikembalikan. ”Ketika seseorang terkena stroke, fungsi otak, termasuk ingatan, ada yang terganggu. Bisa saja fungsi ingatan jangka pendek, jangka panjang, atau bahkan keduanya,” ujarnya.

    Akibat benturan

    Berbeda dengan demensia, amnesia paling banyak diakibatkan benturan atau guncangan terhadap otak. Amnesia bersifat sementara dan selektif. Umumnya, seseorang yang amnesia hanya lupa pada periode tertentu.

    Rocksy mengatakan, berbagai penyakit lain, seperti hipertensi dan diabetes secara terus-menerus secara tidak langsung memengaruhi memori. Penyakit yang terutama dipicu gaya hidup tidak sehat tersebut lalu menjadi faktor risiko terjadinya gangguan lain, seperti demensia.

    Memori terkait pula dengan kondisi psikis. Psikiater Nalini Muhdi Agung dari RS Dr Sutomo dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya mengatakan, ingatan berkaitan erat dengan emosi dan persepsi.

    Trauma kejiwaan yang amat berbekas, misalnya pada korban pemerkosaan, akan timbul represi terhadap ingatan akan kejadian itu. Ingatan itu ditekan ke alam bawah sadar sebagai mekanisme pertahanan ego. Lantas, bisakah manusia memilih apa yang ingin diingat atau dilupakannya?

    ”Peristiwa, kesan, atau informasi yang disukai, lebih mudah diingat. Informasi atau peristiwa yang tidak disukai dapat diblok oleh alam bawah sadar. Persepsi bahwa sebuah informasi tidak penting membuat orang mengingatnya sesaat,” ujar Nalini.

    Ingatan seseorang terhadap sesuatu juga bergantung pada cara pencatatan terhadap informasi yang diterima serta pemanggilannya. Kecerdasan seseorang juga sangat berpengaruh.

    ”Lupa berat”

    Begitu mendengar kata ”penyakit lupa berat” Nalini dan Rocksy sempat terbingung-bingung. Nalini berpendapat, diagnostik dari seorang ahli hendaknya menggunakan bahasa ilmiah yang dapat dipahami.

    Pusing, misalnya, bisa saja mengarah ke berbagai penyakit, mulai dari vertigo sampai migrain. Saat hanya disebutkan ”penyakit lupa berat” tentu akan menimbulkan pertanyaan, penyakit lupa seperti apa.

    Di samping itu, tes untuk menegakkan diagnosis harus sesuai. Magnetic resonance image (MRI) biasanya lebih digunakan untuk melihat adanya kerusakan pada otak. Seberapa berat penurunan fungsi memori sendiri tidak dapat dideteksi dengan alat itu.

    Rocksy mengatakan, telah tersedia cukup banyak alat tes dan skrining untuk mengukur fungsi ingatan. Tes fungsi ingatan yang sederhana, misalnya, pasien diminta membaca sepuluh kata dalam sepuluh second Beberapa saat kemudian ditanyakan kembali apakah masih mengingat bacaan tersebut.

    Jadi, berhati-hatilah jika mulai sering berkata, ”Ah... sudah lupa, tuh...”

    disadur dari : Kompas/Indiria Permanasari

    semoga bermanfaat
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Apr 17, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. enceladus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    sepuluh apa kk?

    klo misalnya saya sering banget lupa nyimpen apapun padahal kurang dari 10 menit yang lalu saya baru nyimpen kunci misalnya. apa itu termasuk Penyakit Lupa Berat?
     
  4. Four_Knight_Queen Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    12,353
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,752 / -0
    iya... itu sepuluh apa gan:???:

    paling sering gw lupa tuh narok kunci sama kacamata klo abis dari WC,,
    tapi klo utang kok enggak lupa ya:haha:
     
    • Like Like x 1
  5. R3Qui3M M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    621
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,849 / -0
    ane terkadang saat mo manggil org, tb2 lupa namanya pdhl bru bbrp dtik disebut dalam hati..
    apakah termasuk lupa berat y??
     
  6. tiazz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    343
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,623 / -0
    klu gw suka lupa nama orang tapi inget muka..
    termasuk apa tuh?
     
  7. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,627
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,760 / -0
    Itu yang diatas, sepuluh kata dalam sepuluh detik
    Kalau ada kata detik lalu diikuti tanda titik (.) maka secara otomatis akan disensor. Itu karena ada protes dari detik.com :ngacir:

    Lupa berat itu penyakit koruptor.
    Hanya koruptor yg memakai nama itu.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Apr 11, 2010
  8. takodama Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Katanya sih itu lebih pada kemampuan otak kanan kita lebih baik dibandingkan otak kiri.
     
  9. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    tapi lebih baik menggunakannya secara seimbang. agar ga ada yang terlalu over
     
  10. Xinez M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,921
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,321 / -0
    sepuluh kalimat?? :???:

    eh, biasanya yang sering terserang penyakit lupa berat itu orang2 yang lagi mau diinvestigasi ya?? :haha: :haha:
    mungkin itu jurus pertahanan dirinya :top: :top:
    salut gw bagi yang master jurus lupa berat..!! :sembah: :sembah:
     
  11. darkkyuby Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    nais inpo om!![​IMG]
     
  12. gredjian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    wah saya juga sering lupa karena banyak pikiran ato banyak menghayal itu dikategorikan jenis lupa apa..?
     
  13. hyakushiki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    3,445
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,867 / -0
    detik mas..

    detik mass

    pura2 lupa ntar lupa beneran
     
    • Like Like x 1
  14. jruckziege M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    3,043
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +37,576 / -0
    seiring bertambahnya umur... daya ingat kita mmg smakin berkurang :sigh:
     
  15. ajijayanti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    492
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,467 / -0
    gw sering banget lupa.. semoga enggak papa dan masih dalam batas wajar
    alzeimer itu cuma terjadi ama orang yang usia lanjut apa bisa terjadi pada orang yang masih muda juga?
     
  16. hyakushiki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    3,445
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,867 / -0
    alzheimer hanya terjadi pada manula, tapi kalo dimensia bisa menyerang orang muda juga.... susah memang...untuk mencegahnya perlu melatih konsentrasi dengan banyak belajar/membaca buku...kalo bisa hafalkan semua nomor telepon di buku telepon :belajar: aku pernah baca di majalah donal bebek... jadi gufi kan pelupa nah dia di terapi sama miki disuru menghafal nomor2 telepon yg ada di buku telepon, nah gufi akhirnya berhasil.... sekali lagi itu cuman di dunia komik..kalo mo di coba silahkan :belajar:
     
    • Like Like x 1
  17. esmond1989 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 30, 2008
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +180 / -0
    kl koruptor sih itu lupa yg dibuat...... he3
     
  18. ajijayanti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 20, 2010
    Messages:
    492
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,467 / -0
    bener banget dan dia membuat lupanya seakan2 bukan buatan.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.