1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Melihat Kadar Kolesterol dari Mata

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by smkosasih, Apr 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Mata merupakan salah satu organ tubuh yang dapat menunjukkan perasaan dan kadar emosi seseorang. Tidak hanya kadar emosi saja yang bisa terlihat, karena kadar kolesterol seseorang juga bisa dilihat dari mata.

    Kolesterol adalah kata yang paling ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Karena kolesterol yang tinggi dapat memicu serangan jantung, tekanan darah tinggi, penyakit pembuluh darah dan oklusi vena retina.

    Karena itu mata juga bisa menjadi jendela yang menunjukkan kondisi arteri seseorang. Jika terlalu banyak kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dan membentuk plak tebal, maka bisa menyebabkan oklusi vena retina saat ada penyumbatan di aliran darah ke dan dari mata.

    Arteri retina yang dipersempit atau diblokir oleh kolesterol dapat menghambat sambungan antara saraf optik dan otak. Jika hal ini terus menerus dibiarkan akan menyebabkan sebuah gumpalan darah, maka secara tiba-tiba dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan tanpa rasa sakit.

    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi memiliki risiko 2,5 kali lipat lebih tinggi terkena oklusi vena retina dibandingkan orang yang kadar kolesterolnya rendah atau rendah.

    Untuk mencegahnya seseorang bisa mengetahui kadar kolesterolnya apakah tinggi atau normal melalui pemeriksaan mata. Seperti dikutip dari DiscoveryHealth, Kamis (1/4/2010) melalui pemeriksaan mata tersebut, dapat dilihat ciri berikut:

    • Corneal arcus, yaitu suatu cincin putih atau abu-abu tipis disekitar tepi kornea. Hal ini menunjukkan ada endapan lemak dan kolesterol di dalam mata. Meskipun sering terlihat pada orang yang sudah tua, tapi orang muda sebaiknya tidak mengabaikan hal ini. Jika ditemukan kondisi ini, maka seseorang disarankan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol lebih lanjut.
    • Hollenhorst plaque, yaitu adanya potongan kecil dari bahan lemak (kolesterol) yang berasal dari patahan lemak di dinding pembuluh darah dan pergi ke mata. Plak ini dapat menyebabkan oklusi vena retina dan menunjukkan adanya masalah serius yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.
    • xantelasma, bisa juga disebut tumor kelopak mata. Xantalesma merupakan pertumbuhan mendatar berwarna putih-kuning, yang terdiri dari lemak. Xantelasma tidak perlu dibuang kecuali jika penderita merasa penampilannya terganggu. Xantelasma bisa menunjukkan adanya peningkatan kadar kolesterol(terutama pada orang muda).
    Selain masalah kolesterol, mata seseorang juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan pemiliknya. Karenanya mata merupakan bagian penting dari tubuh yang dapat mengungkapkan banyak hal.

    Beberapa kondisi kesehatan juga bisa dilihat dari mata seperti jika saraf optik bengkak dan terdapat darah di mata bisa menjadi indikasi dini adanya tumor otak.

    Saraf optik yang pucat dan bengkak menunjukkan adanya multiple sclerosis. Diabetes juga bisa dilihat dari melemahnya penglihatan, mata kusam menunjukkan kondisi tubuh yang tidak sehat sedangkan mata yang terang dan bersih menunjukkan kondisi kesehatan yang baik.

    Karenanya pemeriksaan mata secara teratur tidak hanya berguna untuk melihat apakah penglihatan seseorang masih normal atau tidak, tapi untuk memeriksa kondisi mata secara keseluruhan sehingga bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

    tuk Corneal arcus nih picnya:
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    jadi pinggir2 kornea ada putih2nya..

    tuk Hollenhorst plaque nih picnya:
    [​IMG]
    liat panahnya...

    tuk Xantalesma nih picnya:
    [​IMG]
    [​IMG] --> thanks to zz11
    ----
    waw, dari mata turun ke jantung... :lol:

    sumber:http://health.detik.com/read/2010/04/01/143025/1330326/766/melihat-kadar-kolesterol-dari-mata
     
    Last edited: Apr 2, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. dadans M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    503
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +17,193 / -0
    kalo ada gambarnya mungkin bisa lebih membantu buat memahami thread ini....

    thanks infonya.
     
  4. tertindas M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    4,016
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +30,885 / -0
    g ngerti saya gan :???:
     
  5. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    tuk Corneal arcus nih picnya:
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    jadi pinggir2 kornea ada putih2nya..

    tuk Hollenhorst plaque nih picnya:
    [​IMG]
    liat panahnya...

    [​IMG]
    [​IMG]
    duar....
    :lol:
    [​IMG]
     
    Last edited: Apr 2, 2010
  6. daisuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,160 / -0
    Wah jadi serem nih banyak banget dampak negatif dari koresterol.
    Minta infonya atau solusi buat ngurangin kadar kolesterol dalam tubuh.
    makasih.
    :makasih-g:
     
  7. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    for @daisuki..
    Kadar kolesterol total yang dianggap ideal itu adalah dibawah 200 mg/dL. Nah, kadar kolesterol 280 mg/dL itu masuk kategori cukup tinggi. Tapi perlu kami perjelas, janganlah jadi terlalu khawatir dengan keadaan ini, sebab rasa khawatir tersebut justru malah dapat menyebabkan kadar kolesterol darah semakin meningkat. Dan bukan berarti juga, kondisi ini hanya akan didiamkan saja, perlu dilakukan langkah penanganan yang serius demi kesehatan tubuh itu sendiri.

    Beberapa tips yang bisa kami anjurkan pada anda untuk menurunkan kolesterol, tentu saja tanpa obat - obatan, antara lain:
    • Hindari atau kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi.
      Contoh: jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula.
    • Olahraga.
      Yang namanya kolesterol itu susah ditangani, yang berbahaya adalah jika kadarnya dalam tubuh kita tinggi, itu sama saja mengundang penyakit hipertensi, jantung dan stroke. Kita semua tahu bagaimana seriusnya penyakit - penyakit itu.
      Agar kolesterol tidak menumpuk maka harus dikeluarkan secara paksa. Caranya dengan banyak beraktivitas fisik.
      Lakukan olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari.
    • Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
      Semua buah dan sayuran mengandung serat. Jadi, semua buah dan sayuran juga mampu menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat kolesterol sehingga tak beredar dalam darah. Sedangkan vitamin C untuk homeostasis alias pengatur keseimbangan kolesterol.
      Yang perlu diingat, sayuran yang kaya vitamin C cukup direbus setengah matang. Kalau sampai matang, vitaminnya sama juga akan hilang percuma.
      Jika sayuran atau buah-buahan dibuat menjadi jus, dianjurkan untuk meminumnya bersama - sama ampasnya, karena ampas itu merupakan sumber serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol.
    Berikut di bawah adalah macam - macam makanan, buah - buahan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, antara lain:

    BAWANG PUTIH -> Konsumsi bawang putih 1/2 - 1 siung sehari selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9 %.
    Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, malah akan berefek tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan di lambung.
    Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Namun berdasarkan penelitian lebih lanjut, khasiat senyawa ajoene bisa turun jika dimasak dengan digoreng, walaupun sebenarnya pengurangan khasiat itu tidaklah terlalu bermakna.

    TEMPE -> Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol, karena dalam tempe ada kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol tersebut. Selain itu kandungan niacin dalam tempe 5 x lebih banyak daripada kedelai, ada juga kandungan senyawa isoflavon yang juga sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.

    TEH -> Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.

    ANGGUR -> Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.

    APEL -> Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

    ALPUKAT -> Selama ini alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi oleh orang - orang yang kolesterol sedang tinggi, padahal sebenarnya buah ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol, karena ada kandungan asam lemak tak jenuh-nya yang memang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat.

    BLUEBERRY -> Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol.
    Dalam buah blueberry ada komponen Pterostilbene yang menunjukkan efek yang menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya.
    Kerja Pterostilbene ini, mirip dengan kerja dari obat penurun kolesterol, Ciprofibrate. Ciprofibrate ini efektif dalam menurunkan kolesterol dalam darah, tapi dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri otot dan mual pada beberapa orang. Sedangkan blueberry, yang bekerja pada reseptor sel hati sebagai target kerjanya, akan bekerja lebih akurat. Sehingga efek sampingnya juga lebih kecil.
    Penelitian lainnya pada blueberry, menyebutkan bahwa Pterostilbene mungkin juga dapat membantu melawan kanker dan diabetes. Dan juga tidak tertutup kemungkinan dipakai untuk mencegah kegemukan dan penyakit jantung.

    IKAN -> Di dalam tubuh ikan itu sangat kaya akan asam lemak tak jenuh (omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
    Berdasarkan habitatnya terdapat dua golongan ikan; ikan air tawar dan ikan laut. Habitat ikan memengaruhi kandungan zat gizi ikan. Ikan air tawar kaya akan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan laut kaya akan lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

    sumber:http://mediasehat.com/tanyajawab531

     
  8. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Ini konon juga tanda hiperkolesterolemia parah yg bisa dilihat pada mata dari jauh.
    Namanya xantelasma :top:

    [​IMG]
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. alexupn Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 15, 2008
    Messages:
    12,953
    Trophy Points:
    286
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +514,944 / -3
    :niceinfo: kk

    saya suka makan yg kolesterol + yg buat ngilangin kolesterol :hihi:
     
  10. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +78 / -0
    mengerikan :keringat:
    untung ga kena de. dan jangan sampe kena

    nice info :piss:
     
  11. sugibara M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    409
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +30 / -0
    kl oath meal tuh nurunin kolesterol jg ga ya? sorry kl oot dikit.
     
  12. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    ^
    ^@sugibara
    menurut gw oath meal membantu menurunkan kadar kolestrol...
    karena dia banyak mengandung serat larut..
    kalu salah tolong diluruskan
    :piss::piss:
     
    Last edited: Apr 4, 2010
  13. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,665 / -0
    Idih ngeri banget liat gambar-gambarnya :muntah:
    Tapi untunglah bukan termasuk orang yang kena kolestrol tinggi. Jadi gak terlalu khawatir,
    tapi gara2 sering ol depan kompie matanya jadi minus euh.
     
  14. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    wah2, ati2. Dijaga matanya:hmm:

    usahakan tiap 15menit sekali istirahatkan mata ketika sedang melihat monitor.
    :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.