1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Mengatasi Nyeri Punggung

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by rawing, Mar 31, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rawing Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +138 / -0
    Tahukah anda bahwa tanpa disadari banyak organ tubuh anda bekerja 24 jam nonstop? Punggung adalah salah satunya. Karena itu, kesehatan punggung harus selalu dijaga, di antaranya dengan berolahraga dan menghindari stress.


    Bukti punggung bekerja 24 jam adalah ketika anda dalam keadaan tidur, punggung tetap menjalankan fungsinya untuk senantiasa menjaga postur tubuh anda. Mengingat punggung bekerja selama 24 jam, seringkali anda lupa memberinya perhatian. Coba hitung berapa kali anda olah raga dalam seminggu, merasa stress atau berapa menit anda berdiri atau duduk dalam sehari? Semua jawaban pertanyaan di atas sangat berhubungan dengan kesehatan punggung anda.


    Punggung tersusun dari 24 buah tulang yang disebut vertebrae (tulang belakang). Masing-masing vertebrae dipisahkan satu sama lain oleh bantalan tulang rawan atau diskus. Seluruh rangkaian vertebrae ini membentuk tiga buah lengkung alamiah, yang menyerupai huruf 'S'.


    Lengkung paling atas disebut juga segmen servikal (leher), kemudian diikuti segmen toraks (punggung tengah) dan yang terbawah yaitu lumbar (punggung bawah). Lengkung lumbar bertugas untuk menopang berat seluruh tubuh dan pergerakan. Postur tubuh yang baik akan melindungi kita dari cedera sewaktu melakukan gerakan karena beban disebarkan merata keseluruh bagian tulang belakang. Postur tubuh yang baik akan diperoleh jika telinga, bahu dan pinggul berada dalam satu garis lurus nke bawah.


    Otot punggung ditunjang oleh punggung, perut, pinggang dan tungkai yang kuat dan fleksibel. Semua otot ini berfungsi untuk menahan agar tulang belakang dan diskus tetap dalam posisi normal. Kelemahan pada salah satu otot akan menambah ketegangan pada otot lain dan akhirnya menimbulkan masalah punggung.


    Diskus adalah bantalan tulan rawan yang berfungsi sebagai penahan goncangan ini terdapat diantara vertebrae, sehingga memungkinkan sendi-sendiuntuk bergerak secara halus. Tiap diskus memiliki bagiam tengah seperti bunga karang (berongga kecil-kecil) dan bagian luar yang keras dan mengandung serat saraf untuk rasa nyeri. Juga terdapat cairan yang mengalir kedalam dan keluar diskus. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga memungkinkan punggung bergerak bebas. Diskus yang sehat bersifat elastis, mudah kembali ke bentuk semula jika tertekan diantara kedua vertebra.


    Pada saat tidur, sangat sedikit cairan yang keluar dari diskus. Itulah sebabnya kita sering mengalami kekakuan otot ketika baru bangun tidur. Gerakan mendadak yang dilakukan sewaktu baru bangun tidur dapat mengakibatkan cedera punggung.


    Banyak orang yang tidak menyadari kalau mereka sesungguhnya selalu 'mempekerjakan' punggungnya setiap kali duduk, berdiri ataupun berbaring. Jadi punggung bekerja non stop selama 24 jam sehari. Buruknya postur tubuh, kegemukan (obesitas) dan gerakan yang kurang benar selama bertahun-tahun, akan mengakibatkan kelainan pada otot dan diskus, bahkan bisa berakibat nyeri punggung.


    Ada bebrapa gangguan pada punggung antara lain:


    a. Stress. Punggung sangat sensitive terhadap ketegangan otot akibat stress sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami spasme (kejang). Kondisi ini menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat, sehingga otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani dokter.


    b. Postur tubuh yang buruk. Postur tubuh yang kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam satu garis lurus sehingga mudah cedera dan menimbulkan kelainan premature pada diskus. Diskus yang rapuh tidak lagi mampu menjadi bantalan vertebra. Kelainan akibat postur tubuh yang buruk yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.


    c. Kurang Olahraga. 80 % kasus nyeri tulang punggung disebabkan karena buruknya kelenturan (tonus) otot atau kurang berolahraga. Otot yang lemah, terutama pada daerah perut, tentu tidak mampu menyokong punggung secara maksimal.


    d. Cedera dan ketegangan otot. Gerakan memutar, membungkuk atau mengangkat beban berat yang tidak dilakukan secara benar, akan mengakibatkan ketegangan pada otot atau cedera ligamen (jaringan elastis yang menjaga kestabilan tulang). Hal yang sama juga dapat terjadi akibat gerakan secara mendadak dalam berolahraga, misalnya ketika berganti arah.


    e. Osteoarthritis. Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya dan menghasilkan pertumbuhan tulangbaru seperti taji yang menimbulkan radang sendi disertai nyeri. Postur tubuh dan perawatan tulang belakang yang baik biasanya dapat meredakannya.


    Masalah punggung bawah Gangguan yang seringkali membuat penderita datang berobat adalah:


    a. Ketegangan pada otot dan ligamen (sindroma muskulo ligamentosa). Postur tubuh yang buruk, yang berlangsung selama bertahun-tahun dapat menyebabkan otot dan ligamen punggung regang atau robek. Demikian juga dengan cedera punggung yang lama dan tidak mdiobati. Gejala: Nyeri dan kaku pada punggung, gerak terbatas.


    b. Cedera pada sendi dan ligamen panggul (sindroma sakroiliaka). Gerakan berputar secara mendadak dapat menyebabkan peregangan, keseleo atau robekan pada otot dan ligamen (jaringan yang menghubungkan antar tulang) sendi panggul.


    Gejala: Nyeri tajam pada kedua sisi panggul sewaktu penderita berdiri..


    c. Cedera sendi (sindroma faset). Pergeseran ringan pada permukaan sendi dapat menyebabkan saraf disekitarnya terjepit atau tertekan. Ligamen disekitar sendi menjadi kejang dan bengkak. Kondisi ini jika dibiarkan selama bertahun-tahun dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera punggung. Gejala: Kaku dan nyeri sewaktu membungkuk atau berputar.


    d. Gangguan keseimbangan otot dan pertumbuhan Perkembangan fisik yang abnormal atau tidak seimbang menyebabkan salah satu tungkailebih pendek atau lebih panjangsehingga menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri.


    e. Cedera Diskus (sindroma diskus) Diskus, yang seharusnya berfungsi sebagai bantalan vertebra, menonjol keluar akibat adanya tekanan, mengalami penipisan (degenerasi) karena proses penuaan atau robek. Cedera diskus dapat disebabkan karena gerakan yang dilakukan secara mendadak.

    Gejala: Nyeri punggung yang berat dan menetap ketika penderita dalam posisi terlalu membungkuk. Juga disertai nyeri tungkai.


    f. Skoliosis Tulang belakang membelok ke kanan atau kiri - seringkali terjadi pada remaja wanita - di mana keadaan ini akan menyebabkan radang sendi punggung yang nyeri.

    Gejala: Bahu terangkat, tulang belikat menonjol.


    Cara mengatasi nyeri punggung:


    a. Jauhi stress, belajarlah bersikap rileks dan sejenak menjauhi rutinitas.


    b. Mempelajari cara mengangkat beban, berdiri, duduk dan berbaring dengan benar.


    c. Olahraga teratur, bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot-otot dan sendi punggung.


    d. Jalani gaya hidup sehat, dengan belajar mengatasi stress dan menjaga berat badan seimbang.​

    :piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. haido90 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    thx artikel yaaaaaaaa
     
  4. kidjaisy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    nice inpo gan....

    emang olhraga tu the best lah...
    alternatif utk segala kesehatan....

    btw, kira2 punggung gw bermasalah jg ga ya?

    :panik:
     
  5. The_Next M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +677 / -0
    :lol: saya sering sakit punggung namun cuma satu titik...

    apa itu bisa isebut sakit punggung :???:
     
  6. Shiro_tail M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +72,934 / -0
    :niceinfo: punggung gw sering sakit...
    soalx ampir tiap hari bgadang d dpan kompi smbil bungkuk... :dead:
     
  7. greenteanovi211 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    iya nih sering sakit punggung akhir2 ini makasi
     
  8. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,665 / -0
    bener banget tuh, anak muda jaman sekrang harus lebih banyak olahraga dan bergerak.. biar tua nanti tetep tegap badannya
     
  9. hapoki M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    nice artikel .. thanks
     
  10. gyab00 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    thanx info nyaa..:)
     
  11. ryudo2012 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    3,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +6,446 / -0
    gw pernah ngalamin nyeri punggung...

    kelamaan duduk nongkrongin idws :haha:

    emang olahraga penting banget neh....
    seengaknya pagi hari gerak badan olahraga ringan.... :piss:
     
  12. myth73 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,385 / -0
    Kalo pada saat tidur, punggung masih bekerja, trus cara tidur yang benar gimana:???:
     
  13. maniakmusic M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +180 / -0
    wah sudah terbukti nih saa kurang olahraga!!
     
  14. woky94 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    1,545
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +62,425 / -0
    kalo cara peregangan untuk mengurangi sakit punggung ada yang tahu gak???
     
  15. PauseBreak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    gw kadang juga nyeri punggung.. :swt:
    spertinya karena pola hidup tidak sehat slama ini :hiks:

    gw coba dulu gan.. :top:
     
  16. kurokurokuro Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 3, 2010
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +49 / -0
    hmm, kayaknya kalo gw kebanyakan stress deh
    pantes punggung pegel2 terus, udah kayak tua aja gw, padahal masih muda :sebel:
     
  17. manggaAsem Members

    Offline

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    kalo masuk angin.. punggung juga jadi sakit semacam linu.
    itu termasuk sakit punggung ga ya?
     
  18. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    naek motor juga lho, apalagi klo bis jalan jauh..
    kyk mw patah nih punggung
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.