1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sering Migrain Meningkatkan Risiko Stroke

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by tembok3, Mar 28, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tembok3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    [​IMG]

    :idws:Semua kalangan mulai dari anak-anak, orang usia muda, wanita, dan orang lanjut usia sering merasakan migrain alias sakit kepala sebelah karena berbagai penyebab. Sering migrain ternyata dapat menjadi faktor risiko yang menyebabkan seseorang terserang stroke.

    Seperti dilansir dari medicalnewstoday, migrain biasanya sering disebabkan oleh alergi, lampu yang terlampau terang, suara bising, bau menyengat, stres, pola tidur tidak teratur, merokok aktif atau pasif, terlambat makan, alkohol, fluktuasi siklus menstruasi, kontrasepsi, fluktuasi hormon saat menopause, makanan yang mengandung tyramine (anggur merah, keju, ikan asap, hati ayam, dan beberapa kacang-kacangan), monosodium glutamat (MSG), atau nitrat (seperti daging dan hot dog). Dan juga makanan lain seperti cokelat, kacang, selai kacang, alpukat, pisang, jeruk, bawang, produk susu, dan makanan yang difermentasi atau acar.

    "Migrain bisa menjadi faktor risiko terserang stroke," kata dr Ashwin M. Rumawas, dokter spesialis saraf RS Royal Taruma pada seminar awam Kenali Gejala Stroke Secara Dini, di RS Royal Taruma, Jakarta, Sabtu (27/3/2010).

    Menurut dr Ashwin, migrain yang disertai dengan keluhan photophobia (ketakutan pada cahaya yang terang), sonophobia (ketakutan pada suara bising), vertigo (sakit kepala yang berputar-putar), gemetaran, menggigil, wajah memerah, keringat dingin, muntah, menurunnya kemampuan bicara dan disertai melemahnya salah satu bagian tubuh, bisa meningkatkan risiko seseorang terserang stroke.

    ujar dokter saraf yang juga berpraktik di RS Persahabatan Jakarta ini.

    :piss:Secara lengkap dr Ashwin memaparkan faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan stroke, yaitu:

    Yang tidak dapat dimodifikasi atau tidak dapat dihindarkan,
    1. Usia
    2. Jenis kelamin
    3. Herediter
    4. Ras atau etnik

    Yang dapat dimodifikasi dan dapat dihindarkan,
    1. Hipertensi
    2. Diabetes mellitus
    3. Merokok
    4. Riwayat stroke sebelumnya. Seseorang yang pernah menderita stroke dan kemudian sembuh, memiliki risiko tinggi untuk terserang stroke kembali.
    5. Kelainan jantung
    6. Kelainan anatomis pembuluh darah
    7. Gangguan kolesterol
    8. Obesitas atau kegemukan
    9. Endokarditis (infeksi jantung)
    10. Meningitis (infeksi otak)
    11. Migrain
    12. Kelainan darah (Trombositas, leukemia, dan lainnya)

    A. Mengatur pola makan yang sehat:idws:

    1. Konsumsilah makanan rendah lemak jenuh (kolesterol). Dianjurkan untuk mengonsumsi biji-bijian seperti beras merah, jagung, oat (gandum utuh), kedelei, kenari dan kacang mede.
    2. Mengonsumsi susu rendah lemak dan kaya protein, zinc, dan B12. Ikan tuna, salmon, ikan laut yang kaya EPA dan DHA.
    3. Konsumsi makanan kaya vitamin dan antioksidan, seperti sayur, buah dan biji.
    4. Kurangi asupan Natrium (monosodium glutamat, sodium nitrat, NaCl)
    5. Meminimalkan makanan tinggi lemak jenuh, kurangi asupan asam lemak trans seperti pada kue, makanan digoreng dan mentega.
    6. Utamakan makanan kaya serat, protein nabati
    7. Hindari makanan kalori rendah (kalori kosong) dan kualitas nutrisi rendah, seperti permen, krupuk dan makanan ringan.


    B. Olahraga teratur, melakukan aktifitas fisik dengan nilai aerobik seperti jalan, bersepeda, berenang, dan lainnya.:idws:
    C. Berhenti merokok, hindari menjadi perokok aktif dan pasif:idws:
    D.
    Hindari minuman beralkohol dan penyalahgunaan obat:idws:
    E. Memelihara berat badan layak, dengan hindari pola makan tak sehat disertai olahraga teratur.
    F. Hindari pemakaian kontrasepsi or*l pada wanita perokok atau yang disertai faktor risiko lain, ganti dengan menggunakan metode KB yang lain.:hot:
    G. Mengurangi stres, istirahat teratur, dan tidur 6 sampai 8 jam/hari.:hero:
    :kuning: tatalaksana diet dan obat yang teratur.

    maaf sobat lo REPOST! maklum NUBITOL:hahai::idwslovers:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. kulocaki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,004
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,861 / -2
    wedew ngeri juga ini.... soalnya wa akhir2 ini suka migrain ~_~
     
  4. tembok3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    sebabnya apan nch sob, faktor tingkat kesetresankah salah satunya???
     
  5. daisuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,160 / -0
    Wah kalo saya juga suka gitu, gara2nya kelamaan ngerjain kerjaan.
    solusinya saya minum obat sakit kepala udah gitu tidur..
    apa ada soludi lain :???:
    :makasih-g:
     
  6. tembok3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    :idws:benar sekali sobat... istirahat,apalagi istirahatnya,mungkin kira2 begini sobat penjelasan yang lebih spesifiknya Kata migrain sendiri berasal dari perkataan Yunani, hemikrania, yang berarti "separo kepala". Seperti yang selama ini dikenal awam, migren memang kerap muncul di satu sisi kepala. Sekali muncul di kanan ya kanan saja, kalau nongol di kiri, ya terus kiri.

    Dari kata hemikrania itu kemudian berubah menjadi migrain (migraine). Ada dua macam migren: migrain biasa dan migren klasik. Migrain biasa terjadi secara perlahan-lahan, mengakibatkan denyut nyeri yang dapat berlangsung selama 2 - 72 jam. Sering berpusat di pelipis atau di belakang telinga.

    Migren klasik sama dengan migrain biasa, tetapi biasanya didahului dengan gejala seperti "aura" (perasaan aneh), yang bisa saja berupa gangguan berbicara, atau kelemahan dan gangguan penglihatan. Namun, gejala paling umum yang sering terjadi adalah mata sulit melihat dengan jelas. Lamanya gangguan pada penglihatan ini macam-macam, ada yang cuma beberapa detik, ada juga yang beberapa jam, kemudian lenyap.

    Serangan migrain sebenarnya dapat dicegah terutama jika kita tahu atau berhasil menemukan pencetusnya, sehingga dapat menghindarinya.
    :idws:

    Cara tersebut di atas pada akhirnya dapat menghentikan rasa sakit dan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah migrain. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan melepaskan :piss: Lakukan hal-hal yang dapat menghilangkan stres seperti membaca buku, menulis cerita atau sekedar berjalan-jalan di halaman atau ruang terbuka hijau. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghetikan stres. Anda hanya perlu mengambil cara terbaik yang sesuai dengan Anda.

    Migrain dapat menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untuk itu pengaturan pola makan, gaya hidup serta menajemen stres mempunyai andil yang kuat dalam penyembuhan gejala serta pencegahan migrain.:idws:semoga membantu dan semoga kita bisa mencegah daripada kita harus mengobati y kgk gan hehehhe :piss:
     
  7. tembok3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    eitsss mau kmn sob.... da tambahannya dikit nch moga aja dapat membantu[​IMG]Kalau pun akhirnya migrain datang, cobalah beristirahat dan tidur di kamar yang gelap. Dapat pula menempelkan kompres dingin di kepala untuk menyempitkan pembuluh darah di kulit kepala. Setelah itu, minum obat pereda nyeri (analgetik), baik obat-obatan yang mengandung zat kimia maupun obat alami untuk memperlancar peredaran darah. Jangan lupa memeriksakan diri ke dokter, jika upaya di atas belum menolong.

    Seperti sudah disebut, obat-obatan alami pun banyak yang dapat dimanfaatkan untuk melengkapi maupun menggantikan obat kimia. Obat-obatan alami pengusir migren yang bisa dijajal khasiatnya antara lain rimpang jahe (Zingiber officinale Rosc.), rimpang bangle (Zingiber cassumunar Roxb.), pegagan (Centella asiatica L. Urban), dan daun ginkgo (Ginkgo biloba L.).

    Rimpang jahe termasuk kelompok empon-empon (tumbuhan berimpang) dan terdapat hampir di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Rimpang pipih bercabang-cabang dan berkulit agak kekuning-kuningan ini mengandung banyak minyak atsiri dan oleoresin (minyak damar).

    Minyak atsiri terutama mengandung zat seskuiterpena, yang menyebabkan bau yang khas jahe. Sedangkan kandungan yang memberikan rasa pedas yaitu zat-zat monoterpena aldehida dan alkohol. Zat-zat itu pula yang memberikan khasiat antimual dan antimuntah. Di samping khasiat itu, rimpang jahe juga berkhasiat sebagai antiradang dan pereda nyeri serta memperlancar peredaran darah.

    Semua khasiat itu menyebabkan herbal yang satu ini dapat digunakan untuk meredakan migrain. Di samping itu, khasiat antimual dan antimuntah rimpang jahe sangat membantu pencegahan dan pengobatan migren. Pada anak-anak rimpang jahe ini sangat membantu pengobatan migren, karena sifatnya yang tidak toksik.

    Cara memanfaatkan herbal yang satu ini tak sulit. Cukup ambil serbuk rimpang yang telah dikeringkan. Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas enam tahun, gunakan dosis serbuk 0,5 g untuk sekali minum. Agar lekas sembuh, ramuan sebaiknya diminum 2 - 4 kali sehari.
     
  8. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,664 / -0
    Biasanya migrain menyerang kaum hawa, untunglah saya belum pernah ngalamin namanya migrain... cuman kalau jangar udah sering :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.