1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

all about wasir

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinobi32, Mar 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    Wasir adalah penyakit yang timbul karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar ini kemudian ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama-kelamaan membengkak dan membentuk tonjolan.

    Penyebab wasir yang utama hingga kini belum diketahui secara pasti. Tapi, wasir diakui berkaitan erat dengan sulitnya buang air besar sehingga terpaksa harus mengejan. Selain itu, pekerjaan yang menyita banyak waktu duduk, berdiri lama, mengangkat yang berat-berat.

    Beberapa jenis makanan yang merangsang, seperti cabe dan rempah-rempah pun dapat memicu wasir. Karena zat dalam makanan tersebut membuat pembuluh darah gampang melebar. Penyakit diare kronis juga bisa menimbulkan wasir. Saat diare, menyebabkan buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.

    Pada dasarnya, wasir mempunyai 2 jenis, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam adalah pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Awalnya wasir dalam tidak terlihat dari luar, tapi kalau sudah membesar bisa menonjol keluar.

    Gejala umum wasir dalam adalah keluar darah kalau buang air, karena tonjolan wasir yang menempel di dinding dalam anus tergesek oleh feses yang sulit keluar. Khusus untuk wasir dalam, ada beberapa stadium, yaitu: Stadium 1, ditandai dengan tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar. Stadium 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri. Stadium 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan. Sedangkan, stadium 4, tonjolan bisa sebesar bola tenis. Tonjolan tidak bisa didorong masuk, dan harus dioperasi.

    Pada wasir luar, kulitlah yang menutupi pembuluh darah. Karena posisinya di luar anus, wasir luar lebih gampang terlihat. Gejala umum wasir luar tentu berbeda dengan wasir dalam. Karena berada di luar dan tidak dilalui kotoran, keluhannya adalah rasa sakit atau nyeri akibat pembuluh darah yang pecah. Setelah pecah, darah tidak keluar tapi mengumpul dan menjadi trombus (bekuan darah). Ada kalanya wasir pecah, tapi tetap menonjol dan menjadi bekuan darah. Kedua jenis wasir itu jika tidak diobati akan berbahaya.

    Memang jalan terbaik untuk mengatasi wasir adalah dengan operasi. Namun, tidak semua orang menyukai jalan ini dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan karena takut, ada pula yang disebabkan karena faktor ekonomi. Namun, apakah wasir harus selamanya diakhiri dengan jalan operasi? Belum tentu, karena operasi merupakan langkah terakhir. Sedangkan kita masih mempunyai second opinion untuk menghindari operasi dengan jalan menggunakan herba.

    Herba untuk wasir adalah Ficus dan Minyak But-But. Berapa lama harus mengonsumsi Ficus guna menyembuhkan wasir tersebut? Jawabnya tergantung kronis tidaknya penyakit wasir yang diderita. Jika penyakitnya masih terbilang stadium satu atau dua, kemungkinan besar, insya Allah, dalam satu bulan akan segera sembuh, dengan catatan mengonsumsi Ficus dengan dosis yang tepat dan terus diolesi Minyak But-But pada tonjolan otot yang keluar. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari berbagai penyebab wasir seperti makanan yang pedas-pedas. Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan, begitu pula dengan banyak minum air putih.

    Tapi, bila wasirnya sudah kronis, tentu akan memakan waktu lama untuk penyembuhan. Karena dampak dari wasir yang kronis telah banyak merusak sel-sel dalam tubuh, sehingga perlu waktu yang cukup untuk mengembalikannya dalam keadaan semula. Masalah waktu ini pun cukup relatif, jika sipenderita cukup disiplin dalam menjalan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, insya Allah waktu yang lama bisa dipersingkat. Namun, umumnya yang banyak terjadi justru ketika sudah merasa agak sembuhan sedikit, pasien kembali melakukan pola makan dan gaya hidup yang lama, sehingga wasir yang tadinya mulai sembuh, kembali meradang.

    Berikut terdapat beberapa herba yang dipercaya mampu mengatasi gangguan wasir:

    Bayam duri (Amaranthus spinosus)
    Ambil daun dan batang bayam duri segar secukupnya. Cuci bersih dan rebus sampai mendidih, kemudian angkat sayuran dari tempat perebusan. Uap yang keluar digunakan untuk menguapi wasir, sedangkan air rebusan yang masih hangat digunakan untuk merendam wasir.

    Daun duduk (Desmodium triquetrum)
    Ambil 20 gram daun duduk segar, cuci bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari.

    Daun sosor bebek (Kalanchoe pinnata)
    Ambil 25 gram daun sosor bebek segar. Cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas hingga bersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai wasir sembuh.

    Buah makasar (Brucea javanica)
    Ambil 7 butir buah makasar. Giling sampai halus, lalu masukkan ke dalam kapsul. Minum sekaligus.

    Kangkung (Ipomea aquatica)
    Ambil kangkung secukupnya, cuci bersih dan bubuhi dengan garam. Lumatkan sampai halus. Bubuhkan campuran tersebut pada bagian yang sakit.

    Daun Iler (Coleus Scutellarioides)
    Ambil 25 gram daun iler yang segar. Cuci sampai bersih lalu rebus dalam 2 gelas air mendidih, kira-kira selama 15 menit. Tambahkan 5 gram gula merah dan aduk rata. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus.

    Pegagan (Centella asiatica)
    Sediakan 50 gram pegagan segar berikut akarnya. Cuci bersih, rebus dalam 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

    Daun selada (Lactuca sativa)
    Ambil daun selada secukupnya. Cuci bersih lalu rebus hingga air rebusan berkurang. Angkat daun selada dan bubuhkan pada bagian yang sakit. Cara lain yaitu dengan menyuruh penderita berjongkok di atas air bekas rebusan selada. Biarkan uap panasnya mengasapi wasir.

    Temulawak (Curcuma xanthorizha)
    Sediakan rimpang temulawak seukuran 1 jari, setengah jari kelembak (Rheum officinale), 1 genggam pegagan (Centella asiatica), 1 genggam daun saga (Abrus precatorius), setengah genggam patikan cina (Euphorbia thymifolia), dan seukuran 3 jari gula enau. Cuci semua bahan dan dipotong-potong seperlunya. Rebus bahan dalam 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan 3 kali sehari dan lakukan setiap hari.

    Untuk produk HPA bisa menggunakan Ficus. Jika wasir sudah menonjol, olesi dengan minyak but-but dan minum teh herba setiap hari.

    Beberapa tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir, antara lain:

    1.DAUN UNGU / Handeuleum (Graptophyllum pictum Griff.)
    Efek : pencahar ringan (mild laxative), pelembut kulit (emolien)
    2.LIDAH BUAYA ( Aloe vera L.)
    Efek : Pencahar (laxative), antiradang, melembutkan kulit (emoliens)
    3.KUNYIT (Curcuma longa L.)
    Efek : antiradang, antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan sumbatan, astringent.
    4.DAUN DEWA (Gynura segetum Lour.)
    Efek : mengurangi pembengkakan, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit (analgetik)
    5.KROKOT (Portulaca oleracea L.)
    Efek : Menghilangkan sakit, mengurangi bengkak, melancarkan sirkulasi darah.
    6.SOSOR BEBEK (Kalanchoe pinnata Pers.)
    Efek : Antiradang, mengurangi pembengkakan, menghentikan pendarahan.
    7.AKAR TERATAI (Nelumbium nelumbo Druce.)
    Efek : Menghentikan pendarahan
    8.PEGAGAN (Centella asiatica Urban.)
    Efek: Anti-infeksi, menyejukkan

    Berikut beberapa contoh resep herba/tanaman obat untuk mengobati wasir :
    Pemakaian dalam
    Resep 1.
    15 lembar daun ungu/handeuleum + 20 gram kunyit + 15 gram pegagan, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

    Resep 2.
    90 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya dan dipotong-potong) + 15 gram daun dewa, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum, daging daun lidah buayanya dimakan.

    Resep 3.
    Akar teratai dicuci bersih lalu dijuice hingga airnya terkumpul 1 gelas ukuran 200 cc, lalu diminum. (Untuk wasir berdarah).

    Resep 4.
    30 gram krokot + 30 gram daun cocor bebek, dicuci, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum 2 kali sehari.

    Pemakaian luar :
    Daun lidah buaya dikupas kulitnya kemudian dijus. Ambil jus lidah buaya secukupnya, tambahkan bubuk norit dan bubuk gambir secukupnya dengan perbandingan 3 : 1, aduk hingga rata lalu dioleskan pada wasir yang menonjol keluar.

    Catatan :
    Hindari makanan pedas, daging kambing, goreng-gorengan, durian dan perbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan..
    pilih salah satu resep pemakaian dalam dan lakukan secara teratur
    untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel
     
    Last edited: Mar 24, 2010
  2. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,665 / -0
    Kasian banget kalo sampe harus operasi...untungnya ada juga obat herbanya :top:
    alam emang sudah berisi penuh obat-obatan yang menyembuhkan penyakit, tinggal kitanya saja untuk mengeksplorasinya.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.