1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

8 Cara Kreatif Stop Kecanduan Rokok

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by dindaphobia, Jan 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dindaphobia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    485
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    KOMPAS.com - Berhenti merokok bukan perkara mudah. Coba saja tanya pada mereka para pecandu. Yohanes Mellencamp, bintang rock berusia 58, adalah satu sosok yang merasakan betapa sulitnya melepaskan diri dari cengkaraman tembakau.

    Ia pernah terkena serangan jantung pada 1994, tetapi masih tetap saja merokok. Putranya yang berusia 14 tahun, Speck, bahkan harus menggalang dukungan di situs jejaring sosial Facebook bertajuk "1.000.000 dukungan buat Mellencamp untuk menghentikan kebiasaan merokoknya".

    Jika dukungan itu mencapai satu juta, Mellencamp berjanji akan melupakan rokok seumur hidupnya. Hingga Januari 2010, hampir 290.000 facebookers telah menyatakan dukungan dan suatu hari angka satu juta mungkin akan tercapai.

    Anda tentu tak perlu menjadi bintang rock dulu untuk menemukan cara kreatif menghentikan rokok. Inilah beberapa cara kreatif berdasarkan pengalaman para eks-perokok di Amerika Serikat yang berhasil mengakhiri kebiasaan buruknya :

    1. Mengubur rokok
    "Aku pernah membungkus beberapa pak rokok dalam sebuah tas plastik dan menguburnya di suatu pot bunga di belakang rumah. Ketika saya harus menggalinya lagi, peraslah rokok itu dan dan kubur lagi kemasan rokok itu setiap kali saya ingin merokok. Itulah pengalaman 18 -tahun yang lalu!" -- Pat Owens, Valley Stream, NY.

    2. Bertaruh demi hadiah
    "Saya berhenti merokok pada Februari 2002. Teman saya bertaruh bahwa saya tak bisa meninggalkan rokok dan saya memerima taruhan itu. Taruhannya adalah saya harus puasa merokok selama bulan dan jika sanggup, saya ditraktir makan steak di di Brooklyn. Kisah lucunya adalah, butuh waktu lama untuk mendapat traktiran itu, bahkan sampai sembilan bulan!" -- Eric Katzman, Queens, NY.

    3. Membayar denda
    "Dua dari sahabat saya setuju untuk berhenti merokok atau membayar orang lain 1.000 dollar jika mereka tidak bisa. Jujurlah, kompetitif, dan bangkrut, itu akan berhasil! Sejak saat itu, tak satu pun dari dua sahabat saya yang merokok," ungkap Mikropon P., Newport, RI.

    4. Bunuh kecanduan
    "Sepupuku sudah merokok selama 20 tahun. Dia berhenti dengan cara yang unik. Ia awalnya makan biskuit Milkbone untuk anjing! Dia mengunyahnya untuk membunuh kecandan dan dia berhenti." -- Chris T., New York, NY.

    5. Buat perjanjian
    "Sebagai kompensasi atas mahalnya biaya menghentikan kebiasaan membeli rokok tiap hari, saya buat perjanjian dengan diri bahwa saya akan bebas kapan saja untuk membeli karcis lotere, tanpa merasa bersalah. Sejak saat itu, saya belum pernah merokok lagi selama 25 tahun lamanya, dan merasa nyaman untuk mengatakan saya tidak pernah akan melakukannya. Saya ingin katakan bahwa di antara salah satu karcis lotere itu berhadiah sejuta dolar, tetapi itu tidak pernah terjadi — paling tidak belum!" —Liz Rubin, Potomac Utara, Milidarcy.

    6. Minum ramuan baking soda
    "Saya membaca sebuah artikel di surat kabar mengutip seorang dokter yang ingin berhenti merokok. Campurlah sesendok makan baking soda dengan segelas air dan lalu minumanlah dua kali sehari untuk seminggu pertama. Lalu sekali sehari untuk seminggu kedua. Saya tadinya merokok satu pak atau sekitar 30 batang rokok sehari. Saya minum dua gelas pada hari Minggu dan Senin. Rasayanya seperti Alka-Seltzer (semacam vitamin c). Pada Minggu dan Senin, saya mengisap dua batang rokok. Pada Selasa saya hanya mengisap sebatang rokok dan lalu berhenti sama sekali. Saya teruskan ramuan baking soda itu sampai seminggu. Saya bahkan tak berpikir untuk meneruskannya hingga minggu kedua. Saya sudah berhenti rokok selama 20 tahun." *—Joanne Fanizza, Farmingdale, NY.

    7. Menghipnotis diri sendiri
    "Saya adalah psikolog di New Jersey. Pada 1976 lalu, saya sudah meraih gelar doktor, menjalani pelatihan hipnosis, dan mengisap sebungkus rokok setiap hari. Pada pesta Tahun Baru, seorang teman meminta saya menunjukkan ketrampilan hipnosis saya agar bisa membantunya berhenti merokok. Kami menghabiskan waktu sekitar satu jam, di mana dia dalam kondisi tak sadar. Sepekan kemudian, teman saya berbicara di telepon, dan dia sedang merokok. Di saat itu saya tersadar kalau saya tidak merokok selama minggu terakhir. Saya telah menghipnotis diri saya! Sekali dua kali keinginan merokok pernah muncul lagi, tapi sekarang saya bahkan tak pernah memiikirkannya lagi; Saya tak pernah lagi mengisap rokok lebih dari 30 tahun." —Sheila Sidney Bender, PhD, Florham Park, NJ.

    8. Mulailah dari yang kecil
    " Saya buat perjanjian dengan diri saya, maka saya bisa berhenti. Saya tak bisa mengisap sebatang rokok seminggu jika langsung menghentikan kebiasaan merokok sebungkus. Musim panas lalu, saya hanya yang mengisap dua batang rokok dan selama musim gugur, saya tak merokok sama sekali. Saya kira, sudah selesai!" —Kevin Gerard Kilpatrick, San Diego,

    sumber: kompas.com
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Kontla01 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    383
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +157 / -0
    Mnurut gw cara di atas kurang joss buat orang indo. IMO, naikin aja harga rokok kek Jepang.
    BTW, NICE INFO. Biar ane coba kasih liat ke temen.
     
  4. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,110 / -2
    yang namanya menghentikan ketergantungan itu rada susah

    dan biasanya butuh waktu yg cukup lama, tapi kalau ada niat dan usaha pasti bisa

    [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG]
     
  5. dave9 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 23, 2009
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +20 / -0
    gw termasuk orang yg paling susah utk berhenti merokok...
     
  6. solidcroc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 2, 2008
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo mau berhenti mah emang harus ada niat dulu
     
  7. engboh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    720
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,606 / -0
    susaah mah kl mo ngikutin cara diatas...
    lingkungan pengaruh juga...
    intinya niat. kl yg udah pnya anak harus mikir, dari pada di beliin rokok mending beliin susu untuk anak :hahai::hahai:
     
  8. Armageddon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    976
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +412 / -0
    ya intinya niat kita kuat..
    contoh2 d atas itu sama seperti sugesti tak langsung pada diri sendiri...
    jadi klo mw berhenti niatx hrs jalan
     
  9. baru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 10, 2008
    Messages:
    1,755
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,778 / -0
    aku rasa yang paling efektif jika ga punya duit :hehe:
    karena 1-1nya jalan untuk meroko minta sama teman
     
  10. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,323 / -0
    benernya yang paling penting tuh niat dan tekad yang kuat... :semangat:
     
  11. 4w4n2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    1,117
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +32,091 / -0
    lha kowe iso pora zut??/

    :piss:
     
  12. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,241 / -10
    coba rokok yang egk enak.
    misalnya rawit.
    klo udah biasa coba a mild, pasti eneg.
    he..h.e...

    sory nyebut merek
     
  13. ira_mazumi91 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +5,439 / -0
    busettt yang baking soda sadiss tuhh... kasian kaka wa klo disuruh makan baking soda tiap hari, mening disuruh minum minuman soda dehh!!
     
  14. momon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +685 / -0
    susah berhenti merokok kalau sudah pernah nyoba
    makanya bagi yg belum pernah merokok, jangan coba2 :awas:
     
  15. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    3,994
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,379 / -1
    betul!!!
    sekalian koreknya juga biar ngga "nglinting"/bikin rokok sendiri:hahai:
     
  16. didody M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    1,648
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,340 / -0
    gw pernah baca humor jorok ttg cara nya menyetop perokok aktif.. yakni memasukkan batang rokok ke dalam lubang a*** (maaf) :D asal jangn keterusan aja
     
  17. campred Members

    Offline

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    pass proseesss....
    :hulk: :hulk: :hulk:

    :panik: :panik: :panik: :panik: :panik:

    ide gile... :hahai:
     
  18. Yoga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 14, 2008
    Messages:
    1,047
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +343,558 / -1
    alhmdllh saya bukan seorang perokok. Tp gak mungkiri dulu waktu SMP pernh coba sekali tpi iseng aja pengen tau ap sih enknya rokok. Tp memang jiwa gk perokok kali ya, smjk sekli itu gk pernh tergoda2 lgi. Skrng mlh mau mual & pusing baru cium bau asapnya saja apalgi mau merokoknya. Buat bro2 yg mau berhenti semngat. Aye bener2 mendukung
     
  19. DarkSoul Members

    Offline

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Klo niat nya gak kuat, mau pake cara apapun gak bakal bisa brenti:bolakbalik:
     
  20. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    susah gan mau berhenti rokok...
    kalo ngubur rokok, nanti jangan2 malah tumbuh pohon rokok
     
  21. kaiichinose98 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 3, 2009
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kebiasaan jah tu si... ada yang bilang kebiasaan yang diulang selama 40 hari bakal jadi kebiasaan baru...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.