1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Honda Tiger REVO - 2008

Discussion in 'Otomotif' started by Cybersemox, Mar 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Cybersemox M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +634 / -0
    [​IMG]
    Meski akhir akhir ini produk keluaran Astra Honda Motor mendapat kritikan tajam disana sini, sebenarnya ada beberapa sisi positif yang dimiliki produk keluaran Honda, salah satunya dari varian Tiger Revo. Meski memiliki teknologi usang dan hanya berganti cassing, tapi masih ada juga yang membeli motor nya kan? Berarti dengan segala kekurangan di sana sini masih ada sisi positif yang bisa diambil dari produk AHM yang satu ini.

    Teknologi dan penampilan Honda Tiger Revo

    Tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh pihak AHM ketika mempensiunkan Honda Tiger 2000 dan menggantinya dengan Honda Tiger Revo. Bahkan perubahan yang dilakukan oleh AHM pada penampilan bisa dihitung dengan sebelah tangan. Tapi ternyata perubahan tersebut cukup efektif, terutama dimata orang awam. Perubahan yang paling terlihat jelas adalah pada bentuk panel, yang tadinya minimalis, kini menjadi lebih maximalis bahkan bisa dikatakan menjadi mirip dengan Honda CBF 250. Pemasangan velg CW dan rem cakram belakang memang sepintas langkah sederhana, namun itu sudah cukup untuk membuat penampilan Tiggy Revo menjadi lebih kekar. Suspensi belakang standar diganti oleh suspensi Air Cushion, membuat motor menjadi sedikit terlihat hi-tech. Dengan perubahan yang dilakukan tersebut membuat Tiger Revo memiliki tampilan yang cukup sangar dan wibawa terutama di banding motor lainya yang sekelas.

    Untuk urusan mesin, dan sasis memang tidak berubah. Tetapi ada hal positif yang dapat diambil disini. Sasis Tiger 2000 terbukti cukup andal, terutama untuk di pakai di perkotaan. Meskipun mesin Tiger dikenal tidak lincah dan cenderung lamban, namun untuk pemakaian di dalam kota dengan kisaran kecepatan 60 - 80 km/jam dijamin mesin rancangan awal tahun 90an ini masih cukup memadai. Apalagi mengingat kesamaan dasar rancangan dengan Tiger 2000 baik mesin maupun sasis membuat konsumen dan mekanik AHM tidak kesulitan untuk mengganti suku cadang ataupun memperbaiki Tiger Revo. Yang bisa dijadikan catatan adalah, AHM membuat motor dengan penampilan yang cukup sangar sekaligus untuk menutupi performa mesin yang agak kurang. Barang kali AHM menarik kesimpulan dari moge. Karena umumnya moge memiliki penampilan yang besar dan berwibawa, moge tidak perlu sprint atau ngebut untuk menunjukan performanya, cukup hanya dengan melihatnya saja sudah bisa menjelaskan performa yang dimiliki moge tersebut. Atas dasar pemikiran inilah AHM merasa cukup hanya merubah penampilan luar Tiger Revo dan mengabaikan peningkatan teknologi dan performa mesinya.

    Kenapa Membeli Tiger Revo ?

    Ada tiga alasan Tiger Revo masih memiliki banyak konsumen. Pertama adalah kesetiaan pada brand Honda. Kedua adalah alasan ekonomi, dan yang terakhir adalah karena ketidak tahuan akan perkembangan teknologi.

    *

    Kesetiaan pada Brand Honda.

    Untuk alasan yang satu ini memang sering terjadi. Tapi umumnya hanya terjadi pada konsumen motor besar (moge) Eropa atau Amerika seperti Harley-Davidson, Ducati atau Mv Agusta. Hal ini bisa dimaklumi karena umumnya konsumen moge membeli motor hanya untuk having fun dan bukan digunakan untuk kendaraan harian. Namun kita tidak boleh mengabaikan fakta bahwa Honda memiliki sejarah panjang pada dunia roda dua di Indonesia, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan motor Honda secara turun temurun, sehingga memiliki ikatan emosional pada brand Honda. Jangan lupa meski tidak didukung penuh oleh ATPM Honda, Tiger memiliki fans club yang cukup besar di tanah air dengan anggota ribuan orang, yaitu HTML.

    *

    Faktor alasan Ekonomis

    Dengan luasnya jaringan servis dan suku cadang Honda di Indonesia, membuat konsumen Honda Tiger Revo merasa tenang bahwa motornya tidak akan mendapat kesulitan apabila mereka mengalami kerusakan dimanapun mereka berada. Apalagi kesamaan mesin dan sasis Tiggy Revo dan Tiggy 2000 yang sudah teruji ketahananya juga akan memudahkan mekanik dalam memperbaiki kerusakan dan mengganti suku cadang. Semuanya berimbas pada harga jual kembali Honda Tiger Revo yang cukup tinggi bila dibanding motor dari merk lainya yang sekelas.

    *

    Ketidak tahuan konsumen akan teknologi.

    Kalau yang terakhir ini mungkin sangat relatif. Namun bagi orang yang tinggal di daerah terpencil ataupun bagi mereka yang baru memulai menjadi bikers, memiliki motor berpenampilan jantan dan gagah adalah hal yang lumrah. Sehingga penampilan luar Honda Tiger Revo yang lebar dan kekar bagaikan gayung bersambut. Asumsi bahwa motor dengan tampilan sangar biasanya memiliki performa dahsyat pun turut mempengaruhi pilihan mereka. Ambil contoh termudah, ketika berhenti di lampu merah, jika kita lihat penampilan Tiggy Revo yang lebih kekar jika dibandingkan motor lainya semakin membuat terpesona para konsumen awam tersebut. Sayangnya jika konsumen awam tersebut membeli Tiger Revo dengan tujuan tidak hanya untuk penampilan, namun juga untuk performa tentunya mereka akan merasa kecewa dengan motor barunya.

    Kesimpulanya : Beli Tiger Revo atau pilih motor merk lain?

    Jika anda merupakan orang yang setia dengan produk Honda dan mengedepankan faktor ekonomi, kenapa tidak? Ikatan emosional antara bikers dengan merk motor tidak bisa dikesampingkan. Jaringan purna jual AHM yang luar biasa luas dan harga jual kembali yang tinggi pun tidak bisa dilewatkan begitu saja. Penggunaan mesin lama yang sudah teruji kemampuanya juga menambah faktor “aman” dalam membeli motor. Apalagi jika anda membeli Tiggy Revo untuk menjadikanya kuda besi harian dan tidak berniat memakainya untuk kebut kebutan, dijamin anda tidak akan kecewa dengan pilihan anda. Tiger Revo memang motor yang berpenampilan elegan untuk konsumen yang mapan…setuju?

    Tetapi jika anda bikers yang masih mencari bentuk, dalam arti masih mencari motor yang sempurna dari segi penampilan dan performa sebaiknya anda menjauhi showroom motor berlambang sayap. Karena dijamin anda akan kecewa berat. Masih ada ATPM lain yang menawarkan produk yang jauh lebih bermutu dibanding Tiger Revo. Bajaj contohnya, kesampingkan image Bajaj yang masih minus. Namun Pulsar 180 DTSi menawarkan penampilan yang tidak kalah sangar dibanding Tiggy. Dari sisi performa apalagi, Pulsar dengan kapasitas mesin lebih kecil dan harga yang jauh lebih murah dijamin lebih superior dari Tiggy. Atau mungkin jika anda masih kurang yakin dengan Bajaj masih ada kok Yamaha V-ixion dan Suzuki 150 FU. Meski V-ixion terlihat kurus dan FU adalah bebek, namun dengan performa yang mereka miliki dijamin dapat mempermakukan Tiger Revo dengan sangat sangat mudah.
    1st post. maaf apakah seperti ini yg dimasud otomotif?.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Keknya sich bener :???:

    Sepeda motor kan penting banget brandnya.
    Kalo brandnya tidak terlalu dikenal bingung dah nyari tempat servisnya kalo ada apa2.
    Oh ya, ni sepeda motor berapa cc yah mesinnya :???:
     
  4. lanankz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +6,049 / -0
    motor keren....
     
  5. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,745 / -0
    180 cc klo gk salah....
     
  6. natands Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Sayangnya perawatan lumayan mahal, pengalaman pake tiger tahun 1998 udah ganti rante 2X, kenalpot 3X,
    tengki bahan bakar 2X( penyakitnya suka bocor harus dikuras 3 bulan sekali kata bengkelnya )
    harus rajin service deh intinya...
     
  7. azkareza M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    449
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,203 / -0
    yup.. AHM sangat jeli ngeliat "keuntungan" dari komunitas/club.
    padahal teknologinya ga ada perubahan sama sekali cuman tampilan aja yg baru.
    blom sparepartnya ga kuat laah... imo
     
  8. Cybersemox M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +634 / -0
    Di stnk ane sih tertulis 196cc bro, itu nyang revo baru yg 2 lampu........
    harganya juga keren
    Bengkel mna yak.....AHAS?, klo menurut saya bro, asal tidak dibelikan bensin eceran(kualitas campuran minyak gas) dan ga keseringan kehabisan bensin, dan kadang2 sekali2 di isi full tank,Insyaallah ga ada masalah, ane juga punya dulu yg Tiger 2000 th.2000 ga pernah sekalipun tanki bocor. klo masalah rantai...klo pengen awet coba gunain rante sepada motor satriya, dijamin suara kemracak ilang........
    Rajin service?... tergantung pemakaian bro klo rata2 tuh motor jarak jelajah jauh2...service 3bulan sekali its ok, klo jarak tembuh cma 3-5km perharinya.... 6bulan baru ane service, dan kata bengkelnya juga its ok.
    Itulah kekurangan Honda TIGER revo ini, ga ada spect yang menonjol, coba ajah monoshock, spedo digital, cc ditambah pasti Honda akan lebih unggul
     
  9. rhezaanzai M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 25, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,041 / -0
    untuk cc klo g salah 196 cc

    asal tw diameter x langkah piston bisa dicari qo cc`y..

    itung aja pake rumus


    kapasitas (cc)=π/4×〖Diameter piston〗^2×Langkah piston

    piston`y pke satuan cm y...(biasa`y dlm mm)
    :piss:
     
  10. bhaso Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +218 / -0
    Capeeeee!!!
    Dolo gosip2ny...
    Katany mo make monoshock,,
    katany mo upside down shock depan,,,
    Bo'ong ah... g beli gw....
    zzzzzzzzzz

    (alesan sebenarny: G PUNYA DUIT BWT GNTI K TIGER REVO!!!:nangis::nangis:)
    masih make tigi lama taon 2004..:madesu::madesu:
    cuma bs ngiri liat orang2 yang bw tigi revo dgn cakram blkng..... :kecewa::kecewa:
     
  11. namsadin Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 23, 2009
    Messages:
    4,209
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +86,961 / -0
    kalau bicara masalah teknologi, gag selamanya teknologi yg kelewat pesat bakal cocok untuk semua rider bro.
    buat rider di daerah, ketersediaan sparepart sangat amat menjadi prioritas. mereka akan berfikir berkali-kali sebelum membeli Motor keluaran dan teknologi terbaru karena mikir ketersediaan sparepartnya.

    sebagai contoh: gw make Jupiter-MX 2009, blocknya bolong (terbentur batu), mesti nunggu 3 bulan untuk bisa mendapatkan penggantian.
    contoh lain: RX-King yg notabene dari generasi-kegenerasi gag ada perubahan signifikan masih banyak melintas, salah satunya ya karena kemudahan untuk penggantian sparepartnya.
     
  12. icalbrown Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    kerenan mana sama yg ini :piss: :piss:

    [​IMG]

    -
     
  13. danki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    796
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +601 / -0
    ini yg p200cc ya?
    ane punya yg 180cc nya :lol:

    jgn di adu sama 200cc bro
    sama pulsar 180 ane aja putus tuh tiger revo tmn :hihi:

    menurut gw mending beli mega pro
    meskipun sama kaya tiger, body doank yg brubah tapi lebih kencengan mega pro tarikan nya

    tiger cuma body nya doank yg berkembang :sigh:
    mesin tetep tiger dolo :haha:

    ane ngomong gitu karna dolo make mega pro pengen ke tiger, pas nyoba set dah ga ada bedanya ama tiger 2000 :sigh:
    akhirnya tergoda oleh pulsar 180 :matabelo:
    andaikan mesin di naekin jadi 250cc lain deh critanya...........:ngacir:
     
  14. bhaso Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +218 / -0
    Hayah???
    Masa kalah s tiger revo ma pulsar 180cc???
    hmmm,, pulsar stu standar g boz???
    boleh d adu ma tigi ane bro,,,
    taon 2004, tp masih narik,,,,,
    blom pnah ktemu pulsar yg bisa ngasepin neeh... :hero::hero:
    :piss::piss::piss:
    (no offense)
     
  15. danki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    796
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +601 / -0
    hahah itu ama tmn bro cuma sebates iseng
    motor masing" STD :hihi:
    mungkin aja motor tmn ane dah melempem
    masih mending tiger 2000 sih karna dolo bokap punya itu :hihi:
     
    Last edited: Mar 18, 2010
  16. d_rie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -1
    koq makin lama harganya ga ada yang makin murah yah ni motor :P
    mustinya jadi setengah harga or lebih murah kan lebih baik ^_^
     
    • Like Like x 1
  17. bhaso Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +218 / -0
    hahaha,,, gw jg g tau rasany tigi revo bro,, pgen bgt punya,,,
    klo megapro kt org2 emang tarikanny lebih brasa..
    emang bner y??? gara2 piston jenong???

    g usah stgh harga,,,
    lebih murah 5 jt aja,,, wkwkwkwkwk....
    pasti ane rela motong uang makan,,,
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    kalau dari segi mesin mungkin tarikan awal mega pro menang dari tiger, tapi saat full speed di trek lurus lain cerita bro....

    mesin justru tetap pakai lama karena sudah mumpuni bro, iya juga sih rasanya pengen ada perubahan lebih signifikan di tiger seri berikutnya... (semoga aja)

    tiger revo sama tiger 2000 mesinnya sama bro cuman beda penambahan2 bodi trus penyempurnaan part2 tertentu.

    honda kan dikenal dengan motor sejuta umat, jadi kalau tiger dinaikin 250 cc gw rasa malah salah kaprah...

    soalnya pajak mesin diatas 200 cc itu jauh lebih mahal bro...

    mending kalau mau yg 250 cc ya ke ninja aja.
     
  19. asswin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 16, 2010
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    ane juga pemakai tiger revo om.... jujur aja milih nih motor karena body keren dan besar (secara berat ane 120 kg) jadi seimbang ama badan,,,kalo mesin sih ane mending milih scorpio (cuma sayang body cungkring,, jadi lucu kalo ane yang naekin)
     
  20. TM7X Members

    Offline

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ni motor lumayan bandel kok...
    tapiii..ada tapinya nih...
    spare part mahalll...spion aj beli sebelah kana 50rb sein depan 50rb shroud(sayap yang nagkring di tangki itu tuh) 200rb...
    lampu depan 105rb...
    tanki 600rb....
    klo masalah irit emank sangat amat irit...dari jogja bag barat(godean masih kab sleman) ke jec(dah masuk bantul) trus ke sragen pp 25rb aj...padahal yang naek total beratnya total 130-140an kg...

    tapi klo dalam kota(jogja)godean tamsis 10rb cuman 2-3 hari...

    buat yang nyari speed jelas ga recomended max ane pernah pake cuma 130kph

    naek2 ke ketep juga masih ok buat motor yang bisas di jalan rata(ga naek turun)...
    yang pasti berat ni mtr...
    tapi model2 baru kurang seneng ane...lampu 2??maksudnya mirip motor2 touring eropa tapi gagal...hadeeh..
     
  21. zzii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +630 / -0
    ane sih klo di kasih mau aja, hehehe

    tp buat orang yg melek teknologi, dan tau perkembangan otomotif di mari.. ane males keluarin duit smp 20 jt ke atas cuman buat pelek racing, double disk, sama mesin jaman jebot.

    weee
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.